Fungsi MIN




Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai bagaimana cara menggunakan rumus excel MIN. Fungsi ini dapat digunakan untuk mendapatkan nilai terkecil dari kumpulan angka yang kita punyai pada perangkat spreadsheet ini.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus Excel MIN?


Dalam melakukan pengolahan data digit pada perangkat spreadsheet, seringkali kita perlu menemukan nilai terkecil pada kumpulan bilangan milik kita.

Sebagai contoh, ketika kita ingin mencari tahu prioritas produksi dari pabrik perusahaan berdasarkan jumlah permintaan jenis produk terkecil atau mendapatkan pengetahuan mengenai wilayah dengan performa penjualan paling rendah untuk suatu produk perusahaan. Untuk kedua kasus tersebut, maka dibutuhkan suatu cara untuk mencari nilai terkecil dari permintaan produksi semua produk pada kasus pertama dan angka penjualan seluruh wilayah di mana perusahaan menjual produk tersebut pada kasus kedua. Tentunya jika data yang kita miliki berjumlah banyak, agak sulit untuk melakukan prosesnya secara manual.

Dalam excel, terdapat fungsi MIN yang dapat digunakan untuk membantu menemukan bilangan terkecil dari suatu kumpulan bilangan secara cepat dan tepat. Jika kita sering perlu menemukan suatu digit berdasarkan ranking yang dimilikinya pada perangkat spreadsheet ini, maka rumus excel MIN akan menjadi suatu hal esensial untuk dipahami penggunaannya.


Apa Itu Fungsi MIN?


Fungsi MIN adalah suatu formula untuk mencari nilai terkecil dari suatu kumpulan angka yang kita miliki pada excel. Rumus ini merupakan salah satu formula dengan hasil berbasis ranking pada alat bantu spreadsheet ini selain MAX dan RANK.

Sedikit penjelasan mengenai input pada formula ini adalah sebagai berikut:

=MIN(number1, number2, …)


Keterangan:
number1, number2, … = semua angka yang ingin dicari nilai terkecilnya


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus Excel MIN?


Berikut akan dijelaskan secara detail mengenai cara memakai fungsi MIN. Rumus excel MIN hanya membutuhkan input semua angka untuk nanti dilihat dan dikembalikan nilai terkecilnya kepada kita. Fungsi MIN ini cukup mudah digunakan dan mirip cara penulisannya dengan formula MAX.


Cara Menggunakan Fungsi MIN

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Fungsi MIN - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik MIN (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi MIN - Screenshot Langkah 2

  3. Drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range yang ingin dilihat nilai terkecilnya. Kamu juga bisa memasukkan tanda koma ( , ) dan menambah cell range di tempat lain sampai semua masuk ke dalam formula

    Fungsi MIN - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah semua cell range yang ingin diproses sudah dimasukkan

    Fungsi MIN - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Prosesnya selesai dilakukan!

    Fungsi MIN - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah mempelajari langkah langkah pemakaian dari tutorial di atas, kamu dapat melatih pemahaman yang telah kamu dapatkan dengan mengerjakan latihan berikut!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab semua pertanyaan dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa numeral terkecil pada kolom B?
  2. Berapa numeral terkecil pada kolom C?
  3. Berapa numeral terkecil pada kolom C?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Dalam cara menggunakan rumus ini, hasil drag kursor cell dan input angka atau koordinat cell dengan pemisahan tanda koma dapat digabungkan dalam satu penulisan
  • Jika kamu mau, koordinat cell berdekatan sebagai masukan rumus excel MIN juga dapat kamu tuliskan secara manual dengan dipisahkan tanda titik dua ( : ) antara koordinat paling kiri atas dan koordinat paling kanan bawah (Contoh penulisan: A1:B30))
  • Terdapat formula untuk pencarian ranking lainnya di perangkat spreadsheet ini seperti MAX dan RANK. Jika kamu ingin mempelajarinya juga, maka kamu dapat melihat tutorialnya pada bagian lain blog Compute Expert ini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert