Cara Membagi di Excel - Compute Expert

Cara Membagi di Excel




Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari berbagai cara membagi di excel.

Ketika memproses data angka, salah satu proses perhitungan paling dasar yang bisa kamu lakukan adalah pembagian. Jika kamu sering menggunakan excel untuk memproses angkamu, maka penting bagimu untuk menguasai cara membagi angka di perangkat lunak ini.

Ada dua rumus terkait pembagian yang bisa kamu gunakan di excel, meskipun mereka tidak akan memberikanmu hasil pembagian secara normal (seperti yang akan kamu lihat dalam bagian selanjutnya di tutorial ini). Ada juga beberapa metode yang sebaiknya kamu pahami untuk memampukanmu membagi angka di excel dengan optimal. Metode ini termasuk cara penulisan secara spesifik yang sebaiknya kamu bisa implementasikan dalam cellmu.

Ingin mempelajari rumus-rumus dan metode-metode tersebut dengan lengkap? Baca semua bagian dari tutorial ini!







Cara Membagi di Excel Secara Normal Menggunakan Penulisan Rumus Manual

Cara paling umum untuk membagi angka di excel adalah dengan menggunakan simbol garis miring ( / ) di keyboard kita. Dengan menggunakan simbol tersebut, kita dapat menuliskan rumus pembagian secara manual di cell kita untuk mendapatkan hasil pembagian yang kita inginkan.

Secara umum, beginilah cara menuliskan rumus pembagian menggunakan simbol garis miring tersebut di excel.

= angka_yang_dibagi / angka_pembagi


Cukup simpel, bukan? Ini seperti menuliskan rumus pembagian standar di manapun, hanya saja penulisannya kali ini kita lakukan di excel.

Kamu hanya perlu menginput angka yang ingin kamu bagi, simbol garis miring, dan angka pembaginya juga. Jangan lupa mengetikkan tanda sama dengan ( = ) sehingga excel mengenali rumusnya dan menjalankan perhitungan pembagianmu secara otomatis.

Berikut adalah contoh penulisan dan hasil rumus pembagian secara manual di excel, di mana kita membagi angka 10 dengan 2.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pembagian di Excel Melalui Penulisan Rumus Secara Manual

Kamu dapat lihat bagaimana penulisan rumus pembagian 10 dengan 2nya dilakukan di atas. Cukup tuliskan “=10/2” di cellmu, mengikuti pola penulisan yang telah dijelaskan sebelumnya, dan kamu akan langsung mendapatkan hasil perhitunganmu!



Cara Membagi Cell di Excel

Tadi kita sudah membahas bagaimana cara membagi di excel dengan pengetikan angka secara langsung dalam rumusnya. Tetapi, bagaimana jika kita sudah menaruh angka-angka kita di cell excel dan kita ingin membaginya secara langsung dari sana?

Untungnya, excel menyediakan cara mereferensikan cell secara langsung untuk menggunakan isinya dalam penulisan rumus kita. Kita hanya perlu memasukkan koordinat cellnya ketika kita perlu memasukkan angka kita dalam penulisan rumusnya.

Berikut adalah cara penulisan umum untuk membagi cell yang mewakili isi angkanya di excel.

= cell_angka_1 / cell_angka_2


Hampir sama dengan bentuk penulisan jika kita mengetikkan angkanya secara langsung, bukan? Perbedaannya di sini adalah kita menginput koordinat cell, bukan angka secara langsung. Referensi koordinat cell dalam rumus excelnya diinput dengan menggunakan huruf kolom dan angka baris cell tersebut.

Sebagai contoh, mungkin kita menginput A1 sebagai referensi cell kita. A adalah huruf kolom cellnya dan 1 adalah angka baris cellnya. Keduanya membuat posisi cell yang kita referensikan menjadi jelas bagi kita.

Untuk membuatmu memahami konsepnya secara lebih mudah, berikut adalah contoh implementasi proses pembagian cell di excel. Di sini, kita juga membagi 10 dengan 2 seperti contoh pada bagian sebelumnya dari tutorial ini.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pembagian Cell di Excel

Karena angka-angka yang ingin kita bagi sudah ada dalam cell, kita hanya perlu mereferensikan cell-cell tersebut dalam rumus kita. Oleh karena itu, kita menuliskan rumus pembagian kita dengan =B3/C3. Kita memasukkan cell-cellnya dengan mengklik mereka atau mengetikkan koordinat-koordinat cell tersebut secara langsung.

Referensikan cell-cell dari angka-angkanya secara benar dan jangan lupa mengetikkan tanda sama dengan dan simbol garis miringnya. Dengan melakukan itu, kamu akan langsung mendapatkan hasil perhitungan pembagianmu!



Cara Membagi Tanpa Sisa di Excel: Rumus QUOTIENT

Ketika kita membagi angka, hasilnya tidak selalu bilangan bulat. Kita seringkali mendapatkan desimal juga sebagai “sisa” dari perhitungan pembagian yang kita lakukan.

Bagaimana jika kita ingin menghilangkan sisa pembagiannya tersebut dan hanya ingin mendapatkan hasil bilangan bulat dari pembagian kita? Apakah ada cara melakukan itu di excel?



Terdapat sebuah rumus excel yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hasil pembagian seperti itu. Rumus itu adalah QUOTIENT dan cara menggunakan rumus ini sendiri cukup mudah!

Berikut adalah bentuk penulisan umum dari QUOTIENT di excel.

= QUOTIENT( angka_yang_dibagi, angka_pembagi)


Simpel, bukan? Kamu hanya perlu memasukkan angka yang ingin kamu bagi dan angka pembaginya dalam rumus ini.

Enter setelah kamu selesai menulisnya dan kamu akan mendapatkan hasil pembagian tanpa sisamu!

Berikut adalah contoh implementasi dari QUOTIENT di excel.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh Hasil QUOTIENT di Excel

Dari contoh tersebut, kamu dapat melihat perbedaan hasil antara rumus pembagian biasa dan QUOTIENT. Rumus pembagian biasa akan memberikan kita hasil pembagian dengan adanya sisa dari proses pembagiannya (seperti yang dapat kamu lihat dari adanya desimal di hasilnya). QUOTIENT, di lain pihak, akan memberikan kita hasil pembagian tanpa sisa atau hanya bilangan bulatnya saja tanpa desimalnya.

Oleh karena itu, jika kamu membutuhkan hasil seperti yang QUOTIENT berikan, jangan ragu menggunakan rumusnya!



Cara Mendapatkan Sisa Pembagian di Excel: Rumus MOD

QUOTIENT akan memberikan kita hasil pembagian tanpa sisa. Namun, terkadang, kamu mungkin ingin mendapatkan sisa pembagiannya saja tanpa hasil pembagiannya. Untuk itu, kamu dapat menggunakan rumus terkait pembagian lainnya di excel yaitu MOD.

Cara menuliskan MOD agak mirip dengan QUOTIENT.

= MOD( angka_yang_dibagi, angka_pembagi)


Tinggal memasukkan angka yang ingin kamu bagi dan pembaginya ke dalam MOD dan kamu siap mendapatkan sisa pembagiannya!

Berikut adalah contoh implementasi dari rumus MOD.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh Hasil MOD di Excel

Seperti dapat kamu lihat pada penulisan rumusnya, cara penulisan MOD hampir sama dengan QUOTIENT. Kita memasukkan angka yang ingin dibagi beserta pembaginya untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan darinya.

Perbedaannya hanya terletak pada jenis hasil yang diberikan MOD kepada kita, seperti yang dapat dilihat di contohnya. Di sana, kita mencoba membagi 10 dengan 3. Karena sisa pembagian dari kedua angka itu adalah 1, maka 1 itulah yang menjadi hasil yang kita dapatkan dari MOD.



Cara Membagi Kolom di Excel

Semuanya cukup mudah dan cepat jika kita hanya ingin membagi 1 angka. Namun, kita seringkali perlu membagi angka-angka dalam satu kolom dengan angka-angka dalam kolom lainnya.

