Rumus FLOOR Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus FLOOR excel. Rumus ini berguna ketika kamu ingin melakukan proses pembulatan ke bawah sesuai dengan nilai kelipatan tertentu pada suatu angka.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus FLOOR Excel?


Pengolahan suatu data numerik seringkali membutuhkan pembulatan ke atas, ke bawah, ataupun secara normal baik untuk digunakan sebagai faktor dalam suatu kalkulasi maupun ketika sudah menjadi hasil. Dalam hal ini, proses pembulatan ke bawah berdasarkan suatu nilai kelipatan tertentu juga sering diperlukan dalam proses pengolahan data numerik pada excel agar bilangan kita tidak melebihi ambang batas tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sebagai contohnya dalam pekerjaan kita sehari-hari, bayangkan jika kita sedang ingin mendapatkan hasil perhitungan untuk pembagian anggaran pada beberapa pos perusahaan ataupun penentuan pengiriman stok produk demi memenuhi permintaan konsumen di beberapa daerah penjualan. Dalam kedua kasus tersebut, setelah dilakukan proses pembagian dan didapatkan hasil untuk pembagiannya, kita mungkin perlu melakukan pembulatan berdasarkan kelipatan agar angkanya lebih mudah dicerna dan digunakan sebagai patokan eksekusi. Tetapi dalam hal ini, diperlukan proses pembulatan ke bawah agar hasilnya tidak melebihi dari total anggaran atau stok barang yang dimiliki oleh perusahaan saat ini.

Jika kamu butuh melakukannya pada banyak data numerik, maka akan sangat repot dan memakan waktu untuk melakukan proses pembulatan ke bawah tersebut. Untuk itu, kamu bisa memakai formula FLOOR untuk membantu dalam prosesnya.

Formula ini akan mampu membantu proses pembulatan ke bawah berdasarkan nilai kelipatan sesuai dengan keinginan kita. Ia sangat berguna untuk dipelajari dan dipahami jika kita sering melakukan proses pengolahan data numerik pada spreadsheet.


Apa Itu Fungsi FLOOR Excel?


Fungsi FLOOR excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan mendapatkan hasil proses pembulatan ke bawah terhadap suatu angka berdasarkan suatu nilai kelipatan tertentu. Selain formula ini, terdapat beberapa rumus pembulatan yang bisa kamu manfaatkan pada excel sesuai dengan detail kebutuhanmu.

Secara umum, rumus ini dapat dijelaskan inputnya sebagai berikut:


=FLOOR(number, significance)


Keterangan:
  • number = angka yang ingin dibulatkan ke bawah
  • significance = nilai kelipatan untuk referensi proses pembulatan



Bagaimana Cara Menggunakan Formula FLOOR Excel?


Berikut akan dijelaskan langkah per langkah mengenai cara penulisan formula FLOOR. Ia membutuhkan dua input di dalam penulisannya, yaitu angka untuk dibulatkan serta jumlah kelipatan untuk hasilnya nanti.


Menggunakan Formula FLOOR Excel


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus FLOOR Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik FLOOR (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus FLOOR Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik angka / koordinat cell di mana angka yang ingin kamu proses berada setelah buka kurung lalu masukkan tanda koma ( , )

    Rumus FLOOR Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan bilangan permintaan jumlah kelipatan / koordinat cell tempat masukan permintaan jumlah kelipatan untuk prosesnya berada

    Rumus FLOOR Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus FLOOR Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses selesai!

    Rumus FLOOR Excel - Screenshot Langkah 7



Latihan


Setelah kamu mengerti mengenai bagaimana cara menggunakan fungsi FLOOR dari tutorial di atas, sekarang saatnya kamu mempertajam pemahamanmu dengan mengerjakan latihannya berikut!

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya untuk mencocokkan jawabanmu setelah selesai ataupun ketika bingung bagaimana cara mendapatkan jawaban dari pertanyaannya!

Link mengunduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa kuantitas pengiriman ke wilayah 1 dari masing-masing produk jika pengirimannya harus memiliki jumlah kelipatan 30?
  2. Berapa kuantitas pengiriman ke wilayah 2 dari masing-masing produk jika pengirimannya harus memiliki jumlah kelipatan 40?
  3. Berapa kuantitas pengiriman ke wilayah 3 dari masing-masing produk jika pengirimannya harus memiliki jumlah kelipatan 50?

Link mengunduh file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Jika kamu butuh melakukan pembulatan ke atas berdasarkan jumlah kelipatan, kamu dapat melakukannya menggunakan rumus CEILING yang dapat dipelajari di bagian lain tutorial Compute Expert!
  • Jika kamu butuh melakukan pembulatan ke bawah untuk jumlah desimal, kamu dapat menggunakan ROUNDDOWN yang juga dapat kamu lihat tutorialnya di sini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert