Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap mengenai bagaimana cara pengurangan di excel. Akan dijelaskan juga rumus pengurangan yang bisa digunakan di excel.

Proses pengurangan di excel dapat perlu dilakukan terhadap berbagai data dan variabel. Angka, persen, tanggal, waktu, matriks, atau bahkan teks merupakan suatu objek yang dapat dilakukan pengurangan terhadapnya.

Kita akan membahas satu per satu secara detail bagaimana cara mengurangi di excel terhadap objek-objek tersebut. Selain itu, akan dikenalkan juga penggunaan rumus SUM excel dan fitur paste special sebagai alternatif cara perhitungannya. Semoga apa yang kamu pelajari di sini bisa membantumu mengolah data di excel secara lebih baik!

CE Consulting/Training Banner Ads





Cara Mengurangi Angka di Excel

Materi pertama yang akan kita bahas di tutorial ini adalah hal paling mendasar dalam proses perhitungan pengurangan, yaitu cara mengurangi angka.

Bagaimana cara melakukannya di excel? Sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu menggunakan tanda bantu garis pendek atau minus ( - ) dalam penulisan rumusnya di cell kita. Masukkan juga angka yang ingin dikurangi dan pengurangnya, enter, dan hasilnya akan kamu dapatkan.

Jika kamu lihat, ini sama seperti cara menuliskan rumus pengurangan di manapun pada umumnya. Hanya saja, kali ini kita perlu mengetikkan rumus tersebut di cell kita di excel.

Secara umum, berikut penulisan yang perlu kamu lakukan di cellmu untuk mengurangi angka di excel.


=angka_yang_ingin_dikurangi - angka_pengurang


Angka yang kamu libatkan dalam kalkulasi penguranganmu tersebut dapat diketikkan secara langsung atau dimasukkan lewat koordinat cell. Pastikan angkamu telah berada di cellmu jika memang kamu menggunakan koordinat cell dalam penulisan rumus penguranganmu.

Untuk lebih mudah memahaminya penjelasannya, berikut contoh praktek penulisannya di excel beserta hasilnya.

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Pengurangan Angka di Excel

Seperti dapat kamu lihat di formula bar contohnya, demikian penulisan rumus pengurangan di excel biasanya dilakukan. Ketik bentuk rumusnya dengan benar di cellmu maka hasilnya akan segera kamu dapatkan!

Tidak terlalu sulit, bukan? Bagaimana menurutmu?



Cara Mengurangi Persen di Excel

Bagaimana jika yang kamu ingin jadikan pengurang adalah persentase dari angka yang kamu kurangkan? Terdapat dua cara untuk melakukannya.

Cara pertama adalah dengan mendapatkan nilai pengurangnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai pengurang angkamu. Untuk mendapatkan nilai pengurangnya, kamu tinggal mengalikan persentasenya dengan angka yang ingin kamu kurangkan.

CE Consulting/Training Banner Ads

Bentuk umum dari penulisan cara pertama tersebut adalah sebagai berikut.


=angka_yang_ingin_dikurangi - persentase_pengurang * angka_yang_ingin_dikurangi


Tuliskan dengan bentuk seperti itu dan hasil pengurangan dengan persentasepun akan kamu dapatkan.

Selain cara tersebut, terdapat juga cara kedua yaitu dengan mendapatkan persentase tersisa dari angka yang ingin dikurangi setelah memperhitungkan persentase pengurangnya. Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi 100 persen (persentase awal dari angkamu sebelum dikurangkan) dengan persentase pengurangnya. Setelah itu, kalikan hasilnya dengan angkamu.

Bentuk umum dari penulisan cara kedua ini adalah sebagai berikut.


=angka_yang_ingin_dikurangi*(1 - persentase_pengurang)


Angka 1 di excel sama saja dengan 100 persen. Hal ini karena angka persentase sebenarnya adalah suatu angka dibagi dengan 100 jika kita tuliskan dalam bentuk angka normalnya, bukan persentasenya.

Untuk lebih jelas memahami kedua cara yang dijelaskan di atas, berikut contoh aplikasi mereka di excel.

Cara 1:

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Cara Pertama Pengurangan Persen di Excel

Cara 2:

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Cara Kedua Pengurangan Persen di Excel

Seperti dapat kamu lihat, kedua cara tersebut memberikan hasil yang sama jika dituliskan dengan benar. Jadi tinggal pilih cara mana yang kelihatannya lebih mudah untuk kamu gunakan.

Sebagai catatan tambahan, jika kamu mengurangi dengan persentase seperti ini, pastikan persentase pengurangmu sudah dalam bentuk persen (ada lambang % di belakang angkanya). Atau, alternatifnya, sudah berbentuk ekuivalen desimalnya agar hasil penguranganmu tidak menjadi salah (bentuk desimal dari angka persentase didapatkan dengan membagi angkanya dengan 100. Misal: 80 persen berarti sama saja dengan 0,8 dalam bentuk desimalnya (80 dibagi 100)).



Cara Mengurangi Tanggal di Excel

Jika kamu membutuhkan operasi pengurangan data tanggal dalam pengolahan datamu, sebenarnya caranya cukup mudah dilakukan. Kamu tinggal mempraktekkan penulisan yang dilakukan untuk pengurangan angka untuk data tanggalmu. Hanya saja, tentunya, kamu harus mengganti angka dengan data tanggal yang ingin kamu kurangi.

Oleh karena itu, secara ilustrasi umum, bentuk penulisan pengurangan data tanggal di excel adalah sebagai berikut.


=tanggal_yang_lebih_akhir - tanggal_yang_lebih_awal


Sama dengan bentuk penulisan untuk pengurangan angka di excel, bukan? Ketikkan di cellmu dan kamupun akan mendapatkan selisih hari dari data tanggal yang kamu masukkan dalam penulisan perhitungannya. Jangan lupa taruh data tanggal yang lebih akhir sebelum tanggal yang lebih awal agar hasilnya tidak menjadi minus.

Agar lebih jelas kamu memahaminya, berikut contoh penulisan untuk pengurangan data tanggal di excel beserta hasilnya.

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Pengurangan Tanggal di Excel

Masukkan dua variabel tanggalmu dan tanda minusnya juga dalam satu penulisan rumus. Seperti dapat kamu lihat di contohnya, dengan begitu kamu akan mendapatkan selisih tanggal yang kamu butuhkan.

Jika kamu sudah menguasai cara mengurangi angka di excel, mestinya tidak ada masalah memahami cara mengurangi data tanggal ini!



Cara Mengurangi Waktu/Jam di Excel

Bagaimana jika yang ingin kamu kurangi di excel bukan tanggal, tetapi data waktu/jam? Sebenarnya, cara pengurangan untuk data jenis tersebut juga mirip dengan data angka dan tanggal.

Kamu hanya perlu memberikan tanda minus di antara data waktu yang lebih akhir dan data waktu yang lebih awal. Secara penulisan, berikut adalah bentuk umumnya.


=waktu/jam_yang_lebih_akhir - waktu/jam_yang_lebih_awal


Sama seperti penulisan pengurangan data tanggal, jangan lupa masukkan waktu lebih akhir sebelum waktu yang lebih awal agar hasilnya tidak minus.

Contoh penggunaan penulisan tersebut dan hasilnya di excel dapat dilihat sebagai berikut.

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Pengurangan Waktu/Jam di Excel

Dapat dilihat dari contohnya bahwa hasil dari pengurangan tersebut dikonversikan secara otomatis oleh excel ke satuan hari (hasil pengurangan dalam contohnya tersebut adalah 0,36 hari). Jika memerlukan satuan jam dari hasilnya, maka kamu tinggal mengalikan hasilnya tersebut dengan 24 (1 hari = 24 jam).



Cara Mengurangi Hari/Bulan/Tahun di Excel

Jika hari/bulan/tahun yang ingin didapatkan selisihnya berbentuk angka, maka kamu tinggal menuliskan pengurangannya seperti jika mengurangi angka di excel. Namun jika datamu berbentuk tanggal dan selisih yang kamu cari bukan angka hari biasa, maka kamu bisa menggunakan rumus DATEDIF.

DATEDIF, jika kamu belum mengetahui rumus ini sebelumnya, adalah rumus yang bisa digunakan untuk mencari selisih antar tanggal. Rumus ini unik karena kamu tidak akan melihat usulan dari excel untuk penulisan dan inputnya ketika kamu mencoba menuliskannya di cellmu.

Dengan DATEDIF, kamu bisa menspesifikkan bentuk selisih yang ingin kamu dapatkan dari data tanggalmu sesuai dengan keinginanmu.

Secara umum, berikut bentuk penulisan dari DATEDIF.


=DATEDIF(tanggal_awal, tanggal_akhir, unit)


Pada input DATEDIF, bagian input tanggal_awal akan dijadikan pengurang dari tanggal_akhir. Bagian input unit di sana berfungsi menspesifikkan bentuk selisih seperti apa yang ingin kamu dapatkan dari kedua tanggalmu.

CE Consulting/Training Banner Ads

Berikut daftar semua isian yang dapat kamu berikan pada bagian input unit tersebut beserta penjelasan singkatnya.

UnitMenghitung SelisihCatatan Tambahan
Ytahun-
Mtahunmemperhitungkan tahun
Dharimemperhitungkan bulan dan tahun
MDharimengabaikan bulan dan tahun
YMbulanmengabaikan tahun
YDharimengabaikan tahun


Maksud memperhitungkan bulan dan/atau tahun di kolom catatan tambahannya adalah DATEDIF akan melibatkan besaran variabel tersebut dalam pengurangannya jika diminta. Hal itu, tentu saja, jika kamu menggunakan unit yang memperhitungkan, tidak mengabaikan, bulan dan/atau tahun tersebut.

Sebagai contoh, jika tanggal awalmu adalah 12-02-2020 dan tanggal akhirmu adalah 14-05-2021, maka hasil DATEDIFmu akan menjadi seperti ini. Jika kamu menggunakan input unit “M”, maka hasilnya adalah 15 karena DATEDIF juga memperhitungkan angka tahun dari dua tanggal tersebut (selisih bulannya adalah 3 tetapi karena memperhitungkan selisih tahunnya juga, 1, maka 12 bulan akan ditambahkan ke selisih tersebut). Namun, jika kamu menggunakan input unit “YM”, maka hasilnya akan menjadi 3 (karena DATEDIF hanya menghitung selisih bulannya saja dan mengabaikan selisih tahunnya).

Sebagai contoh untuk memperjelas, berikut adalah contoh penulisan dan hasil dari DATEDIF di excel.

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Cara Pertama Pengurangan Hari/Bulan/Tahun di Excel Menggunakan DATEDIF

Seperti dapat kamu lihat pada penulisan DATEDIF contohnya, kita menggunakan input unit “MD” untuk menghitung selisih tanggalnya. Karena itu, DATEDIF akan mengurangi angka hari dari kedua tanggalnya saja tanpa memperdulikan selisih bulan dan tahunnya. Sebagai hasilnya, selisih antara 30 dan 23 (angka hari dari kedua tanggalnya), yaitu 7, yang akan didapatkan.

Jika kamu menggunakan unit “D” atau “YD” untuk menghitung selisih harinya, maka hasilnya akan jauh lebih besar. Hal ini karena DATEDIF jadi memperhitungkan selisih bulan dan/atau tahunnya juga.

Kalau kamu ingin mempelajari lebih dalam mengenai DATEDIF, silahkan pelajari tutorial yang khusus membahasnya di sini.



Cara Mengurangi Matriks di Excel

Bagaimana jika data yang ingin kita kurangi di excel berbentuk matriks? Perhitungan ini bisa dilakukan asalkan kamu menggunakan bentuk array dalam penulisan rumus penguranganmu.

Secara umum, berikut bentuk penulisan dari rumus pengurangan matriks di excel.


{=((cell_range_matriks_berisi_angka_yang_ingin_dikurangi) - (cell_range_matriks_berisi_angka_pengurang))}


Matriks berisi angka dibuat di excel dalam bentuk cell range. Untuk melakukan pengurangan dengan melibatkan dua matriks, kita perlu memasukkan cell range dari kedua matriks tersebut. Taruh matriks berisi angka yang ingin dikurangi terlebih dahulu dalam rumusmu sebelum tanda minus.

Seperti dapat kamu lihat di bentuk penulisannya, terdapat tanda kurung keriting di awal dan akhir rumusnya. Tanda tersebut adalah lambang rumus array. Kita memerlukannya karena kita akan memasukkan cell range ke dalam penulisan rumus pengurangan yang biasanya memiliki input angka satuan.

Bentuk rumus array tersebut dapat dimunculkan dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Enter (Control + Shift + Enter pada Mac) setelah selesai menuliskan rumusnya. Jangan mengetikkan tanda kurung keritingnya sendiri karena itu tidak akan mengaktifkan bentuk array pada rumusmu.

Jika ingin mendapatkan hasil matriks dari perhitungan ini, sorot cell range tempatmu ingin menaruh hasilnya terlebih dahulu. Contohnya dapat kamu lihat pada proses pengurangan matriks di excel berikut ini.

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Penyorotan Cell Range Hasil Untuk Pengurangan Matriks di Excel

Setelah kamu sorot, baru kemudian kamu ketik rumus pengurangan matriksmu pada cell aktifmu di cell range hasil tersebut. Jangan lupa menekan tombol Ctrl + Shift + Enter setelah selesai menuliskan rumusmu. Hasil pengurangan matriksmupun akan langsung didapatkan!

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Pengurangan Matriks di Excel



Cara Mengurangi Kolom di Excel

Bagaimana jika angka-angka yang ingin kita proses pengurangannya terdapat di satu kolom dan kita ingin mendapatkan hasilnya dengan cepat?

Jawabannya adalah dengan menuliskan satu rumus pengurangan di baris paling atas dari kolomnya sebelum kita salin rumusnya ke bawah. Dengan begitu, hasil pengurangan dari semua angka kolommu akan kamu dapatkan jauh lebih mudah.

CE Consulting/Training Banner Ads

Bentuk penulisan rumus pengurangan bentuk kolom di excel pada baris paling atas tersebut sama dengan penulisan rumus pengurangan angka biasa.


=angka_yang_ingin_dikurangi - angka_pengurang


Untuk memperjelas mengenai hal yang harus kamu lakukan di sini, berikut contoh implementasi caranya dalam excel. Misalkan, kita mempunyai data sebagai berikut.

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Data Pengurangan Kolom di Excel

Kita ingin mendapatkan hasil pengurangan dari masing-masing angka stok awal dan stok terjual tersebut per baris. Bagaimana cara mendapatkannya? Pertama, kita tulis rumus pengurangan angka biasa di baris pertama dan kita dapatkan hasilnya.

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Rumus Pengurangan Kolom di Excel

Setelah itu, arahkan pointer kita ke sebelah kanan bawah kursor cell yang berada di cell dengan rumus pengurangan tersebut. Arahkan sampai pointermu berbentuk tanda plus ( + ) seperti ini.

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Tanda + Kursor Untuk Menyalin Rumus Pengurangan Kolom di Excel

Setelah pointermu berubah jadi tanda plus, klik dan drag pointermu sampai ke baris paling bawah berisi angka yang ingin kamu kurangi. Hasil pengurangan kolommupun akan kamu dapatkan!

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Pengurangan Kolom di Excel

Cukup simpel, bukan? Cara ini sangat berguna jika kamu memiliki kolom sangat panjang berisi angka-angka yang ingin kamu kurangi. Dengan melakukan penyalinan rumus seperti ini, kamu dapat menyelesaikan perhitunganmu dengan waktu relatif lebih cepat.



Cara Mengurangi Teks di Excel

Terkadang, kamu juga perlu mengurangi suatu teks dari bagian tertentunya agar bisa mendapatkan hasil pengolahan data yang kamu inginkan. Apakah hal tersebut bisa dilakukan dengan cepat di excel? Bisa tentunya, dengan menggunakan kombinasi rumus TRIM dan SUBSTITUTE.

Berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi kedua rumus tersebut agar kita mendapatkan hasil pengurangan teks.


=TRIM(SUBSTITUTE(teks, bagian_yang_ingin_dikurangi_dari_teks, “”))


SUBSTITUTE sebenarnya adalah rumus yang digunakan untuk mengganti bagian tertentu dari sebuah teks dengan suatu hal lainnya. Namun, dengan menuliskan data kosong (“”) pada bagian input penggantinya, kita dapat menghapus bagian teks yang kita inginkan juga.

Kita juga menggunakan TRIM di sini karena terkadang muncul spasi berlebih sebagai akibat dihapusnya bagian teks kita. Dengan TRIM, spasi berlebih tersebut akan dihilangkan secara otomatis.

Contoh dari penggunaan kedua rumus ini dengan penulisan di atas beserta sedikit penjelasannya dapat kamu lihat di bawah.

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Rumus Pengurangan Teks di Excel

Pada contohnya, dapat kamu lihat bagaimana TRIM dan SUBSTITUTE dituliskan untuk mendapatkan hasil pengurangan teks. Dengan penulisan input yang benar untuk kedua rumus tersebut, akan didapatkan bentuk teks yang sudah dibuang bagian yang tidak diinginkannya.

Jika tidak menggunakan TRIM pada contoh tersebut, maka akan terdapat dua spasi di antara “John” dan “Jameson” yang tentunya tidak lazim. Oleh karena itu, kita gunakan TRIM untuk menghapus salah satu spasi yang dihasilkan SUBSTITUTE.



Menggunakan SUM Sebagai Rumus Pengurangan di Excel

Sebagai alternatif, kamu juga dapat menggunakan SUM sebagai rumus yang berfungsi untuk mengurangi angka di excel.

Terdapat dua cara untuk memanfaatkan SUM dalam proses pengurangan angka di excel. Cara pertama dapat digunakan jika semua angka pengurangmu sudah diberikan tanda minus dalam cellnya. Selain itu, semua angka yang ingin kamu libatkan dalam perhitungan penguranganmu juga berada berdekatan dalam suatu cell range.

Bentuk penulisan dari cara pertama tersebut adalah sebagai berikut.


=SUM(cell_range_angka)


Jika kamu pernah menggunakan SUM untuk penjumlahan, maka penulisannya di sini juga mirip seperti itu. Kamu hanya perlu memasukkan cell range berisi angka yang ingin dikurangi dan angka pengurangmu ke dalam SUMnya. Pastikan semua angka pengurangnya sudah memiliki tanda minus agar hasil pengurangannya jadi tidak salah.

CE Consulting/Training Banner Ads

Cara kedua adalah jika angka pengurangmu berada dalam satu cell range tertentu yang terpisah dari angka yang ingin kamu kurangi. Penulisan dari cara kedua ini adalah sebagai berikut.


=angka_yang_ingin_kamu_kurangi - SUM(cell_range_angka_pengurangmu)


Jika semua angka pengurang dalam cell rangenya memiliki tanda minus, maka kamu tinggal mengganti tanda dalam penulisannya dengan tanda +.

Sebagai contoh aplikasi kedua cara tersebut, dapat kamu lihat dua screenshot di bawah ini.

Cara 1:

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Cara 1 Penggunaan SUM Untuk Pengurangan di Excel

Cara 2:

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Cara 2 Penggunaan SUM Untuk Pengurangan di Excel

Seperti dapat kamu bayangkan ketika melihat contohnya, SUM dapat dengan cepat melakukan pengurangan jika angka-angkamu berada dalam satu cell range. Jika memenuhi syarat dari salah satu cara tersebut, maka jangan ragu gunakan SUM untuk mempermudah pengolahan datamu!



Menggunakan Paste Special Sebagai Cara Pengurangan di Excel

Terdapat satu cara lagi yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi angka di excel, yaitu dengan memanfaatkan fitur paste special. Jika kamu ingin mengurangi angkamu dengan cepat tanpa menuliskan rumus apapun, maka mungkin cara ini yang paling tepat untukmu.

Secara umum, proses menggunakan paste special untuk perhitungan pengurangan angka tidak terlalu sulit dilakukan. Pertama, pastikan angka pengurangmu yang ada dalam suatu cell sudah memiliki mode salin. Mode salin itu diindikasikan dengan tanda garis putus-putus yang bergerak di sekitar cellnya (kamu bisa mengaktifkannya dengan menekan Ctrl + C (Command + C di Mac) pada cellnya).

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Mode Salin Cell Angka Pengurang Untuk Penggunaan Paste Special Dalam Pengurangan di Excel

Kemudian, sorot cell tempat angka yang ingin kamu kurangi. Klik dropdown menu Paste di tab Home lalu pilih Paste Special…

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Lokasi Pilihan Paste Special di Dropdown Menu Paste

Pada dialog box yang muncul, di bagian Operation, pilih radio button Subtract. Lalu, klik OK.

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Pilihan Subtract dan OK di Dialog Box Menu Paste Special

Selesai! Angka yang ingin dikurangi tadi sudah dikurangi oleh angka pengurangmu, tanpa perlu menuliskan rumus apapun!

Cara Pengurangan di Excel Beserta Berbagai Rumus dan Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Paste Special Untuk Mengurangi Angka di Excel



Latihan

Setelah mempelajari bagaimana cara mengurangi berbagai macam data di excel, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Hal ini agar kamu dapat semakin memahami apa yang sudah kamu pelajari tadi.

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan yakin dengan hasilmu. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana cara menjawab pertanyaannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Jawab setiap pertanyaan pada cell berwarna abu-abu di baris yang sesuai dengan nomor pertanyaannya!
  1. Berapa hasil pengurangan angka dengan persentasenya?
  2. Berapa selisih bulan kedua tanggal tersebut dengan memperhitungkan tahun?
  3. Apa hasilnya jika kamu memotong teks tersebut dengan pengurangnya?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Terkadang, kamu butuh memastikan bilanganmu positif pada faktor perhitungan penguranganmu atau pada hasil pengurangannya sendiri. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan fungsi ABS di excel. Pelajari selengkapnya penggunaan fungsi ini lewat tutorial berikut!

CE Consulting/Training Banner Ads

Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert