Rumus OFFSET Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus OFFSET excel. Rumus ini dapat digunakan untuk mendapatkan referensi dinamis koordinat cell yang bisa kamu pakai dalam berbagai keperluan pada spreadsheet.


Mengapa Perlu Mempelajari Formula OFFSET Excel?


Dalam memasukkan referensi koordinat cell untuk digunakan sebagai input dari suatu formula atau digunakan dalam fungsi lainnya pada spreadsheet, adakalanya kita ingin agar referensi tersebut bisa bersifat dinamis. Hal tersebut agar hasil dari formula atau fungsi yang kita gunakan bisa mengantisipasi perubahan dari pergeseran tempat data kita pada spreadsheet.

Sebagai contoh, misalkan kita ingin memperlihatkan penjumlahan dari beberapa anggota kumpulan angka yang tersimpan dalam spreadseet dengan menggunakan formula SUM. Mungkin kita ingin agar hasil dari SUM yang ditempatkan dalam suatu cell tersebut dinamis dari segi referensi inputnya agar bisa disesuaikan dengan hasil penjumlahan yang ingin diperlihatkan pada orang lain tersebut serta agar tampilannya juga lebih ringkas. Dengan memasukkan pergeseran baris dan kolom cell sesuai keinginan, kita ingin agar referensi input koordinat SUMnya tersebut langsung berubah tanpa harus mengulang penulisan formulanya lagi.

Atau mungkin kita sedang membuat suatu dropdown dengan pilihan dinamis serta berubah-ubah sesuai dengan pemasukkan data di dalam spreadsheet. Ketika data tersebut ditambahkan, dihapus, atau diganti dalam spreadsheet, kita ingin agar pilihan dropdown tersebut juga berubah secara otomatis mengikuti perubahan data kita tersebut.

Jika kedinamisan koordinat cell sesuai keinginan tersebut diperlukan dalam banyak formula atau fungsi, maka akan sangat merepotkan jika kita perlu melakukan penggantiannya secara manual pada setiap formula atau fungsi di mana mereka dimasukkan. Untuk membantu mengenai hal tersebut, kamu bisa menggunakan fungsi OFFSET pada excel.

OFFSET excel akan membantu membuat referensi koordinat cell menjadi fleksibel seperti kebutuhan pada kedua contoh kasus di atas. Sangat berguna dipelajari dan dipakai ketika kamu membutuhkan sifat kedinamisan referensi dan hasil tersebut dalam pengolahan data di spreadsheet.


Apa Itu Fungsi OFFSET Excel?


Fungsi OFFSET excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan menjadikan referensi koordinat cellmu di spreadsheet menjadi dinamis sesuai dengan perubahan pada data yang tersimpan di dalamnya. OFFSET pada spreadsheet seringkali dikombinasikan dengan formula atau fungsi lainnya untuk membantu menambahkan sifat kedinamisan dari referensi input mereka ketika dibutuhkan.

Secara umum, berikut adalah penjelasan input rumus ini:

=OFFSET(reference, rows, cols, [height], [width])


Keterangan:
  • reference = koordinat cell atau range awal untuk dibuat sifat dinamisnya
  • rows = jumlah pergeseran posisi ke bawah sesuai keinginan dari koordinat awal
  • cols = jumlah pergeseran posisi ke kanan sesuai keinginan dari koordinat awal
  • [height] = opsional. jumlah cell dari paling kiri atas koordinat awal ke bawah yang ingin diikutkan dalam hasil referensinya nanti
  • [width] = opsional. jumlah cell dari paling kiri atas koordinat awal ke kanan yang ingin diikutkan dalam hasil referensinya nanti



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus OFFSET Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai penulisan rumus OFFSET excel. Rumus ini membutuhkan tiga input wajib yaitu cell atau range awal sebelum proses dinamisnya dilakukan, jumlah pergeseran dari posisi awal tersebut ke bawah, serta jumlah pergeserannya ke kanannya. Selain itu, terdapat dua input opsional yaitu jumlah cell dari awal ke posisi bawah serta ke posisi kanan untuk dimasukkan sebagai hasil dari proses dinamisasi koordinat cell atau rangemu.


Cara Menggunakan Rumus OFFSET Excel


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di tempat kamu ingin menaruh hasil prosesnya

    Rumus OFFSET Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik OFFSET (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus OFFSET Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan koordinat cell / range awal dan masukkan tanda koma ( , )

    Rumus OFFSET Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan jumlah pergeseran ke bawah / koordinat di mana angka tersebut berada lalu ketik tanda koma

    Rumus OFFSET Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan jumlah pergeseran ke kanan / koordinat di mana angka tersebut berada

    Rumus OFFSET Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Opsional: Ketik tanda koma lalu masukkan jumlah cell dari paling kiri atas koordinat awal ke bawah untuk diikutkan dalam hasilnya nanti / koordinat di mana angka tersebut berada. Jika input pada bagian ini tidak dimasukkan, maka ia akan mengikuti jumlah dari cell atau range awal yang dimasukkan sebelumnya

    Rumus OFFSET Excel - Screenshot Langkah 6

  7. Opsional: Ketik tanda koma lalu masukkan jumlah cell dari paling kiri atas koordinat awal ke kanan untuk diikutkan dalam hasilnya nanti / koordinat di mana angka tersebut berada. Jika input pada bagian ini tidak dimasukkan, maka ia akan mengikuti jumlah dari cell atau range awal yang dimasukkan sebelumnya

    Rumus OFFSET Excel - Screenshot Langkah 7

  8. Ketik tanda tutup kurung

    Rumus OFFSET Excel - Screenshot Langkah 8

  9. Tekan tombol Enter
  10. Proses selesai dilakukan!

    Rumus OFFSET Excel - Screenshot Langkah 10



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menuliskan OFFSET dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang saatnya kamu mengerjakan latihan terkait formula ini untuk mempertajam pemahamanmu!

Unduh file latihannya dan jawab semua soalnya di bawah. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah selesai dan ingin mengecek jawabannya atau ketika bingung cara menjawab soal pada latihannya.

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Dapatkan angka E2 dengan posisi awal A1!
  2. Jumlahkan semua angka pada C4 sampai E5 menggunakan SUM dengan posisi awal A2!
  3. Dapatkan hasil rata-rata semua angka pada A1 sampai C3 menggunakan AVERAGE dengan posisi awal C3!

Link file kunci jawaban jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Jika kamu ingin melakukan pergeseran ke atas atau ke kiri dari koordinat awal pada formula ini, maka kamu bisa memasukkan angka minus pada bagian input jumlah pergeseran dengan angka sesuai keinginanmu
  • Jika kamu melakukan pergeseran referensi dinamisnya ke luar jangkauan dari spreadsheet (mis: menggeser A1 ke kiri atau ke atas di mana sudah tidak ada cell lagi pada spreadsheet), maka OFFSET akan menghasilkan error #REF




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert