Cara Membagi di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Membagi di Excel



Pada tutorial ini, kamu akan memahami bagaimana cara membagi di excel.

Secara garis besar, cara bagi di excel dapat dilakukan dengan dua metode seperti proses perhitungan lainnya di perangkat lunak ini. Kedua metode itu adalah secara manual maupun dengan memanfaatkan rumus pembagian excel.

Patut diingat bahwa rumus bagi excel agak berbeda hasilnya dengan pembagian yang dilakukan secara manual. Rumus dalam kalkulasi jenis ini biasanya digunakan bila terdapat kebutuhan khusus untuk hasilnya.

Kamu ingin cepat menguasai keahlian menggunakan perangkat lunak spreadsheet ini? Pelajari kursus lengkap dari A sampai Z mengenai penggunaannya di Udemy. Kursusnya berbahasa Indonesia!

Disclaimer: Artikel ini memiliki link affiliate yang mungkin memberikan komisi kepada kami tanpa biaya tambahan apapun bagimu. Semua link affiliate kami tambahkan dengan tujuan membantumu menggunakan file spreadsheetmu dalam rangka pengolahan data secara lebih optimal. Kamu dapat membaca lebih lanjut mengenai kebijakan affiliate kami dalam halaman Pemberitahuan Afiliasi.





Mengapa Perlu Mempelajari Cara Membagi di Excel?


Dalam proses pengolahan data numerik, salah satu jenis kalkulasi paling sering digunakan adalah pembagian. Jenis kalkulasi ini biasanya digunakan dalam proses perhitungan rata-rata.

Selain dalam perhitungan rata-rata, jenis kalkulasi ini sendiri memiliki tujuan berkebalikan dengan perkalian. Tujuan tersebut adalah berusaha menemukan proporsi jumlah dari suatu angka per jumlah pendistribusi dalam proses perhitungan ini.

Prakteknya dalam pekerjaan adalah ketika kita menghitung berapa distribusi uang per karyawan yang harus diberikan untuk porsi bonus dari keuntungan perusahaan. Atau mungkin ketika ingin tahu berapa beban pencapaian target penjualan per penjual dari total target penjualan perusahaan. Dalam kedua hal tersebut, proses pendistribusian angka dibutuhkan untuk mendapatkan hasil pengolahan data sesuai kebutuhan kita.

Dengan menggunakan perangkat lunak spreadsheet, maka proses pembagian tersebut menjadi jauh lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.

Cara membagi di excel sendiri juga bisa menggunakan rumus pembagian pada excel untuk mendapatkan jenis hasil berbeda dari metode manual. Ini tentu menjadi menarik untuk kita ketahui penggunaannya agar kita bisa melakukan analisis data yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Memahami metode manual maupun rumus pembagian dalam excel pada tutorial ini akan membantu proses pengolahan data numerikmu ketika memang mereka dibutuhkan.


Apa Itu Cara Membagi di Excel?


Cara membagi di excel adalah proses pendistribusian suatu angka berdasarkan jumlah tertentu menggunakan metode manual ataupun rumus bagi dalam excel. Rumus sendiri bisa digunakan jika ingin mendapatkan hasil tanpa ada sisa pembagian ataupun jika hanya menginginkan sisanya saja. Untuk hitungan dengan hasil biasa, gunakan penulisan rumus manual sebagai metode proses kalkulasimu.

Dua rumus yang dibahas di sini sendiri adalah QUOTIENT dan MOD. Input yang dibutuhkan metode manual dan kedua rumus tersebut secara umum dapat dipaparkan sebagai berikut:

Manual:


=number/divisor


Keterangan:
  • number = bilangan yang ingin dibagi
  • divisor = digit pembaginya


QUOTIENT:


=QUOTIENT(numerator, denominator)


Keterangan:
  • numerator = bilangan yang ingin dibagi
  • denominator = digit pembaginya


MOD:


=MOD(number, divisor)


Keterangan:
  • number = bilangan yang ingin dibagi
  • divisor = digit pembaginya


Dapat dilihat bahwa input dari ketiga metode tersebut sebenarnya sama. Namun, kita harus memperhitungkan hasil bagi sesuai kebutuhan pengolahan datanya ketika menentukan metode mana yang ingin kita pakai.

Ingin suatu alat untuk membantumu memasukkan dan memproses data pada file spreadsheetmu? Gunakan Add-Ins dari XLTools ini! Dapatkan diskon 10% jika kamu memasukkan kode kupon diskon berikut dalam pembelian Add-Innya: “7C2L8B31AZ”!


Contoh


Berikut contoh dari penggunaan masing-masing metode cara membagi di excel tersebut:

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh 1

Di sini, kita dapat melihat contoh dari cara membagi di excel secara manual. Kalkulasinya dilakukan dengan bantuan tanda garis miring dan hasilnya adalah hasil pembagian secara normal. Kamu perlu memakai metode ini jika memang jenis hasil seperti itulah kebutuhanmu.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh 2

Pada screenshot kedua, kita bisa lihat pada formula bar contoh penulisan rumus bagi di excel, QUOTIENT. Sebenarnya cukup mudah karena hanya perlu menaruh angka yang ingin dibagi serta pembaginya saja sebagai inputnya. Rumus ini akan menghasilkan hasil bagi tanpa sisa pembagian.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh 3

Contoh pembagian terakhir adalah menggunakan MOD dengan penulisan seperti dapat kita lihat dalam formula bar. Sama seperti QUOTIENT, kamu perlu menginput angka untuk dibagi serta pembaginya. Namun, perlu diingat bahwa hasil dari MOD berkebalikan dari QUOTIENT. MOD akan menghasilkan sisa pembagian dari kedua angka yang kamu masukkan dalam rumusnya.


Bagaimana Cara Penulisan Metode Manual Maupun Rumus Excel Pembagian Tersebut?


Setelah melihat contohnya tadi, sekarang akan diajarkan mengenai langkah per langkah cara membagi di excel menggunakan ketiga metode tadi. Metode manual ataupun utilisasi rumus membutuhkan angka yang ingin dibagi serta pembagi sebagai inputnya.

Akan tetapi, ketiganya akan menghasilkan jenis hasil berbeda. Oleh karena itu, pilih metodenya sesuai dengan kebutuhan pengolahan datamu.


Metode 1: Penulisan Manual (Tanda /)

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil kalkulasinya

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 1-1

  2. Masukkan angka untuk dibagi atau koordinat cell tempat ia berada setelah = lalu masukkan tanda garis miring ( / )

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 1-2

  3. Masukkan digit pembagimu atau koordinat cell tempat ia berada setelah tanda garis miring

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 1-3

  4. Tekan tombol Enter
  5. Proses selesai!

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 1-5



Metode 2: QUOTIENT

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses perhitungan ini

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 2-1

  2. Ketik QUOTIENT (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 2-2

  3. Masukkan angka untuk dibagi atau koordinat cell tempat ia berada setelah tanda buka kurung. Lalu masukkan tanda koma ( , )

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 2-3

  4. Masukkan digit pembagimu atau koordinat cell tempat ia berada setelah tanda koma

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 2-4

  5. Ketik tanda tutup kurung

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 2-5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses selesai!

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 2-7



Metode 3: MOD

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses perhitungan ini

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 3-1

  2. Ketik MOD (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 3-2

  3. Masukkan angka untuk dibagi atau koordinat cell tempat ia beradas setelah tanda buka kurung. Lalu masukkan tanda koma ( , )

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 3-3

  4. Masukkan digit pembagimu atau koordinat cell tempat ia berada setelah tanda koma

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 3-4

  5. Ketik tanda tutup kurung

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 3-5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses selesai! Angka yang kamu dapatkan adalah sisa pembagian di antara kedua inputmu tadi

    Cara Membagi di Excel - Screenshot Langkah 3-7



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara membagi di excel, kamu dapat mempertajam pemahamanmu dengan mengerjakan latihan ini!

Unduh file latihan cara membagi di excel dan jawab semua pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan perhitungan melalui metode manual dan rumus excel untuk menjawab pertanyaannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa jumlah produksi per mesin untuk memenuhi target produksi bulan ini? Ubah hasilnya jadi 3 angka belakang koma (lihat catatan tambahan dari tutorial ini jika kamu ingin mempelajari bagaimana caranya!)
  2. Berapa jatah target produksi per mesin untuk memenuhi target perusahaan jika targetnya didistribusikan sama rata? Gunakan QUOTIENT untuk menjawabnya!
  3. Berapa target produksi sisa yang masih belum terdistribusi ke satu mesin jika target didistribusikan sama rata ke semua mesin? Gunakan MOD untuk menjawabnya!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Untuk mengubah banyak angka belakang koma dari hasil metode bagi manual, silahkan gunakan menu increase decimal/decrease decimal dari tab Home. Tempatkan kursormu dulu pada cell tempat hasilnya berada untuk menggunakannya.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Tips Desimal 1



Atau klik kanan setelah menempatkan kursornya tersebut lalu pilih Format Cells. Kemudian, pada Tab Number pilih Number dan ganti nilai dari Decimal places sesuai dengan jumlah angka belakang koma yang kamu inginkan. Terakhir, klik OK.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Tips Desimal 2-1



Cara Membagi di Excel - Screenshot Tips Desimal 2-2



Namun penting diingat metode ini hanya merubah tampilan desimalnya saja dari angkamu bukan nilainya. Jika ingin merubah nilainya, maka kamu perlu mempraktekkan cara membulatkan angka yang tutorialnya juga tersedia pada blog ini!

Ingin lebih cepat mahir dalam penggunaan spreadsheet? Ikuti kursus Udemy berbahasa Indonesia berikut!

Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert