Fungsi YEAR Pada Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus YEAR excel. Fungsi YEAR pada excel dapat membantu menarik angka tahun dari suatu data tanggal yang kamu berikan sebagai input di dalam formula ini.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus YEAR Excel?


Dalam melakukan pengolahan terhadap data tanggal pada perangkat spreadsheet, terkadang kita hanya butuh mengolah bagian tahun dari data tersebut sehingga kita ingin melakukan pemisahan. Permasalahannya adalah mungkin terdapat berbagai bentuk penulisan dari jenis data tersebut di spreadsheetmu sehingga agak sedikit menyulitkan untuk melakukan pemisahannya secara manual karena kita perlu melihat berbagai bentuk tersebut. Selain itu, mungkin juga terdapat cukup banyak tanggal untuk diolah sehingga akan memakan waktu untuk memisahkannya secara satu per satu.

Sebagai contoh kasus di dunia nyatanya, bayangkan jika kita ingin membuat satu kolom khusus dari data produk perusahaan kita untuk tahun produksi masing-masing produk tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengambilnya dari kolom tanggal produksi. Namun jika terdapat ribuan lebih produk dan juga terdapat beberapa bentuk penulisan datanya yang berbeda bentuk satu dengan lainnya, maka akan sangat sulit dan menghabiskan waktu untuk melakukan pemisahannya secara manual.

Contoh lainnya adalah mungkin ketika kita ingin melakukan proses penambahan atau pengurangan terhadap angka pada suatu pembukuan finansial di mana kita butuh tahun dari tanggal dicatatnya proses masuk keluarnya arus kas terlebih dahulu dalam pembukuan tersebut sebelum bisa melakukan pengolahan. Dengan entri pencatatan alur arus kas yang biasanya berjumlah banyak, akan lama jika kita masih perlu melakukan pemisahan secara manual terlebih dahulu dari tanggal tercatatnya sebelum kita bisa melakukan penambahan atau pengurangan terhadap angka yang berhubungan dengan waktu entri dari transaksi arus kas tersebut.

Jika kita ingin melakukannya secara otomatis, maka terdapat rumus YEAR excel yang bisa membantu untuk melakukan pemisahannya secara cepat. Rumus ini menjadi sangat berguna jika kita sering butuh mengolah data yang berhubungan dengan tanggal dalam pekerjaan atau bisnis sehari-hari.


Apa Itu Fungsi YEAR Pada Excel?


Fungsi YEAR pada excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan memisahkan data tahun dari suatu tanggal. Hasil rumus YEAR excel akan dapat langsung digunakan untuk proses kalkulasi yang ingin kamu lakukan dengan data hasil proses pemisahan dari formula ini.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai input dalam formula ini:


=YEAR(serial_number)


Keterangan:
serial_number = tanggal yang ingin diambil angka tahunnya


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus YEAR Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menuliskan fungsi YEAR pada excel. Rumus YEAR excel hanya membutuhkan input data tanggal yang di mana akan dilakukan proses pemisahan di dalamnya.


Menggunakan Fungsi YEAR Pada Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Fungsi YEAR Pada Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik YEAR (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi YEAR Pada Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik tanggal atau koordinat cell tempat tanggal yang ingin kamu proses berada, setelah tanda buka kurung

    Fungsi YEAR Pada Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung

    Fungsi YEAR Pada Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Fungsi YEAR Pada Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan rumusnya di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaannya dan sudah yakin atas hasilnya!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Isi kolom nomor 1 dengan tahun dari setiap isi cell kolom B!!
  2. Berapa jarak antara tahun sekarang dan masing-masing data pada kolom C? (Instruksi: gunakan rumus TODAY untuk mendapatkan tanggal hari ini untuk diolah sebelum dikurangkan dengan angka di kolom C!)
  3. Semua material tersebut tidak layak digunakan 100 hari setelah produksi. Berapa tahun kadaluarsa masing-masing material? (Instruksi: tambahkan 100 pada setiap isi cell di kolom B sebelum diolah lagi!)

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Jika kamu ingin mendapatkan angka bulan atau hari dari suatu data tanggal milikmu, maka kamu dapat menggunakan formula MONTH (untuk bulan) dan DAY (untuk hari).



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert