Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara membulatkan angka di excel menggunakan berbagai rumus pembulatan yang tersedia di excel. Selain itu, kamu juga akan mempelajari cara membulatkan angka di excel menggunakan beberapa fitur lainnya selain rumus.

Ketika kita mengolah data angka kita di excel, penguasaan cara membulatkan angka pada perangkat lunak ini menjadi penting. Ini terutama jika kita sering bekerja dengan bilangan-bilangan desimal. Excel memiliki banyak rumus pembulatan yang bisa kita gunakan tergantung dari hasil pembulatan seperti apa yang kita inginkan.

Penasaran apa saja rumus-rumus pembulatan tersebut, bagaimana cara menggunakan mereka, dan hasil seperti apa yang bisa kamu dapatkan dari mereka? Ingin tahu fitur lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membulatkan angka di excel selain rumus? Baca tutorial pembulatan angka di excel dari Compute Expert ini sampai ke bagian terakhirnya!




Daftar Isi:



Daftar Rumus Pembulatan Excel: Rangkuman

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, terdapat banyak rumus pembulatan angka yang bisa kamu gunakan di excel. Setiap rumus tersebut memiliki keunikan tersendiri terkait dengan kegunaan dan cara penggunaannya.

Di bawah ini adalah tabel yang merangkum 12 rumus pembulatan yang tersedia di excel beserta kegunaan mereka. Tabel ini mungkin tidak mencakup semua rumus pembulatan yang ada di excel. Akan tetapi, ia seharusnya cukup lengkap dan berisi rumus-rumus yang kemungkinan perlu untuk kamu gunakan.

Pada bagian selanjutnya dari tutorial ini, kita akan mendiskusikan dasar serta bagaimana cara menggunakan masing-masing dari kesemua rumus ini.

RumusGunakan untuk…
ROUNDmembulatkan desimal secara normal (membulatkan 0-4 ke bawah dan membulatkan 5-9 ke atas)
ROUNDUPmembulatkan desimal ke atas
ROUNDDOWNmembulatkan desimal ke bawah
MROUNDmembulatkan angka ke kelipatan tertentu secara normal (membulatkan setengah ke bawah dari kelipatan tersebut ke bawah dan membulatkan setengah ke atas dari kelipatan tersebut ke atas)
CEILING/CEILING.MATHmembulatkan angka ke atas ke kelipatan tertentu
FLOOR/FLOOR.MATHmembulatkan angka ke bawah ke kelipatan tertentu
INTmembulatkan bilangan desimal ke bawah ke bilangan bulat terdekat
TRUNCmenghilangkan/memotong desimal dari suatu angka
EVENmembulatkan bilangan desimal ke atas ke bilangan bulat genap terdekat
ODDmembulatkan bilangan desimal ke atas ke bilangan bulat ganjil terdekat
DOLLARmembulatkan bilangan desimal secara normal dan menjadikannya berformat mata uang dolar
FIXEDmembulatkan bilangan desimal secara normal dan mengubahnya menjadi teks berformat angka


Mari mulai diskusi dari rumus-rumus ini dengan rumus pembulatan excel yang paling standar, ROUND!



Cara Membulatkan Desimal Secara Normal di Excel: ROUND

Mau membulatkan bilangan desimal dalam angkamu di excel secara normal? Kamu sebaiknya menggunakan ROUND untuk itu.

ROUND akan membulatkan 0 sampai 4 ke bawah dan 5 sampai 9 ke atas seperti normalnya suatu proses pembulatan angka. Bentuk penulisan rumus ROUND di excel adalah seperti yang dapat kamu lihat di bawah ini.

= ROUND ( angka_untuk_dibulatkan , banyak_desimal_pada_hasil )


Masukkan input angka yang ingin kamu bulatkan dan banyak desimal yang kamu inginkan pada hasil pembulatanmu nanti ke dalam ROUND. Kamu akan langsung mendapatkan hasil pembulatan yang kamu inginkan dari rumus ini!

Di bawah ini adalah contoh implementasi ROUND di excel.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi ROUND

Seperti bisa kamu lihat, ROUND bisa membulatkan angka kita ke banyak desimal yang kita minta.

Jika kita memberikan input banyak desimal yang sama atau lebih banyak dari yang angka kita punya, ROUND tidak akan melakukan apapun. Jika kita memberikan input 0 untuk banyak desimalnya, maka ROUND akan membulatkan angka kita ke bilangan bulat terdekat.

Jika kita memberikan input bilangan negatif untuk itu, maka ROUND akan membulatkan angka kita ke kelipatan 10 berpangkat terdekat. Tingkat pangkat kelipatan 10nya tersebut tergantung dari besaran bilangan negatif yang kita jadikan input (-1 berarti 10 pangkat 1 atau 10, -2 berarti 10 pangkat 2 atau 100, dan seterusnya).



Cara Membulatkan Bilangan Desimal ke Atas di Excel: ROUNDUP

Bagaimana jika kita ingin membulatkan ke atas angka kita, bukan membulatkannya secara normal? Pertanyaan ini membutuhkan rumus ROUNDUP untuk menjawabnya.



Bentuk penulisan rumus ROUNDUP mirip dengan ROUND yang baru saja kita diskusikan.

= ROUNDUP ( angka_untuk_dibulatkan_ke_atas , banyak_desimal_pada_hasil )


Hanya fungsinya sajalah yang berbeda dari kedua rumus ini. ROUNDUP akan membulatkan desimal-desimal kita ke atas sedangkan ROUND akan membulatkan mereka secara normal.

Kamu bisa lihat hasil pembulatan ke atas dari ROUNDUP dalam screenshot di bawah ini.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi ROUNDUP

Seperti dapat kamu lihat di sana, ROUNDUP juga akan membulatkan 0-4 ke atas pada desimal-desimalmu (56,38123 dibulatkan menjadi 56,382 bukan 56,381, 2452,291 dibulatkan menjadi 2453 bukan 2452, dan seterusnya). Perlakuannya pada input banyak desimal yang sama atau lebih, nol, dan bilangan negatif sama persis seperti ROUND.



Cara Membulatkan Bilangan Desimal ke Bawah di Excel: ROUNDDOWN

Jika kita ingin membulatkan bilangan desimalmu ke bawah, maka kita bisa menggunakan ROUNDDOWN, bukan ROUND atau ROUNDUP.

Bentuk penulisan umum ROUNDDOWN mirip dengan ROUND dan ROUNDUP seperti yang dapat kamu lihat di bawah ini.

= ROUNDDOWN ( angka_untuk_dibulatkan_ke_bawah , banyak_desimal_pada_hasil )


Berikut contoh implementasi ROUNDDOWN di excel.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi ROUNDDOWN

ROUNDDOWN akan membulatkan ke bawah angka apa saja, termasuk 5-9, seperti dapat kamu lihat pada contohnya. Perlakuannya terhadap input banyak desimal sama atau lebih, nol, dan bilangan negatif sama dengan ROUND dan ROUNDUP.



Cara Membulatkan Angka Secara Normal ke Kelipatan Tertentu di Excel: MROUND

Bagaimana jika kita bukan ingin membulatkan bilangan desimal tapi ingin membulatkan angka kita ke kelipatan tertentu? Sebagai contoh, katakanlah kita ingin membulatkan angka 7 ke kelipatan 5 terdekat. Bisakah kita melakukannya menggunakan rumus excel?

Jawabannya adalah ya, kita bisa menggunakan rumus excel untuk ini. Jika kamu ingin membulatkan suatu angka ke kelipatan tertentu secara normal (membulatkan setengah ke bawah dari kelipatannya tersebut ke bawah dan membulatkan setengah ke atas dari kelipatannya tersebut ke atas), maka kamu sebaiknya menggunakan MROUND.

Cara menuliskan MROUND agak mirip dengan ROUND, ROUNDUP dan ROUNDDOWN. Hanya saja, di sini kita ganti input banyak desimal menjadi kelipatan yang menjadi patokan proses pembulatan kita nantinya.

= MROUND ( angka_untuk_dibulatkan , kelipatan_patokan_pembulatan )


Kamu bisa lihat contoh implementasi MROUND di excel di bawah ini.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi MROUND

Pada contoh, kamu bisa lihat bagaimana MROUND membulatkan angkamu di excel. MROUND membulatkan angka ke atas/ke bawah ke kelipatan yang kita inginkan tergantung dari yang mana yang terdekat.

Dengan MROUND, kita juga bisa membulatkan suatu bilangan negatif ke kelipatan negatif lainnya. Perlakuan pembulatannya sama dengan bilangan positif yang kita bulatkan dengan menggunakan MROUND juga.



Cara Membulatkan Angka ke Atas ke Kelipatan Tertentu di Excel: CEILING/CEILING.MATH

Bagaimana jika kita ingin membulatkan angka kita ke atas ke kelipatan tertentu dan bukan membulatkannya secara normal? Kita bisa menggunakan rumus CEILING atau CEILING.MATH untuk ini.



CEILING.MATH adalah versi lebih baru dari CEILING yang bisa kita gunakan sejak excel 2013. CEILING.MATH dan CEILING hampir sama dalam hal fungsi. Namun, terdapat dua perbedaan krusial dari keduanya seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.
  • CEILING.MATH mempunyai nilai default untuk input kelipatannya, yaitu 1. Ini berarti kamu bisa tidak memberikan input kelipatan apapun dan CEILING.MATH akan tetap membulatkan angkamu ke kelipatan 1. Jika menggunakan CEILING, maka kamu harus memberikan input kelipatan kepada rumusmu
  • Kamu bisa menentukan apakah CEILING.MATH membulatkan suatu bilangan negatif mendekati atau menjauhi nol. CEILING, di lain pihak, hanya bisa membulatkan suatu bilangan negatif menjauhi nol

Berikut bentuk penulisan rumus CEILING dan CEILING.MATH.

CEILING

= CEILING ( angka_untuk_dibulatkan_ke_atas , kelipatan_patokan_pembulatan )


CEILING.MATH

= CEILING.MATH ( angka_untuk_dibulatkan_ke_atas , [ kelipatan_patokan_pembulatan ] , [ mode_pembulatan_bilangan_negatif ] )


Seperti yang bisa kamu lihat, penulisan CEILING dan CEILING.MATH di excel agak berbeda. Untuk CEILING, penulisannya cukup simpel karena kamu hanya perlu memberikan input angka yang ingin kamu bulatkan dan kelipatan patokan pembulatannya. Untuk CEILING.MATH, kamu memberikan kedua input tersebut dan juga mode pembulatan bilangan negatif yang kamu inginkan.

Untuk input mode pembulatannya, berikan input TRUE atau angka selain nol untuk membulatkan bilangan negatifmu menjauhi nol. Masukkan input 0 atau jangan berikan input apapun di sana jika kamu ingin membulatkan bilangan negatifmu mendekati nol. Input mode pembulatan bilangan negatif ini tidak memiiliki efek apapun jika kamu membulatkan bilangan positif.

Dua input terakhir dari CEILING.MATH sendiri sifatnya opsional. Nilai default input kelipatannya adalah 1 dan nilai default input mode pembulatan bilangan negatifnya adalah 0.

Untuk memahami lebih dalam mengenai CEILING dan CEILING.MATH, berikut contoh implementasi mereka. Kamu seharusnya dapat melihat perbedaan kedua rumus ini secara lebih jelas di sini.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi CEILING

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi CEILING.MATH

Di sini, kita gunakan CEILING dan CEILING.MATH untuk membulatkan angka-angka yang sama ke atas ke kelipatan yang sama. Hasil dari keduanya bisa saja berbeda seperti dapat kamu lihat di atas. Terutama jika kita mencoba membulatkan suatu bilangan negatif.

Secara default, CEILING.MATH membulatkan bilangan negatif ke atas mendekati nol, kebalikan dari CEILING. Kecuali kamu memasukkan input TRUE atau angka selain nol pada bagian input mode pembulatan bilangan negatifnya.

Sekarang, setelah kamu memahami perbedaan CEILING dan CEILING.MATH, gunakan mereka dengan benar ketika kamu membutuhkan fungsi mereka!



Cara Membulatkan Angka ke Bawah ke Kelipatan Tertentu di Excel: FLOOR/FLOOR.MATH

Kebalikan dari pasangan CEILING dan CEILING.MATH adalah FLOOR dan FLOOR.MATH. Kamu bisa menggunakan FLOOR dan FLOOR.MATH jika kamu mau membulatkan suatu angka ke bawah ke kelipatan tertentu yang kamu inginkan.

Seperti CEILING dan CEILING.MATH, FLOOR dan FLOOR.MATH juga memiliki fungsi yang sama. Akan tetapi, terdapat dua perbedaan di antara mereka yang akan dijabarkan sebagai berikut.
  • FLOOR.MATH mempunyai nilai default 1 untuk input kelipatannya. Ini berarti kamu bisa tidak memberikan input kelipatan apapun dan FLOOR.MATH tetap membulatkan angkamu ke bawah ke kelipatan 1 terdekat. Di lain pihak, kamu harus memberikan input kelipatan jika kamu menggunakan FLOOR
  • Kamu bisa menentukan apakah kamu ingin membulatkan bilangan negatif ke bawah mendekati atau menjauhi nol dengan menggunakan FLOOR.MATH. FLOOR, di lain pihak, selalu membulatkan bilangan negatif mendekati nol

Berikut bentuk penulisan umum dari rumus FLOOR dan FLOOR.MATH di excel.

FLOOR

= FLOOR ( angka_untuk_dibulatkan_ke_bawah , kelipatan_patokan_pembulatan )


FLOOR.MATH

= FLOOR.MATH ( angka_untuk_dibulatkan_ke_bawah , [ kelipatan_patokan_pembulatan ] , [ mode_pembulatan_bilangan_negatif ] )


Ketika kamu menuliskan FLOOR, kamu harus memberikan input bagi kedua bagian inputnya. Untuk penulisan FLOOR.MATH, kamu hanya perlu memberikan input angka yang ingin kamu bulatkan ke bawah. Jika kamu hanya memberikan input tersebut, maka FLOOR.MATH akan berasumsi input kelipatanmu adalah 1. Selain itu, ia juga akan mengasumsikan input mode pembulatan bilangan negatifmu adalah menjauhi nol.

Jika kamu memutuskan memberikan input mode pembulatan bilangan negatif pada FLOOR.MATH, maka lakukan ini. Masukkan angka selain nol atau TRUE jika kamu ingin membulatkan bilangan negatifmu mendekati nol. Jika kamu ingin sebaliknya, masukkan input nol.

Jika kamu membulatkan bilangan positif menggunakan FLOOR.MATH, maka input mode pembulatan bilangan negatifnya tidak akan memiliki efek apapun.

Untuk pemahaman lebih mendalamnya, berikut contoh implementasi FLOOR dan FLOOR.MATH di excel.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi FLOOR

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi FLOOR.MATH

Kamu bisa lihat dari contohnya bagaimana FLOOR dan FLOOR.MATH dapat membulatkan bilangan positif ke bawah ke kelipatan yang kita inginkan. Jika kamu ingin membulatkan ke bawah ke kelipatan 1 terdekat, maka kamu tidak perlu memberikan input kelipatan apapun pada FLOOR.MATH.

Kamu bisa lihat juga perbedaan proses pembulatan bilangan negatifnya di sana antara FLOOR dan FLOOR.MATH. FLOOR selalu membulatkan suatu bilangan negatif mendekati nol. Di lain pihak, kita bisa menentukan arah proses pembulatan tersebut jika kita menggunakan FLOOR.MATH.

Jika kita tidak memberikan input apapun untuk pengaturan mode pembulatannya, maka FLOOR.MATH akan membulatkan bilangan negatif kita menjauhi nol. Jika kita memberikan input angka selain nol di sana, maka FLOOR.MATH akan membulatkan bilangan negatif kita mendekati nol.

Maka dari itu, jika kamu menggunakan FLOOR.MATH untuk membulatkan bilangan negatif, pilih input mode yang ingin kamu berikan dengan benar!



Cara Membulatkan Angka ke Bawah ke Bilangan Bulat Terdekat di Excel: INT

Ingin membulatkan ke bawah suatu bilangan desimal ke bilangan bulat terdekatnya secara cepat? Terdapat sedikit opsi yang lebih baik untuk melakukannya di excel dibandingkan dengan menggunakan rumus INT.

Cara menggunakan INT di excel sangat simpel. Kamu hanya tinggal memberikan input bilangan desimal yang ingin kamu bulatkan seperti yang terlihat pada bentuk penulisan INT berikut ini.

= INT ( angka_untuk_dibulatkan_menjadi_bilangan_bulat )


Dengan menggunakan INT, kamu bisa mendapatkan bentuk bilangan bulat dari bilangan desimalmu secara cepat! Jika kamu memberikan input angka tanpa desimal kepada INT, maka rumus ini tidak akan melakukan apapun. Lebih lanjut lagi, jika kamu memberikan input bilangan negatif pada INT, maka ia akan membulatkannya menjauhi nol ke bilangan bulat terdekat.



Berikut contoh implementasi dari INT di excel.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi INT

Seperti dapat kamu lihat pada penulisan INT di contohnya, kita hanya perlu memberikan input bilangan desimal kita ke INT. Lakukan itu dan kita akan langsung mendapatkan bilangan bulat yang kita inginkan dari bilangan desimal kita!



Cara Menghilangkan Desimal di Excel: TRUNC

Bagaimana jika kamu hanya ingin menghilangkan/memotong beberapa desimal yang terdapat di angkamu? Excel juga memiliki sebuah rumus yang mampu menjawab kebutuhan tersebut. Rumus tersebut adalah TRUNC.

Berikut bentuk penulisan umum dari TRUNC di excel.

= TRUNC ( angka_untuk_dipotong_desimalnya , [ banyak_desimal_pada_hasil ] )


Input satu-satunya yang perlu kamu berikan pada TRUNC adalah angka yang ingin kamu hilangkan desimalnya. Input banyak desimal yang kamu inginkan untuk hasilnya bersifat opsional. Jika kamu tidak memberikan input apapun, maka TRUNC akan menghilangkan semua desimal pada angkamu.

Jika kamu memberikan input angka tanpa desimal kepada TRUNC, maka rumus ini tidak akan melakukan apapun terhadap angka tersebut. Jika kamu memberikan input bilangan negatif, maka TRUNC akan menghilangkan desimalnya secara normal seperti jika kamu memberikan input bilangan positif.

Untuk pemahaman lebih mendalam mengenai rumus ini, berikut contoh implementasinya di excel.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi TRUNC

Konsep penggunaan TRUNC cukup simpel, bukan? Jika kamu butuh menghilangkan sebagian atau semua bilangan desimal pada angkamu, gunakan rumus ini!



Cara Membulatkan Angka ke Atas ke Bilangan Bulat Genap Terdekat di Excel: EVEN

Ingin membulatkan bilangan desimalmu ke atas ke bilangan bulat genap terdekatnya? Kamu bisa melakukan itu dengan mudah menggunakan EVEN.

Seperti INT yang sudah kita diskusikan sebelumnya, kamu hanya perlu memberikan input angka yang ingin kamu bulatkan ke EVEN. Oleh karena itu, bentuk penulisan rumus EVEN di excel menjadi seperti ini.

= EVEN ( angka_untuk_dibulatkan_ke_atas )


Simpel, bukan? Dan berikut contoh implementasinya di excel.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi EVEN

Kamu bisa lihat pada contoh tersebut bagaimana EVEN membulatkan suatu angka ke kelipatan bilangan bulat genap terdekatnya. Jika angka tersebut sudah berbentuk bilangan bulat genap, maka EVEN tidak akan melakukan apapun. Jika angkanya berbentuk bilangan negatif, maka EVEN akan membulatkannya menjauhi nol ke bilangan bulat genap terdekatnya.



Cara Membulatkan Angka ke Atas ke Bilangan Bulat Ganjil Terdekat di Excel: ODD

Jika yang kamu butuhkan adalah membulatkan desimalmu ke bilangan bulat ganjil terdekat, maka kamu bisa gunakan ODD.

Cara menuliskan ODD sama dengan cara menuliskan EVEN. Tinggal berikan input angka yang ingin kamu bulatkan ke dalam penulisan ODDmu.

= ODD ( angka_untuk_dibulatkan_ke_atas )


Dan berikut contoh implementasinya.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi ODD

Kamu dapat lihat pada contohnya bagaimana ODD membulatkan suatu angka ke atas ke bilangan bulat ganjil terdekatnya. Jika kamu memberikan input bilangan bulat ganjil ke ODD, maka rumus ini tidak akan melakukan apapun. Jika kamu memberikan input bilangan negatif, maka ODD akan membulatkannya ke atas menjauhi nol ke bilangan bulat ganjil terdekatnya.



Cara Membulatkan Bilangan Desimal Secara Normal Sambil Merubahnya Menjadi Format Mata Uang di Excel: DOLLAR

Perlu membulatkan bilangan desimalmu sembari juga mengkonversinya menjadi berformat mata uang dolar? Kamu bisa melakukannya dengan cepat di excel menggunakan rumus DOLLAR.

Cara menggunakan DOLLAR hampir sama dengan ROUND. Berikut bentuk penulisan umum dari rumusnya di excel.

= DOLLAR ( angka_untuk_dibulatkan , [ banyak_desimal_pada_hasil ] )


Kamu bisa tidak memberikan input apapun pada bagian input banyak desimal yang kamu inginkan pada hasilnya. Jika kamu melakukan itu, maka DOLLAR akan membulatkan angkamu ke dua bilangan desimal. Sama seperti banyak desimal yang sering kita lihat pada angka berformat dolar.

Di lain pihak, jika kamu memberikan input banyak desimal yang kamu inginkan pada hasilnya, maka DOLLAR akan bekerja seperti ROUND. Jika kamu memberikan input banyak desimal sama atau lebih dari banyak desimal yang angkamu punya, maka DOLLAR tidak akan membulatkannya (ia hanya akan menjadikan angkamu berformat dolar).



Jika kamu memberikan input nol untuk banyak desimalnya, maka ia akan membulatkan angkamu menjadi berbentuk bilangan bulat. Jika kamu memberikan input bilangan negatif untuk banyak desimalnya, maka ia akan membulatkan angkamu ke kelipatan 10 berpangkat. Besaran pangkat 10nya tergantung dari besaran bilangan negatif yang kamu berikan sebagai input.

Berikut contoh implementasi rumus DOLLAR di excel.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi DOLLAR

Kapanpun kamu membutuhkan fungsi ROUND sembari sekaligus juga menjadikan angkamu jadi berformat mata uang dolar, gunakan rumus DOLLAR!



Cara Membulatkan Bilangan Desimal Secara Normal Sambil Merubahnya Menjadi Teks Angka Terformat di Excel: FIXED

Kamu bisa menggunakan FIXED jika kamu ingin membulatkan angkamu menjadi teks angka terformat. Ini berarti ia akan mengkonversi angkamu menjadi berformat teks sembari juga menambahkan tanda pemisah ribuan (dalam bentuk koma atau titik tergantung dari pengaturan komputermu) di dalamnya jika kamu mau.

Berikut cara menuliskan FIXED di excel secara umum.

= FIXED ( angka_untuk_dibulatkan , [ banyak_desimal_pada_hasilnya ] , [ tidak_menambahkan_pemisah_ribuan_atau_menambahkannya ] )


Seperti yang bisa dilihat, satu-satunya input yang wajib kamu berikan kepada FIXED adalah angka yang ingin kamu bulatkan. Dua input lainnya, banyak desimal pada hasilnya dan apakah tidak perlu ditambahkan tanda pemisah ribuannya, bersifat opsional. Jika kamu tidak memberikan input pada keduanya, maka FIXED akan membulatkan angkamu ke dua desimal dan menambahkan tanda pemisah ribuannya.

Untuk input apakah kamu mau menambahkan tanda pemisah ribuan atau tidak pada hasil pembulatanmu, berikan input TRUE atau FALSE. TRUE berarti kamu tidak ingin menambahkan tanda pemisah ribuannya dan FALSE berarti kamu mau.

Berikut contoh implementasi FIXED di excel.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Implementasi FIXED

Seperti bisa kamu lihat, FIXED membulatkan angka kita, mengubahnya menjadi teks, dan menambahkan tanda pemisah ribuan pada hasil pembulatannya. Pada kolom hasil pembulatannya, semua hasil pembulatannya menjadi rata kiri karena mereka sekarang berformat data teks (Posisi default teks dalam sebuah cell di excel adalah rata kiri).

Jika kamu hanya perlu merubah suatu angka menjadi format teks tertentu tanpa membulatkan, kamu bisa gunakan rumus TEXT. TEXT menawarkan lebih banyak bentuk teks yang kamu bisa aplikasikan pada angkamu dibandingkan dengan FIXED.



Contoh 1: Cara Membulatkan Angka ke 2 Digit Desimal di Excel

Setelah kita selesai mendiskusikan 12 rumus pembulatan di excel, sekarang saatnya kita melihat beberapa contoh proses pembulatan di excel. Contoh-contoh ini bersumber dari permasalahan-permasalahan pembulatan angka yang terkadang kita temui di excel.

Salah satu contoh permasalahan tersebut adalah pembulatan ke dua desimal. Jika kita membulatkan suatu bilangan desimal, maka kita seringkali perlu membulatkannya ke dua desimal. Apa saja rumus pembulatan excel yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan hasil tersebut?

Dari daftar rumus kita, terdapat beberapa rumus yang bisa kita gunakan seperti ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN, dan TRUNC. Rumus mana yang sebaiknya kita gunakan tergantung dari angka dengan dua desimal seperti apa yang kita inginkan sebagai hasil pembulatan kita.

Mari coba mengimplementasikan beberapa rumus pembulatan excel tersebut untuk menjawab permasalahan ini. Pada screenshot di bawah ini, kita lihat bagaimana kita menggunakan ROUND, TRUNC, dan FIXED untuk membulatkan beberapa angka ke dua desimal.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Pembulatan ke Dua Desimal di Excel

Seperti dapat kamu lihat pada contohnya, kita bisa menggunakan ROUND, TRUNC, dan FIXED untuk membulatkan angka-angka kita ke dua desimal. Tinggal masukkan input dua untuk banyak desimal yang kamu inginkan pada hasil pembulatanmu dalam rumus-rumus tersebut.

Kapanpun kamu perlu membulatkan ke dua digit desimal, tinggal pilih rumus pembulatan excel yang sesuai dengan hasil yang kamu inginkan. Lalu, masukkan input dua pada input banyak desimal dari rumus yang kamu gunakan!



Contoh 2: Cara Membulatkan Bilangan Negatif di Excel

Jika kamu melihat contoh-contoh ketika kita mendiskusikan rumus-rumus pembulatan excel, maka kamu seharusnya melihat beberapa contoh pembulatan bilangan negatif. Kamu bisa menggunakan rumus excel untuk membulatkan bilangan negatif yang kamu miliki. Namun, setiap rumus memiliki perlakuan yang berbeda terkait proses pembulatan bilangan negatif yang sebaiknya kamu perhatikan.

Beberapa dari mereka akan membulatkan bilangan negatifmu menjauhi nol dan beberapa yang lainnya akan membulatkan bilangan negatifmu mendekati nol. Oleh karena itu, ketahui hasil seperti apa yang kamu inginkan dan gunakan rumus yang bisa memberikanmu hasil tersebut. Cek lagi diskusi dari rumus yang kamu gunakan pada bagian sebelumnya dari tutorial ini jika perlu.

Sebagai contoh, berikut beberapa bilangan negatif yang kita bulatkan menggunakan ROUNDUP, ROUNDDOWN, dan INT.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Pembulatan Bilangan Negatif di Excel

Seperti dapat kamu lihat pada contoh tersebut, setiap rumus mungkin memberikan hasil yang berbeda ketika kita membulatkan suatu bilangan negatif. ROUNDUP dan INT akan membulatkan bilangannya menjauhi nol sementara ROUNDDOWN akan membulatkannya mendekati nol.

Jika kamu ingin membulatkan bilangan negatif secara normal, maka kamu bisa gunakan ROUND, DOLLAR, atau FIXED.



Contoh 3: Cara Membulatkan Angka ke Kelipatan 0,5 Terdekat di Excel

Perlu membulatkan angkamu ke kelipatan 0,5 terdekat di excel?

Kamu bisa menggunakan rumus pembulatan kelipatan, MROUND, CEILING/CEILING.MATH, dan FLOOR/FLOOR.MATH untuk melakukan itu. Tinggal masukkan 0,5 sebagai input kelipatan dari rumus yang kamu gunakan.



Berikut contoh pembulatan angka ke kelipatan 0,5 terdekat menggunakan MROUND, CEILING, dan FLOOR.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Pembulatan ke Kelipatan 0,5 di Excel

Kamu bisa lihat bagaimana kita mendapatkan hasil pembulatan kelipatan 0,5nya dengan menggunakan ketiga rumus tersebut. Selain mereka, kamu juga bisa menggunakan CEILING.MATH dan FLOOR.MATH jika proses pembulatan mereka cocok dengan apa yang kamu butuhkan.

Satu hal yang menjadi catatan jika kamu menggunakan MROUND untuk membulatkan bilangan negatif ke kelipatan 0,5. Kamu harus menambahkan minus di depan input kelipatan 0,5mu. Tidak melakukan itu akan membuat MROUNDmu memberikan hasil error #NUM.



Contoh 4: Cara Membulatkan Angka ke Kelipatan 5/10/50/100/500/1000 di Excel

Sama seperti membulatkan ke kelipatan 0,5 terdekat, kamu sebaiknya menggunakan MROUND, CEILING/CEILING.MATH atau FLOOR/FLOOR.MATH untuk ini. Masukkan input kelipatan yang ingin kamu jadikan patokan pembulatanmu ke dalam rumus yang kamu gunakan dan kamu akan mendapatkan hasil pembulatanmu.

Alternatifnya, kamu juga bisa menggunakan rumus pembulatan desimal seperti ROUND jika kamu ingin membulatkan ke kelipatan 10 berpangkat (10/100/1000/dsb). Tinggal masukkan angka negatif sebagai input banyak desimalnya dengan besaran angkanya tergantung dari tingkat pangkat kelipatan 10 yang kamu inginkan (-1 untuk 10, -2 untuk 100, -3 untuk 1000, dsb). Akan tetapi, mungkin akan lebih simpel jika kamu menggunakan rumus pembulatan kelipatan seperti salah satu dari kelima rumus yang disebutkan sebelumnya.

Berikut contoh implementasi rumus pembulatan kelipatan excel untuk membulatkan ke kelipatan 5/10/50/100/500/1000 terdekat. Kita menggunakan MROUND, CEILING.MATH, dan FLOOR.MATH di sini.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Pembulatan ke Kelipatan 5/10/50/100/500/1000 di Excel

Seperti bisa kamu lihat pada contohnya, kamu hanya perlu memasukkan input angka dan kelipatan ke rumus yang kamu gunakan. Gunakan MROUND untuk membulatkan secara normal, CEILING/CEILING.MATH untuk membulatkan ke atas, dan FLOOR/FLOOR.MATH untuk membulatkan ke bawah.



Contoh 5: Cara Membulatkan Persentase di Excel

Kalau kamu mau membulatkan persentase dengan menggunakan rumus excel, ingat bahwa persentase setara dengan suatu bilangan desimal. Sebagai contoh, 20% setara dengan 0,2 (20/100) dan 5% setara dengan 0,05 (5/100).

Oleh karena itu, kamu sebaiknya mempertimbangkan banyak desimal yang persentasemu miliki ketika kamu ingin membulatkannya. Tambahkan dua pada banyak desimal yang kamu jadikan input pada rumusmu sehingga ia bisa memberikanmu hasil yang kamu inginkan.

Sebagai contoh, di sini kita membulatkan beberapa persentase menggunakan ROUND, ROUNDUP, dan ROUNDDOWN.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Pembulatan Desimal Persentase di Excel

Pada contoh tersebut, kita ingin membulatkan persentase kita ke dua, nol, dan satu desimal. Seperti bisa kamu lihat pada penulisan rumusnya, kita menambahkan dua ke input banyak desimal yang kita inginkan. Karena persentase adalah suatu angka yang dibagi 100, penambahan dengan angka dua tersebut membuat kita mendapatkan hasil pembulatan yang benar.

Jika kamu perlu membulatkan tampilan desimal (bukan nilai sebenarnya) dari persentasenya, gunakan fitur increase decimal/decrease decimal excel. Kamu bisa mempelajari cara penggunaan fiturnya di bagian berikutnya dari tutorial ini.

Bagaimana jika kita ingin membulatkan persentase kita ke kelipatan tertentu dari persentase lainnya? Untuk ini, kita sebaiknya menggunakan salah satu rumus pembulatan kelipatan excel dan memasukkan persentase sebagai input kelipatannya.

Berikut contoh implementasi dari konsep tersebut untuk membuatnya menjadi lebih mudah dipahami. Kita gunakan MROUND, CEILING, dan FLOOR untuk membulatkan persentase kita ke suatu kelipatan di sini.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Pembulatan Persentase ke Kelipatan Tertentu di Excel

Jika menggunakan angka biasa sebagai input kelipatannya, kamu akan sulit mendapatkan hasil pembulatan yang kamu inginkan.



Contoh 6: Cara Membulatkan Data Waktu di Excel

Bagaimana jika kamu ingin membulatkan data waktu yang kamu miliki di excel? Karena proses pembulatan waktu seringkali berupa proses pembulatan kelipatan, gunakan MROUND, CEILING/CEILING.MATH, atau FLOOR/FLOOR.MATH.

Seperti pembulatan kelipatan persentase, kamu sebaiknya juga menggunakan waktu sebagai input kelipatan dari rumus yang kamu gunakan. Jika kamu mengetikkan input waktumu ke rumusnya secara langsung, maka kamu sebaiknya menggunakan tanda kutip (sebagai contoh, ketikkan “03:00:00” untuk memasukkan input jam tiga atau tiga jam).

Berikut contoh implementasi konsep pembulatan waktu di excel dengan menggunakan MROUND, CEILING, dan FLOOR.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Pembulatan Waktu di Excel

Jika kamu mendapatkan hasil berupa angka dari rumusmu (ini bisa terjadi jika cellmu memiliki format data umum/general), tinggal ubah hasilnya tersebut menjadi berformat data waktu. Untuk melakukan itu, sorot cell di mana hasilnya tersebut berada, pergi ke tab Home, dan klik dropdown format data. Pilih Time dari daftar dropdownnya.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Lokasi Tab Home, Dropdown Format Data, dan Pilihan Format Data Time

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Hasil Implementasi Format Data Time pada Hasil Pembulatan Waktu



Cara Membulatkan Angka di Excel Tanpa Menggunakan Rumus 1: Menu Increase Decimal/Decrease Decimal

Jika kamu tidak ingin membulatkan angkamu menggunakan rumus, kamu bisa menggunakan beberapa fitur lainnya di excel untuk membantumu. Akan tetapi, fitur-fitur tersebut hanya bisa membulatkan tampilan angkamu dan bukan nilainya yang sebenarnya. Untuk membulatkan nilai sebenarnya dari angkamu, kamu sebaiknya menggunakan suatu rumus.

Salah satu fitur excel yang bisa kamu gunakan untuk membulatkan angka adalah tombol increase decimal dan decrease decimal. Untuk menggunakan tombol-tombol ini, pertama, sorot cell berisi angka yang ingin kamu bulatkan.



Lalu, pergi ke tab Home dan klik tombol increase decimal untuk menambah banyak desimal pada angkamu. Untuk menguranginya, klik tombol decrease decimal.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Lokasi Tombol Increase Decimal dan Decrease Decimal

Cara yang cukup cepat untuk mengatur banyak desimal pada angkamu, bukan? Jika kamu hanya ingin menyesuaikan tampilan banyak desimal dari angkamu, gunakan tombol-tombol ini!



Cara Membulatkan Angka di Excel Tanpa Menggunakan Rumus 2: Format Cell

Kamu juga bisa menggunakan menu format cell untuk membulatkan tampilan banyak desimal dari angkamu.

Tinggal klik kanan pada cell berisi angka yang ingin kamu bulatkan dan pilih Format Cells….

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Format Cells... dalam Menu Klik Kanan Cell

Pada dialog box yang muncul, pergi ke tab Number dan klik kategori Number di sana. Di sebelah kanan dialog boxnya, kamu akan melihat boks teks Decimal Places. Pada boks teks tersebut, kamu bisa memasukkan banyak desimal yang kamu inginkan pada angkamu.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Lokasi Tab Number, Kategori Number, dan Boks Teks Decimal Places di Dialog Box Format Cells

Setelah kamu selesai memasukkan banyak desimalnya tersebut, klik OK.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Lokasi Tombol OK di Dialog Box Format Cells

Angkamu akan langsung menampilkan banyak desimal yang sesuai dengan spesifikasimu pada boks teks tadi!

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Hasil Format Cell untuk Membulatkan Angka



Cara Membulatkan Angka di Excel Tanpa Menggunakan Rumus 3: Custom Format

Selain menggunakan format data Number pada menu Format Cells, kamu juga bisa menggunakan format data Custom untuk membulatkan angkamu.

Untuk ini, di tab Number dialog box Format Cells, klik kategori Custom. Pada boks teks Type:, ketik nol (melambangkan bilangan bulatmu), tanda pemisah desimalmu (titik atau koma, tergantung dari pengaturan komputermu), dan nol yang melambangkan banyak desimal yang kamu inginkan.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Lokasi Tab Number, Kategori Custom, dan Boks Teks Type: di Dialog Box Format Cells

Pada contoh di atas, tiga nol di belakang titiknya berarti kita ingin membulatkan angka kita ke tiga desimal.

Setelah kamu selesai mengetikkan format angkamu, klik OK.

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Lokasi Tombol OK di Dialog Box Format Cells

Angkamu akan langsung menampilkan banyak desimal yang kamu spesifikkan pada boks teks format data Customnya!

Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan Berbagai Rumus Pembulatan Excel - Screenshot Contoh Hasil Custom Format untuk Membulatkan Angka



Latihan

Setelah kamu mempelajari bagaimana cara membulatkan angka di excel dengan menggunakan berbagai rumus dan fitur, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Hal ini dilakukan agar kamu dapat semakin memahami apa yang sudah kamu pelajari dari tutorial ini.

Unduh file latihan dari link berikut dan jawab pertanyaannya, Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai mengerjakan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana menjawab pertanyaannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa hasil pembulatannya jika angkanya ingin dibulatkan ke bawah ke 2 digit desimal?
  2. Berapa hasil pembulatannya jika angkanya ingin dibulatkan ke kelipatan 3 terdekat?
  3. Berapa hasil pembulatannya jika angkanya ingin dijadikan bilangan bulat menggunakan TRUNC?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

TRUNC yang tidak diberikan input banyak desimal berfungsi hampir sama seperti INT. Akan tetapi, jika kamu membulatkan bilangan negatif, maka TRUNC akan membulatkannya mendekati nol (karena ia hanya akan menghilangkan semua desimal pada bilangan tersebut). INT, di lain pihak, akan membulatkannya menjauhi nol.



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert