Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus



Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap mengenai penggunaan fungsi ABS pada excel. ABS dapat membantu menjadikan positif semua bilangan yang kita inputkan ke dalamnya. Ia biasanya digunakan bersamaan dengan berbagai rumus perhitungan yang membutuhkan bentuk angka positif, baik untuk inputnya maupun hasilnya.







Kegunaan ABS

Rumus ABS excel berguna untuk menjadikan positif suatu bilangan yang menjadi inputnya.



Hasil yang Diberikan ABS

Hasil yang diberikan ABS adalah bentuk positif dari angka yang dijadikan input di dalamnya.



Versi Excel di Mana ABS Mulai Bisa Digunakan

Fungsi ABS mulai bisa digunakan sejak excel 2003.



Cara Penulisan dan Input

Berikut contoh penulisan rumus ABS di excel secara umum:

=ABS(number)


Satu-satunya input yang dibutuhkan dalam penulisannya adalah number, yaitu angka yang ingin kamu jadikan berbentuk positif.



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut akan diberikan dan dijelaskan contoh penggunaan dan hasil dari rumus ABS di excel.

Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Contoh Penggunaan dan Hasil ABS

Pada contoh tersebut, dapat kita lihat kegunaan rumus ini untuk mengubah suatu bilangan menjadi berbentuk positif. Jika bilangannya sudah positif, maka ia tidak akan mengubah apapun dari bilangannya tersebut.



Penggunaannya juga sebenarnya cukup mudah karena kamu hanya perlu memasukkan angka yang ingin kamu ubah menjadi positif. Jadi, tidak perlu ragu menggunakan fungsi ABS ini di excel jika kamu memang membutuhkannya!



Langkah-langkah Penulisan

Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menuliskan ABS secara langkah per langkah. Seperti disebutkan sebelumnya, ABS cukup mudah untuk digunakan dan hanya membutuhkan input angka yang ingin kamu jadikan positif.

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh bentuk positif dari angkamu

    Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik ABS (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan angka yang ingin kamu jadikan positif atau koordinat cell di mana angkanya berada

    Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung

    Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Langkah 6




Kombinasi ABS Dengan Rumus Lainnya

Rumus ABS biasanya digunakan bersama dengan rumus excel lainnya. Ia akan membantu membuat positif hasil atau referensi angka dari rumus yang dikombinasikan bersamanya tersebut.

Lantas, bagaimana cara melakukan kombinasi ABS bersama dengan rumus lainnya tersebut?

Caranya sebenarnya cukup mudah. Seperti kombinasi rumus lainnya di excel, kamu hanya perlu memasukkan ABS pada input rumusmu atau memasukkan rumusmu sebagai input ABS.

Sebagai contoh untuk penggunaan ABS sebagai input rumus lainnya, misalkan kita ingin membandingkan data pengeluaran dengan suatu batasan pengeluarannya.

Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Data Untuk Contoh Input ABS di Dalam Rumus Lainnya

Seperti yang dapat kamu lihat, angka pengeluaran pada screenshot di atas berbentuk bilangan negatif. Jika kita tidak menjadikan angka pengeluarannya positif, maka perbandingan yang kita rencananya lakukan dengan menggunakan IF akan menjadi salah.

Karena angka negatif selalu lebih sedikit dari angka positif, maka berapapun besarnya pengeluaran tersebut akan selalu menjadi kurang dari batas pengeluarannya. Seperti dapat kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Contoh Hasil Salah Jika Tidak Menggunakan ABS di Saat Dibutuhkan

Dengan menggunakan ABS pada angka pengeluarannya sebelum dibandingkan dengan batasannya, maka proses perbandingannya akan dapat dilakukan dengan benar. Cara menggabungkan IF dengan ABSnya adalah dengan memasukkan angka pengeluarannya dalam ABS sebelum dibandingkan. Contohnya adalah seperti yang di bawah ini.

Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Contoh Penggunaan ABS Sebagai Input Dalam Rumus Lainnya

Dengan menggunakan ABS di dalam IFnya, maka hasil yang kita dapatkanpun menjadi benar!

Cara yang sama juga bisa kamu lakukan jika ingin menjadikan hasil dari ABS sebagai input rumus lainnya. Masukkan ABS ke angka yang ingin kamu jadikan positif dalam rumusnya agar ia bisa memberikan hasil sesuai kebutuhanmu.



Sekarang, bagaimana jika kamu ingin membuat positif hasil dari suatu rumus menggunakan ABS? Caranya, tentu saja, dengan menjadikan rumus tersebut sebagai input dari ABS.

Contohnya bisa kamu lihat pada screenshot di bawah ini.

Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Contoh Penggunaan ABS Untuk Membuat Positif Hasil Rumus Lainnya

Pada contoh tersebut, kita ingin membuat positif hasil dari SUM yang kita gunakan untuk menjumlahkan pengeluaran 1 dan 2. Hal ini bisa dilakukan dengan memasukkan penulisan SUM tersebut ke dalam ABS kita.

Lakukan itu dan angka hasil SUM atau rumus lainnya yang dimasukkan ke dalam ABS bisa dipastikan adalah bilangan positif!



Penggunaan ABS Pada Semua Angka Dalam Referensi Cell Range Suatu Rumus

Cara pengkombinasian ABS dan rumus lainnya di atas bisa dilakukan jika inputnya bersifat satu angka atau cell. Namun, bagaimana jika kita ingin merubah semua angka dalam referensi cell range suatu rumus menjadi positif dengan ABS? Untuk itu, kita perlu menggunakan bantuan rumus array.

Cara penulisan rumus array bersama dengan ABSnya kira-kira akan terlihat seperti ini.

{=…ABS(cell_range_berisi_angka_yang_ingin_dipositifkan)…}


Tanda titik tiga (…) pada penulisannya tersebut melambangkan bagian penulisan rumus lainnya yang dikombinasikan dengan ABS. Lihat tanda kurung keriting di sekitar penulisan rumus lainnya serta ABSnya? Itu adalah perlambang rumus array pada excel.

Rumus array sendiri digunakan ketika kita ingin memasukkan input cell range pada suatu rumus yang biasanya mempunyai input data secara satuan (seperti rumus ABS). Tanda kurung keriting di sini sendiri tidak bisa kamu ketikkan secara langsung ketika menuliskan rumusnya.

Lantas bagaimana cara memasukkan rumus array dalam suatu cell? Kita memasukkannya dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + Enter (Control + Shift + Enter pada Mac) setelah selesai menuliskan suatu rumus (bukan tombol Enter seperti biasanya). Lakukan itu dan tanda kurung keriting akan otomatis dituliskan melingkupi rumusnya, pertanda rumus kita sudah menjadi rumus array.

Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Contoh Penulisan Rumus ABS yang Ingin Dibuat Menjadi Array

Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Contoh Bentuk Hasil Penulisan Rumus Array ABS

Jika kita tidak menggunakan rumus array, maka penulisan MAX ABS pada contoh di atas akan menghasilkan error/angka yang salah.

Cara Menggunakan Fungsi ABS Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan Rumus - Screenshot Contoh Hasil Salah Karena Tidak Menggunakan Rumus Array ABS di Saat Seharusnya Digunakan

Maka dari itu, jika kamu memerlukan ABS dalam suatu rumus yang inputnya berbentuk cell range, jangan lupa menggunakan rumus array!



Latihan

Setelah mempelajari bagaimana cara menggunakan ABS, sekarang silahkan mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh kunci jawabannya jika kamu sudah selesai mengerjakan latihannya dan yakin atas jawabanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Baris 1: Konversikan bilangan di kolom 1 jadi positif!
  2. Baris 2: Berapa hasil pembagian angka di kolom 1 dengan angka pembagi di kolom 2? Jadikan semua bilangan yang dihitung olehmu positif!
  3. Baris 3: Berapa hasil penambahan angka kolom 1 dan 2 dibagi dengan angka kolom 3? Jadikan semua angka yang dihitung olehmu positif!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Jika kamu memasukkan data non-angka ke dalam ABS, maka hasilnya akan menjadi error #VALUE.



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert