Cara Menghitung di Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Cara Menghitung di Excel



Proses perhitungan adalah suatu hal yang penting untuk dikuasai cara menjalankannya jika kamu bekerja di excel. Bagaimanapun, sebagian, jika tidak kebanyakan, data yang kita proses di perangkat lunak ini adalah angka-angka kuantitatif. Jika kamu tidak bisa melakukan proses perhitungan di excel, kamu tidak akan bisa mengoptimalkan hasil dari yang kamu kerjakan.

Untuk itu, untuk membantu mengenai hal ini, kita akan mendiskusikan dasar-dasar cara melakukan perhitungan angka di excel. Jika kamu membutuhkan tutorial proses perhitungan yang lebih spesifik, kamu bisa mengklik salah satu dari link tutorial kami di bawah.


Cara Melakukan Perhitungan di Excel

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan perhitungan angka di excel. Akan tetapi, dua cara paling umum yang biasa orang gunakan adalah dengan menuliskan rumus secara manual dan dengan menggunakan fungsi excel.

Kedua cara ini membutuhkanmu menuliskan tanda sama dengan (=) terlebih dahulu sebagai tanda kamu menuliskan sebuah rumus. Cara pertama, menuliskan rumus secara manual, menggunakan simbol perhitungan untuk menjalankan proses perhitungannya.

Kita bisa menggunakan cara pertama ini untuk menjalankan proses perhitungan dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar. Mereka semua memiliki simbol perhitungan mereka masing-masing (kita akan mendiskusikan ini lebih jauh di bagian berikutnya dari tutorial ini) dan kamu harus menuliskan simbol yang tepat untuk menjalankan proses perhitunganmu.

Berikut contoh implementasi proses penulisan rumus secara manual untuk melakukan perhitungan di excel. Pada contoh ini, kita menuliskan sebuah rumus untuk menjumlahkan 3 dan 2.

Cara Menghitung di Excel - Screenshot Contoh Penulisan Rumus Secara Manual untuk Menjumlahkan Angka

Seperti yang bisa kamu lihat di sana, kita menuliskan tanda sama dengan, angka-angka yang ingin kita jumlahkan, dan tanda jumlah (tanda plus). Setelah kita menuliskan itu, kita tekan enter dan kita akan mendapatkan hasil proses penjumlahan kita.

Cara Menghitung di Excel - Screenshot Contoh Hasil Implementasi Penulisan Rumus Secara Manual untuk Menjumlahkan Angka

Cukup simpel, bukan? Lakukan itu untuk jenis perhitungan lainnya dengan simbol mereka sendiri dan kamu akan bisa menghitung dengan lancar di excel.

Tapi, bagaimana dengan cara yang kedua, dengan menggunakan fungsi excel?

Excel menyediakan banyak fungsi yang bisa kita gunakan untuk mengolah data kita secara otomatis. Beberapa dari fungsi-fungsi ini dapat membantu kita menjalankan proses perhitungan di excel. Kita hanya perlu menuliskan nama fungsinya dan memberikannya input-input yang sesuai untuk menjalankan proses perhitungannya.

Proses perhitungan yang berbeda membutuhkan fungsi excel yang berbeda pula. Berikut contoh implementasi dari fungsi excel untuk menjumlahkan angka yang sudah kita jumlahkan sebelumnya dengan menggunakan penulisan rumus manual. Pada contoh ini, kita menggunakan fungsi penjumlahan angka di excel, SUM.

Cara Menghitung di Excel - Screenshot Contoh Penulisan SUM untuk Menjumlahkan Angka

Kita menulis di cellnya dengan menggunakan pola penulisan yang tadi sudah kita diskusikan sebelumnya. Kita tuliskan tanda sama dengan, nama fungsinya (SUM), dan input yang fungsi SUM ini butuhkan (yang mana di sini adalah angka-angka yang ingin kita jumlahkan).

Kita tekan enter setelah menuliskan semua itu dan kita akan mendapatkan hasil perhitungan kita!

Cara Menghitung di Excel - Screenshot Contoh Hasil Implementasi SUM untuk Menjumlahkan Angka

Kedua cara ini tidak terlalu sulit untuk diimplementasikan, bukan? Selain mengetikkan angka-angkanya secara langsung, kamu juga bisa mereferensikan koordinat cell jika angka-angkamu berada di cell tertentu seperti ini.

Cara Menghitung di Excel - Screenshot Contoh Penulisan Rumus Perhitungan dengan Menggunakan Koordinat Cell

Cara Menghitung di Excel - Screenshot Contoh Hasil Implementasi Penulisan Rumus Perhitungan dengan Menggunakan Koordinat Cell

Pada contoh tersebut, D2 dan D3 yang kita tuliskan pada rumus kita adalah koordinat cell dari angka-angka yang kita jumlahkan. D adalah huruf kolomnya sedangkan 2 dan 3 adalah angka barisnya. Seperti yang kamu lihat, kita bisa mendapatkan hasil penjumlahan yang sama dengan mereferensikan koordinat cell dari angka-angka kita.

Ingatlah untuk selalu menggunakan simbol perhitungan dan fungsi excel yang benar agar kamu bisa mendapatkan hasil dari proses perhitunganmu. Jika kamu mau tahu detail penggunaan simbol dan fungsi excel dari suatu proses perhitungan tertentu, kunjungi tutorial kami di bagian bawah.


Simbol Perhitungan di Excel

Apa saja simbol yang bisa digunakan untuk menghitung angka kita di excel? Berikut tabel yang berisi informasi mengenai simbol-simbolnya dan proses perhitungan apa yang bisa mereka lakukan.

SimbolPerhitunganContoh Penulisan RumusPenjelasan
+ (tanda plus)Penjumlahan=3+2Menjumlahkan tiga dengan dua
- (tanda strip)Pengurangan=3-2Mengurangi tiga dengan dua
* (tanda bintang)Perkalian=3*2Mengalikan tiga dengan dua
/ (tanda garis miring)Pembagian=3/2Membagi tiga dengan dua
^ (tanda sisipan)Pangkat=3^2Pangkat dua dari tiga
^ (tanda sisipan)Akar=3^(1/2)Akar pangkat dua dari tiga



Urutan Perhitungan di Excel

Proses perhitungan di excel mengikuti urutan perhitungan standar. Urutan ini berarti jenis perhitungan yang urutannya lebih awal normalnya akan dijalankan terlebih dahulu sebelum jenis perhitungan yang urutannya lebih akhir.

Kamu sebaiknya mempertimbangkan urutan ini ketika menuliskan rumus untuk suatu perhitungan di excel agar kamu bisa mendapatkan hasil perhitungan yang benar. Sebagai referensi, berikut tabel yang merangkum urutan dari proses perhitungan di excel.

UrutanPerhitungan
1Negasi (menambahkan minus di depan suatu angka untuk mengubahnya menjadi bilangan negatif/positif)
2Persen
3Pangkat/akar
4Perkalian/pembagian
5Penjumlahan/pengurangan



Cara Mengubah Urutan Perhitungan di Excel

Kita sudah mengetahui adanya urutan perhitungan dan bahwa perhitungan yang urutannya lebih awal akan dijalankan terlebih dahulu. Tapi, bagaimana jika kita ingin, sebagai contoh, menjumlahkan angka-angka tertentu terlebih dahulu sebelum kita melakukan perkalian dalam satu penulisan rumus? Bisakah kita melakukan hal tersebut?

Kita bisa melakukannya dengan menggunakan tanda kurung pada proses perhitungan yang ingin kita jalankan terlebih dahulu. Dengan menggunakan tanda kurung tersebut, kita bisa mengubah urutan perhitungan dalam penulisan rumus kita menjadi sesuai dengan urutan yang kita inginkan.

Untuk lebih memahami mengenai hal ini, mari kita lihat contoh berikut. Katakanlah kita ingin menjumlahkan beberapa angka sebelum kita mengalikan hasil penjumlahannya tersebut dengan angka lainnya. Jika kita menuliskan rumus perhitungan kita tanpa adanya tanda kurung, maka inilah yang terjadi.

Cara Menghitung di Excel - Screenshot Contoh Penulisan Rumus Perhitungan Excel Tanpa Tanda Kurung

Cara Menghitung di Excel - Screenshot Contoh Hasil Penulisan Rumus Perhitungan Excel Tanpa Tanda Kurung

Penulisan rumus tersebut akan mengalikan 8 dengan 3 terlebih dahulu sebelum menjumlahkan hasilnya dengan 7. Sebagai hasilnya, kita mendapatkan angka 31 di sana (perkalian 8 dengan 3 menghasilkan 24 dan penjumlahan 24 dengan 7 menghasilkan 31).

Akan tetapi, jika kita memberikan tanda kurung pada penulisan penjumlahan 7 dan 8nya, kita bisa menjumlahkan mereka dahulu sebelum melakukan perkaliannya.

Cara Menghitung di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Tanda Kurung pada Penulisan Rumus Perhitungan Excel

Cara Menghitung di Excel - Screenshot Contoh Hasil Implementasi Tanda Kurung pada Penulisan Rumus Perhitungan Excel

Lihat hasilnya berubah menjadi 45? Ini karena excel menjumlahkan 7 dan 8 terlebih dahulu sebelum mengalikan hasil penjumlahannya dengan 3 (penjumlahan 7 dengan 8 menghasilkan 15 dan perkalian 15 dengan 3 menghasilkan 45). Kita bisa mengubah urutan perhitungannya menjadi sesuai dengan yang kita inginkan dengan menggunakan tanda kurung pada penulisan penjumlahan kita!

Gunakan tanda kurung dengan benar dan kamu seharusnya akan mendapatkan hasil yang benar dari penulisan rumus perhitunganmu. Ini penting terutama jika kamu menuliskan rumus perhitungan yang panjang dan ia mempunyai beberapa proses perhitungan yang ingin kamu jalankan.


Poin Poin Tutorial Cara Menghitung pada Excel

Sekarang setelah kamu mempelajari dasar-dasar perhitungan excel, kamu mungkin ingin mempelajari lebih jauh mengenai cara menjalankan jenis perhitungan tertentu. Untuk itu, kamu bisa pelajari yang kamu butuhkan dengan mengklik link tutorial kami di bawah ini!

Tutorial-tutorial ini akan memberikanmu gambaran lengkap mengenai bagaimana cara menjalankan proses perhitungan tertentu di excel. Kamu akan mempelajari mengenai penulisan rumus, fungsi/fitur yang bisa kamu gunakan dalam situasi perhitungan tertentu, dan masih banyak lagi. Akan ada juga juga latihan simpel dalam setiap tutorialnya supaya kamu bisa lebih memahami praktek dari yang sudah kamu pelajari.

Sekarang ini, ada 14 tutorial perhitungan excel di sini. Kami akan menambahkannya lagi jika kami melihat ada banyaknya permintaan untuk suatu topik proses perhitungan tertentu di excel!

Klik salah satu dari mereka sekarang juga untuk memulai pembelajaranmu!






























Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert