Rumus MROUND Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus MROUND excel. Rumus ini berguna untuk melakukan pembulatan terhadap suatu faktor kelipatan tertentu sesuai dengan kebutuhan kita dalam proses pengolahan data.


Mengapa Perlu Mempelajari Formula MROUND Excel?


Dalam melakukan pengolahan data angka pada spreadsheet, proses pembulatan berdasarkan suatu kelipatan tertentu adalah suatu hal yang terkadang kita perlukan. Biasanya kebutuhan proses tersebut terjadi ketika kita sedang memproses suatu angka di mana terdapat standarisasi untuk jumlah dari proses pengolahan yang sedang kita lakukan di dalam spreadsheet dan kita ingin melakukan optimalisasi dalam hal tersebut.

Sebagai contoh sederhananya, bayangkan jika kita sedang ingin menghitung alokasi jumlah produksi per shift pada pabrik perusahaan ataupun mengkalkulasi kuantitas produk untuk dikirim ke suatu tempat tujuan penjualan dalam satu waktu. Pada kedua kasus tersebut, biasanya terdapat standarisasi jumlah dalam hal batch produksi ataupun kuantitas produk dalam paket pengiriman yang diperbolehkan. Untuk menyesuaikan dengan standarisasi tersebut, kita perlu membuat jumlah alokasinya pada suatu waktu agar mendekati standarisasi tersebut sehingga kita bisa membantu efektifitas dan efisiensi dari proses produksi dan pengiriman tersebut secara optimal.

Jika kita melakukan proses pembagian biasa dan kemudian masih perlu untuk melakukan proses pembulatan lagi berdasarkan faktor kelipatan sesuai keinginan kita, maka tentu akan sangat merepotkan jika hal tersebut perlu dilakukan pada banyak data ataupun ketika beberapa hasil kalkulasinya menghasilkan banyak desimal sehingga agak repot untuk melakukan pembulatan secara langsung.

Dalam membantu kita mempercepat proses tersebut, maka kita dapat menggunakan formula MROUND excel. MROUND akan membantu untuk melakukan proses pembulatan ke suatu faktor kelipatan tertentu sesuai dengan kebutuhanmu. Akan sangat berguna untuk dipahami dan dipakai ketika kamu banyak membutuhkan standarisasi hasil dari proses kalkulasi yang kamu lakukan.


Apa Itu Fungsi MROUND Excel?


Fungsi MROUND pada excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan mendapatkan hasil pembulatan dari suatu bilangan berdasarkan suatu jumlah kelipatan tertentu. Rumus ini merupakan salah satu rumus spreadsheet dengan kegunaan mempermudah proses pembulatan dari suatu data numerik selain rumus lainnya yang tersedia seperti ROUND, CEILING, atau ROUNDDOWN.

Secara umum, input pada formula ini dapat dijelaskan sebagai berikut:


=MROUND(number, multiple)


Keterangan:
  • number = bilangan yang ingin dibulatkan
  • multiple = jumlah kelipatan yang diinginkan untuk faktor pembulatan



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus MROUND Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menuliskan dari MROUND. Rumus ini membutuhkan dua input wajib yaitu bilangan yang ingin dibulatkan serta patokan jumlah kelipatan untuk hasilnya nanti.


Cara Menggunakan Rumus MROUND Pada Excel


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus MROUND Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik MROUND (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus MROUND Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik angka / koordinat cell di mana angka yang ingin kamu proses berada setelah buka kurung lalu masukkan tanda koma ( , )

    Rumus MROUND Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan jumlah kelipatan / koordinat cell tempat jumlah kelipatan untuk proses formulanya berada

    Rumus MROUND Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus MROUND Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses selesai!

    Rumus MROUND Excel - Screenshot Langkah 7



Latihan


Setelah kamu memahami langkah per langkah penulisan dari formulanya secara detail, kamu dapat menambah pemahamanmu tersebut dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya agar kamu bisa mengecek semua jawabanmu dari pertanyaannya atau jika kamu mungkin bingung bagaimana cara mengerjakan latihannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Dekatkan digit pada kolom soal 1 ke perkalian 100!
  2. Dekatkan digit pada kolom soal 2 ke perkalian 7!
  3. Dekatkan digit pada kolom soal 3 ke perkalian 250!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Jika kamu ingin mempelajari semua cara pembulatan di excel secara lengkap, maka kamu dapat mempelajarinya di bagian tutorial lain pada Compute Expert ini!
  • Kamu juga dapat melakukan pembulatan waktu menggunakan rumus ini dengan memasukkan digit seperti “0:20” pada bagian input faktor kelipatannya untuk membulatkan data waktumu ke kelipatan 20 menit

    Rumus MROUND Excel - Screenshot Catatan Tambahan 2-1

    Rumus MROUND Excel - Screenshot Catatan Tambahan 2-2





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert