Fungsi DATE Pada Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai fungsi DATE pada excel. Fungsi DATE excel berguna dalam menghasilkan data tanggal dari input angka hari, bulan, dan tahun yang diberikan olehmu di dalam rumus ini.


Mengapa Perlu Mempelajari Fungsi DATE Excel?


Dalam melakukan pengolahan data berhubungan dengan tanggal di excel, adakalanya kita perlu membuat jenis data tersebut dari angka hari, bulan, dan tahun milik kita. Jika setiap digit untuk membentuknya statis serta tidak terlalu banyak, mungkin lebih baik dan cepat jika dilakukan secara manual. Namun, jika banyak dan sifatnya bisa berganti setiap saat, maka akan sangat merepotkan jika melakukannya dengan cara biasa.

Selain itu, terkadang juga kita membutuhkan input jenis data tersebut sebagai kriteria di formula seperti SUMIF atau AVERAGEIF. Agak sulit jika membuatnya secara manual dari angka hari, bulan, dan tanggal masing-masing entri data jika terdapat banyak entri yang membutuhkan proses kalkulasi berbasis kriteria dari formula seperti SUMIF atau AVERAGEIF tersebut.

Sebagai contoh kasusnya, mungkin kita memiliki data pencatatan transaksi penjualan dan pembelian harian perusahaan pada spreadsheet dengan adanya kolom khusus untuk angka hari, bulan, dan tahun. Jika terdapat keperluan membuatkan kolom berisi penggabungan dari semua angka tersebut, maka akan sangat merepotkan untuk melakukannya secara manual mengingat banyaknya jumlah baris pencatatan transaksi dari perusahaan yang biasanya ada dalam spreadsheet.

Untuk contoh penggunaannya dalam input formula lainnya, misalkan kita sedang ingin menjumlahkan data transaksinya untuk periode tertentu secara langsung. Jika hanya terdapat bilangan hari, bulan, dan tahun yang membantu kita dalam memasukkan data untuk dievaluasi per entri data dalam hubungannya dengan kriteria periode yang diinginkan sesuai kebutuhan pemrosesannya tadi, maka juga akan menjadi sulit jika ingin melakukan proses kalkulasinya secara langsung walaupun sudah dibantu menggunakan formula seperti SUMIF atau COUNTIF.

Dalam membantu proses mendapatkan data tanggal dari digit hari, bulan, dan tahun secara lebih cepat serta otomatis demi menjawab kebutuhan-kebutuhan seperti di atas, maka kamu bisa menggunakan fungsi DATE pada excel. Dengan melihat kegunaannya, fungsi DATE excel akan sangat membantu ketika kita butuh secara spesifik data jenis tersebut untuk pemrosesan data yang ingin dilakukan.


Apa Itu Fungsi DATE Pada Excel?


Fungsi DATE pada excel adalah suatu formula dengan tujuan pemakaian untuk membuat data jenis tanggal dari input digit hari, bulan, dan tahun. Fungsi DATE excel ini seringkali digunakan dalam formula dengan kebutuhan kriteria jenis data ini atau dalam proses kalkulasi data jenis tersebut.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai input pada formula ini:


=DATE(year, month, day)


Keterangan:
  • year = bilangan tahun yang akan dijadikan tanggal
  • month = bilangan bulan yang akan dijadikan tanggal
  • day = bilangan hari yang akan dijadikan tanggal



Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi DATE Excel?


Berikut akan dijelaskan cara memakai fungsi DATE pada excel. Fungsi DATE excel membutuhkan input berupa, seperti beberapa kali disebut sebelumnya, digit hari, bulan, dan tahun darimu untuk kemudian diproses penyatuannya olehnya.


Cara Menggunakan Fungsi DATE Pada Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik DATE (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik bilangan tahun / koordinat cell tempat bilangan tahun yang ingin kamu satukan berada setelah tanda buka kurung lalu masukkan tanda koma ( , )

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik bilangan bulan / koordinat cell tempat bilangan bulan yang ingin kamu satukan berada lalu masukkan tanda koma

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Ketik bilangan hari / koordinat cell tempat bilangan hari yang ingin kamu satukan berada

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Ketik tanda tutup kurung

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Langkah 6

  7. Tekan tombol Enter
  8. Proses selesai!

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Langkah 8



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan fungsi DATE excel di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaannya dan sudah yakin atas hasilnya!

Link unduh file untuk latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Coba buat data tanggal dari semua digit pada baris pertama!
  2. Berapa jarak antara hari ini dengan hari, bulan, dan tahun pada baris kedua? (Instruksi: gunakan rumus TODAY() untuk mendapatkan data yang dibutuhkan untuk hari ini!)
  3. Apakah hari, bulan, dan tahun pada baris ketiga lebih dari 15 Desember 1999? Jawab dengan “Ya” atau “Tidak”! (Instruksi: gunakan fungsi DATE excel serta IF untuk membandingkan keduanya!)

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Tahun paling awal yang bisa dimasukkan pada fungsi DATE excel adalah 1900. Jika kamu mencoba memasukkan angka 0 sampai 1899 untuk input tahunnya, maka digitnya tersebut akan ditambahkan dengan 1900 untuk hasil akhirnya. Lihat gambar berikut untuk contohnya

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 1-1-1

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 1-1-2

    Jika inputnya adalah angka minus, maka hasilnya akan menjadi error #NUM

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 1-2-1

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 1-2-2

  • Jika kamu memasukkan angka minus untuk bulannya, maka fungsi DATE pada excel akan melakukan pengurangan pada tahunnya disesuaikan dengan jumlah minus bulan yang kamu masukkan

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 2-1-1

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 2-1-2

    Jika input bulannya lebih dari 12, maka formula ini akan menambahkan tahunnya disesuaikan kelebihan dari 12 pada inputmu

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 2-2-1

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 2-2-2

  • Jika kamu memasukkan angka minus untuk harinya, maka fungsi DATE pada excel akan melakukan pengurangan pada bulan dan tahunnya disesuaikan dengan jumlah minus hari yang kamu masukkan

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 3-1-1

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 3-1-2

    Jika input harinya melebihi jumlah hari pada bulan yang diinput, maka formula ini akan menambahkan bulan dan tahunnya disesuaikan kelebihan hari pada inputmu

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 3-2-1

    Fungsi DATE Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 3-2-2

  • Kamu dapat mengubah format penulisan hasil tanggalnya dengan menggunakan menu Format Cells atau formula TEXT. Jika mau menggunakan fungsi TEXT, maka kamu dapat mempelajarinya pada bagian lain blog Compute Expert jika belum mengerti cara menggunakannya!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert