Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel - Compute Expert

Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel



Di tutorial ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara melakukan perkalian matriks di excel dengan benar.

Ketika bekerja dengan angka di excel, terkadang kita memiliki beberapa angka dalam bentuk matriks yang harus kita kalikan. Untuk mendapatkan hasil perkalian matriks yang benar, kita tidak bisa hanya melakukan proses perkalian matriksnya tersebut seperti kita mengalikan angka biasa. Kita harus menjalankan proses perkaliannya dengan menggunakan cara perkalian khusus matriks yang excel sudah sediakan untuk kita.

Mau tahu cara khusus apa itu dan bagaimana cara mengimplementasikannya dengan benar di excel? Baca tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!







Apa Itu Perkalian Matriks?

Sebelum kita mendiskusikan mengenai bagaimana kita mengalikan matriks di excel, mari mendiskusikan sedikit mengenai perkalian matriks itu sendiri. Apa itu perkalian matriks dan apa yang membedakannya dengan perkalian angka biasa?

Perkalian matriks adalah proses perkalian yang mencoba mendapatkan hasil kali dari susunan angka yang berbentuk kolom dan baris. Kita menyebut susunan angka dalam bentuk kolom dan baris ini sebagai matriks dan contoh bentuknya sendiri adalah seperti ini (bisa dalam jumlah kolom dan baris berapapun).

Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel - Screenshot Contoh Matriks

Dalam perkalian matriks, kita mengalikan angka-angka baris dari matriks pertama kita dengan angka-angka kolom dari matriks kedua kita. Kita jumlahkan hasil-hasil perkalian dari setiap baris dan kolomnya tersebut untuk mendapatkan hasil perkalian kita dalam bentuk matriks juga.

Untuk pemahaman yang lebih mudahnya, perhatikan contoh proses perkalian matriks berikut. Katakanlah kita ingin mengalikan dua matriks di bawah ini.

Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel - Screenshot Dua Matriks untuk Contoh Perkalian Matriks

Bagaimana cara kita melakukannya? Seperti yang sudah kita diskusikan sebelumnya, kita kalikan angka-angka baris matriks pertamanya dengan angka-angka kolom matriks kedua. Setelah itu, kita jumlahkan hasil perkalian dari setiap baris dan kolomnya tersebut.

Sehingga, untuk mendapatkan hasil di posisi kiri atas dari perkalian kedua matriks ini, kita menjalankan proses perkalian seperti ini.

= 3x2 + 7x5


Angka-angka yang kita kalikan tersebut berasal dari baris pertama matriks pertama dan kolom pertama matriks kedua. Kita dapatkan 41 dari perhitungannya tersebut dan kita taruh hasilnya ini di posisi kiri atas dari matriks hasil perkaliannya.

Kita lakukan proses perhitungan seperti ini untuk mendapatkan semua angka dalam matriks hasil perkaliannya. Untuk posisi kanan atas dari matriks hasilnya tersebut, berikut proses perhitungannya (baris pertama matriks pertama dengan kolom kedua matriks kedua).

= 3x2 + 7x8


Untuk posisi kiri bawahnya, proses perhitungannya adalah seperti ini (baris kedua dari matriks pertama dengan kolom pertama dari matriks kedua).

= 8x2 + 4x5


Untuk posisi kanan bawah, proses perhitungannya adalah seperti ini (baris kedua dari matriks pertama dengan kolom kedua dari matriks kedua).

= 8x2 + 4x8


Sebagai hasilnya, dari perkalian kedua matriksnya, kita dapatkan matriks ini.

Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel - Screenshot Contoh Hasil Perkalian Matriks

Karena proses dan hasilnya seperti itu, terdapat dua poin yang semestinya diikuti oleh suatu proses perkalian matriks.
  • Banyak kolom matriks pertama yang dikalikan harus sama dengan banyak baris matriks kedua yang dikalikan
  • Matriks hasilnya akan mempunyai banyak baris yang sama dengan matriks pertama dan banyak kolom yang sama dengan matriks kedua

Kita sebaiknya memperhatikan poin-poin ini juga ketika kita mengalikan matriks kita di excel supaya kita bisa menjalankan prosesnya dengan benar.



Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel: Rumus MMULT

Sekarang setelah kita memahami mengenai perkalian matriks, bagaimana cara melakukannya di excel?

Untuk melakukan proses perkalian matriks di excel, kamu sebaiknya menggunakan rumus MMULT. Rumus ini adalah rumus khusus yang disediakan oleh excel untuk membantu kita mengalikan matriks.



Berikut bentuk penulisan umum dari rumus MMULT di excel.

{ = MMULT ( cell_range_matriks1 , cell_range_matriks2 ) }


Mengapa terdapat tanda kurung keriting di sekitar penulisan rumus MMULTnya di atas? Tanda kurung keriting tersebut ada karena kita sebaiknya menggunakan bentuk rumus array ketika kita menggunakan MMULT.

Bagaimanapun, kita kemungkinan besar akan mendapatkan hasil perkaliannya dalam bentuk array (matriks). Tanda kurung keritingnya tersebut adalah simbol dari bentuk rumus array di excel.

Untuk menuliskan MMULTnya sendiri, kita hanya perlu memasukkan input dua matriks yang ingin kita kalikan. Kita bisa memasukkan input matriksnya tersebut dengan menggunakan koordinat cell range.

Setelah kita selesai menuliskan rumus MMULTnya, kita tekan tombol Ctrl + Shift + Enter untuk mengubahnya menjadi rumus array (kita tidak dapat mengetikkan tanda kurung keritingnya sendiri untuk mengubah rumus kita menjadi rumus array).

Kita juga sebaiknya menyorot cell range di mana kita ingin menaruh hasil perkalian matriksnya sebelum kita menuliskan rumus MMULT kita. Hal ini agar kita bisa mendapatkan hasil perkalian matriksnya secara lengkap dalam bentuk matriks.

Jika kita tidak menggunakan bentuk rumus array atau menyorot cell rangenya terlebih dahulu, kita hanya akan mendapatkan satu hasil perkalian (yang paling kiri atas).

Untuk lebih memahami mengenai implementasi MMULT di excel, perhatikan contoh berikut. Katakanlah kita mempunyai dua matriks berikut yang ingin kita kalikan di excel.

Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel - Screenshot Dua Matriks untuk Contoh Implementasi Rumus MMULT

Bagaimana cara menjalankan proses perkaliannya? Pertama-tama, kita sorot cell range di mana kita ingin menaruh hasil perkalian matriksnya nanti seperti ini.

Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel - Screenshot Contoh Penyorotan Cell Range untuk Tempat Hasil Rumus MMULT

Lalu, kita tuliskan rumus MMULT kita. Kita masukkan input cell range matriks pertamanya serta cell range matriks keduanya ke dalam MMULT kita.

Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel - Screenshot Contoh Penulisan Rumus MMULT

Untuk menyelesaikan proses perkaliannya, kita tekan tombol Ctrl + Shift + Enter. Hal ini akan memberikan penulisan MMULT kita bentuk rumus array dan sehingga, kita akan mendapatkan hasil yang kita inginkan dari MMULT!

Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel - Screenshot Contoh Hasil Implementasi Rumus MMULT

Tidak terlalu sulit, bukan?




Perkalian Matriks dengan Bilangan Skalar di Excel

Bagaimana jika kamu ingin mengalikan matriksmu dengan bilangan skalar di excel? Apakah ada cara untuk melakukannya?

Jawabannya adalah ya, ada caranya. Kamu hanya perlu mengalikan bilangannya tersebut dengan matriksnya secara normal. Akan tetapi, kamu sebaiknya menggunakan bentuk rumus array agar kamu bisa mendapatkan hasil perkaliannya secara utuh.

Berikut bentuk penulisan umum dari rumus perkaliannya di excel.

{ = bilangan_skalar * cell_range_matriks }


Simpel, bukan? Jangan lupa untuk menyorot cell range di mana kamu ingin menaruh hasil perkaliannya terlebih dahulu sebelum kamu menuliskan rumusnya tersebut. Jangan lupa juga menekan tombol Ctrl + Shift + Enter setelah kamu menyelesaikan penulisan rumusmu.

Berikut contoh implementasi dari penulisan rumusnya di excel.

Cara Melakukan Perkalian Matriks di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perkalian Bilangan Skalar dengan Matriks



Latihan

Setelah kamu mempelajari cara melakukan perkalian matriks di excel, mari mengerjakan latihan berikut untuk memperdalam pemahamanmu.

Unduh file latihannya di bawah ini dan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu.

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Tempatkan jawabanmu di bawah header dari nomor yang sesuai dengan pertanyaannya!
  1. Apa hasilnya jika kamu mengalikan matriks 1 dengan matriks 2?
  2. Apa hasilnya jika kamu mengalikan matriks 1 dengan matriks 3?
  3. Apa hasilnya jika kamu mengalikan 5 dengan matriks jawaban no. 1?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Jika kamu mempunyai satu saja data non angka di matriks yang kamu kalikan dengan MMULT, kamu akan mendapatkan error #VALUE. Untuk itu, pastikan cell range yang kamu masukkan sebagai input MMULT hanya mengandung angka di dalam cell-cellnya!



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert