Fungsi DAY Pada Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai fungsi DAY pada excel. Fungsi ini berguna untuk mendapatkan data angka hari dari suatu tanggal yang diinput di dalamnya. Prinsip penggunaannya mirip formula MONTH (untuk pengambilan bulan) dan YEAR (untuk pengambilan tahun).


Mengapa Perlu Mempelajari Fungsi DAY Pada Excel?


Dalam melakukan pengolahan terhadap data tanggal dalam spreadsheet, terkadang kita hanya membutuhkan bagian angka hari dari data tersebut untuk menganalisis, mengkalkulasi, dan mengolah data sesuai dengan keperluan kita. Maka kita melakukan pemisahan angka tersebut dari keseluruhan datanya. Jika hanya terdapat beberapa tanggal untuk diolah, maka mungkin hal ini masih mudah untuk dilakukan secara manual. Tetapi biasanya pada spreadsheet, kita memiliki banyak data untuk diolah dan cara manual menjadi sangat memakan waktu untuk dilakukan.

Selain itu, bentuk penulisan tanggal di spreadsheet dapat memiliki berbagai varian sehingga mempersulit kita melakukan pengecekan secara satu per satu untuk memproses pemisahan secara manual.

Sebagai ilustrasinya mengenai hal ini, bayangkan jika kita memiliki data riset tingkat permintaan konsumen untuk produk yang dijual perusahaan dalam periode waktu tertentu dan kita ingin menganalisis periode mana dalam satu bulan di mana biasanya tingkat permintaan tersebut menjadi tinggi atau rendah. Hasil analisisnya mungkin diperlukan untuk dasar pengambilan kebijakan untuk aktivitas pemasaran atau produksi perusahaan. Demi melakukan analisis tersebut, ada baiknya kita memisahkan angka hari dari masing-masing tanggal di setiap entri data sebelum membuat grafik dalam melihat besaran tingkatan permintaannya per periode.

Masalahnya adalah, jika melakukan hal tersebut secara langsung terhadap jumlah entri sangat banyak, maka kita akan sangat menghabiskan waktu sebelum bisa membuat grafiknya. Selain itu, mungkin koleksi datanya masih dinamis dan bisa bertambah lagi sehingga makin merepotkan lagi jika nantinya terdapat yang baru dan dilakukan pemisahannya secara manual lagi.

Dalam kasus lainnya, mungkin kita ingin melakukan kalkulasi angka hari saja dengan mengabaikan bulan dan tahunnya. Demi melakukan kalkulasi tersebut, perlu dilakukan pemisahan bilangannya agar menjadi lebih mudah. Namun seperti kasus tadi, akan repot jika terdapat sangat banyak tanggal yang perlu dilibatkan di proses kalkulasi.

Agar prosesnya bisa dilakukan secara otomatis, maka kamu dapat menggunakan fungsi DAY pada excel untuk membantumu. Rumus ini dapat melakukan pemisahan secara cepat sesuai kebutuhan yang digambarkan di atas tadi dengan sesimpel memberikan input tanggalnya ke dalam rumus ini. Oleh karena itu, penting memahami rumus DAY ini jika kamu sering melakukan pengolahan berhubungan dengan jenis data tanggal.


Apa Itu Fungsi DAY Pada Excel?


Fungsi DAY pada excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan melakukan pemisahan angka hari yang terdapat dalam suatu data tanggal. Formula ini diperlukan terutama jika kamu sedang melakukan proses kalkulasi berhubungan dengan bilangan hari.

Sedikit penjelasan mengenai input pada rumus ini adalah sebagai berikut:

=DAY(serial_number)


Keterangan:
serial_number = tanggal yang ingin diambil angka harinya


Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi DAY Pada Excel?


Berikut akan dijelaskan bagaimana cara memakai rumus DAY. Fungsi ini cukup mudah digunakan karena hanya membutuhkan satu input dalam penulisannya.


Menggunakan Fungsi DAY Pada Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Fungsi DAY Pada Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik DAY (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi DAY Pada Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik tanggal atau koordinat cell tempat tanggal yang ingin kamu proses berada, setelah tanda buka kurung

    Fungsi DAY Pada Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung

    Fungsi DAY Pada Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Fungsi DAY Pada Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan formulanya di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaannya dan sudah yakin atas hasilnya!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Isi kolom C dengan angka hari dari semua entri pada kolom A!
  2. Isi kolom D dengan hasil angka hari cell kolom B dikurangi cell kolom A yang sejajar!
  3. Isi kolom E dengan hasil angka hari tanggal sekarang dikurangi dengan setiap cell kolom A ! (Gunakan rumus TODAY() untuk mendapatkan tanggal hari ini!)

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Jika kamu ingin mendapatkan angka bulan atau tahun dari suatu data tanggal milikmu, maka kamu dapat menggunakan formula MONTH (bulan) dan YEAR (tahun).



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert