Cara Mengalikan di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Mengalikan di Excel



Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara mengalikan di excel. Jenis perhitungan ini sendiri bisa dilakukan secara manual ataupun dengan menggunakan rumus mengalikan di excel yaitu PRODUCT.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Mengalikan Excel?


Dalam melakukan pengolahan data numerik pada file spreadsheet, salah satu kalkulasi yang sering dilakukan adalah perkalian. Jenis kalkulasi ini seringkali diperlukan dalam berbagai bidang pekerjaan kita. Jika kita sering menggunakan perangkat lunak ini tapi belum memahami perkaliannya, maka tentu akan membuat pengolahan data kita menjadi tidak optimal.

Salah satu contoh kebutuhan jenis kalkulasi tersebut dalam pekerjaan adalah ketika kita sedang mengolah data transaksi harian. Dalam pengolahannya, biasanya terdapat dua variabel penting yaitu jumlah dan nilai uang per satuannya. Untuk mendapatkan total nilai transaksinya, maka tentunya kita harus mengalikan antara jumlah dan nilai per satuan tersebut. Jika kita menaruh data transaksi harian tersebut dalam file spreadsheet, maka kita harus paham bagaimana melakukan operasi kalkulasinya.

Untuk itu, ada baiknya kamu mempelajari cara mengalikan di excel jika belum memahaminya. Hal ini agar pengolahan datamu menjadi jauh lebih mudah dan cepat dilakukan. Jika kamu sering mengolah data numerik, maka pemahaman ini menjadi jauh lebih penting didapatkan.


Apa Itu Cara Mengalikan di Excel?


Cara mengalikan di excel adalah fungsi pengolahan data numerik dalam spreadsheet dengan menambahkan suatu angka beberapa kali sesuai frekuensi yang diinginkan. Seperti operasi kalkulasi lainnya, biasanya terdapat dua metode utama untuk mendapatkan hasil kalkulasi yaitu manual dan menggunakan rumus. Penting mempelajari keduanya agar bisa melakukan pengolahan data numerikmu secara optimal.


Bagaimana Cara Mengalikan Angka di Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai dua metode mengalikan pada excel, manual dan rumus perkalian. Rumus yang dipakai untuk keperluan perkalian sendiri adalah PRODUCT. Biasanya, metode manual dipakai ketika angka untuk dikalikannya tidak terlalu banyak sedangkan PRODUCT dipakai ketika angkanya banyak.


Metode 1: Manual (Tanda *)

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Cara Mengalikan di Excel - Screenshot Langkah 1-1

  2. Masukkan angka atau koordinat cell tempat bilangan yang ingin kamu proses berada setelah =. Tempatkan tanda bintang ( * ) antara semua bilangan dan koordinat cell inputmu

    Cara Mengalikan di Excel - Screenshot Langkah 1-2

  3. Tekan tombol Enter
  4. Proses perhitungan selesai!

    Cara Mengalikan di Excel - Screenshot Langkah 1-4



Metode 2: PRODUCT

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Cara Mengalikan di Excel - Screenshot Langkah 2-1

  2. Ketik PRODUCT (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Mengalikan di Excel - Screenshot Langkah 2-2

  3. Masukkan angka atau koordinat cell atau cell range tempat bilangan yang ingin kamu proses berada setelah tanda buka kurung. Tempatkan tanda koma ( , ) antara semua bilangan dan koordinat cell tersebut

    Cara Mengalikan di Excel - Screenshot Langkah 2-3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah semua inputnya sudah dimasukkan

    Cara Mengalikan di Excel - Screenshot Langkah 2-4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses perhitungan selesai!

    Cara Mengalikan di Excel - Screenshot Langkah 2-6



Latihan


Setelah memahami bagaimana cara mengalikan di excel menggunakan kedua metode tadi, saatnya mengerjakan latihan. Hal ini agar kamu dapat semakin memperdalam pemahamanmu mengenai cara pakai metodenya.

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya ketika kamu sudah selesai mengerjakan semua soalnya. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana cara menyelesaikan satu atau semua soalnya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa total pembayaran yang diperlukan untuk kue pukis, risoles, dan lumpia? Gunakan cara manual dengan tanda ( * ) untuk menjawabnya!
  2. Berapa total pembayaran yang diperlukan untuk kue pastel dan putu? Gunakan PRODUCT untuk menjawabnya!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


PRODUCT sebenarnya cukup jarang digunakan karena biasanya kamu hanya butuh mengalikan sedikit angka. Tapi ketika perlu mengkalkulasi banyak, maka pemahamanmu tentang penggunaan rumus ini akan sangat membantumu.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert