Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Compute Expert

Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan



Di tutorial ini, kamu akan mempelajari cara menggunakan rumus MEDIAN excel secara lengkap.

Ketika bekerja dengan angka di excel, terkadang kita mungkin perlu menemukan median (nilai tengah) dari angka-angkanya tersebut. Jika kita mengetahui cara menggunakan rumus MEDIAN di excel, kita akan jadi bisa mendapatkan angka median tersebut dengan mudah.

Mau tahu lebih jauh mengenai MEDIAN dan menguasai cara menggunakannya di excel? Baca tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!







Rumus MEDIAN Excel Adalah…

MEDIAN adalah rumus excel yang bisa membantu kita menemukan median dari angka-angka kita secara cepat dan mudah.



Fungsi MEDIAN pada Excel

Kita bisa menggunakan MEDIAN untuk menghitung median dari angka-angka yang kita jadikan sebagai inputnya.



Hasil MEDIAN

Hasil dari MEDIAN adalah angka yang merepresentasikan median dari angka-angka yang kita jadikan sebagai inputnya.



Versi Excel dari Mana Kita Mulai Bisa Menggunakan MEDIAN

Kita mulai bisa menggunakan MEDIAN di excel sejak excel 2003.



Cara Penulisan dan Input

Berikut bentuk penulisan umum dari MEDIAN di excel.

= MEDIAN ( angka1 , [angka2] , … )


Ketika menuliskan MEDIAN di excel, kita hanya perlu memasukkan input angka-angka yang ingin kita dapatkan mediannya.

Kita bisa memasukkan input angka-angkanya tersebut dengan cara mengetikkannya secara langsung ataupun melalui koordinat cell atau cell range. Jika kita memberikan lebih dari satu input kepada MEDIAN, kita perlu memisahkan input-inputnya tersebut dengan tanda koma ( , ).

Namun, biasanya, kita hanya memberikan input berupa satu cell range kepada MEDIAN yang berisi semua angka yang ingin kita dapatkan mediannya.



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut contoh penggunaan dan hasil dari MEDIAN di excel.

Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi MEDIAN

Seperti yang bisa kamu lihat pada contohnya, kita bisa mendapatkan median dari angka-angka kita dengan menggunakan MEDIAN. Tinggal masukkan angka-angka yang ingin kita hitung mediannya untuk langsung mendapatkan mediannya.

Seperti perhitungan median yang biasanya, jika banyak angka kita ganjil, MEDIAN akan memberikan kita nilai tengah dari mereka. Jika banyak angka kita genap, MEDIAN akan menghitung rata—rata dari dua nilai tengah mereka untuk memberikan kita angka mediannya.

MEDIAN mengabaikan teks, nilai logika, ataupun cell kosong di dalam operasinya, seperti yang bisa kamu lihat di baris ketiga dari contohnya.




Langkah Penulisan

Setelah kita mendiskusikan bentuk penulisan, input, dan contoh implementasinya, sekarang mari mendiskusikan langkah penulisan dari rumus MEDIAN di excel. Karena inputnya hanya angka-angka yang ingin kita hitung mediannya, langkah-langkah penulisannya ini seharusnya menjadi mudah untuk dipahami!

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell di mana kamu ingin menaruh median dari angka-angkamu

    Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik MEDIAN (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan angka-angka yang ingin kamu dapatkan mediannya. Kamu bisa memasukkan angka-angkanya tersebut dengan cara mengetikkannya secara langsung ataupun melalui koordinat cell atau cell range. Jangan lupa mengetikkan tanda koma di antara input-inputmu jika kamu memberikan lebih dari satu input ke MEDIANmu

    Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah kamu selesai memasukkan semua angkanya

    Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Selesai!

    Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 6




Mendapatkan Median dari Angka-Angka yang Memenuhi Kriteria Kita: MEDIAN IF

Bagaimana jika kita mempunyai kriteria untuk entri-entri data yang angkanya ingin kita dapatkan mediannya? Apakah ada cara untuk menghitung median dengan kondisi seperti itu di excel?

Sayangnya, tidak seperti AVERAGE (dengan AVERAGEIF dan AVERAGEIFSnya) atau SUM (dengan SUMIF dan SUMIFSnya), kita tidak mempunyai rumus khusus untuk menghitung median dengan menggunakan kriteria di excel. Walaupun begitu, ada satu cara alternatif yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan perhitungan tersebut. Cara alternatif itu adalah dengan mengkombinasikan penulisan rumus MEDIAN dan IF!



Berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi kedua rumus tersebut dengan tujuan menghitung median dengan menggunakan kriteria.

{ = MEDIAN ( IF ( range_data = kriteria , range_angka ) ) }


Mengapa terdapat tanda kurung keriting di penulisan rumusnya? Hal ini karena kita menggunakan bentuk rumus array di sini.

Karena kita menggunakan IF untuk memproses suatu cell range di sini, kita akan mendapatkan hasilnya dalam bentuk array. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan bentuk rumus array untuk memprosesnya dengan lancar. Untuk mendapatkan bentuk rumus array bagi penulisan MEDIAN IFnya, kita harus menekan tombol Ctrl + Shift + Enter (tidak hanya Enter seperti penulisan rumus pada umumnya) setelah kita menuliskan rumusnya tersebut.

Kita gunakan IF di sini untuk menseleksi entri-entri data yang memenuhi kriteria kita. Kita menseleksinya dengan cara memasukkan input kondisi logika di mana range data dari entri-entri datanya sama dengan kriteria kita. Range data ini sendiri berisi data-data dari entri-entri data kita yang ingin kita evaluasi dengan menggunakan kriteria kita.

Kita masukkan range angka dari entri-entri data kita sebagai hasil true dari IFnya. Range data dan range angkanya di sini sebaiknya sejajar dan mempunyai ukuran yang sama (biasanya mereka adalah dua kolom/baris dari tabel data yang sama).

Dengan melalui pemrosesan dari IF, hanya entri data yang datanya memenuhi kriteria kita sajalah yang melibatkan angkanya dalam perhitungan median kita!

Setelah kita mendapatkan angka-angka yang lolos dari seleksi IFnya, kita dapatkan median dari mereka dengan menggunakan rumus MEDIAN.

Dengan melakukan semua hal tersebut, kita akan mendapatkan median dari angka-angka yang entri datanya memenuhi kriteria kita!

Berikut contoh implementasi dari kombinasi rumus MEDIAN dan IFnya di excel.

Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi MEDIAN IF

Di contoh tersebut, kita ingin menghitung median dari angka-angka di grup B. Karena kita mempunyai sebuah kriteria di sini, kita gunakan MEDIAN IF untuk mendapatkan angka mediannya untuk kita.

Karena kriteria kita adalah grup B di sini, kita tuliskan kolom grup sama dengan “B” di bagian input kondisi logika IFnya. Untuk range angkanya, kita masukkan input cell range dari kolom angkanya.

Kita tuliskan IF dalam MEDIAN kita dan kita tekan Ctrl + Shift + Enter setelah kita selesai menuliskan rumusnya. Sebagai hasilnya, kita dapatkan median hanya dari angka-angka di grup B!



Sekarang, bagaimana jika kita mempunyai beberapa kriteria untuk perhitungan median kita? Untuk ini, kita bisa menggunakan IF bertingkat di dalam MEDIAN kita. Sebagai alternatifnya, kita juga bisa mengalikan kondisi logika untuk setiap kriterianya di dalam IF kita.

Berikut bentuk penulisan umum dari kedua caranya tersebut.

MEDIAN dengan IF bertingkat

{ = MEDIAN ( IF ( range_data1 = kriteria1 , IF ( range_data2 = kriteria2 … , range_angka ) ) ) }


MEDIAN dengan perkalian kondisi logika di dalam IF

{ = MEDIAN ( IF ( ( range_data1 = kriteria1 ) * ( range_data2 = kriteria2 ) … , range_angka ) ) }


Dan berikut contoh implementasi dari MEDIAN dengan beberapa kriterianya. Pada contoh ini, kita menggunakan cara MEDIAN dengan perkalian kondisi logika di dalam IFnya.

Cara Menggunakan Rumus MEDIAN Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi MEDIAN IF dengan Perkalian Kondisi Logika

Seperti yang bisa kamu lihat, kita bisa mendapatkan MEDIAN dengan beberapa kriterianya dengan menggunakan MEDIAN dengan perkalian kondisi logika. Kita akan mendapatkan hasil yang sama jika kita menggunakan MEDIAN dengan rumus IF bertingkat.



Latihan

Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan rumus MEDIAN di excel, sekarang mari mengerjakan latihan berikut untuk mempraktekkan pemahamanmu!

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaan di bawah ini! Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Gunakan MEDIAN (dan IF juga jika diperlukan) untuk menjawab semua pertanyaan berikut. Tuliskan jawabanmu di cell berwarna abu-abu dengan nomor yang sesuai di file latihannya!
  1. Berapa median dari nilai-nilai tes semua siswanya?
  2. Ada satu nilai tes yang belum terdaftar di sini, Horatio dari kelas A dengan nilai tes 72. Berapa median dari nilai-nilai tes semua siswanya jika kita menambahkan nilai tes dari Horatio juga?
  3. Berapa median dari nilai-nilai tes semua siswa di kelas B?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

  • Jika kamu mempunyai error di antara input-input rumus MEDIANmu, ia akan jadi memberikan hasil error juga padamu
  • Jika kamu mempunyai tanggal/waktu di antara input-input rumus MEDIANmu, angka serial (angka yang ekuivalen dengan tanggal/waktunya tersebut di excel) tanggal/waktunya tersebut akan dilibatkan dalam perhitungan mediannya




Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert