Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya



Pada tutorial ini, akan dijelaskan mengenai berbagai cara mengalikan di excel secara lengkap. Selain cara penulisan rumus perkalian secara manual di excel, penggunaan formula PRODUCT serta paste special untuk perkalian juga akan dijabarkan.

Jika kamu belum menguasai bagaimana melakukan jenis perhitungan satu ini di excel, maka kamu telah datang ke tempat yang tepat! Setelah selesai mempelajari semua materi yang diberikan di sini, mestinya kamu bisa melakukan perkalian di excel dengan mudah.







Cara Mengalikan Angka di Excel

Jika ingin mempelajari operasi perkalian di excel, maka tentunya hal paling awal yang harus kita pahami adalah cara mengalikan angka.

Proses untuk melakukan perkalian angka di excel sendiri sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan rumus perkalian seperti biasa dalam cellmu dengan tanda bintang ( * ) sebagai lambang perkaliannya. Tentunya, kamu perlu mengetikkan tanda sama dengan ( = ) terlebih dahulu sebagai perlambang penulisan rumus di excel.

Secara umum, berikut bentuk penulisan umum dari rumus perkalian di excel untuk mengalikan angka.

=angka_1 * angka_2


Jika terdapat lebih dari dua angka yang kamu perlu kalikan, maka kamu tinggal menambah tanda bintang dan angkanya dalam pengetikanmu. Angka dalam penulisan rumusnya ini bisa kamu ketikkan secara langsung atau dengan memasukkan koordinat cell tempat angkanya berada.

Untuk lebih jelasnya mengenai penulisan rumus perkalian angka di excel, silahkan lihat contoh implementasinya berikut.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Perkalian Angka di Excel

Seperti dapat kamu lihat pada contoh perkalian angka dengan rupiah di atas, hasil perkaliannya didapatkan dengan penulisan rumus seperti dijabarkan sebelumnya. Terlihat pada formula bar di contohnya, bagaimana penulisan rumus perkaliannya dilakukan untuk semua angka pada contoh tersebut.

Ketik tanda sama dengan lalu masukkan semua angka yang ingin kamu kalikan. Jangan lupa selingi dengan tanda * di antara setiap angkanya. Setelah selesai menuliskan rumusnya, tekan enter. Hasil perkalian yang dibutuhkanpun akan langsung didapatkan!

Lihat formula bar contohnya tersebut. Pola penulisannya sama dengan perkalian angka, bukan? Masukkan angka yang ingin dikalikan, tanda *, dan persentasenya dalam satu penulisan dan enter. Hasil perkalian persennyapun akan langsung kamu dapatkan.



Cara Mengalikan Persen di Excel

Cara perkalian persen di excel sebenarnya hampir sama dengan perkalian angka. Hanya saja, kamu perlu memastikan angka persenmu sudah berbentuk persen, atau paling tidak ekuivalen desimalnya, agar hasilnya bisa didapatkan dengan benar.

Secara umum, berikut bentuk penulisan rumus perkalian persen di excel.

=angka * persen


Hampir sama dengan perkalian angka, bukan? Jika angka persenmu sudah memiliki tanda % di belakangnya, maka kamu tinggal menuliskan rumus seperti bentuk di atas. Atau jika menggunakan ekuivalen desimalnya, maka ia harus memiliki nilai yang sama dengan setelah angka persennya dibagi dengan 100 (misal: 80% berarti ekuivalen desimalnya adalah 0,8, hasil dari 80 dibagi dengan 100).



Contoh implementasi penulisan rumus perkalian persen di excel dan hasilnya adalah sebagai berikut.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Perkalian Persen di Excel

Lihat formula bar contohnya tersebut. Pola penulisannya sama dengan perkalian angka, bukan? Masukkan angka yang ingin dikalikan, tanda *, dan persentasenya dalam satu penulisan dan enter. Hasil perkalian persennyapun akan langsung kamu dapatkan.



Cara Mengalikan Kolom di Excel

Bagaimana jika angka-angka yang ingin kamu kalikan tersebar per kolom dan kamu ingin melakukan perkaliannya secara cepat?

Jangan khawatir karena itu berarti kamu tinggal melakukan penyalinan rumus setelah satu rumus perkalian untuk angka kolomnya sudah kamu tuliskan. Cara ini sangat berguna jika kolom-kolom yang kamu miliki mempunyai banyak angka dan kamu perlu mengalikan angkanya per baris.

Cara menuliskan satu rumus untuk disalin di dalam kolommu sama persis dengan cara penulisan rumus perkalian angka biasa di excel.

=angka_1 * angka_2


Kamu tinggal tambahkan angka dan tanda bintangnya jika ingin melakukan perkalian lebih dari 2 angka.

Sebagai contoh perkalian kolom, perhatikan data berikut.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Data Contoh Perkalian Kolom di Excel

Pada contoh tersebut, kita ingin melakukan perkalian per baris pada semua angka-angka di kolom 1 sampai 3. Bagaimana caranya? Pertama, kita ketikkan rumus perkalian kita di baris paling atas kolom hasilnya seperti ini.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Rumus Contoh Perkalian Kolom di Excel

Kemudian, kita arahkan pointer kita ke kanan bawah kursor cellnya sampai ia berubah bentuk menjadi tanda + seperti ini.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Tanda + Untuk Penyalinan Rumus Dalam Proses Perkalian Kolom

Lalu, tinggal kita klik dan drag pointer kita sampai ke bagian paling bawah baris yang ingin kita kalikan. Lepaskan dragnya dan selesai!

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Perkalian Kolom di Excel

Hasil perkalian dari setiap baris untuk semua angka kolom-kolomnya sudah kamu dapatkan!



Cara Mengalikan di Excel Dengan Konstanta

Bagaimana jika kamu memiliki konstanta untuk semua angka yang ingin kamu kalikan di excel? Dalam arti, ada satu angka tertentu yang ingin kamu kalikan dengan angka-angkamu yang lain. Apakah kamu perlu menuliskan rumus perkalian terpisah untuk masing-masing angkanya secara satu per satu?

Sebenarnya tidak perlu. Kamu bisa membuat satu rumus perkalian lalu menyalinnya dengan membuat cell konstantamu sebagai referensi absolut terlebih dahulu. Atau jika tidak, kamu juga bisa mengetikkan langsung angka konstantanya dalam rumus perkalianmu agar ia tidak berubah ketika disalin (jangan memakai koordinat cell).

Jika mau menggunakan referensi absolut untuk cell konstantamu, maka kamu tinggal menambahkan tanda $ di depan huruf kolom dan angka baris koordinatnya. Untuk menambahkannya, kamu bisa mengetikkannya secara manual atau menekan tombol F4 (Command + T pada Mac) sekali ketika kursormu berada di koordinat cellnya.

Bentuk umum penulisan perkalian konstanta sendiri hampir mirip dengan rumus perkalian angka biasa di excel.

=angka_konstanta * angka


Untuk memperjelas pemahamanmu, berikut contoh penulisan rumus perkalian dengan konstantanya. Contoh diberikan untuk penulisan konstanta dengan pengetikan langsung dan dengan referensi koordinat cell absolut.



Pengetikkan langsung:

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Metode Pengetikan Langsung Untuk Perkalian Dengan Konstanta di Excel

Referensi koordinat cell absolut:

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Metode Referensi Koordinat Cell Absolut Untuk Perkalian Dengan Konstanta di Excel

Cukup mudah, bukan? Dengan menggunakan pengetikkan langsung atau referensi koordinat cell absolut, maka kamu hanya perlu mengetikkan rumusmu sekali. Setelah selesai mengetikkannya, salin rumus tersebut ke cell lain untuk mendapatkan hasil perkalian angkamu yang lain dengan konstantanya!



Cara Mengalikan Matriks di Excel

Terkadang, kamu juga perlu melakukan perkalian terhadap matriks angka yang kamu punyai di excel. Untuk melakukannya secara mudah, kamu bisa menggunakan bentuk rumus array.

Secara umum, berikut bentuk penulisan perkalian matriks yang bisa dilakukan di excel.

{=((cell_range_matriks_1)*(cell_range_matriks_2))}


Matriks angka di excel dituliskan dalam bentuk cell range, di mana setiap angka matriksnya ditaruh di cell-cell yang berdekatan. Jika kita mau mengalikan angka dalam suatu cell range, maka kita perlu menggunakan bentuk rumus array.

Bentuk rumus array sendiri adalah sesuatu yang biasanya digunakan ketika memberikan input cell range pada rumus yang biasanya menerima input individual. Dalam penulisannya, ia dilambangkan dengan tanda kurung keriting yang melingkupi suatu rumus, seperti yang digunakan perkalian matriks di atas.

Tanda kurung keriting itu sendiri tidak bisa kita ketikkan secara langsung. Jika ingin memunculkannya untuk memakai bentuk rumus array, maka kita perlu menekan tombol Ctrl + Shift + Enter (Control + Shift + Enter di Mac) setelah selesai menuliskan suatu rumus. Lakukan itu dan bentuk arraypun akan diaplikasikan di rumusmu.

Untuk melakukan perkalian matriks di excel sendiri, pertama kita harus menyorot cell range tempat kita ingin menaruh hasilnya nanti. Agar lebih jelas memahami ini, perhatikan contoh di bawah ketika kita menyorot cell range tempat hasil suatu perkalian matriks.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Penyorotan Cell Range Hasil Perkalian Matriks di Excel

Setelah menyorot cell range hasilnya, kita ketikkan rumus perkalian matriksnya di cell aktif cell range tersebut. Tekan Ctrl + Shift + Enter setelah selesai mengetikkannya dan hasil perkalian matriksmupun akan kamu dapatkan!

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Penulisan Rumus dan Hasil Perkalian Matriks di Excel



Cara Mengalikan dan Menjumlahkan (Atau Operasi Relevan Lainnya) di Excel

Bagaimana jika kita ingin mengalikan lalu kemudian menjumlahkan atau melakukan proses pengolahan angka lainnya dalam satu waktu? Bisakah kita melakukannya atau kita memang harus mengalikan angka-angkanya dulu sebelum mengolahnya lagi lebih jauh?

Dengan menggunakan bentuk array, kita bisa mengalikan dan mengolah semua angka kita secara sekaligus. Hal ini bisa dilakukan dalam satu penulisan. Khusus untuk penjumlahan, kita juga bisa memakai SUMPRODUCT sebagai alternatif caranya.

Jika menggunakan SUMPRODUCT, maka bentuk penulisannya adalah seperti ini.

=SUMPRODUCT(cell_range_1 * cell_range_2)


Kalau terdapat lebih dari 2 cell range berisi angka untuk dikalikan, kamu tinggal menambahkan cell rangenya dan tanda *.

Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan SUMPRODUCT ini, berikut contoh implementasi serta penjelasannya.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Penggunaan dan Hasil SUMPRODUCT Untuk Mengkombinasikan Penjumlahan dan Perkalian di Excel

Pada contoh tersebut, kita memasukkan cell range yang ingin kita kalikan (kolom kuantitas dan harga) yang kemudian semua hasil perkaliannya kita jumlahkan.

Kita dapat melakukannya secara bertahap dengan mengetahui hasil perkalian per barisnya dahulu sebelum dijumlahkan. Tetapi kita juga bisa mendapatkan hasilnya secara langsung dengan menggunakan SUMPRODUCT.

Dalam penulisan rumus kita, angka-angka dari cell range kuantitas dan harga tersebut dikalikan dulu dalam SUMPRODUCT. Karena perkaliannya adalah perkalian cell range, maka hasilnya pada contoh tersebut akan menjadi bentuk array seperti ini.

{60000, 60000, 75000}


Setiap angka tersebut adalah hasil dari perkalian angka yang sama posisinya di kolom kuantitas dan harganya (3x20000, 2x30000, dan 3x25000). Setelah didapatkan array tersebut, maka SUMPRODUCT akan menjumlahkan angka di dalamnya sesuai fungsinya. Didapatkanlah hasil 195000 dari penjumlahannya tersebut, yang akan menjadi angka yang ditaruh di cellnya.

Bagaimana jika kita ingin menggunakan cara lainnya untuk mengalikan dan menjumlahkan? Atau kita ingin mengalikan angka-angka kita lalu melakukan operasi pengolahan lainnya seperti menggunakan rumus MAX atau AVERAGE?



Bentuk umum penulisan rumus array untuk melakukan hal tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.

{=RUMUS((cell_range1) * (cell_range2))}


Sama seperti SUMPRODUCT, jika ada lebih dari 2 cell range, maka kamu tinggal tambahkan cell range beserta tanda *. Pastikan juga rumus yang kamu pakai di sana menerima cell range angka sebagai inputnya agar hasilnya tidak menjadi error.

Sebagai contoh dari penggunaan bentuk rumus array di sini, silahkan lihat screenshot di bawah.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Penggunaan Rumus Array Untuk Kombinasi Perkalian Dengan Operasi Pengolahan Angka Lain di Excel

Seperti yang ditunjukkan di contohnya, kita dapat menggunakan SUM, AVERAGE, MAX, MIN, dan COUNT di antara rumus yang digabungkan dengan perkaliannya. Kalikan cell range berisi angkanya dalam rumus yang ingin kita pakai lalu tekan Ctrl + Shift + Enter. Kitapun akan mendapatkan hasil perkalian dan lalu pengolahan dari rumus yang kita pakai secara langsung!

Bentuk rumus array menjadi penting di sini karena hasil perkalian dalam rumus yang kita pakai adalah array. Jangan lupa gunakan bentuk tersebut karena jika tidak, maka rumusmu akan menghasilkan error.



Cara Perkalian Alternatif 1: PRODUCT

Bagaimana jika kita ingin mengalikan banyak angka dalam suatu cell range tertentu secara cepat? Pastinya akan repot jika kita perlu menuliskan rumus perkalian dengan tanda * karena kita perlu memasukkan angkanya satu per satu. Apakah ada cara lain yang bisa dipakai dalam kasus seperti itu?

Jawabannya adalah ada. Kita bisa menggunakan rumus PRODUCT yang dapat mempercepat proses penulisan rumus kita untuk mendapatkan hasil kali sesuai kebutuhan.

Bagaimana cara menggunakan rumus ini? Jika kamu sudah pernah memakai rumus SUM sebelumnya, maka prinsip penggunaannya dengan PRODUCT sangatlah mirip. Kamu tinggal memasukkan cell range berisi angka yang ingin kamu kalikan sebagai inputnya.

Secara umum, demikian bentuk penulisan dari PRODUCT di excel.

=PRODUCT(angka_1, angka_2, …)


Walaupun secara resminya inputnya bisa dimasukkan angka/koordinat cell juga secara banyak, umumnya kita menggunakan input satu cell range saja. Namun, jika diperlukan, kamu juga bisa memasukkan lebih dari satu cell range atau input angka/koordinat cell lainnya.

Berikut contoh penggunaan dan hasil dari PRODUCT di excel.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Penggunaan Rumus PRODUCT di Excel

Penulisan dari PRODUCTnya di sana dapat kamu lihat dalam formula bar contohnya. Seperti yang ditunjukkan di sana, kita hanya perlu memasukkan cell range berisi angka kita ke dalam PRODUCT. Rumus inipun akan langsung memberikan hasil perkalian angka-angka cell rangenya dengan cepat!

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut mengenai PRODUCT, kamu bisa membaca tutorial berikut ini yang membahas khusus mengenainya.



Cara Perkalian Alternatif 2: Paste Special

Terdapat satu lagi cara untuk melakukan perkalian di excel, yaitu dengan memanfaatkan fitur paste special. Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa mengalikan angkamu tanpa perlu menuliskan rumus apapun.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh implementasinya berikut. Untuk menggunakan fitur paste specialnya, pertama kamu perlu menjadikan cell berisi salah satu angka yang ingin kamu kalikan menjadi bermode salin.

Mode ini bisa diaktifkan dengan menekan Ctrl + C (Command + C di Mac) pada cell tersebut. Tanda sudah aktifnya mode salin pada cellmu adalah munculnya garis putus-putus yang bergerak secara aktif di sekitar cellmu. Hal ini seperti yang dapat kamu lihat pada screenshot berikut.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Mode Salin Pada Cell Angka

Setelah muncul tanda tersebut, kamu gerakkan kursormu ke cell tempat angka lainnya yang ingin kamu kalikan berada. Klik dropdown dari menu Paste pada tab Home dan pilih Paste Special…

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Lokasi Paste Special Dari Dropdown Menu Paste

Di dialog box yang muncul, pilih Multiply pada bagian Operation. Setelah itu, klik OK.

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Lokasi Multiply dan OK di Dialog Box Paste Special

Angkamupun sudah dikalikan di cell tempatmu melakukan paste special tersebut dan kamu tidak perlu menuliskan rumus apapun untuk melakukannya!

Cara Mengalikan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Paste Special Untuk Perkalian Dalam Excel



Latihan

Setelah memahami bagaimana cara mengalikan di excel secara lengkap, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Hal ini agar kamu dapat semakin memperdalam pemahamanmu mengenai apa yang sudah kamu pelajari tadi.

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya ketika kamu sudah selesai mengerjakan semua soalnya. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana menyelesaikan satu atau semua soalnya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa total pembayaran yang diperlukan untuk kue pukis, risoles, dan lumpia? Gunakan penulisan rumus kali dengan tanda ( * ) untuk menjawabnya!
  2. Berapa total pembayaran yang diperlukan untuk kue pastel dan putu? Gunakan rumus PRODUCT untuk menjawabnya!
  3. Berapa total pembayaran yang diperlukan untuk semua kuenya? Gunakan bentuk rumus array untuk menjawabnya!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Cara mengalikan di excel menggunakan PRODUCT sebenarnya cukup jarang digunakan. Hal ini karena biasanya kamu hanya butuh mengalikan sedikit angka saja. Tapi ketika suatu waktu perlu mengalikan banyak, maka pemahamanmu tentang cara penggunaan rumus ini akan sangat membantumu!



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert