Daftar Panduan Penggunaan Rumus Excel Lengkap


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Daftar Panduan Penggunaan Rumus Excel Lengkap



Mau menguasai penggunaan suatu rumus excel? Kamu telah datang ke tempat yang tepat!

Di sini, kamu akan menemukan daftar link tutorial Compute Expert untuk penggunaan dari setiap rumus di excel. Pada setiap linknya, kami menambahkan penjelasan singkat mengenai fungsi rumusnya. Dari penjelasannya tersebut, kamu akan mengetahui apa yang akan kamu bisa lakukan jika kamu menguasai penggunaan suatu rumus di excel.

Sebelum kita melihat daftar lengkap tutorialnya, kita akan mendiskusikan sedikit mengenai detail rumus excel. Dari diskusi ini, kamu akan mempelajari mengenai definisi, fungsi, dan cara membuat rumus di excel secara umumnya.


Apa Itu Rumus Excel?

Rumus excel adalah suatu fitur yang excel berikan untuk membantu kita memproses data menjadi hasil yang kita inginkan. Excel mempunyai banyak variasi rumus dan setiap dari mereka memiliki fungsi unik yang akan membantu kita mengerjakan pekerjaan tertentu.


Fungsi Rumus Excel

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita bisa menggunakan rumus secara optimal di excel. Setiap rumus mempunyai fungsi uniknya sendiri terkait dengan proses pengolahan data. Namun, secara umum, inilah fungsi utama dari rumus-rumus di excel.
  • Mendapatkan hasil pengolahan data yang kita inginkan dengan cepat dan akurat dari data yang kita punya
  • Membuat material yang kita butuhkan untuk proses pengolahan data lanjutan
  • Mengotomatisasi pengolahan data kita jika data yang kita kerjakan di excel bersifat dinamis

Fungsi-fungsi tersebut menjadi penting jika kita kita ingin mengolah data kita secara produktif di excel. Oleh karena itu, coba kuasai sebanyak mungkin penggunaan rumus jika kamu sering mengerjakan pekerjaanmu di excel.


Cara Membuat Rumus Excel

Jika kamu ingin menuliskan sebuah rumus di excel, maka kamu harus mengetikkan tanda sama dengan ( = ) terlebih dahulu sebelum kamu menuliskan rumusnya. Tanda sama dengan tersebut menginformasikan excel bahwa kamu ingin menuliskan suatu rumus dalam cellmu.

Setelah tanda sama dengan, kamu harus menuliskan nama rumus yang ingin kamu gunakan. Lalu, berikan input yang diperlukan oleh rumusnya di dalam tanda kurung. Setiap rumus membutuhkan jenis input yang berbeda agar ia dapat memberikanmu hasil yang kamu inginkan darinya.

Sebagai contoh, berikut sebuah rumus SUM yang kita tuliskan untuk menjumlahkan angka-angka di dalam sebuah cell range. Perhatikan bahwa penulisan rumusnya mengikuti pola yang sudah kita diskusikan tadi.

Daftar Panduan Penggunaan Rumus Excel Lengkap - Screenshot Contoh Penulisan Rumus di Excel

Cara lain membuat sebuah rumus di excel adalah dengan menggunakan menu Insert Functions di tab Formulas. Kamu dapat melihat lokasi menunya dalam screenshot berikut.

Daftar Panduan Penggunaan Rumus Excel Lengkap - Screenshot Lokasi Menu Insert Functions di Excel

Kamu bisa mengklik tombol Insert Functions dan memilih rumus yang kamu ingin gunakan di dialog boxnya. Alternatifnya, kamu juga bisa mengklik dropdown jenis rumus yang kamu ingin gunakan di tab Formulas. Kemudian, pilih satu rumus dari daftar yang muncul.

Jika kamu memasukkan rumusmu menggunakan menu Insert Functions, maka akan ada bantuan penulisan rumus dari excel yang bisa kamu gunakan. Masukkan input yang rumusnya butuhkan di boks teks yang disediakan oleh excel dan excel akan menuliskan rumusnya untukmu.


Daftar Panduan Penggunaan Rumus Excel

Walaupun terdapat bantuan penulisan rumus dari excel dari menu Insert Functionsnya, banyak orang masih merasa kesulitan menggunakan rumus excel dengan benar. Oleh karena itu, Compute Expert memberikan tutorial mengenai bagaimana cara menggunakan rumus-rumus excel di situsnya!

Kamu bisa lihat daftar lengkap tutorial-tutorial yang sudah kami buat di bawah ini. Kami mengurutkan link tutorialnya dari A ke Z agar kamu bisa menemukan tutorial rumus yang ingin kamu pelajari dengan mudah.

Setiap tutorial kami berisi diskusi mendalam mengenai penggunaan rumus yang menjadi topik tutorialnya. Kami juga memberikan latihan agar kamu bisa mempraktekkan apa yang sudah kamu pelajari dari tutorialnya tersebut. Kami harap konten tutorial kami cukup untuk memberikanmu pemahaman menyeluruh yang kamu perlukan untuk menguasai penggunaan sebuah rumus di excel!

Saat ini, kami sudah membuat tutorial untuk 98 rumus excel. Kami berencana menambah tutorialnya lagi jika kami melihat adanya permintaan yang cukup banyak untuk tutorial rumus tersebut. Jika kamu mempunyai usul rumus apa yang sebaiknya kami buatkan tutorialnya, maka silahkan mengontak kami untuk memberitahukannya!






































































































































































































Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert