Rumus ISNUMBER Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus ISNUMBER excel. Rumus ini berguna untuk mengecek apakah suatu data / hasil dari suatu formula memiliki nilai berbentuk angka atau tidak. Ia akan memberikan nilai logika TRUE atau FALSE tergantung dari hasil proses pengecekannya.


Mengapa Perlu Mempelajari Formula ISNUMBER Excel?


Pada proses pengolahan data dalam spreadsheet, terkadang kita perlu untuk mengecek apakah setiap data pada suatu range benar memiliki bentuk angka. Hal ini diperlukan terutama jika ingin melakukan proses kalkulasi dalam proses pengolahan kita. Kita bisa mendapatkan error dari kalkulasi tersebut jika data tersebut berbentuk selain angka dan hal ini tentunya harus dihindari dan diantisipasi agar pengolahan yang kita lakukan bisa mendapatkan hasil yang benar serta sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh mengenai hal ini dalam pekerjaan, misalkan kita sedang mencari rata-rata dari histori permintaan kuantitas produk perusahaan pada suatu wilayah untuk dijadikan bahan analisis lebih lanjut dalam pembuatan prediksi permintaan di masa depan. Data histori permintaan tersebut mungkin kita dapatkan dari sumber luar serta database perusahaan yang tidak diinput secara rapi dan sering terdapat digit berbentuk teks di dalam spreadsheetnya. Digit berbentuk teks tidak bisa diproses kalkulasi dan pemasukannya di dalam proses kalkulasi bisa menghasilkan error atau kesalahan hasil.

Jika kita tidak mengidentifikasi data yang bisa menghasilkan kesalahan dalam hasil proses kalkulasi tersebut dan menggantinya dengan bentuk digit sebenarnya, maka hasil analisis kita bisa salah dan berdampak pada tidak benarnya prediksi kita.

Jika terdapat banyak cell untuk dicek bentuknya, maka tentu akan sangat merepotkan jika kita melakukannya secara manual. Untuk mempercepat proses tersebut, maka kamu bisa menggunakan fungsi ISNUMBER di excel. Fungsi ini akan memberikan nilai TRUE atau FALSE tergantung dari benar tidaknya data yang kamu cek berbentuk angka atau tidak. Sangat berguna untuk dipahami dan digunakan jika kamu sering berurusan dengan proses kalkulasi dalam proses analisis datamu pada spreadsheet.


Apa Itu Fungsi ISNUMBER Excel?


Fungsi ISNUMBER excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan untuk mengecek apakah suatu data / hasil formula memiliki nilai berbentuk angka atau tidak. Ia akan memberikan nilai logika TRUE jika iya atau FALSE jika tidak. Fungsi ini seringkali digunakan bersamaan dengan formula IF karena IF bisa memberikan nilai tertentu dari nilai logika TRUE atau FALSE tersebut.

Rumus ISNUMBER excel merupakan salah satu rumus IS pada spreadsheet selain ISNA, ISBLANK, dan yang lainnya.

Secara singkat, input dari fungsi ini dapat dijelaskan sebagai berikut:


=ISNUMBER(value)


Keterangan:
value = data / formula untuk dicek hasilnya apakah berbentuk angka atau bukan


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus ISNUMBER di Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai penulisan rumus ISNUMBER excel secara langkah per langkah. Ia hanya membutuhkan satu input yaitu data / formula yang ingin kamu cek.


Cara Menggunakan Rumus ISNUMBER dalam Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus ISNUMBER Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik ISNUMBER (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus ISNUMBER Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan data atau proses yang menghasilkan data tersebut / koordinat cell di mana ia berada setelah buka kurung

    Rumus ISNUMBER Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus ISNUMBER Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Rumus ISNUMBER Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan fungsinya di atas, sekarang saatnya kamu memperdalam pemahamanmu dengan mengerjakan latihan berikut.

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaannya dan ingin mengecek jawabanmu atau ketika kamu bingung bagaimana cara menyelesaikan latihannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Apakah isi cell di sebelah kiri berbentuk bilangan? Jawab dengan TRUE atau FALSE!
  2. Apakah isi cell di sebelah kiri berbentuk bilangan? Jawab dengan “V” jika iya atau “X” jika tidak! Gunakan fungsi IF juga untuk membantumu menjawab pertanyaan ini!
  3. Apakah isi cell di sebelah kiri berbentuk bilangan? Jawab dengan “YES” jika iya atau “NO” jika tidak! Gunakan fungsi IF juga untuk membantumu menjawab pertanyaan ini!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Fungsi ISNUMBER pada excel akan memberikan TRUE terhadap semua data berbentuk bilangan termasuk tanggal dan suatu nilai mata uang.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert