Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Compute Expert

Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan





Di tutorial ini, kamu akan mempelajari cara menggunakan rumus MMULT di excel secara lengkap.

Ketika bekerja dengan angka di excel, terkadang kita perlu mengalikan matriks angka yang kita punya. Jika kita mengetahui cara menggunakan MMULT, maka kita akan bisa menjalankan proses perkaliannya tersebut dengan mudah.

Mau tahu lebih banyak mengenai MMULT dan menguasai cara menggunakannya dengan benar di excel? Baca tutorial dari Compute Expert ini sampai ke bagian terakhirnya!

Disclaimer: Artikel ini mungkin mengandung link afiliasi dari mana kami akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi/aksi terkualifikasi tanpa adanya biaya tambahan bagimu. Pelajari lebih lanjut







Rumus MMULT Excel Adalah…

MMULT adalah rumus excel yang membantumu mengalikan matriks angka di excel. Kita sendiri biasanya memiliki matriks angka dalam bentuk cell range di excel.



Fungsi MMULT pada Excel

Kita bisa menggunakan MMULT untuk mendapatkan hasil perkalian dari dua matriks angka di excel.



Hasil MMULT

Hasil dari MMULT adalah sebuah matriks angka (array) yang berasal dari hasil perkalian matriks-matriks angka yang kamu jadikan sebagai inputnya.



Versi Excel dari Mana Kita Mulai Bisa Menggunakan MMULT

Kita bisa menggunakan MMULT di excel sejak excel 2003.



Cara Penulisan dan Input

Berikut bentuk penulisan umum dari rumus MMULT di excel.

{ = MMULT ( matriks_angka1 , matriks_angka2 ) }


Kamu perlu memasukkan input dua matriks angka yang ingin kamu kalikan ke dalam MMULT untuk menggunakan rumusnya.

Karena hasil dari MMULT adalah array, kamu perlu menggunakan bentuk rumus array untuk rumus yang satu ini. Ini berarti, untuk mendapatkan semua hasilnya, kamu perlu menyorot cell range dengan ukuran yang tepat ketika menuliskan rumusnya.

Cell range tersebut haruslah memiliki banyak baris yang sama dengan input matriks angka pertamamu. Ia juga harus mempunyai banyak kolom yang sama dengan input matriks angka keduamu. Kamu juga harus menekan tombol Ctrl + Shift + Enter setelah kamu menuliskan rumus MMULTmu (bukan cuma Enter seperti ketika kamu menuliskan kebanyakan rumus lainnya di excel).

Banyak kolom dari matriks angka pertamanya juga harus sama dengan banyak baris dari matriks angka keduanya. Jika tidak begitu, MMULT akan menghasilkan error #VALUE (karena hal ini adalah persyaratan umum dari sebuah proses perkalian matriks angka).

Learn Excel Dashboard Course



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut contoh implementasi dari MMULT di excel.

Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi MMULT

Seperti yang bisa kamu lihat di sini, kita bisa mengalikan matriks angka kita di excel dengan menggunakan MMULT. Cukup masukkan input matriks-matriks angka yang ingin dikalikan ke dalam rumusnya tersebut dan gunakan bentuk rumus array untuk melakukan perkaliannya.



Langkah Penulisan

Setelah kita mendiskusikan bentuk penulisan, input, dan contoh implementasi dari MMULT, sekarang mari mendiskusikan langkah-langkah penulisan rumusnya. Kamu bisa melihat detail dari bagaimana cara kita menuliskan MMULT dengan benar dari awal sampai akhir di excel di sini!

  1. Sorot cell range di mana kamu ingin menaruh hasil perkalian matriksmu. Cell rangenya tersebut harus mempunyai banyak baris yang sama dengan matriks angka pertama yang ingin kamu kalikan. Ia juga harus mempunyai banyak kolom yang sama dengan matriks angka kedua yang ingin kamu kalikan

    Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik tanda sama dengan ( = ), MMULT (boleh dengan huruf besar dan huruf kecil), dan tanda buka kurung

    Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan matriks angka pertama yang ingin kamu kalikan. Lalu, ketik tanda koma ( , )

    Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan matriks angka kedua yang ingin kamu kalikan

    Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 4

  5. Ketik tanda tutup kurung

    Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan Ctrl + Shift + Enter
  7. Selesai!

    Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 7




MMULT Tidak Bisa Bekerja dengan Baik? Kemungkinan Penyebab dan Solusinya

Apakah MMULTmu memberikan hasil yang salah atau bahkan error? Ada banyak hal yang bisa membuat hal tersebut terjadi. Akan tetapi, berikut tiga kemungkinan hal yang menurut kami paling mungkin menjadi penyebabnya beserta solusi untuk masing-masing dari mereka.

  • Penyebab: Kamu tidak menyorot cell range dengan ukuran yang tepat sebelum kamu menuliskan rumus MMULTmu
    Solusi: Menyorot cell range dengan ukuran yang salah ketika ingin menempatkan hasil MMULTmu akan membuatmu tidak mendapatkan semua hasilnya. Pastikan kamu menyorot cell range yang memiliki ukuran yang tepat sebelum kamu menuliskan rumus MMULTmu. Ini berarti cell rangenya harus memiliki banyak baris sebanyak matriks angka pertamamu dan banyak kolom sebanyak matriks angka keduamu

  • Penyebab: Kamu tidak menekan Ctrl + Shift + Enter setelah kamu menuliskan rumus MMULTmu
    Solusi: Menekan tombol Enter daripada Ctrl + Shift + Enter akan membuat rumus MMULTmu menjadi rumus biasa, bukan rumus array. Karena hasil dari MMULT bisa lebih dari satu, kamu harus menekan Ctrl + Shift + Enter untuk memastikan kamu mendapatkan semua hasilnya

  • Penyebab: Banyak kolom di matriks angka pertamamu tidak sama dengan banyak baris di matriks angka keduamu
    Solusi: Perkalian matriks mensyaratkan matriks angka pertama yang kamu kalikan mempunyai kolom sebanyak baris dari matriks angka keduamu. Perbaiki banyak kolom dan/atau baris dari matriks-matriks yang kamu masukkan ke dalam MMULT jika memang belum seperti itu

Cek lagi ketiga hal tersebut jika kamu menemui masalah ketika ingin mencoba mendapatkan hasil yang benar dari MMULTmu!

Learn Excel Dashboard Course



Menghitung Banyak Baris yang Memiliki Data Tertentu: SUM MMULT TRANSPOSE COLUMN

Perlu menghitung banyak baris di dalam cell rangemu di excel yang mengandung suatu data tertentu? Kamu bisa menggunakan MMULT untuk menjalankan proses perhitungannya tersebut untukmu, dengan bantuan SUM, TRANSPOSE, dan COLUMN juga.

Berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi rumus-rumus tersebut untuk tujuan perhitungan banyak baris di excel.

{ = SUM ( — ( MMULT ( — ( cell_range = data_spesifik ) , TRANSPOSE ( COLUMN ( cell_range ) ) ) > 0 ) ) }


Setelah kamu menuliskan rumus ini, jangan lupa menekan tombol Ctrl + Shift + Enter karena kamu membutuhkan bentuk rumus array untuk ini.

Mau tahu logika di balik penulisan rumusnya? Perhatikan contoh implementasinya terlebih dahulu di bawah ini.

Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi Kombinasi SUM, MMULT, TRANSPOSE, dan COLUMN

Seperti yang bisa kamu lihat di contohnya, kita bisa mendapatkan banyak baris yang berisi 9 di cell range kita (3). Hal ini karena kita menuliskan kombinasi SUM, MMULT, TRANSPOSE, dan COLUMN kita sesuai dengan pola yang telah kita sebutkan sebelumnya.

Bagaimana kombinasi dari rumus-rumusnya mampu menghitung banyak baris yang mengandung suatu data tertentu? Pertama-tama, mari kita lihat input matriks pertama di dalam MMULT kita dalam penulisan rumusnya.

Untuk bagian input ini, kita masukkan kondisi logika di mana kita membandingkan cell range kita dengan data tertentu yang kita inginkan. Cell range ini adalah di mana kita ingin menghitung banyak baris yang mengandung data tertentu tersebut.

Dari kondisi logika ini, kita dapatkan array TRUE/FALSE. TRUE atau FALSEnya sendiri tergantung dari apakah setiap cell dalam cell rangenya mengandung data tertentu yang kita inginkan atau tidak. Di dalam contoh di atas, kita mendapatkan array seperti ini sebagai hasil dari kondisi logikanya.

{ TRUE , FALSE , TRUE ; TRUE , TRUE , FALSE ; FALSE , FALSE , FALSE ; FALSE , FALSE , FALSE ; FALSE , FALSE , TRUE }


Perhatikan bahwa kita mendapatkan TRUE di mana ada 9 di dalam cell range kita. Hal ini karena 9 adalah apa yang kita bandingkan dengan cell range kita di dalam input kondisi logika kita.

Setelah itu, kita konversikan array TRUE/FALSE kita menjadi array 1/0. Kita melakukan ini dengan menggunakan simbol minus ganda ( — ) yang kita masukkan sebelum input kondisi logika kita. Dari sini, kita mendapatkan array berikut sebagai pengganti array TRUE/FALSE kita.

{ 1 , 0 , 1 ; 1 , 1 , 0 ; 0 , 0 , 0 ; 0 , 0 , 0 ; 0, 0 , 1 }


Untuk input matriks kedua di MMULT kita, kita masukkan cell range kita ke dalam COLUMN di dalam TRANSPOSE kita.

Learn Excel Dashboard Course


COLUMN memberikan kita nomor-nomor kolom dari cell range kita. Oleh karena itu, kita mendapatkan array seperti ini darinya.

{ 2 , 3 , 4 }


TRANSPOSE kita membuat array satu baris, tiga kolom ini menjadi array satu kolom, tiga baris seperti ini.

{ 2 ; 3 ; 4 }


Kita perlu menggunakan TRANSPOSE agar kita bisa mengalikan hasil COLUMNnya dengan array 1/0 kita tadi dengan menggunakan MMULT.

Kita dapatkan array berikut dari perkalian kedua arraynya tersebut.

{ 6 ; 5 ; 0 ; 0 ; 4 }


Perhatikan bahwa kita hanya mendapatkan angka lebih dari 0 di baris-baris yang memiliki data tertentu yang kita inginkan (9 di contoh ini).

Kita bandingkan array yang kita dapatkan dari MMULT ini dengan “lebih besar dari 0” dalam penulisan rumus kita. Dari perbandingannya, kita mendapatkan array TRUE/FALSE lagi seperti ini.

{ TRUE ; TRUE ; FALSE ; FALSE ; TRUE }


Kita konversikan array TRUE/FALSE ini dengan simbol minus ganda yang kita tuliskan sebelum perbandingan dengan “lebih besar dari 0”nya. Kita dapatkan hasil seperti ini dari proses konversi array TRUE/FALSEnya tersebut.

{ 1 ; 1 ; 0 ; 0 ; 1 }


Selanjutnya, kita tinggal membiarkan SUM menyelesaikan prosesnya dengan menjumlahkan semua angka di dalam array terakhirnya tersebut. Kita dapatkan 3 sebagai hasilnya, sama dengan banyak baris yang berisi 9 di dalam cell range pada contoh kita!



Latihan

Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan MMULT di excel secara benar, mari kerjakan latihan berikut. Hal ini agar kamu bisa mempraktekkan pembelajaran dari tutorial ini dengan lebih baik lagi.

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawaban-jawabanmu.

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Seperti apa hasil perkalian matriks 1 dan matriks 2? Berikan jawabanmu dengan menggunakan cell berwarna abu-abu sebagai cell paling kiri atas dari cell range hasil perkaliannya!
  2. Seperti apa hasil perkalian matriks 2 dan matriks 1? Berikan jawabanmu dengan menggunakan cell berwarna abu-abu sebagai cell paling kiri atas dari cell range hasil perkaliannya!
  3. Berapa banyak baris di matriks 2 yang mengandung 2 di dalamnya? Kombinasikan SUM, MMULT, TRANSPOSE, dan COLUMN untuk mendapatkan jawabannya!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

MMULT akan menghasilkan error #VALUE jika kamu memiliki hal-hal selain data numerik di dalam input matriks angkamu (misalnya: cell kosong, teks, nilai logika, dsb).



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!




Ikuti konten tutorial kami juga di


Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Mengurangi di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP Excel

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIFS Excel

Rumus SUMIFS Excel



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Shortcut Excel



Rekomendasi Produk & Jasa Excel

Laptop Terbaik untuk Excel

Tablet Terbaik untuk Excel

Keyboard Terbaik untuk Excel

Mouse Terbaik untuk Excel

Monitor Terbaik untuk Excel



Konsultasi Excel

Tentang Kami

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2022 Compute Expert