Apa yang dapat kita lakukan agar kita bisa menyelesaikan perhitungan pembagian kolom tersebut dengan cepat? Tentunya akan memakan banyak waktu jika kita menuliskan rumus pembagian secara terpisah untuk setiap angka kolomnya.

Sebagai solusi untuk permasalahan tersebut, kita perlu tahu cara membagi kolom di excel. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur penyalinan di excel.

Untuk memahami lebih baik cara melakukannya, mari kita lihat penjelasannya melalui contoh berikut.

Misalkan kita mempunyai dua kolom dengan angka-angka seperti ini.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Data Untuk Contoh Pembagian Kolom di Excel

Kita ingin membagi semua bilangan dari kolom paling kiri dengan pasangannya di sebelah kanan. Bagaimana cara kita melakukannya dengan cepat?

Pertama, kita perlu membuat rumus pembagian untuk pasangan angka pertama dari kedua kolom tersebut seperti ini.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Rumus Pertama Untuk Pembagian Kolom di Excel

Setelah itu, kita hanya perlu menyalin ke bawah rumus tersebut sampai kita mendapatkan semua hasil pembagian yang kita butuhkan. Untuk melakukannya, kita pindahkan pointer kita ke bagian bawah kanan dari kursor cell kita sampai ia berbentuk +. Kursor cell tersebut harus sudah berada di cell di mana kita menuliskan rumus pembagian kita.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Tanda + Untuk Menyalin Rumus di Excel

Lalu, kita klik dan drag pointer kita sampai ke pasangan angka paling bawah dari kedua kolomnya. Kitapun akan mendapatkan hasil pembagian kolomnya!

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pembagian Kolom di Excel

Tidak terlalu sulit, bukan? Ikuti langkah-langkah tersebut jika kamu perlu membagi angka-angka pada kolom-kolom dari file excelmu!



Cara Membagi Kolom dengan Sebuah Angka (Konstan) di Excel

Bagaimana jika kita mempunyai sebuah angka yang kita ingin jadikan pembagi semua angka dalam satu kolom? Sebagai contoh, mungkin kita ingin mengetahui jumlah produksi per jam dari masing-masing pabrik perusahaan. Untuk itu, kita perlu membagi jumlah produksi total per pabrik dengan jumlah jam yang sama.



Apa yang bisa kita lakukan? Kuncinya di sini adalah membedakan cara kita menginput angka untuk dibagi dan angka pembaginya dalam rumus pembagian kita.

Kita perlu menginput angka untuk dibaginya dengan menggunakan referensi cellnya. Hal ini agar referensi angkanya tersebut bisa berpindah ketika kita menyalin rumus pembagian kita untuk membagi seluruh angka di kolomnya.

Dan untuk pembaginya, kita perlu menginputnya dengan cara pengetikan langsung ataupun dengan menggunakan referensi cell absolut. Dengan cara itu, kita akan membuatnya konstan untuk setiap rumus pembagian kita ketika kita sedang menyalin rumusnya tersebut.

Jika kamu ingin menggunakan referensi cell absolut, maka kamu perlu menambahkan simbol $ ke referensi cell pembaginya. Kita menambahkan simbol $ di depan huruf kolom dan angka baris dari cellnya tersebut (contoh: $A$1 adalah referensi absolut angka pembagi yang ada di dalam cell A1). Kamu bisa menambahkannya dengan mengetikkan simbol $nya secara langsung atau dengan menekan tombol F4 (Command +T di Mac) setelah kamu memasukkan referensi cellnya dalam rumusmu.

Untuk contoh pembagian kolom dengan suatu angka konstanta ini, misalkan kita mempunyai sebuah kolom angka seperti ini.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Data untuk Contoh Pembagian Kolom dengan Konstanta di Excel

Kita ingin membagi semua angka di kolomnya menggunakan angka 2 di cell C2. Bagaimana cara kita melakukannya dengan cepat?

Pertama, kita mengetikkan rumus pembagian untuk angka pertama dari kolomnya. Untuk itu, kita memasukkan tanda sama dengan ( = ), referensi cell angka yang ingin dibagi, dan tanda garis miring ( / ).

Cara Membagi di Excel - Screenshot Penulisan Rumus Pembagian Kolom dengan Konstanta di Excel, Bagian Pertama

Lalu, kita masukkan pembaginya dengan mengetikkannya secara langsung atau menggunakan referensi absolut dari cell C2. Kamu bisa melihat implementasi keduanya pada screenshot-screenshot di bawah ini.

Penulisan angka secara langsung

Cara Membagi di Excel - Screenshot Penulisan Angka Secara Langsung Untuk Konstanta Pembagian Kolom di Excel

Referensi absolut cell.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Penggunaan Referensi Cell Absolut Untuk Konstanta Pembagian Kolom di Excel

Setelah kita selesai menuliskan rumus pembagiannya, kita salin rumusnya ke bawah untuk membagi seluruh angka kolomnya. Untuk melakukannya, pertama kita tempatkan kursor cell kita di cell berisi rumusnya. Kemudian, pindahkan pointermu ke bagian bawah kanan kursor cellnya sampai ia berbentuk + seperti ini.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Tanda + untuk Penyalinan Rumus Pembagian Kolom dengan Konstanta di Excel

Lalu, klik dan drag pointernya sampai ia mengkover pembagian setiap angka dari kolomnya. Lepaskan dragmu dan kamu akan mendapatkan hasil pembagian kolom dengan konstantanya!

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh Hasil Rumus Pembagian Kolom dengan Konstanta di Excel

Hampir sama dengan langkah-langkah pembagian kolom, bukan? Hanya saja, jangan lupa untuk membuat input pembaginya konstan menggunakan metode yang telah disampaikan di atas.



Cara Membagi dengan Persentase di Excel

Jika kita ingin membagi angka dengan persentase, itu berarti kita ingin mendapatkan “100%” dari angkanya. Ini seperti, contohnya, jika kita mempunyai sebuah harga diskon dan kita ingin mendapatkan harga sebenarnya.

Prinsip rumus pembagian ini hampir sama dengan penulisan rumus pembagian secara umum di excel. Hanya saja, jangan lupa menaruh persentase sebagai pembaginya dan memastikannya mempunyai simbol persentase juga.

= angka_yang_terpersentase / persentase %


Dari perhitungan ini, kita akan mendapatkan angka 100% dari angka yang kita bagi.

Sebagai contoh, perhatikan screenshot berikut ini.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pembagian Persentase di Excel

Seperti dapat kamu lihat pada contohnya, kita membagi angka 50 dengan 20%. Sebagai hasilnya, kita mendapatkan 100% dari 50nya tersebut (kita mengasumsikan 50 adalah 20% dari angka “aslinya”), yaitu 250.

Kita tidak perlu memasukkan persentase lagi ke penulisan rumus kita karena angka dalam cell kita sudah memilikinya. Namun, jika kita mengetikkan angkanya secara langsung, maka kita tidak boleh lupa menambahkan simbol persentase untuk mendapatkan hasil yang benar.

Ingat juga bahwa kamu bisa mengganti persentasemu dalam rumusnya dengan ekuivalen desimalnya (contoh: 20% sama dengan 0,2 dan 50% sama dengan 0,5). Kamu akan mendapatkan hasil yang sama dengan menggunakan ekuivalen desimal tersebut.



Cara Menangani Error #DIV/0

Dalam perhitungan pembagian, kamu tidak dapat membagi angka apapun dengan nol karena hasilnya akan menjadi tidak terdefinisi. Ini juga berlaku di excel. Angka apapun yang kamu bagi dengan nol di excel akan menghasilkan error #DIV/0.

Namun, kamu mungkin terkadang mendapatkan error ini secara tidak sengaja.

Mungkin saja kamu mempunyai banyak angka dalam kolom-kolommu dan kamu tidak tahu beberapa pembagi di sana bernilai nol. Sebagai hasilnya, kamu akan mendapatkan beberapa error #DIV/0 dari perhitungan pembagian kolommu.

Hal ini tentunya tidak bagus apalagi jika kamu ingin memproses hasil pembagiannya tersebut lebih lanjut. Setiap error tersebut akan menyebabkan error lanjutan dan kamu tidak akan mendapatkan hasil akhir yang kamu inginkan dari pekerjaan excelmu.

Jadi, bagaimana cara mengantisipasi error #DIV/0 dari perhitungan pembagianmu di excel? Kamu bisa menggunakan rumus IFERROR yang akan mengganti errormu dengan sebuah nilai alternatif.

Untuk menggunakannya bersama dengan penulisan rumus pembagianmu, bentuk penulisan umumnya adalah seperti ini.

= IFERROR( angka_yang_dibagi / angka_pembagi , nilai_alternatif)


Masukkan rumus pembagimu sebagai input pertama IFERROR dan nilai alternatifnya sebagai input selanjutnya. Kamu bisa menginput nilai alternatif apapun yang kamu inginkan sebagai pengganti error #DIV/0nya nanti.

Dengan penulisan ini, jika rumus pembagimu menghasilkan error, maka IFERROR akan secara otomatis menggantinya dengan nilai alternatifnya (jika tidak menghasilkan error, maka IFERROR akan menghasilkan hasil rumus pembagianmu tanpa perubahan apapun terhadapnya)!

Sebagai contoh implementasi dari penulisan tersebut, silahkan lihat screenshot berikut.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pembagian Dengan Menggunakan IFERROR Untuk Mengantisipasi Error #DIV/0 di Excel

Pada screenshot tersebut, kita bisa bandingkan hasil dari rumus pembagian saja dan hasil rumus pembagian dengan IFERROR.

Ketika kita menghasilkan error #DIV/0 yang disebabkan oleh pembagi 0, IFERROR akan mengganti error tersebut dengan nilai alternatifnya. Jika kita tidak menggunakan IFERROR, maka errornya akan menjadi hasil akhir dari penulisan rumus kita.

Oleh karena itu, jika kamu perlu mengantisipasi error dari rumus pembagianmu, jangan ragu menggunakan IFERROR. Dengan begitu, kamu tidak akan menghasilkan error yang bisa mengganggu pemrosesan datamu di excel.


Latihan

Setelah kamu mempelajari bagaimana cara membagi di excel, kamu dapat mempertajam pemahamanmu dengan mengerjakan latihan ini!

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya di bawah. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan perhitunganmu dan ingin mengecek hasilnya.

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa jumlah produksi per mesin untuk memenuhi target produksi bulan ini? Ubah hasilnya jadi 3 angka belakang koma (lihat bagian catatan tambahan di bawah jika kamu ingin mempelajari bagaimana cara melakukannya!)
  2. Berapa jatah target produksi per mesin untuk memenuhi target perusahaan jika targetnya didistribusikan sama rata? Gunakan QUOTIENT untuk menjawabnya!
  3. Berapa target produksi sisa yang masih belum terdistribusi ke satu mesinpun jika targetnya didistribusikan sama rata ke semua mesin? Gunakan MOD untuk menjawabnya!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Untuk mengubah banyak angka desimal dari hasil pembagianmu, silahkan gunakan menu increase decimal/decrease decimal dari tab Home. Tempatkan kursormu dulu pada cell tempat hasilnya berada untuk menggunakannya.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Tips Desimal 1



Atau klik kanan setelah menempatkan kursornya tersebut lalu pilih Format Cells. Kemudian, pada Tab Number pilih Number dan ganti nilai dari Decimal places sesuai dengan jumlah angka desimal yang kamu inginkan. Terakhir, klik OK.

Cara Membagi di Excel - Screenshot Tips Desimal 2-1



Cara Membagi di Excel - Screenshot Tips Desimal 2-2



Namun penting diingat bahwa metode ini hanya merubah tampilan desimal dari angkamu saja tanpa merubah nilai sebenarnya. Jika ingin merubah nilainya, maka kamu perlu mempraktekkan cara membulatkan angka di excel yang tutorialnya juga tersedia pada situs ini!



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert