Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Compute Expert

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya





Di tutorial ini, kamu akan mempelajari cara menggunakan rumus MID excel secara lengkap.

Ketika bekerja di excel, terkadang kita perlu memisahkan bagian dari data kita ke tempat yang terpisah. Jika kita menguasai cara menggunakan rumus MID di excel, kita akan dapat melakukan proses pemisahan tersebut secara mudah.

Mau tahu lebih banyak mengenai rumus MID dan bagaimana cara menggunakannya secara benar dan optimal di excel? Baca tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!

Disclaimer: Artikel ini mungkin mengandung link afiliasi dari mana kami akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi/aksi terkualifikasi tanpa adanya biaya tambahan bagimu. Pelajari lebih lanjut







Rumus MID Excel Adalah…

Rumus MID excel adalah rumus yang dapat membantu kita mendapatkan bagian dari suatu data yang kita butuhkan. Kita mendapatkan bagian dari datanya tersebut dengan cara memisahkannya dari data yang sudah kita punya.



Fungsi MID pada Excel

Kamu bisa menggunakan MID untuk memisahkan bagian data yang kamu perlukan dalam suatu proses atau hasil dari pengolahan datamu.



Hasil MID

Hasil dari MID adalah bagian yang kamu pisahkan dari datamu.



Versi Excel dari Mana Kita Mulai Bisa Menggunakan MID

Kita mulai bisa menggunakan MID sejak excel 2003.



Cara Penulisan dan Input

Berikut bentuk penulisan umum dari MID di excel.

= MID ( data , posisi_awal_pemisahan , banyak_karakter_yang_ingin_dipisahkan )


Dan berikut sedikit penjelasan dari input yang perlu kita berikan kepada MID.
  • data = data yang ingin kita pisahkan bagiannya untuk mendapatkan hasil yang kita butuhkan
  • posisi_awal_pemisahan = posisi awal dalam data kita dari mana kita ingin memisahkan bagian yang kita butuhkan (kita menghitung posisinya dari posisi paling kiri dari datanya)
  • banyak_karakter_yang_ingin_dipisahkan = banyak karakter yang ingin kita pisahkan dari data kita, dimulai dari posisi awal pemisahannya tadi



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut contoh penggunaan dan hasil dari MID di excel.

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Contoh Implementasi MID

Dalam contoh ini, kamu bisa melihat bagaimana kita memisahkan bagian dari data kita dengan menggunakan MID. Kita masukkan input data kita, posisi awal untuk pemisahannya, serta banyak karakter yang ingin kita pisahkan ke MID.

Kita hitung posisi awal pemisahannya dari posisi paling kiri dari data kita, dengan dimulai dari 1 untuk posisi tersebut. Kita perlu mempertimbangkan hal-hal seperti spasi atau tanda pemisah lainnya ketika kita memasukkan input posisi awal pemisahan serta banyak karakternya.

Learn Excel Dashboard Course





Langkah Penulisan

Setelah mempelajari mengenai bentuk penulisan, input, dan contoh implementasi dari MID, sekarang mari mempelajari lengkah-langkah penulisannya. Jika kamu sudah memahami apa yang sudah kita diskusikan mengenai MID sebelumnya, pemahaman mengenai langkah penulisannya ini seharusnya akan menjadi mudah.

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh bagian data yang kamu pisahkan dengan menggunakan MID

    Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik MID (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan data yang ingin kamu pisahkan bagiannya dengan menggunakan MID. Lalu, ketik tanda koma ( , )

    Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan angka yang melambangkan posisi awal dari mana kamu ingin mulai memisahkan bagian datanya dalam datanya. Kita mulai menghitung posisi awalnya tersebut dari karakter paling kiri dari datanya. Setelah kamu memasukkan angkanya tersebut, ketik tanda koma

    Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan banyak karakter yang ingin kamu pisahkan dari datanya

    Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Langkah 5

  6. Ketik tanda tutup kurung

    Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Langkah 6

  7. Tekan tombol Enter
  8. Selesai!

    Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Langkah 8




Mengapa Kita Tidak Bisa Menggunakan MID pada Data Tanggal/Waktu?

Pernahkah kamu mengaplikasikan MID pada data tanggal/waktu dan kamu mendapatkan hasil yang salah/error seperti ini?

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi MID pada Data Tanggal dan Waktu

Bukannya mendapatkan bagian dari tanggal/waktu yang kita inginkan, kita malah mendapatkan angka yang tidak jelas asalnya atau bahkan data kosong.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini terjadi karena data tanggal/waktu di excel sebenarnya adalah angka yang excel tampilkan dalam format yang berbeda. Jadi, jika kamu menggunakan MID kepada mereka, excel akan memisahkan bagian dari angka aslinya tersebut (bukan dari cara angkanya ditampilkan). Inilah alasannya mengapa kamu mendapatkan angka yang mungkin membingungkanmu ataupun data kosong ketika kamu mencoba mengaplikasikan MID pada data tanggal/waktumu!

Berikut sudut pandang lain dari contoh kita tadi jika kita mengkonversi data tanggal/waktu kita di sana menjadi bentuk angka. Kamu bisa melakukan konversinya juga pada data tanggal/waktumu dengan cara mengubah format cell dari datamu tersebut menjadi berformatangka.

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi MID pada Angka Data Tanggal dan Waktu

Hasil MIDnya menjadi lebih masuk akal, bukan? Kelihatannya memang kita tidak bisa mendapatkan bagian dari data tanggal/waktu kita jika ia berasal dari suatu angka.

Lantas, apa yang sebaiknya kita lakukan jika kita membutuhkan bagian dari data tanggal/waktu kita dalam pekerjaan excel kita? Satu solusi yang bisa kamu coba adalah dengan membuat data tanggal/waktumu menjadi teks terlebih dahulu.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu perlu mengetik ulang data tanggal/waktumu. Tambahkan tanda petik ( ‘ ) sebelum data tanggal/waktumu jika Excel secara otomatis mengkonversinya menjadi tampilan tanggal/waktu standar setelah kamu mengetikkan datanya.

Berikut hal yang terjadi jika kita lakukan hal tersebut ke data tanggal/waktu di mana kita mengaplikasikan MID kepada mereka tadi.

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi MID pada Data Tanggal dan Waktu Bertipe Teks

Seperti inilah hasil pemisahan bagian dari data tanggal/waktu yang kita inginkan di excel!



Menghilangkan Spasi Berlebih Sebelum Menggunakan MID: MID TRIM

Terkadang, data kita tidaklah “bersih”, terutama jika kita mengimpor data-datanya dari sumber-sumber eksternal. Mungkin akan ada spasi berlebih di dalam mereka yang bisa mempersulit kita dalam mengolah data-data tersebut dengan benar di excel.

Ini akan menjadi masalah juga ketika kita ingin mengaplikasikan MID pada data-data yang memiliki spasi berlebih tersebut. Kita bisa mendapatkan hasil yang salah karena input MID kita biasanya tidak mempertimbangkan keberadaan dari spasi berlebih tersebut.

Learn Excel Dashboard Course




Salah satu solusi yang bisa kita implementasikan di sini adalah dengan mengaplikasikan TRIM pada data kita sebelum kita menggunakan MID. TRIM adalah rumus excel yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan spasi berlebih dari datamu.

Berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi MID dan TRIM di excel.

= MID ( TRIM ( data ) ) , posisi_awal_pemisahan , banyak_karakter_yang_ingin_dipisahkan )


Kita tuliskan TRIM di dalam MID kita pada bagian input datanya. Kita aplikasikan TRIM pada data yang ingin kita pisahkan bagiannya terlebih dahulu agar kita dapat menghilangkan spasi-spasi berlebihnya. Baru setelah itu, kita pisahkan bagian datanya dengan menggunakan MID.

Berikut contoh implementasi dari kombinasi rumus MID dan TRIM di excel.

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi MID dengan TRIM

Tidak melihat perbedaannya? Berikut hasilnya jika kita tidak menggunakan TRIM sebelum MID pada data-data kita tersebut.

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi MID Tanpa TRIM

Hasilnya berbeda, bukan? Hal ini karena spasi berlebih yang ada di dalam data kita. Jika kamu tidak menggunakan TRIM, maka MID akan masih memperhitungkan spasi berlebihnya ketika ia memisahkan bagian datamu.

Jadi, jika kita perlu berhati-hati dengan spasi berlebih ketika kita menggunakan MID, aplikasikan TRIM pada data kita terlebih dahulu.



Memisahkan Bagian Data Kita dari Posisi Suatu Karakter: MID FIND/SEARCH

Perlu menentukan posisi awal dari pemisahan bagian datamu di MID dari posisi suatu karakter di datamu? Jika seperti itu kondisinya, kamu bisa menggunakan FIND/SEARCH di bagian input MIDmu tersebut.

FIND dan SEARCH adalah dua rumus excel yang bisa membantu menemukan posisi dari suatu karakter dalam datamu. Perbedaan di antara keduanya adalah FIND membedakan huruf besar dan kecil serta tidak mengenali karakter wildcard. Di lain pihak, SEARCH tidak membedakan huruf besar dan kecil serta mengenali karakter wildcard dalam inputnya.

Berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi MID dan FIND/SEARCH untuk tujuan pemisahan data ini.

= MID ( data , FIND/SEARCH ( karakter_yang_posisinya_dijadikan_referensi , data , [ posisi_awal_untuk_menemukan_karakternya ] ) , banyak_karakter_yang_ingin_dipisahkan )


Input-input yang perlu kamu berikan kepada FIND dan SEARCH sama persis. Kamu perlu memasukkan input karakter yang posisinya ingin kamu jadikan referensi beserta datamu. Ada juga input yang bersifat opsional, yaitu posisi awal dari proses menemukan karakternya tersebut, jika kamu memerlukannya.

Perhatikan perbedaan antara FIND dan SEARCH lalu gunakan rumus yang sesuai dengan kebutuhan pengolahan datamu!

Untuk lebih memahami mengenai konsep kombinasi rumus MID dan FIND/SEARCHnya, berikut contoh implementasinya di excel. Kita pisahkan contoh implementasi MID FIND dan MID SEARCHnya di sini.

Contoh implementasi MID FIND

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi MID FIND

Contoh implementasi MID SEARCH

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi MID SEARCH

Seperti yang kamu lihat, kita bisa menggunakan kedua kombinasi rumusnya untuk menjadikan posisi suatu karakter sebagai posisi awal pemisahan data kita. Dengan membandingkan kedua contoh di atas, kamu juga bisa melihat perbedaan hasil dari kedua kombinasi rumusnya tersebut.

Jika menggunakan MID FIND, kita bisa membedakan antara huruf besar dan kecil ketika mencari posisi karakter yang kita jadikan sebagai referensi. Kita tidak bisa melakukan itu jika kita menggunakan kombinasi rumus MID dan SEARCH.

Jika tidak terdapat perbedaan ketika kita membedakan huruf besar dan kecilnya ataupun tidak membedakannya, hasil keduanya akan menjadi sama.



Memisahkan Bagian Data Kita Sampai ke Karakter Terakhirnya: MID LEN

Perlu memisahkan bagian dari datamu sampai ke karakter terakhir dari datanya tersebut? Agak rumit jika kamu memasukkan angka input MID ketigamu untuk hal tersebut karena datamu bisa berbeda-beda dalam hal panjangnya. Oleh karena itu, untuk alternatif yang lebih mudahnya, kamu bisa menggunakan LEN sebagai input ketiga dari MIDmu.

LEN adalah rumus yang bisa memberikanmu angka yang merepresentasikan banyak karakter yang ada dalam datamu. Dengan menggunakannya sebagai input ketiga dari MIDmu, kamu bisa memisahkan bagian datamu sampai ke karakter terakhir dari datanya!

Learn Excel Dashboard Course




Berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi MID dan LEN di excel untuk tujuan tersebut.

= MID ( data , posisi_awal_pemisahan , LEN ( data ) )


Tinggal tuliskan LEN sebagai input ketiga dari MIDmu dan masukkan datamu ke dalam LENnya tersebut. Dengan melakukan itu, kamu akan mendapatkan panjang datamu sebagai banyak karakter yang ingin kamu pisahkan dengan menggunakan MID. Kamupun seharusnya akan mendapatkan bagian datamu sampai ke karakter paling akhir dari datanya tersebut.

Berikut contoh implementasi dari kombinasi MID dan LEN di excel.

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi MID LEN



Memisahkan Nama Awal, Tengah, dan Akhir dari Suatu Nama Lengkap: MID SEARCH LEN

Perlu memisahkan nama awal, tengah, dan akhir dari suatu nama lengkap di excel? Kamu bisa melakukannya dengan mudah jika kamu bisa mengkombinasikan penulisan rumus MID, SEARCH, dan LEN di excel dengan tepat.

Berikut bentuk penulisan umum dari rumus untuk memisahkan setiap namanya tersebut dengan menggunakan variasi kombinasi dari ketiga rumus tadi.

Memisahkan Nama Awal

= MID ( nama_lengkap , 1 , SEARCH ( “ “ , nama_lengkap ) - 1 )


Memisahkan Nama Tengah

= MID ( nama_lengkap , SEARCH ( “ “ , nama_lengkap ) + 1 , SEARCH ( “ “ , nama_lengkap , SEARCH ( “ “ , nama_lengkap ) + 1 ) - 1 - SEARCH ( “ “ , nama_lengkap ) )


Memisahkan Nama Akhir

= MID ( nama_lengkap , SEARCH ( “ “ , nama_lengkap , SEARCH ( “ “ . nama_lengkap ) + 1 ) , LEN ( nama_lengkap ) )


Karena kita biasanya memisahkan nama awal, tengah, dan akhir dengan menggunakan spasi, kita akan menggunakan spasi sebagai patokan penulisan rumus kita.

Pertama, untuk memisahkan nama awalnya, kita gunakan SEARCH untuk menentukan banyak karakter yang harus kita pisahkan. Posisi awal proses pemisahannya sendiri adalah 1 karena nama awal hampir selalu berada di posisi paling kiri dari suatu nama lengkap.

Untuk mendapatkan banyak karakternya dari SEARCH, kita cari posisi spasi pertama dari nama lengkapnya tersebut. Kita kurangi hasil SEARCHnya dengan angka 1 untuk mendapatkan banyak huruf yang benar dari nama awalnya tanpa adanya spasi.

Penulisan rumus yang paling rumit mungkin adalah yang kita gunakan untuk memisahkan nama tengah. Di sini, kita gunakan SEARCH untuk menentukan posisi spasi kedua dan pertama dalam nama lengkapnya.

Kita gunakan kedua posisi tersebut untuk menentukan posisi di mana kita harus mengambil nama tengahnya beserta banyak hurufnya juga. Untuk banyak hurufnya, kita menentukannya dengan mengurangi posisi spasi kedua dengan 1 dan dengan posisi spasi pertama. Dengan melakukan proses pengurangan tersebut, kita akan mendapatkan banyak huruf dari nama tengahnya.

Dan untuk yang terakhir, memisahkan nama akhir, kita gunakan SEARCH untuk menentukan posisi spasi kedua. Kita tambahkan posisi spasi kedua tersebut dengan angka 1 untuk menentukan posisi awal kita memisahkan nama akhirnya. Untuk banyak karakter yang dipisahkan di sini, karena nama akhir adalah sampai ke karakter akhir dari nama lengkapnya, kita gunakan LEN.

Untuk membuktikan penulisan rumus-rumusnya tersebut berfungsi dengan baik, berikut contoh implementasi mereka di excel.

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi MID SEARCH LEN untuk Memisahkan Nama Awal, Tengah, dan Akhir dari Nama Lengkap

Seperti bisa kamu lihat, kita bisa memisahkan nama awal, tengah, dan akhirnya dengan menggunakan konsep yang sudah kita diskusikan tadi.



Mendapatkan Kata ke-n dari Suatu Teks: TRIM MID SUBSTITUTE REPT LEN

Mempunyai teks yang panjang di excel dan kamu ingin memisahkan satu kata darinya dengan menggunakan penulisan rumus? Kamu bisa melakukannya jika kamu mengkombinasikan rumus TRIM, MID, SUBSTITUTE, REPT, dan LEN.

Kamu seharusnya sudah memahami mengenai rumus TRIM dan LEN dari diskusi-diskusi kita sebelumnya. SUBSTITUTE adalah rumus yang bisa kamu gunakan untuk mensubstitusi bagian dari datamu dengan hal lainnya yang kita tentukan sendiri. Satu rumusnya lagi, REPT, adalah rumus yang bisa kamu gunakan untuk mereplikasi suatu data sebanyak yang kamu mau.

Dengan mengkombinasikan rumus-rumus tersebut dengan MID, kamu bisa menuliskan suatu rumus yang bisa membantumu memisahkan suatu kata dari teksmu!

Berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi kelima rumusnya untuk tujuan pemisahan katanya tersebut.

= TRIM ( MID ( SUBSTITUTE ( teks , “ “ , REPT ( “ “ , LEN ( teks ) ) ) , ( urutan_kata - 1 ) * LEN ( teks ) + 1 , LEN ( teks ) ) )


Frustrasi dengan penulisan rumusnya yang panjang? Tetap tenang karena kami ada di sini untuk membantumu memahaminya :)

Di sini, kita gunakan konsep dasar yang sama dengan yang kita gunakan untuk memisahkan nama tadi, tentunya dengan sedikit penyesuaian pendekatan. Karena teks adalah gabungan kata-kata yang dipisahkan dengan spasi, kita gunakan keberadaan spasi ini untuk mendapatkan kata ke-n kita.

Pertama, kita gunakan SUBSTITUTE untuk mensubstitusi spasi dalam teks kita dengan spasi sepanjang teks kita (dengan menggunakan REPT sebagai pengganti dari spasi di teks kita). Kita lakukan agar kita bisa menggunakan panjang teksnya sebagai dasar dari input MID yang lain untuk memisahkan kata yang kita mau.

Lalu, untuk menentukan posisi awal kita memisahkan kata kita dari teksnya, kita lakukan ini. Kita kurangi urutan kata yang ingin kita dapatkan dengan 1 sebelum mengalikan hasilnya dengan panjang teks kita.

Hal ini kita lakukan agar posisi awal pemisahan katanya bisa berada di tengah spasi-spasi sebelum kata yang ingin kita pisahkan. Kita juga tambahkan hasil perkaliannya dengan 1. Ini agar jika kita menginginkan kata yang pertama, kita tidak akan mendapatkan 0 sebagai input posisi awal pemisahannya.

Lalu, untuk banyak karakter yang ingin kita pisahkan dari teks kita, kita gunakan panjang teks kita. Karena terdapat spasi sepanjang teks kita di antara kata-kata kita, kita seharusnya hanya akan mendapatkan satu kata dengan input ini.

Terakhir, kita gunakan TRIM untuk menghilangkan spasi yang melingkupi kata yang sudah kita pisahkan. Sebagai hasilnya, kita akhirnya mendapatkan kata yang kita ingin pisahkan dari teks kita!

Apakah kamu sudah memahami penjelasan mengenai konsep penggabungan rumusnya ini? Berikut contoh implementasi dari kombinasi rumus-rumusnya di excel untuk membantumu memahami konsepnya dengan lebih baik.

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi TRIM MID SUBSTITUTE REPT LEN

Seperti yang kamu lihat, kita bisa mendapatkan kata ke-n yang kita inginkan dari teks kita dengan menggunakan kombinasi rumusnya.

Jika kamu perlu memisahkan suatu kata dari teksmu, coba kombinasikan TRIM, MID, SUBSTITUTE, REPT, dan LEN untuk membantumu!



Mendapatkan Kata yang Mengandung Karakter Tertentu: TRIM MID SUBSTITUTE REPT LEN MAX FIND

Bagaimana jika kamu ingin memisahkan suatu kata tidak berdasarkan posisinya tapi berdasarkan suatu karakter yang dimilikinya? Bisakah kamu memisahkan suatu kata yang mengandung karakter tertentu dari teksmu dengan menggunakan MID?

Jawabannya adalah bisa. Dapatkan kata tersebut dengan mengkombinasikan MID dengan TRIM, SUBSTITUTE, REPT, LEN, MAX, dan FIND! (jangan menghela napas dulu :) Kami akan menjelaskan logika rumusnya kepadamu karena kami tahu ada banyak rumus yang dikombinasikan di sini!)

Learn Excel Dashboard Course




Berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi ketujuh rumus tadi untuk tujuan pemisahan kata yang memiliki karakter tertentu.

= TRIM ( MID ( SUBSTITUTE ( teks , “ “ , REPT ( “ “ , LEN ( teks ) ) ) , MAX ( 1 , FIND ( karakter , SUBSTITUTE ( teks , “ “ , REPT ( “ “ , LEN ( teks ) ) ) ) - LEN ( teks ) / 2 , LEN ( teks ) ) )


Jika kamu sudah memahami diskusi mengenai proses pemisahan kata ke-n sebelumnya, maka dasarnya sebenarnya sama dengan yang ini. Kita juga mengganti spasi di teks kita dengan spasi sepanjang teksnya dalam proses penulisan rumus ini.

Setelah mengganti spasinya, kita temukan posisi karakter yang kita inginkan dalam teks dengan spasi-spasi yang panjang tersebut. Kita pisahkan kata yang memiliki karakter yang kita inginkan dengan banyak spasi melingkupinya sebelum kita aplikasikan TRIM untuk mendapatkan katanya.

Kita lakukan semua itu dengan pertama-tama menuliskan SUBSTITUTE sebagai input pertama dari MID kita. SUBSTITUTE ini mengganti spasi di teks kita dengan spasi sepanjang teks kita (kita dapatkan spasi sepanjang teksnya dengan menggunakan REPT).

Lalu, sebagai input posisi awal pemisahan dari MIDnya, kita gunakan MAX yang berisi input 1 dan rumus FIND di dalamnya. Dengan FIND, kita ingin mendapatkan posisi karakter yang kita inginkan dalam teks kita yang sudah memiliki banyak spasi.

Setelah kita mendapatkan posisinya dengan menggunakan FIND, kita kurangi ia dengan setengah dari panjang teks kita. Kita lakukan ini untuk memastikan posisi awal pemisahannya berada di tengah-tengah spasi-spasi sebelum kata yang ingin kita pisahkan (kata dengan karakter tertentu yang kita inginkan).

Kita memasukkan input 1 ke dalam MAXnya karena kita ingin mengantisipasi bilangan negatif dari hasil pengurangan FIND kita. Jika kata dengan karakter yang kita inginkan adalah kata pertama dari teks kita, maka kita akan mendapatkan bilangan negatif tersebut. Jika kita menggunakan MAX dengan input angka 1, kita akan bisa mengganti bilangan negatifnya tersebut dengan angka 1.

Untuk input banyak karakter dalam MID kita, kita masukkan panjang teks kita. Karena teks kita memiliki spasi sepanjang teksnya sendiri di antara kata-katanya, kita seharusnya hanya akan mendapatkan kata yang kita inginkan.

Hasil dari MID kita adalah suatu kata dengan karakter yang kita inginkan di tengah-tengah banyak spasi. Kita gunakan TRIM untuk menghilangkan spasi-spasi tersebut dan kita akan mendapatkan kata dengan karakter yang kita inginkan!

Perlu melihat contoh implementasinya untuk membantumu memahami konsep penggabungan dari rumus-rumusnya ini? Silahkan lihat screenshot berikut.

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi TRIM MID SUBSTITUTE REPT LEN MAX FIND

Dalam contoh ini, kita ingin mendapatkan kata dengan simbol $ di dalamnya dari teks dari setiap barisnya. Seperti yang kamu lihat di sana, kita bisa mendapatkan katanya tersebut dengan mengkombinasikan rumus dengan cara yang sudah kita diskusikan sebelumnya.



Mendapatkan Angka dari MID: VALUE MID

Normalnya, kita akan mendapatkan data bertipe teks dari rumus MID yang kita tuliskan di excel. Jika kita mendapatkan teks berupa angka dan kita ingin langsung mengkonversinya menjadi data bertipe angka, kita sebaiknya menggunakan VALUE.

Kita bisa menggunakan rumus VALUEnya ini dengan cara memasukkan penulisan rumus MID kita ke dalamnya. Berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi rumus VALUE dan MID di excel.

= VALUE ( MID ( data , posisi_awal_pemisahan , banyak_karakter_yang_ingin_dipisahkan ) )


Simpel, bukan? Dan berikut contoh implementasinya di excel.

Cara Menggunakan Rumus MID Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisannya - Screenshot Hasil Implementasi VALUE MID

Seperti yang kamu lihat di sini, kita akan langsung mengkonversi angka dari MID menjadi bertipe data angka jika kita menggunakan VALUE. Jika kita mendapatkan data non-angka dari MID dan kita mengaplikasikan VALUE padanya, kita akan mendapatkan error #VALUE.

Kapanpun kamu mendapatkan hasil berupa angka dari MID dan kamu ingin mengkonversinya menjadi bertipe data angka, gunakan VALUE!



Latihan

Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan MID di excel secara lengkap, kamu bisa mempraktekkan pemahamanmu melalui latihan ini!

Unduh file latihannya di bawah dan jawab pertanyaan-pertanyaannya. Silahkan unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Gunakan MID untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaan di bawah ini! Taruh jawabannya di cell berwarna abu-abu di baris yang sesuai!
  1. Ambil nama depan dari orang tersebut!
  2. Ambil nama tengah dari orang tersebut!
  3. Ambil nama belakang dari orang tersebut!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Hati-hati ketika memilih untuk mengkombinasikan rumus MIDmu dengan SEARCH atau FIND ketika memisahkan bagian datamu. Pilihan rumus yang salah akan membuatmu mendapatkan hasil yang salah!



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!




Ikuti konten tutorial kami juga di


Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Mengurangi di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP Excel

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIFS Excel

Rumus SUMIFS Excel



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Shortcut Excel



Rekomendasi Produk & Jasa Excel

Laptop Terbaik untuk Excel

Tablet Terbaik untuk Excel

Keyboard Terbaik untuk Excel

Mouse Terbaik untuk Excel

Monitor Terbaik untuk Excel



Konsultasi Excel

Tentang Kami

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2022 Compute Expert