Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap penggunaan rumus LEN pada excel. Rumus satu ini sangat berguna jika kamu ingin mengetahui berapa banyak karakter yang terdapat pada suatu data.







Kegunaan LEN

LEN dapat digunakan untuk menghitung banyak karakter dalam suatu data/isi cell.



Hasil yang Didapatkan Dari LEN

LEN akan memberikanmu angka yang merepresentasikan jumlah karakter dari data yang kamu jadikan inputnya.



Versi Excel di Mana LEN Mulai Bisa Digunakan

LEN mulai bisa digunakan sejak excel versi 2003.



Cara Penulisan dan Input

Secara umum, berikut bentuk penulisan rumus LEN di excel:

=LEN(text)


Satu-satunya input yang dibutuhkan LEN adalah text, yaitu data yang ingin kamu hitung jumlah karakter di dalamnya.



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut akan diberikan dan dijelaskan contoh penggunaan dan hasil penulisan rumus LEN di excel.

Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot Contoh Penggunaan dan Hasil LEN

Seperti dapat kamu lihat pada contohnya tersebut, LEN akan menghitung semua karakter yang ada di dalam suatu data tanpa terkecuali. Perhitungan tersebut termasuk karakter spasi, angka, huruf, dan yang lainnya.

Penulisan LENpun cukup mudah karena kamu hanya perlu memasukkan data yang ingin kamu hitung banyak karakternya ke dalam LEN. Oleh karena itu, jangan ragu menggunakannya jika kamu memang memerlukan fungsi dari rumus ini!



Langkah-langkah Penulisan

Berikut akan diberikan langkah per langkah penulisan LEN di excel. Setiap langkah akan disertai screenshot contoh penulisannya untuk mempermudah pemahamanmu.



  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh angka perlambang banyak karakter dari datamu

    Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik LEN (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan data yang ingin kamu hitung banyak karakternya atau koordinat cell tempat datanya tersebut berada

    Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung

    Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Selesai!

    Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot Langkah 6




“Membersihkan” Teks Sebelum Dihitung Jumlah Karakternya: LEN TRIM

Terkadang, suatu teks yang ingin kita hitung jumlah karakternya mengandung banyak spasi berlebih di dalamnya (terdapat spasi di depan atau belakang teksnya atau mungkin ada lebih dari satu spasi di antara kata-kata teksnya). Hal ini tentunya bisa membuat salah hasil LEN kita karena ia juga akan menghitung spasi berlebih tersebut dalam menentukan hasilnya

Lantas, bagaimana memastikan agar kita mendapatkan jumlah karakter dari teks yang tidak memiliki spasi berlebih tersebut? Jawabannya adalah menggunakan fungsi TRIM sebelum menggunakan LEN pada teksmu.

Cara penulisan kombinasi LEN dan TRIM sendiri adalah sebagai berikut.

=LEN(TRIM(teks))


Cukup mudah, bukan? Kamu tinggal memasukkan teksmu ke dalam TRIM sebelum mengaplikasikan LEN kepadanya. Perhitungan karakter teksmu dapat dipastikan akan menjadi benar!

Untuk memperjelas, berikut contoh hasil perhitungan LEN pada teks-teks dengan spasi berlebih, sebelum dan sesudah dikombinasikan dengan TRIM.

Sebelum:

Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot LEN Sebelum Dikombinasikan Dengan TRIM

Sesudah:

Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot LEN Setelah Dikombinasikan Dengan TRIM

Terlihat jelas bedanya, bukan? Pada screenshot pertama, spasi berlebih di depan, belakang, dan antara kata teksnya masih dihitung. Sedangkan pada screenshot kedua, spasi berlebih tersebut sudah dibersihkan dahulu menggunakan TRIM. Penggunaan TRIM menyebabkan spasi berlebih pada screenshot kedua menjadi tidak dihitung.

Jadi, jika kamu ingin menghitung banyak karakter pada teks berformat standar (tanpa spasi di depan serta belakang teksnya dan jumlah spasi antar katanya hanya satu), ada baiknya kamu gunakan kombinasi rumus LEN dan TRIM ini.



Menghitung Jumlah Karakter Dalam Suatu Cell Range: SUMPRODUCT LEN

Penggunaan LEN biasanya hanya dapat menghitung karakter dalam satu data/isi cell. Bagaimana jika kamu ingin menghitung jumlah karakter dalam suatu cell range secara sekaligus?

Satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan SUMPRODUCT bersamaan dengan LEN. Fungsi SUMPRODUCT yang mampu membantu mengolah dan menjumlahkan angka dalam suatu cell range membuatnya bisa menjadi solusi permasalahan tersebut.



Secara umum, bentuk penulisan kombinasi SUMPRODUCT dan LEN di excel adalah sebagai berikut.

=SUMPRODUCT(LEN(cell_range_berisi_data))


Seperti dapat kamu lihat, penulisannya sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memasukkan cell range berisi data-data yang ingin kamu hitung banyak karakternya ke dalam LEN. Kemudian, kamu masukkan LENmu tersebut ke dalam SUMPRODUCT.

Agar lebih jelas, berikut contoh penggunaan kombinasi SUMPRODUCT dan LEN ini dalam excel.

Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot Contoh Penggunaan dan Hasil SUMPRODUCT LEN

Fungsi SUMPRODUCT yang mengolah dan menjumlahkan data dalam bentuk array memampukan LEN mengetahui banyak karakter dalam suatu cell range secara keseluruhan. Kombinasi keduanya ini tentu penting untuk kamu ketahui jika jenis perhitungan tersebutlah yang kamu perlukan dalam pengolahan datamu.



Menghitung Jumlah Karakter Tertentu Dalam Suatu Data: LEN SUBSTITUTE

LEN dapat membantumu menghitung banyak dari semua karakter dalam suatu data. Namun, bagaimana jika kamu hanya ingin menghitung banyak karakter tertentu saja dari datamu itu? Gunakan SUBSTITUTE untuk membantu proses perhitungan rumus LENmu.

Secara umum, berikut penulisan dari kombinasi kedua rumus ini untuk menghitung banyak dari suatu karakter spesifik dalam data.

=LEN(data)-LEN(SUBSTITUTE(data,karakter_yang_ingin_dihitung,””))


Penjelasan proses yang akan dilakukan oleh penulisan di atas pada datamu adalah sebagai berikut.

Pada bagian penulisan pertama (sebelum tanda -), kamu menghitung banyak semua karakter pada datamu menggunakan LEN seperti biasa. Pada bagian keduanya (setelah tanda -), kamu menggunakan LEN pada datamu yang sudah diaplikasikan rumus SUBSTITUTE sebelumnya ke dalamnya.

SUBSTITUTE di sini berfungsi menghilangkan karakter yang ingin kamu hitung banyaknya dalam datamu (mengganti karakter tersebut dengan data kosong yang dilambangkan dengan dua tanda kutip (“”) pada datanya). Hal ini menjadikanmu mengurangi banyak karakter dalam datamu dengan banyak karakter yang bukan karakter yang ingin kamu hitung banyaknya, Proses pengurangan tersebut akan menghasilkan banyak karakter yang sebenarnya ingin kamu hitung dalam datamu tersebut.

Sebagai contoh aplikasi dari penjelasan di atas, dapat kamu lihat screenshot berikut.

Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot Contoh Penggunaan dan Hasil LEN SUBSTITUTE Untuk Perhitungan Karakter Tertentu

Cukup jelas, bukan? Pada contoh di atas, terlihat bagaimana perhitungan huruf “e” pada setiap datanya dilakukan. Gunakan kombinasi LEN dan SUBSTITUTE dengan penulisan yang benar untuk mendapatkan hasil perhitungan banyak karakter yang kamu butuhkan!



Menghitung Jumlah Karakter Tertentu Dalam Suatu Cell Range: SUMPRODUCT LEN SUBSTITUTE

Bagaimana jika yang kamu butuhkan adalah perhitungan banyak karakter tertentu dalam data-data di sebuah cell range? Untuk itu, kamu perlu menggabungkan penulisan tiga rumus excel: SUMPRODUCT, LEN, dan SUBSTITUTE.

Secara umum, berikut cara kombinasi ketiga rumus tersebut dituliskan di excel.

=SUMPRODUCT(LEN(cell_range)-LEN(SUBSTITUTE(cell_range,karakter_yang_ingin_dihitung,””)))


Dari penulisan LEN dan SUBSTITUTE yang diajarkan sebelumnya, ganti input datamu dengan cell range yang ingin kamu hitung banyak karakter tertentunya. Lalu, lingkupi penulisannya dengan SUMPRODUCT untuk mendapatkan hasil perhitungan sesuai kebutuhanmu.

Fungsi SUMPRODUCT dapat membantumu mengolah data angka secara array dalam suatu cell range. Input LEN dan SUBSTITUTEmupun jadi dapat berbentuk cell range sehingga proses perhitungan karakter spesifik tersebut dalam sebuah cell range bisa dilakukan.

Di bawah ini adalah contoh penggunaan dari SUMPRODUCT LEN SUBSTITUTE untuk perhitungan karakter spesifik dalam suatu cell range.

Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot Contoh Penggunaan dan Hasil SUMPRODUCT LEN SUBSTITUTE

Pada contoh di atas, terlihat bagaimana penulisan SUMPRODUCT LEN SUBSTITUTE yang benar dapat menghasilkan hasil sesuai kebutuhan perhitungannya. Contoh pola penulisan ini jika kamu memang membutuhkan fungsi perhitungan tersebut.



Menghitung Jumlah Karakter Dalam Suatu Data Tanpa Menghitung Spasinya: LEN SUBSTITUTE

Terkadang, dalam perhitungan banyak karakter yang kamu lakukan pada suatu teks, kamu ingin mengecualikan spasi pada perhitunganmu. Hal ini tidak bisa dilakukan hanya menggunakan LEN karena LEN menghitung seluruh karakter dalam teksmu, termasuk spasi.

Untuk melakukan perhitungan tersebut, sekali lagi kamu perlu mengkombinasikan LEN dengan SUBSTITUTE.

Penulisan SUBSTITUTE untuk perhitungan karakter tanpa spasi dalam suatu teks sendiri bersifat lebih langsung dibandingkan dengan dua cara penulisan sebelumnya. Berikut adalah bentuk penulisannya secara umum.

=LEN(SUBSTITUTE(teks,” “,””))


Dalam penulisan di atas, SUBSTITUTE akan menggantikan seluruh spasi dalam teksmu dengan data kosong (diwakili dengan dua tanda kutip tanpa spasi (“”)). Hal ini menyebabkan teks yang kamu hitung banyak karakternya menjadi hilang semua spasinya. LENpun akan melakukan perhitungan banyak karakter dalam teksmu tanpa adanya spasi di dalamnya.



Contoh aplikasi penulisan tersebut pada excel adalah sebagai berikut.

Cara Menggunakan Rumus/Fungsi LEN Pada Excel: Kegunaan, Contoh, dan Penulisan - Screenshot Contoh Penggunaan dan Hasil LEN SUBSTITUTE Untuk Perhitungan Karakter Kecuali Spasi

Screenshot tersebut mempraktekkan apa yang sudah diajarkan dari penjelasan penulisan sebelumnya. Hasilnya adalah perhitungan karakter tanpa spasi dalam datamu sesuai kebutuhan pengolahanmu di excel.



Latihan

Setelah kamu mempelajari bagaimana cara penggunaan LEN secara lengkap, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan proses perhitungannya dan sudah yakin atas jawabanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa hasil perhitungan banyak karakter pada soal kolom B?
  2. Berapa hasil perhitungan banyak karakter pada soal kolom C?
  3. Berapa hasil perhitungan banyak karakter pada soal kolom D?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

  • Hasil format suatu angka tidak akan dihitung karakternya oleh LEN (jumlah karakter format mata uang Rp. 300,00 dari angka 300 tetap akan dihitung 3 (sesuai jumlah angka sebelum diformat) bukan 10)
  • Jika digunakan untuk menghitung karakter dari suatu data tanggal, maka LEN akan menghitung jumlah karakter angka yang mewakili tanggalnya di excel (jumlah karakter data tanggal “12/11/2020” adalah 5 karena angka di excel yang mewakili “12/11/2020” adalah 44147)




Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert