Rumus Excel TODAY




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus excel TODAY. Formula ini berguna untuk memberikanmu data tanggal hari ini dalam perangkat spreadsheetmu. Hasil dari rumus excel TODAY akan selalu diperbaharui otomatis ketika setiap sheet di mana formulanya berada dibuka atau diperbaharui.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus Excel TODAY?


Dalam pengolahan data pada spreadsheet di mana kita melakukan pembaharuan isinya secara periodik, seringkali dibutuhkan suatu penunjuk waktu tanggal hari ini sebagai penanda kapan pembaharuan tersebut dilakukan. Bisa juga kita membutuhkan data tanggal hari ini terbaru tersebut sebagai bagian dari pengolahan yang dilakukan terhadap berbagai data terkait pada spreadsheet kita.

Untuk contoh spesifiknya, bayangkan jika kita membuat suatu aplikasi formulir Purchase Order perusahaan di mana formulir tersebut akan digunakan oleh berbagai orang setiap harinya. Akan dibutuhkan tanggal hari ini dalam setiap kali pengisian dokumen tersebut dilakukan sebagai penanda kapan formulir tersebut diisi sebelum kemudian dikirimkan kepada pihak terkait. Penanda tersebut nantinya berguna untuk informasi pihak terkait yang merupakan tujuan pengiriman PO tersebut serta juga bisa berguna sebagai dokumentasi bagi perusahaan.

Contoh spesifik lainnya adalah ketika kita memiliki aplikasi untuk melacak status terbaru dari semua piutang pihak lain terhadap perusahaan. Mungkin terdapat tanggal jatuh tempo pembayaran di situ dan kita ingin melihat apakah sekarang sudah mendekati waktu jatuh tempo tersebut atau bahkan sudah melewatinya. Jika terdapat banyak data piutang yang perlu dilacak, maka tentu akan sangat merepotkan untuk melihat satu per satu entri piutang tersebut setiap harinya demi memberikan pembaharuan status mengenai piutang mana harus segera dilakukan penagihan dan mana yang mungkin sudah telat bayar dan perlu diselesaikan secepatnya.

Demi membantu memberikan pembaharuan terhadap tanggal hari ini di spreadsheet, maka terdapat rumus excel TODAY untuk digunakan. Pemakaiannya akan sangat berguna dipahami ketika berurusan dengan dua kasus seperti di atas ataupun kasus lainnya di mana kamu membutuhkan tanggal hari ini sebagai isi cell ataupun bahan dalam olahan data.


Apa Itu Rumus Excel TODAY?


Rumus excel TODAY adalah suatu rumus dengan tujuan penggunaan memberikan data tanggal hari ini dengan pembaharuan secara terus menerus terhadap hasilnya. Formula TODAY seringkali digunakan jika kamu berurusan dengan pelacakan status terbaru dari sesuatu ataupun pengolahan data yang berhubungan dengan tanggal. Data hasil formula TODAY akan diperbaharui setiap kali sheet dibuka ataupun diperbaharui isinya.


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus Excel TODAY?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menuliskan rumus excel TODAY. Formula ini sangat mudah digunakan karena tidak membutuhkan input di dalamnya. Kamu hanya perlu menuliskan langsung formula ini pada tempat di mana kamu ingin memakai tanggal hari ini. Detail pemakaiannya adalah seperti dijabarkan di bawah.


Cara Menggunakan Rumus Excel TODAY

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus Excel TODAY - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik TODAY (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus Excel TODAY - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik tanda tutup kurung

    Rumus Excel TODAY - Screenshot Langkah 3

  4. Tekan tombol Enter
  5. Proses selesai dilakukan!

    Rumus Excel TODAY - Screenshot Langkah 5



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan formulanya di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaannya dan sudah yakin atas hasilnya!

Link unduh file untuk latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Jawab semua pertanyaan pada bagian kolom B dengan menggunakan rumus excel TODAY! Tempatkan jawabanmu pada kolom C

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Kamu dapat menggunakan tombol F9 juga untuk memperbaharui data hasil formula TODAYmu
  • Formula ini tidak bisa langsung ditambahkan atau dikurangkan dengan tanggal lainnya di dalam satu penulisan langsung. Jika mau, kamu harus menuliskan formulanya dan tanggal yang ingin diolah tersebut pada cell berbeda baru dilakukan proses kalkulasinya dengan mengacu ke koordinate cell tersebut
  • Jika membutuhkan tanggal hari ini yang tidak diperbaharui terus menerus, maka kamu bisa menggunakan cara menekan tombol Ctrl + ; secara bersamaan untuk mendapatkan tanggalnya (Tombol Control dan ; pada Mac)
  • Kamu dapat mengubah format penulisan hasil tanggalnya dengan menggunakan menu Format Cells atau formula TEXT. Jika mau menggunakan fungsi TEXT, maka kamu dapat mempelajarinya pada bagian lain blog Compute Expert jika belum mengerti cara menggunakannya!
  • Jika membutuhkan data tanggal beserta jam sekarang, maka kamu bisa menggunakan formula NOW. Tutorialnya juga terdapat pada blog Compute Expert!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert