Rumus DATEDIF




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai formula yang agak tersembunyi dari excel yaitu rumus DATEDIF. Kami sebut tersembunyi karena rumus ini seperti tidak “diakui” oleh perangkat spreadsheet ini, tidak terlihat jika kamu melakukan pengetikan untuk menuliskannya tidak seperti formula lainnya. Rumus DATEDIF ini berguna untuk menghitung selisih antara suatu tanggal dengan tanggal lainnya, baik dari segi hari, bulan, maupun tahun.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus DATEDIF?


Data di excel terdiri dari berbagai macam jenis. Salah satu jenis yang sering ditemui adalah tanggal.

Terdapat tiga kelompok angka bisa kita dapatkan dari satu tanggal yaitu hari, bulan, dan tahun. Terkadang kita hanya perlu untuk melakukan pemrosesan pada salah satu dari tiga kelompok tersebut namun merasa kesulitan untuk memisahkannya dari satu kesatuan data tanggalnya. Proses kalkulasi yang sering dilakukan pada jenis data ini seperti mencari selisih di antara dua tanggalpun menjadi hal sulit dan memakan waktu untuk dilakukan.

Contoh kasus di mana kita membutuhkan salah satu kelompok digit tersebut adalah misalnya ketika kita ingin mencari tahu periode lama bekerjanya semua karyawan di perusahaan atau mungkin ketika ingin menganalisis mengenai berapa lama suatu produk setelah selesai diproduksi sampai ke tangan konsumen. Kita mungkin ingin mencari tahu jarak hari, bulan, atau tahun saja dari setiap contoh kasus tersebut dan kalkukasi pengurangan biasa pada spreadsheet tidak bisa melakukannya secara akurat dan jikapun bisa, maka kita perlu mengolah data tanggal yang ada terlebih dahulu sebelum bisa menguranginya untuk mendapatkan hasil yang akurat sesuai keinginan kita. Prosesnyapun menjadi lebih sulit dan lama.

Untuk membantu mensolusikan proses pengolahan data jenis tanggal tersebut, maka tersedia rumus DATEDIF excel untuk membantu kita melakukannya. Formula ini akan mampu secara langsung menghitung selisih hari, bulan, atau tahun dari dua data tanggal sesuai keinginan kita dengan memasukkan input kedua data yang ingin dihitung serta kelompok data mana yang ingin dihitung selisihnya.

Tentunya menjadi sebuah formula yang sangat berguna untuk dipahami jika kita sering melakukan analisis data berhubungan dengan tanggal.


Apa Itu Rumus DATEDIF?


Rumus DATEDIF adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan mencari selisih hari, bulan, ataupun tahun dari dua tanggal berbeda. Formula ini sangat berguna karena akan memakan waktu memisahkan hari, bulan, ataupun tahun untuk dikurangi dari suatu tanggal jika kamu melakukan proses pengurangan spreadsheet secara biasa.

Penjelasan umum mengenai input pada formula ini adalah sebagai berikut:

=DATEDIF(first_date, last_date, unit)


Keterangan:
  • first_date = tanggal awal untuk menjadi pengurang
  • late_date = tanggal akhir yang akan dikurangi
  • unit = penentu jenis selisih untuk dihitung



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus DATEDIF?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menuliskan rumus DATEDIF. Penggunaan formula ini sendiri tidak terlihat seperti formula lain ketika kamu menuliskannya pada cellmu sehingga kamu perlu memahaminya secara benar terlebih dahulu sebelum menggunakannya. DATEDIF membutuhkan input tanggal awal, akhir, serta unit yang melambangkan kelompok data mana untuk dicari selisihnya serta pengurangan seperti apa yang ingin dilakukan. Berbagai kemungkinan input unit untuk formula ini akan dijelaskan dalam tabel berikut:

UnitMenghitung SelisihCatatan Tambahan
Ytahun-
Mtahunmemperhitungkan tahun
Dharimemperhitungkan bulan dan tahun
MDharimengabaikan bulan dan tahun
YMbulanmengabaikan tahun
YDharimengabaikan tahun


Perlu dicatat mengenai sifat memperhitungkan dan mengabaikan setiap unit di kolom “Catatan Tambahan” pada tabel tersebut.

Misalnya, kamu ingin menghitung selisih antara 1 Januari 2019 dan 2 Februari 2020. Jika kamu menggunakan unit “D” dalam menghitung selisih harimu, maka kamu akan mendapatkan hasil 397 (memperhitungkan selisih tahun dan bulannya dalam satuan hari juga) namun jika kamu menggunakan unit “YD”, maka kamu akan mendapatkan hasil 32 (mengabaikan selisih tahun dalam satuan hari tapi tetap memperhitungkan bulan).


Cara Menggunakan Rumus DATEDIF

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus DATEDIF - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik DATEDIF (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus DATEDIF - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik tanggal awal atau koordinat cell tempat tanggal tersebut berada setelah tanda buka kurung lalu masukkan tanda koma ( , )

    Rumus DATEDIF - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanggal akhir atau koordinat cell tempat tanggal tersebut berada setelah tanda koma lalu masukkan tanda koma ( , )

    Rumus DATEDIF - Screenshot Langkah 4

  5. Ketik unit di antara tanda kutip (“”) (boleh dengan huruf besar atau kecil) atau koordinat cell tempat unit berada. Pastikan input unit ini sesuai dengan kebutuhanmu untuk proses perhitungan menggunakan formula ini!

    Rumus DATEDIF - Screenshot Langkah 5

  6. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus DATEDIF - Screenshot Langkah 6

  7. Tekan tombol Enter
  8. Proses selesai

    Rumus DATEDIF - Screenshot Langkah 8



Latihan


Setelah kamu mempelajari tutorial di atas, kamu dapat mempraktekkan sekaligus memperdalam pemahaman kamu dengan mengerjakan latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab semua pertanyaannya dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa jarak tahunnya pada baris kedua?
  2. Berapa jarak bulannya dengan memperhitungkan tahun pada baris ketiga?
  3. Berapa jarak harinya dengan mengabaikan bulan dan tahun pada baris keempat?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Pastikan kamu memasukkan urutan input tanggalmu pada formula ini dengan benar. Yang lebih kecil harus berada di paling depan dan lebih besar di lebih belakang secara urutan. Jika salah memasukkan, maka formula tidak akan bekerja dengan baik dan menghasilkan error #NUM.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert