Fungsi COUNTIFS




Pada tutorial ini, kamu akan memahami mengenai cara menggunakan rumus COUNTIFS. Formula excel ini dapat diigunakan untuk mengkalkulasi banyak data pada suatu tabel cell dengan lebih dari satu kriteria tertentu.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus COUNTIFS?


Ketika kita memiliki data di dalam excel, terkadang kita ingin mengetahui berapa banyak jumlah dari mereka yang memiliki suatu kondisi tertentu untuk kita gunakan sebagai basis dalam pemrosesan atau pengambilan suatu keputusan. Kondisi yang digunakan dalam proses evaluasi mereka terkadang bisa berjumlah lebih dari satu.

Contohnya, jika kita ingin mengambil keputusan mengenai jumlah bonus untuk diberikan bagi karyawan berprestasi dalam perusahaan, maka kita perlu mengetahui berapa karyawan berprestasi tersebut dalam perusahaan agar bisa diperkirakan berapa alokasi anggaran dan berapa besar bonus bagi masing masing karyawan tersebut. Dalam menentukannya, kita dapat memiliki beberapa kriteria untuk menentukan siapa saja karyawan berprestasi seperti nilai performa berdasarkan evaluasi atasan, berapa banyak karyawan tersebut telat dalam satu tahun, dan sebagainya. Jika kita memiliki banyak karyawan, maka akan sulit melakukan perhitungan secara manual walaupun kita memiliki detail cukup untuk masing masing karyawan tersebut.

Untuk keperluan tersebut, terdapat fungsi COUNTIFS yang dapat digunakan demi mempermudah proses tersebut. Rumus COUNTIFS ini sendiri dapat digunakan untuk menghitung berapa banyak data dengan lebih dari satu kriteria tertentu yang kita tentukan untuk proses perhitungan banyaknya tersebut.


Apa Itu Fungsi COUNTIFS?


Fungsi COUNTIFS adalah formula yang disediakan excel untuk menghitung banyaknya data dengan beberapa kriteria tertentu. Rumus COUNTIFS ini dapat digunakan dengan memasukkan cell range dalam bentuk baris atau kolom dari data yang ingin dievaluasi serta kondisi sebagai basis dari proses evaluasi dari baris atau kolom tersebut. Baris / kolom serta kondisi evaluasinya harus dimasukkan secara runtun. Jika kamu hanya ingin mengevaluasi dengan menggunakan satu kondisi, maka kamu juga dapat menggunakan formula COUNTIF, walaupun rumus COUNTIFS juga dapat digunakan untuk mengevaluasi data dengan satu kondisi.

Penjelasan sedikit mengenai input pada rumusnya adalah sebagai berikut


=COUNTIFS(criteria_range1, criteria1, …)


Keterangan:
  • criteria_range1 = cell range baris/kolom tempat evaluasi berdasarkan kriteria pertama dilakukan
  • criteria1 = kriteria pertamamu
  • … = cell range baris/kolom tempat evaluasi dari kriteria berikutnya serta kriterianya



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus COUNTIFS?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menggunakan fungsi COUNTIFS di excel. Nantinya evaluasi dari formula ini akan dilakukan per baris/kolom dengan masing masing kondisi akan dilihat per kolom/baris dari tabel kamu sesuai dengan input kamu dalam rumus COUNTIFS ini.


Cara Menggunakan Fungsi COUNTIFS


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Fungsi COUNTIFS - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik COUNTIFS (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi COUNTIFS - Screenshot Langkah 2

  3. Drag kursor pada cell range di kolom/baris tempat datamu berada lalu masukkan tanda koma ( , )

    Fungsi COUNTIFS - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik kriteria datamu. Kriteria harus berada di antara tanda petik ( “”) jika kriteria tersebut adalah untuk data teks dan kriteria lebih besar dari atau lebih kecil dari data angka

    Fungsi COUNTIFS - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan tanda koma, drag kursor pada cell range di kolom/baris tempat data berikutnya, masukkan tanda koma lagi, dan ketik kriteria data untuk cell range ini jika masih ada yang ingin dimasukkan. Cell range tambahan harus sejajar vertikal/horisontal dengan input sebelumnya dan memiliki kesamaan dalam jumlah cell. Ulangi terus sampai semua cell range dan kriterianya masuk formula

    Fungsi COUNTIFS - Screenshot Langkah 5

  6. Ketik tanda tutup kurung setelah semua sudah dimasukkan

    Fungsi COUNTIFS - Screenshot Langkah 6

  7. Tekan tombol Enter
  8. Proses selesai!

    Fungsi COUNTIFS - Screenshot Langkah 8



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan fungsi COUNTIFS dari penjelasan di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahaman kamu melalui latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai mempraktekkan pemahamanmu untuk menjawab pertanyaannya dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file untuk melatih pemahamanmu:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa jumlah baris dengan huruf A pada kolom pertama dan kedua?
  2. Berapa jumlah baris dengan huruf C pada kolom kedua dan ketiga?
  3. Berapa jumlah baris dengan huruf A pada kolom pertama, B pada kolom kedua, dan C pada kolom ketiga?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Jika kamu mau, koordinat cell range sebagai input juga dapat kamu tuliskan manual dengan dipisahkan tanda titik dua ( : ) antara koordinat paling kiri atas dan koordinat paling kanan bawah (Contoh penulisan: A1:A30)
  • Terdapat varian dari fungsi excel untuk perhitungan banyak data seperti COUNT dan COUNTA. Tutorial mengenai formula formula tersebut dapat kamu temukan di bagian lain dari blog Compute Expert ini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert