Fungsi LEN Pada Excel




Pada bagian dari tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai bagaimana cara menggunakan rumus LEN pada excel. Formula ini berguna jika kamu membutuhkan bantuan untuk mengetahui berapa banyak karakter yang dimiliki suatu data atau isi cell di dalam perangkat spreadsheetmu


Mengapa Perlu Mempelajari Mengenai Fungsi LEN Pada Excel?


Kondisi khusus pada suatu data terkadang memerlukan penentuan maksimum panjang dari jenis data tersebut untuk diolah. Jika panjangnya melebihi batas ketentuan, maka data tersebut bisa saja dianggap tidak valid dan tidak dapat diproses karena keterbatasan jumlah karakter per entri data yang harus diberlakukan dalam pemrosesan tersebut.

Sebagai contoh dalam pekerjaan, bayangkan jika kita sedang mengolah variabel variabel dalam perangkat spreadsheet dengan database yang kita dapatkan dari sistem online dan kita bisa mengidentifikasi valid dan tidak validnya variabel tersebut berdasarkan panjangnya. Jika banyak karakter pada variabel tersebut tidak normal dan sangat panjang, maka kita bisa menggolongkan data tersebut sebagai tidak valid. Sedangkan variabel valid memiliki jumlah karakter dengan banyak normal di dalamnya.

Untuk membantu menghitung jumlah karakter di dalam suatu data atau isi cell tersebut, kamu dapat menggunakan fungsi LEN pada excel. Dengan menggunakannya, maka pekerjaan perhitungan tersebut dapat menjadi jauh lebih cepat karena penggunaannya lumayan mudah untuk ukuran formula di perangkat spreadsheet serta keotomatisan proses perhitungannya. Kamu dapat dengan mudah melakukan kopi dari satu formula ini untuk melakukan perhitungan di cell lainnya, memudahkan untuk prosesnya pada banyak data secara sekaligus.


Apa Itu Fungsi LEN Pada Excel?


Fungsi LEN pada excel adalah sebuah formula untuk menghitung panjang/banyaknya karakter dari suatu data atau isi cell. Seringkali hasil dari formula ini dikombinasikan untuk menjadi input bagi bahan evaluasi kondisi formula lainnya di dalam perangkat spreadsheet ini. Agak jarang kita menggunakan secara langsung hasil akhirnya tanpa diolah lagi terlebih dahulu.

Sedikit penjelasan mengenai input dalam formula ini adalah:


=LEN(text)


Keterangan:
text = data yang ingin dilihat banyak karakter di dalamnya


Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi LEN Pada Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara memakai fungsi LEN pada excel. Input yang dibutuhkan hanya data atau koordinat cell untuk dihitung banyak karakter di dalamnya.


Cara Menggunakan Fungsi LEN Pada Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses perhitungan digitnya

    Fungsi LEN Pada Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik LEN (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi LEN Pada Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik data atau koordinat cell tempat isi yang ingin kamu proses berada, setelah tanda buka kurung

    Fungsi LEN Pada Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung

    Fungsi LEN Pada Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai dilakukan!

    Fungsi LEN Pada Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari langkah langkah dalam tutorial tadi, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu agar menjadi lebih mahir dengan mengerjakan latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan proses perhitungannya dan sudah yakin atas hasil yang kamu dapatkan!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa hasil perhitungan pada soal kolom B?
  2. Berapa hasil perhitungan pada soal kolom C?
  3. Berapa hasil perhitungan pada soal kolom D?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Spasi juga dihitung dalam proses perhitungan formula ini
  • Karena sifat hasilnya adalah panjang karakter di dalam suatu data atau isi cell, maka seringkali formula ini dikombinasikan sebagai input evaluasi kondisi bagi formula lain di perangkat spreadsheet ini. Jika kamu mau belajar formula lain di mana kamu dapat menggunakan formula LEN ini, maka silahkan mengunjungi tutorial lain dari blog Compute Expert ini untuk mempelajarinya!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert