Fungsi ABS Pada Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai fungsi ABS pada excel. Fungsi ini berguna untuk membuat jadi positif semua bilangan yang kita jadikan input di dalamnya. Ia sering digunakan dalam berbagai formula kalkulasi yang membutuhkan angka lebih dari nol baik untuk faktor maupun hasilnya.


Mengapa Perlu Mempelajari Fungsi ABS Pada Excel?


Pada pengolahan data numeral di perangkat spreadsheet, ada kalanya kita membutuhkan bilangan positif, baik sebagai hasil perhitungan maupun sebagai salah satu faktor untuk melakukan perhitungan itu sendiri. Hal ini seringkali dihambat oleh adanya bilangan negatif dalam salah satu cell sasaran olahan kita atau juga mungkin adanya digit di mana kita tidak dapat memastikan apakah ia bentuknya positif atau negatif.

Sebagai contoh kasus dalam pekerjaan adalah jika kita sedang bertanggung jawab mengolah data keuangan perusahaan. Mungkin kita memiliki kolom pengeluaran di mana angkanya dituliskan dengan menggunakan tanda negatif. Jika ingin membuatnya dalam tampilan grafik untuk melihat lebih jelas mengenai besar kecilnya pengeluaran, maka mungkin kita perlu untuk membuat semua digit pada kolom tersebut menjadi positif terlebih dahulu agar tampilan grafiknya nanti lebih mudah dilihat.

Atau mungkin jika kita ingin menggabungkan data pengeluaran periode tertentu dengan jumlah rangkuman keseluruhannya dalam suatu pembukuan, maka juga mungkin perlu untuk membuatnya menjadi positif terlebih dahulu agar tidak mengacaukan kalkulasi hasil penjumlahan yang ingin dilakukan antara pengeluaran dalam periode tersebut dengan rangkuman pengeluaran keseluruhannya.

Jika ingin melakukan perubahan tanda tersebut dengan mudah, maka kamu dapat menggunakan fungsi ABS pada excel. Formula ini berguna mengubah apapun input digit di dalamnya menjadi positif. Sangat praktis digunakan jika memiliki banyak data numeral negatif atau kamu butuh memastikan suatu digit yang merupakan faktor olahan kalkulasimu adalah positif.


Apa Itu Fungsi ABS Pada Excel?


Fungsi ABS pada excel adalah sesuatu dengan tujuan penggunaan untuk mengubah angka menjadi positif atau lebih dari nol. Formula ini seringkali dikombinasikan dengan proses penulisan rumus kalkulasi lainnya agar bisa mendapatkan hasil berupa bentuk angka sesuai keinginan.

Sedikit penjelasan mengenai input dalam formula ini adalah sebagai berikut:


=ABS(number)


Keterangan:
number = bilangan yang ingin diubah menjadi positif


Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menuliskan formula ABS. Formula ini cukup mudah untuk digunakan dan hanya membutuhkan input bilangan yang ingin kamu jadikan positif.


Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Fungsi ABS Pada Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik ABS (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi ABS Pada Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik angka / koordinat cell tempat angka yang ingin kamu proses berada, setelah tanda buka kurung

    Fungsi ABS Pada Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung

    Fungsi ABS Pada Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai dilakukan!

    Fungsi ABS Pada Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan formulanya di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaannya dan sudah yakin atas hasilnya!

Link unduh file untuk latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Baris 1: Konversikan bilangan kolom 1 jadi positif!
  2. Baris 2: Berapa hasil pembagian angka kolom 1 dengan angka pembagi kolom 2! Jadikan semua bilangan yang dikalkulasi positif!
  3. Baris 3: Berapa penambahan digit kolom 1 dan 2 lalu hasilnya dibagi dengan digit kolom 3! Jadikan semua bilangan yang dikalkulasi positif!

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Jika kamu memasukkan data non-angka di dalam formula ini, maka hasilnya akan menjadi error #VALUE.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert