Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus AVERAGEIFS. Rumus ini berguna untuk melakukan perhitungan rata-rata dengan lebih dari satu kriteria tertentu untuk angka yang diperhitungkan dalam kalkulasinya.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus AVERAGEIFS?


Dalam melakukan pengolahan data numerik di spreadsheet, seringkali kita perlu melakukan perhitungan rata-rata dari beberapa angka milik kita. Terkadang terdapat beberapa syarat tertentu untuk diperhitungkan agar data numerik tertentu saja yang diikutkan dalam proses kalkulasi tersebut dan agak sulit hal tersebut dilakukan jika terdapat banyak entri data pada spreadsheet kita dengan data yang memenuhi kriteria tersebut tersebar posisinya dan tidak dalam satu range tertentu.

Sebagai contoh mengenai hal ini dalam pekerjaan, bayangkan jika kita sedang ingin melakukan analisis prediksi permintaan terhadap suatu produk pada hari tertentu di wilayah tertentu dengan menggunakan data histori permintaan semua produk perusahaan yang kita miliki. Untuk melakukan analisis tersebut, kita ingin melakukan kalkulasi rata-rata data permintaan pada spreadsheet dengan berbagai kriteria tadi seperti jenis produk, hari tertentu yang ingin kita analisis, serta wilayahnya sesuai kebutuhan kita tadi.

Dalam proses analisis tersebut, biasanya semakin banyak entri dalam kalkulasinya, maka akan semakin baik hasil prediksinya. Namun jika data dengan semua syarat kita tersebut tersebar letaknya di dalam spreadsheet, maka akan sangat merepotkan untuk melihat satu per satu entrinya dan memasukkan angka dari entri yang memenuhi semua syarat kita ke dalam rumus manual yang kita tulis ataupun ke dalam formula AVERAGE demi mendapatkan hasil sesuai kebutuhan analisis.

Untuk membantu mempermudah proses kalkulasi dengan kebutuhan seperti itu, maka kita dapat menggunakan formula AVERAGEIFS pada excel. Rumus ini dapat melakukan penyaringan entri data yang memenuhi persyaratanmu untuk kemudian diambil angkanya untuk melakukan perhitungan rata-rata sesuai kebutuhan. Sangat berguna untuk dipahami dan dipelajari jika kamu sering perlu melakukan kalkulasi rata-rata pada spreadsheet dalam proses pengolahan datamu.


Apa Itu Fungsi AVERAGEIFS?


Fungsi AVERAGEIFS adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan mendapatkan hasil rata-rata dari angka semua entri data yang memenuhi lebih dari satu kriteria tertentu. Ia merupakan salah satu varian dari rumus AVERAGE selain AVERAGEIF.

Secara umum, keperluan input pada rumus ini dapat dijelaskan sebagai berikut:


=AVERAGEIFS(average_range, criteria_range1, criteria1, …)


Keterangan:
  • average_range = kolom/baris tempat angka dari entri yang ingin kita kalkulasi rata-ratanya
  • criteria_range1 = kolom/baris tempat pencocokan data dari entri dengan kriteria pertama dilakukan
  • criteria1 = kriteria pertamamu
  • … = kolom/baris tempat pencocokan data lainnya dari entri beserta kriteria pasangannya jika diperlukan



Bagaimana Cara Menggunakan Formula AVERAGEIFS Pada Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menuliskan rumus AVERAGEIFS excel. Rumus ini membutuhkan input kolom/baris di mana angka untuk dihitung rata-ratanya berada dari entrimu, kolom/baris untuk dicocokkan data di dalamnya dengan kriteriamu, serta kriterianya. Kamu harus memasukkan minimum satu kolom/baris data untuk dievaluasi serta kriterianya. Kolom/baris angka serta data yang dievaluasi harus sejajar agar rumus ini dapat berfungsi secara baik.


Menggunakan Formula AVERAGEIFS


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil

    Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik AVERAGEIFS (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Drag kursor pada cell cell di kolom/baris tempat angka yang ingin kamu proses sesuai dengan kriteriamu lalu masukkan tanda koma ( , )

    Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Drag kursor pada cell cell di kolom/baris tempat data untuk dicocokkan dengan syarat pertamamu berada lalu masukkan tanda koma. Tempat cell kondisi digit harus sejajar vertikal/horisontal dengan tempat cell digit yang ingin dihitung dan memiliki kesamaan dalam jumlah cell

    Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Ketik syarat pertamamu. Syarat harus berada di antara tanda petik ( “” ) jika kondisi tersebut untuk data teks dan kondisi lebih besar dari atau lebih kecil dari data angka yang dimiliki

    Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Berikan tanda koma setelah syarat digit dimasukkan jika masih ada syarat yang ingin dimasukkan dan ulangi langkah 4-5

    Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel - Screenshot Langkah 6

  7. Ketik tanda tutup kurung setelah semua kondisinya sudah dimasukkan

    Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel - Screenshot Langkah 7

  8. Tekan tombol Enter
  9. Proses selesai!

    Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel - Screenshot Langkah 9



Latihan


Setelah kamu memahami bagaimana cara menggunakan AVERAGEIFS excel secara detail, sekarang saatnya kamu mempertajam pemahamanmu melalui pengerjaan latihan berikut!

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaan berikut! Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah selesai dan ingin mencocokkan jawabanmu atau kamu bingung cara menjawab pertanyaannya dan butuh petunjuk!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa hasil AVERAGEIFS kuantitas penjualan A di wilayah 1?
  2. Berapa hasil AVERAGEIFS kuantitas penjualan C dengan metode penjualan tidak langsung?
  3. Berapa hasil AVERAGEIFS kuantitas penjualan E di wilayah 2 dengan metode penjualan langsung?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Jika kamu ingin melakukan kalkulasi rata-rata secara biasa atau hanya dengan satu kriteria, maka kamu bisa mempelajarinya pada bagian lain dari tutorial Compute Expert!



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert