Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai penggunaan rumus COUNTA excel secara lengkap, dari dasar penggunaannya sampai ke penggunaan tingkat lanjutnya.

Menghitung banyak data yang kita punya adalah salah satu hal yang sering kita perlu lakukan di excel. COUNTA dapat membantumu melakukannya dengan cepat asalkan kamu tahu cara menggunakan rumus ini.

Ingin memahami COUNTA secara lebih mendalam? Baca semua bagian dari tutorial ini untuk menguasai penggunaan rumus tersebut di excel!







Definisi COUNTA Adalah…

Definisi COUNTA adalah sebuah rumus yang bisa kamu gunakan untuk menghitung banyak data yang kamu punya.

Dalam implementasinya, kita hampir selalu menggunakan COUNTA untuk menghitung banyak cell tidak kosong (atau, dengan kata lain, cell yang berisi data) yang kita miliki dalam sebuah cell range excel.



Fungsi COUNTA di Excel

Kita bisa menggunakan COUNTA untuk membantu kita menghitung berapa banyak data yang kita punya dalam semua input yang kita berikan kepadanya. Kita bisa memberikan input ke COUNTA dalam bentuk pengetikan data secara langsung, koordinat cell, ataupun cell range (namun kita hampir selalu hanya memberikan satu cell range sebagai input COUNTA kita).



Hasil COUNTA

Hasil dari COUNTA adalah sebuah angka yang melambangkan banyak data yang kita punyai dari input-input yang kita berikan kepadanya.



Versi Excel dari Mana Kita Mulai Bisa Menggunakan Rumus COUNTA Excel

Kita mulai bisa menggunakan COUNTA sejak excel 2003.



Cara Penulisan dan Input

Secara umum, bentuk penulisan COUNTA di excel adalah seperti ini.

= COUNTA ( data1 , [ data2 ] , … )


Input data1, [data2], … adalah dari mana kita ingin menghitung banyak data kita. Kamu bisa memasukkan inputnya tersebut dalam bentuk data langsung, cell, atau cell range walaupun kita hampir selalu menginput sebuah cell range.

Jika kamu memberikan lebih dari satu input pada COUNTAmu, maka kamu harus memisahkan mereka dengan tanda koma ( , ).



Contoh Penggunaan dan Hasil

Kamu bisa melihat contoh implementasi dan hasil dari COUNTA di screenshot berikut ini.

Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi COUNTA di Excel

Pada contoh tersebut, terlihat bagaimana penggunaan rumus COUNTA excel dilakukan. Kamu hanya perlu memasukkan data/koordinat cell/cell range yang ingin kamu hitung banyak datanya. Jika memasukkan lebih dari satu input, pastikan kamu menggunakan tanda koma ( , ) di antara input-inputmu.

Rumus ini akan memberikan banyak data terhitung dari inputmu dan mengabaikan cell yang bersifat kosong. COUNTA akan menghitung semua jenis data yang kamu punyai seperti yang dapat kamu lihat pada contoh. Tidak peduli apakah data tersebut berjenis angka, teks, tanggal, atau memiliki jenis data lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa COUNTA hanya akan mengabaikan cell yang benar-benar kosong dalam proses perhitungannya. Cell dengan rumus yang menghasilkan data kosong (data kosong dalam sebuah rumus biasanya dilambangkan dengan tanda kutip ganda ( “” )) atau cell yang hanya berisi spasi juga akan dihitung oleh COUNTA (hati-hatilah dengan cell-cell seperti ini dalam penggunaan COUNTA. Penjelasan lebih lengkapnya mengapa kamu perlu berhati-hati terhadap merekadapat kamu lihat pada salah satu bagian berikutnya dari tutorial ini).



Langkah Penulisan

Setelah mendiskusikan mengenai contoh implementasi COUNTA, berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menuliskan rumus ini di excel secara detail.

Jika kamu sering menggunakan variasi rumus perhitungan data lainnya seperti COUNT atau COUNTBLANK, maka penjelasan berikut seharusnya mudah dipahami. Hal ini karena penulisan rumus-rumus tersebut dan COUNTA hampir sama langkah-langkahnya.

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil COUNTAmu

    Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik COUNTA (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan data/koordinat cell/cell range yang ingin kamu hitung banyak datanya. Masukkan tanda koma di antara input-inputmu

    Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah kamu telah memberikan semua inputmu kepada COUNTA

    Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Selesai!

    Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 6






Perbedaan COUNT dan COUNTA

Ini adalah contoh kesalahan yang sebagian pengguna excel seringkali lakukan. Ketika mereka ingin menghitung banyak data yang mereka punya dalam suatu cell range, mereka menggunakan COUNT dan bukan COUNTA.

Karena nama rumusnya (COUNT) mengindikasikan bahwa ia bisa kamu gunakan untuk menghitung banyak datamu, ini seringkali menyebabkan kesalahan penggunaannya. Sebagai akibatnya, mereka yang menggunakan COUNT untuk menghitung banyak data yang mereka punya akan mendapatkan hasil yang salah!

Ketika kamu perlu menghitung banyak data dalam cell rangemu, kamu seharusnya menggunakan COUNTA. Untuk mempertegas hal ini, inilah perbedaan antara COUNT dan COUNTA. Kamu bisa menggunakan COUNT untuk menghitung banyak angka sedangkan COUNTA bisa kamu gunakan untuk menghitung banyak data berjenis apapun!

Untuk mengilustrasikan perbedaan mereka dengan lebih jelas, berikut contoh implementasi keduanya di cell range excel yang sama.

Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi COUNT dan COUNTA di Excel

Kamu bisa lihat perbedaan antara hasil yang diberikan COUNT dan COUNTA dalam screenshot tersebut. Ini karena COUNT dan COUNTA menghitung dua hal yang berbeda!

COUNT hanya menghitung angka sedangkan COUNTA menghitung semua jenis data. Sebagai hasilnya, pada contoh di atas, COUNT menghasilkan 5 (karena ada 5 angka pada cell range kolom datanya) dan COUNTA menghasilkan 8 (karena ada 8 cell berisi data pada cell range kolom datanya)!

Jika kamu menggunakan COUNT, maka ingat bahwa data tanggal dan waktu juga dihitung sebagai angka di excel. Pada screenshot di atas, kamu bisa lihat bahwa COUNT juga menghitung data waktu di cell range yang menjadi inputnya.



Peringatan bagi Pengguna COUNTA: Cell yang Terlihat Kosong tapi Sebenarnya Tidak Kosong

Menggunakan COUNTA tapi bingung dengan hasil yang kamu dapatkan?

COUNTA mungkin terkadang terlihat menghitung lebih banyak data daripada yang seharusnya ia hitung. Ketika kamu mencoba mengecek, kelihatannya ada lebih sedikit data dari hasil perhitungan data yang COUNTA berikan kepadamu.

Jika hal seperti itu yang terjadi, maka kamu harus berhati-hati. Kamu mungkin memiliki beberapa cell yang terlihat kosong tetapi sebenarnya tidak kosong!

Seperti yang sudah disinggung pada penjelasan sebelumnya, ada cell yang mungkin berisi spasi saja atau berisi rumus yang menghasilkan data kosong ( “” ). Mereka mungkin terlihat kosong bagi kita tetapi karena mereka sebenarnya memiliki isi, maka COUNTA juga menghitung mereka!

Sebagai ilustrasi dari hal ini, lihatlah screenshot berikut.

Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi COUNTA di Excel dengan Cell yang Tampak Kosong tapi Sebenarnya Tidak Kosong

Kamu bisa lihat bahwa cell berisi data di kolom data di sana kelihatannya hanya ada lima. Meskipun begitu, COUNTA menghasilkan 8 ketika kita mencoba menghitung datanya.

Mengapa hal itu terjadi? Ini karena ada dua cell di sana yang hanya berisi spasi dan satu cell berisi rumus dengan hasil kosong! Hal ini menyebabkan COUNTA menghitung mereka juga dan sehingga menghasilkan 8, bukan 5 seperti yang kita ekspektasikan.

Jika kamu tidak ingin COUNTAmu menghitung cell-cell “bermasalah” tersebut, maka kamu harus menghapus isi mereka.



Metode untuk Memberikan Suatu Hasil Tertentu Berdasarkan Hasil Perhitungan COUNTA: Rumus IF COUNTA

Salah satu rumus yang paling sering dikombinasikan dengan rumus lainnya di excel adalah IF. Jika kamu perlu memberikan suatu hasil lainnya berdasarkan hasil perhitungan COUNTAmu, maka kamu juga perlu mengkombinasikan COUNTAmu dengan IF.

Untuk hal ini, kita perlu menjadikan COUNTA kita sebagai bagian input kondisi logika IF kita. Bentuk penulisan umum dari kombinasi kedua rumus ini adalah sebagai berikut.

= IF ( COUNTA ( data1, [ data2 ] , … ) kondisi , hasil_jika_true , hasil_jika_false )


Karena COUNTA menghasilkan angka, kondisi yang kamu ketikkan setelah kamu menuliskan COUNTAmu haruslah berhubungan dengan angka. Biasanya, kondisi tersebut adalah kurang dari, lebih dari, dan/atau sama dengan.

COUNTAmu akan menghitung banyak data pada inputmu dan kondisimu akan mengetes hasil perhitungannya tersebut. Jika cocok, maka kamu akan mendapatkan hasil TRUE dari IFmu. Jika tidak cocok, maka kamu akan mendapatkan hasil FALSEnya. Karena proses tersebut terjadi, kamu akan mendapatkan suatu hasil tergantung dari hasil perhitungan COUNTAmu seperti yang kamu inginkan!

Untuk memahami lebih dalam mengenai kombinasi IF dan COUNTA ini, berikut contoh implementasinya di excel.

Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi IF COUNTA di Excel

Pada contoh tersebut, kita mencoba menandai hasil dari COUNTA kita, apakah sedikit atau banyak. “Sedikit” adalah jika hasilnya <=5 dan “Banyak” adalah ketika hasilnya >5.

Untuk menandainya dengan lebih mudah, kita gunakan kombinasi IF dan COUNTA.



Bentuk penulisan rumusnya adalah seperti yang dapat kamu lihat pada screenshot di atas. Kita memasukkan COUNTA ke IF kita untuk membuat hasil perhitungannya menjadi bagian dari input kondisi logika IF kita. Selanjutnya, kita mengetikkan kondisi “>5” di sana.

Jika hasil COUNTAnya memenuhi kondisi (lebih dari 5), maka ia akan menghasilkan teks “Banyak”. Jika tidak, maka teks “Sedikit” adalah hasil yang akan kita dapatkan.

Pada hasil di contohnya, kita mendapatkan penandaan “Banyak” karena hasil COUNTA kita adalah 8!



COUNTA untuk Menghitung Banyak Data yang Memenuhi Kriteria Tertentu: COUNTIFS

Perlu menghitung banyak data pada cell rangemu yang memenuhi kriteria tertentu? Daripada mencoba menggunakan COUNTA untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan COUNTIFS.

COUNTIFS adalah rumus yang excel sediakan untuk menghitung banyak data yang memenuhi kriteria tertentu dari kita. Bentuk umum penulisan COUNTIFS adalah sebagai berikut.

= COUNTIFS ( range_kriteria1 , kriteria1 , … )


Input yang kamu berikan dalam COUNTIFS dikelompokkan per pasang. Setiap pasang berisi sebuah cell range (biasanya berbentuk sebuah kolom/baris) dan sebuah kriteria yang akan mengevaluasi setiap data pada cell range tersebut.

Kamu harus memberikan banyak pasangan input di COUNTIFS sejumlah banyak kriteria yang kamu punya. Excel akan menghitung banyak entri datamu yang memenuhi semua kriteria yang kamu punya pada cell range mereka.

Karena proses perhitungannya seperti ini, ada baiknya jika kamu memasukkan cell range yang sejajar dan sama besarnya ke COUNTIFS. Kita biasanya memberikan input cell range dalam bentuk kolom atau baris kepada COUNTIFS.

Untuk lebih memahami konsep COUNTIFS, kamu bisa lihat contoh implementasinya di excel di bawah ini.

Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi COUNTIFS di Excel

Pada contoh tersebut, kita mempunyai tiga kriteria untuk entri data yang ingin kita hitung banyaknya. Kita ingin menghitung entri data dengan B sebagai jawaban pertamanya, A kedua, dan C ketiga. Kita gunakan COUNTIFS untuk mendapatkan hasil perhitungan banyak datanya tersebut dengan jauh lebih cepat dan mudah.

Hanya perlu memasukkan input cell range kolom jawaban 1, 2, dan 3 dengan kriteria mereka masing-masing. Masukkan mereka dalam urutan yang benar pada COUNTIFS, dengan cell range yang dimasukkan pertama diikuti dengan kriteria dari cell range tersebut.

Lakukan itu dan kita akan mendapatkan banyak entri data yang memenuhi kriteria kita! Seperti dapat kamu lihat pada contohnya, kita mendapatkan 3 sebagai hasil perhitungan COUNTIFS kita di sana (yang berarti 3 responden yang memberikan B sebagai jawaban pertama mereka, A kedua, dan C ketiga).



COUNTA pada Tabel Data yang Sudah Terfiliter: SUBTOTAL

Bagaimana jika kita ingin menghitung banyak data yang lolos dari filter yang kita aplikasikan pada tabel data kita? Bisakah kita melakukan perhitungan tersebut dengan menggunakan COUNTA?

Sayangnya, jika kamu menggunakan COUNTA, maka ia akan menghitung data yang filtermu sembunyikan juga. Untuk proses perhitungan ini, kamu harus menggunakan rumus SUBTOTAL.

SUBTOTAL adalah sebuah rumus yang disediakan excel untuk melakukan pengolahan data pada cell range yang sudah difilter. Kita bisa mengaplikasikan rumus-rumus seperti AVERAGE, SUM, COUNTA, dan beberapa rumus lainnya pada data yang melewati filter kita menggunakan SUBTOTAL.

Untuk kasus COUNTA, berikut bentuk umum penulisan SUBTOTAL yang mengaplikasikan COUNTA pada sebuah cell range terfilter. = SUBTOTAL ( 3/103 , cell_range_terfilter1 , … )

Input 3/103 di sana berarti kamu harus memilih antara memberikan input 3 atau 103 pada SUBTOTALmu untuk menggunakan COUNTA.

Keduanya adalah angka rumus COUNTA di SUBTOTAL. Gunakan 3 jika kamu ingin menghitung juga banyak data di cell-cell yang kamu sembunyikan secara manual pada cell range terfiltermu. Gunakan 103 jika kamu ingin mengabaikan mereka.

Input lainnya pada SUBTOTAL selain angka rumus tersebut adalah cell range terfilter di mana kamu ingin mengolah datamu. Setelah kamu memasukkan 3/103 sebagai lambang COUNTA, kamu bisa memasukkan semua cell range di mana kamu ingin menghitung banyak datamu.

Untuk pemahaman lebih jelasnya mengenai penggunaan COUNTA melalui SUBTOTAL, berikut adalah contoh implementasinya.

Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Perbandingan Implementasi COUNTA dan SUBTOTAL pada Cell Range Tidak Terfilter di Excel

Jika kita menghitung banyak data pada cell range yang tidak terfilter, COUNTA dan SUBTOTAL akan memberikan hasil yang sama. Seperti yang dapat kamu lihat pada contoh di atas, keduanya menghitung ada 10 data pada cell range kolom datanya.

Namun, jika kita memfilter cell range kolom data kita tersebut sehingga ia hanya menampilkan “Data 1”, maka hasil SUBTOTAL akan berubah.

Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Perbandingan Implementasi COUNTA dan SUBTOTAL pada Cell Range Terfilter di Excel

Ketika kita selesai menambahkan filter, SUBTOTAL jadi menghasilkan angka 3 dan bukan 10! Hal ini karena SUBTOTAL hanya menghitung data yang terlihat ketika kita memfilter cell range kita.

Di lain pihak, COUNTA masih memberikan hasil yang sama setelah kita memfilter cell range kita (10). Ini karena ia masih menghitung data yang disembunyikan oleh filter kita.

Oleh karena itu, jika kamu perlu menghitung banyak data yang masih tampil setelah kamu memfiter cell rangemu, gunakan SUBTOTAL!

Satu hal lagi yang mungkin baik untuk diperhatikan pada penggunaan SUBTOTAL di contohnya tersebut. Pada cell range terfilter di sana, kita akan mendapatkan hasil yang sama baik dengan input 3 ataupun 103 pada SUBTOTALnya. Hal ini karena tidak ada cell yang kita sembunyikan secara manual pada cell range kolom data kita.



Alternatif COUNTA yang Lebih Cepat: Status Bar Excel

Mau mengetahui banyak cell berisi data pada cell rangemu secara jauh lebih cepat? Tidak perlu menggunakan/menampilkan angka tersebut secara langsung dalam sebuah cell? Kamu bisa menggunakan status bar excel sebagai alternatif dari COUNTA untuk menghitung banyak cell terisimu jika seperti itu kondisinya!

Cara menghitung banyak datamu menggunakan status bar excel sebenarnya sngat mudah. Kamu tinggal perlu menyorot cell range di mana kamu ingin melakukan perhitungan banyak datamu dan lihat bagian kanan bawah worksheetmu (tempat di mana status bar excelmu berada). Di sana, excel akan menampilkan hasil perhitungan banyak data/cell terisi dari cell rangemu!

Untuk gambaran yang lebih jelas mengenai lokasi bagian kanan bawah tersebut, lihat kotak merah pada screenshot berikut.

Rumus COUNTA Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Implementasi Status Bar untuk Menghitung Banyak Data di Excel

Mudah dan cepat, bukan? Gunakan cara ini kapanpun kamu perlu melakukan perhitungan banyak data secara cepat pada cell rangemu!



Latihan

Setelah kamu mempelajari cara menggunakan rumus COUNTA excel dari tutorial di atas, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Hal ini agar kamu bisa semakin menguasai implementasi rumusnya di excel!

Unduh file latihannya dari link berikut dan jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa jumlah kata DUMMY pada kolom J?
  2. Berapa jumlah kata DUMMY pada baris ke 10?
  3. Berapa jumlah kata DUMMY pada semua baris dan kolomnya?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

COUNTA dapat menerima sampai dengan 255 input berbeda!



Tutorial terkait yang kamu sebaiknya pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert