Rumus ISLOGICAL Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus ISLOGICAL excel. Rumus ini berguna untuk mengevaluasi suatu data apakah memiliki nilai berbentuk logika (TRUE/FALSE) dan menghasilkan TRUE atau FALSE berdasarkan evaluasinya.


Mengapa Perlu Mempelajari Formula ISLOGICAL Excel?


Pada pengolahan data di spreadsheet, terkadang kita perlu untuk melihat apakah suatu data, hasil dari formula, atau isi dari koordinat cell memiliki nilai berbentuk logika atau tidak. Hal ini terkadang diperlukan agar kita bisa mengetahui apakah suatu data yang kita periksa dapat diolah dalam pemrosesan selanjutnya yang berhubungan dengan nilai logika tersebut. Jika tidak memeriksanya, maka bisa saja mereka memberikan dampak error pada pemrosesan kita selanjutnya yang tentunya tidak kita inginkan.

Sebagai contoh mengenai kebutuhan pemeriksaan ini, bayangkan kita sedang melanjutkan suatu pengecekan terhadap kondisi layak tidaknya suatu produk paska produksi yang akan berdampak pada diberikannya kode produk hanya bagi mereka yang layak. Jika kita mendapatkan data mengenai kelayakannya dalam bentuk nilai logika TRUE dan FALSE dan ingin langsung melanjutkan pemberian kodenya dari situ, maka mungkin ada baiknya kita mengeceknya terlebih dahulu terutama jika datanya berasal dari luar. Bisa saja isi dari setiap cell tersebut sebenarnya berbentuk teks dan hal tersebut bisa berdampak pada errornya hasil pengolahan kita. Namun, tentunya akan sangat merepotkan dan akan memakan waktu jika terdapat banyak entri untuk dicek dan kita melakukan pengecekannya secara manual.

Jika kamu memiliki kebutuhan seperti kasus tersebut dan ingin melakukan pengecekannya secara cepat, maka kamu bisa menggunakan rumus ISLOGICAL excel. Rumus ini berguna dalam mengevaluasi suatu data apakah ia merupakan nilai logika atau bukan secara cepat sebelum kemudian memberikan TRUE atau FALSE berdasarkan evaluasinya. Berguna untuk dipahami dan dipelajari jika kamu sering berurusan dengan kebutuhan seperti pada kasus tersebut.


Apa Itu Fungsi ISLOGICAL Excel?


Fungsi ISLOGICAL di excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan mengevaluasi suatu data apakah ia merupakan nilai logika atau bukan dan memberikan TRUE atau FALSE berdasarkan evaluasinya. Ia merupakan salah satu bagian dari fungsi IS pada spreadsheet selain yang lainnya seperti ISNUMBER serta ISERROR. Seperti IS lainnya, ia seringkali digunakan bersamaan dengan rumus IF karena kemampuan IF melakukan pemrosesan lanjutan dari hasilnya.

Secara umum, input pada rumus ini dapat dijelaskan sebagai berikut:


=ISLOGICAL(value)


Keterangan:
value = hal yang ingin dicek apakah bernilai logika atau tidak


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus ISLOGICAL Pada Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara penulisan rumus ISLOGICAL excel. Rumus ini cukup mudah digunakan karena hanya membutuhkan satu input yaitu suatu hal untuk dievaluasi olehnya.


Cara Menggunakan Rumus ISLOGICAL Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus ISLOGICAL Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik ISLOGICAL (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus ISLOGICAL Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan data / proses yang menghasilkan data tersebut / koordinat cell di mana ia berada setelah buka kurung

    Rumus ISLOGICAL Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus ISLOGICAL Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Rumus ISLOGICAL Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari cara menggunakan rumusnya, sekarang saatnya kamu mengerjakan latihannya demi memperdalam pemahamanmu.

Unduh file latihannya serta jawab pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaannya dan ingin mengecek jawabanmu atau kamu bingung bagaimana cara menyelesaikan latihannya.

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

Jawab setiap pertanyaan pada cell berwarna abu-abu di setiap baris nomor yang sesuai
  1. Apakah cell di sebelah kiri berisikan logika? Gunakan TRUE atau FALSE dalam menjawabnya!
  2. Apakah cell di sebelah kiri berisikan logika? Jawab dengan “V” jika iya atau “X” jika tidak! Gunakan rumus IF untuk membantumu!
  3. Apakah cell di sebelah kiri berisikan logika? Andaikan jika angka 1 adalah TRUE dan 0 adalah FALSE. Jawab dengan “Yes” jika iya atau “No” jika tidak! Gunakan rumus IF untuk membantumu juga di sini dan lihat bagian catatan tambahan sebagai petunjuk dalam penjawabannya!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Jika kamu ingin mengevaluasi 1 dan 0 sebagai nilai logika juga, maka gunakan rumus AND atau OR pada datamu tersebut sebelum mengevaluasinya.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert