Cara Menggunakan Rumus COUNT Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan Rumus COUNT Excel



Pada bagian tutorial ini, akan diajarkan mengenai cara menggunakan rumus COUNT Excel. Fungsi COUNT pada excel sendiri berguna jika kita ingin menghitung berapa banyak angka dalam suatu cell range kita pada perangkat spreadsheet ini.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Menggunakan Rumus COUNT di Excel?


Dalam proses pengolahan data, mungkin kita ingin melakukan pengecekan untuk memastikan apakah data angka milik kita sudah sesuai banyaknya dengan kebutuhan. Atau mungkin kita ingin mengecek apakah terdapat data non-angka dalam kolom atau baris yang mestinya diperuntukkan eksklusif untuk angka. Terselipnya data non-angka tersebut bisa mengganggu proses kalkulasi yang mungkin ingin kita lakukan bagi kolom atau baris tersebut.

Sebagai contoh mengenai kebutuhan ini dalam pekerjaan, misalkan kita sedang mengerjakan pengolahan data digit bagi performa penjualan suatu produk. Mungkin kita ingin melakukan kalkulasi tertentu terhadap keseluruhan angkanya seperti perhitungan rata-rata atau jumlah seluruh data. Jika terselip data non-angka dalam cell range tempat kita melakukan kalkulasi, maka tentu akan merepotkan. Proses kalkulasi yang ingin kita lakukan bisa salah.

Untuk menghitung banyaknya bilangan dalam satu kolom, baris, atau tabel tertentu pada spreadsheet, maka terdapat rumus COUNT excel untuk digunakan. Bagi kita yang sering berurusan dengan angka dalam keseharian pekerjaan kita, maka ia menjadi salah satu fungsi yang berguna untuk dipelajari. Pengecekan jumlah data berbentuk bilangan jauh lebih mudah dilakukan dengan menggunakan rumus ini.


Apa Itu Rumus COUNT Excel?


Rumus COUNT excel adalah suatu rumus untuk menghitung berapa banyak bilangan dalam suatu cell range. Fungsi ini memiliki beberapa varian seperti COUNTIF untuk mengkalkulasi banyaknya data dengan kondisi tertentu. Jika banyaknya digit dalam suatu cell range adalah kebutuhanmu, maka cara menggunakan rumus COUNT pada excel inilah yang perlu kamu pahami.

Penjelasan umum mengenai input pada rumus ini adalah sebagai berikut:


=COUNT(value_1, value_2, …)


Keterangan:
value_1, value2, … = koordinat cell atau data untuk dihitung banyak angkanya


Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi COUNT Excel?


Berikut akan dijabarkan secara detail bagaimana langkah menggunakan fungsinya. Dalam fungsi ini, inputnya hanya satu yaitu cell range atau data untuk dijadikan tempat proses perhitungan banyaknya data bentuk bilangan.


Menggunakan Fungsi COUNT Dalam Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Cara Menggunakan Rumus COUNT Excel- Screenshot Langkah 1

  2. Ketik COUNT (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Rumus COUNT Excel- Screenshot Langkah 2

  3. Drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range yang ingin dihitung banyak angkanya. Kamu juga bisa memasukkan tanda koma ( , ) dan menambah cell range di tempat lain sampai semua masuk ke dalam formula

    Cara Menggunakan Rumus COUNT Excel- Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah semua cell range yang ingin diproses sudah dimasukkan

    Cara Menggunakan Rumus COUNT Excel- Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Prosesnya selesai dilakukan!

    Cara Menggunakan Rumus COUNT Excel- Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah mempelajari bagaimana cara menggunakan rumusnya di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan berikut!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan berikut. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaan latihannya dan yakin atas hasilnya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa angka yang ada di dalam tabel di sebelah kanan?
  2. Berapa angka di kolom 6?
  3. Berapa angka di baris 3?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Jika kamu ingin menghitung banyaknya data bukan hanya banyaknya angka, maka kamu perlu menggunakan formula COUNTA. Cara pemakaiannya dapat kamu lihat di bagian lain dari tutorial blog ini.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert