Fungsi COUNTA




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai bagaimana cara menggunakan rumus COUNTA. Formula ini sendiri sering digunakan untuk mencari jumlah cell terisi di dalam spreadsheetmu.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Menggunakan Fungsi COUNTA?


Dalam mengolah data di excel, seringkali kita ingin mengetahui berapa banyak cell sudah terisi. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah data yang ada sudah lengkap atau perlu mencari dan menambah lagi agar hasil pengolahan kita dapat menjadi lebih kredibel. Biasanya kita perlu melakukan proses tersebut ketika mendapatkan data dari database online atau dari sumber lain yang mungkin kita belum mengetahui mengenai kelengkapan data yang dikumpulkan. Mengetahui berapa banyak cell terisi juga diperlukan jika kita ingin mengetahui banyaknya data sebagai salah satu faktor pemrosesan lebih lanjut.

Untuk membantu dalam mengecek jumlah cell terisi di excel, terdapat fungsi COUNTA untuk kita gunakan pada proses tersebut. Fungsi ini sendiri merupakan varian dari formula COUNT di excel, yang mana memiliki turunan lain seperti COUNTIF, COUNTIFS, dan COUNTBLANK. Formula ini cukup sering dipakai karena sifatnya mampu menghitung keseluruhan banyak data milik kita dalam suatu range.


Apa Itu Fungsi COUNTA?


Fungsi COUNTA adalah suatu formula excel dengan tujuan pemakaian untuk menghitung banyak cell terisi milik kita dalam suatu range. Formula ini cukup mudah untuk digunakan karena hanya membutuhkan satu input, yaitu range tempat kita ingin menghitung banyak data di dalamnya.

Sedikit penjelasan mengenai input di dalam formulanya adalah sebagai berikut:


=COUNTA(value1, value2, …)


Keterangan:
value1, value2, … = koordinat cell atau data untuk dihitung berapa banyak data di dalamnya


Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi COUNTA?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara memakai fungsi COUNTA dalam perangkat spreadsheet ini. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan varian formula lain untuk menghitung banyaknya data seperti COUNT dan COUNTBLANK, maka pembelajaran menggunakan formula ini mestinya cukup mudah karena sifat penulisannya hampir sama dengan formula yang disebut tersebut.


Menggunakan Fungsi COUNTA

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Fungsi COUNTA - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik COUNTA (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi COUNTA - Screenshot Langkah 2

  3. Drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range yang ingin dihitung banyak datanya. Kamu juga bisa memasukkan tanda koma ( , ) dan menambah cell range di tempat lain sampai semua masuk ke dalam formula

    Fungsi COUNTA - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah semua yang ingin diproses sudah dimasukkan

    Fungsi COUNTA - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai dilakukan!

    Fungsi COUNTA - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari langkah langkah dari tutorial di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahaman kamu melalui latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai mempraktekkan formula COUNTA dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file untuk melatih pemahamanmu:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa jumlah kata DUMMY di kolom J?
  2. Berapa jumlah kata DUMMY di baris ke 10?
  3. Berapa jumlah kata DUMMY di semua baris dan kolom?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Dalam menggunakan formula ini, drag kursor cell dan input data atau koordinat cell dengan pemisahan tanda koma dapat digabungkan dalam satu penulisan
  • Jika kamu mau, koordinat cell berdekatan sebagai masukan rumus rumus excel tersebut juga dapat kamu tuliskan manual dengan dipisahkan tanda titik dua ( : ) antara koordinat paling kiri atas dan koordinat paling kanan bawah (Contoh penulisan: A1:B30)
  • Jika kamu ingin menghitung banyaknya data dengan kebutuhan lainnya selain yang bisa diberikan oleh rumus COUNTA, kamu bisa mempelajari formula excel lainnya untuk itu pada bagian lain dari blog tutorial Compute Expert ini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert