Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel



Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai penggunaan SUM sebagai rumus pengurangan excel. Rumus pengurangan di excel sebenarnya tidak disediakan secara langsung namun kamu bisa memanfaatkan SUM sebagai alternatif terbaiknya.

Pada kasus tertentu, mungkin akan lebih mudah jika kamu menuliskan kalkukasi kurangnya secara manual. Hal ini terutama jika tidak terlalu banyak angka yang dilibatkan dalam proses kalkulasinya. Jika ingin mempelajari bagaimana cara melakukannya secara manual, maka silahkan lihat tutorialnya ini.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus Excel Pengurangan?


Dalam melakukan pengolahan data angka, salah satu jenis proses kalkulasi yang sering digunakan adalah pengurangan. Jika ingin melakukan proses pengolahan pada file spreadsheet secara optimal, maka cara melakukannya di sini harus dipahami. Ketidakpahaman caranya bisa membuat hasil analisis data kita menjadi salah atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh mengenai kebutuhan kalkulasi kurang pada pekerjaan, misalkan kita sedang mencoba menghitung jumlah terkini uang kas perusahaan. Dalam perhitungannya, tentunya kita perlu mengurangi kas pada posisi sebelumnya dengan berbagai akun seperti transaksi perusahaan dengan vendor dan yang lainnya. Jika kita melakukan perhitungannya di file spreadsheet, maka kita perlu memahami bagaimana cara pengurangan di excel dilakukan. Ketika terdapat banyak angka untuk dikurangi seperti contoh kasus tersebut, maka mungkin menjadi agak lama jika dilakukan penulisan perhitungan kurangnya secara manual.

Untuk membantumu melakukan kalkulasinya secara cepat, maka kamu bisa menggunakan SUM sebagai rumus pengurangan excel. Seperti yang mungkin sudah diketahui, rumus ini sebenarnya biasanya lebih banyak digunakan dalam kalkulasi penjumlahan. Namun jika tahu cara memanfaatkannya sebagai penghitung kurang, maka ia bisa digunakan juga untuk melakukan kalkulasi tersebut secara cepat. Hal ini tentunya diperlukan terutama jika memang banyak data angka untuk diolah di file spreadsheetmu.


Apa Itu Rumus Pengurangan Excel?


Rumus pengurangan excel adalah suatu fungsi memanfaatkan SUM dalam menghitung hasil kalkulasi kurang pada file spreadsheet. Ia digunakan karena ketidaksediaan rumus pengurangan pada excel secara langsung. Ketika menggunakannya untuk kalkulasi kurang, kamu perlu menambahkan tanda minus (-) di depan semua angka pengurangmu dalam kalkulasimu.

Secara umum, SUM sebagai rumus pengurang mempunyai penjelasan input sebagai berikut:


=SUM(number1, number2, …)


Keterangan:
number1, number2, … = semua angka untuk dilibatkan dalam kalkulasinya. Angka pengurang perlu diberikan tanda minus


Bagaimana Cara Menggunakan SUM Sebagai Rumus Excel Pengurangan Otomatis?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menggunakan SUM sebagai rumus pengurangan excel. Proses penulisannya hampir mirip dengan ketika kamu menggunakannya dalam proses penjumlahan. Hanya saja kamu harus memastikan terdapat tanda minus depan setiap bilangan pengurangmu.


Cara Menggunakan SUM Sebagai Rumus Pengurangan Dalam Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik SUM (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan angka atau koordinat cell atau cell range tempat angka yang ingin kamu masukkan dalam proses perhitungan setelah tanda buka kurung. Masukkan tanda koma ( , ) di antara semua yang kamu masukkan. Jangan lupa tambahkan tanda minus ( - ) pada angka atau koordinat cell yang menjadi pengurangnya. Tandanya bisa ditambahkan dalam rumusnya atau dalam cellmu

    Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah semua angka atau koordinat cell atau cell rangemu sudah dimasukkan

    Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Selesai!

    Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah selesai memahami penggunaan SUM sebagai rumus pengurangan excel, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Hal ini dilakukan agar pemahamanmu dari tutorialnya semakin tajam.

Unduh file latihannya dan kerjakan semua pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya juga jika kamu ingin mengecek jawabanmu setelah selesai mengerjakan latihannya. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan latihannya.

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Jawab pertanyaan pada tiap baris dalam cell berwarna abu-abu menggunakan SUM!
  1. Berapa hasil dari kalkulasi kurang pada 5 angka baris no. 1? Pada baris ini, semua pengurangnya sudah diberi tanda minus
  2. Berapa hasil dari kalkulasi kurang pada 5 angka baris no. 2? Pengurangnya adalah angka kedua dan kelima. Pada baris ini, semua pengurangnya belum diberi tanda minus
  3. Berapa hasil jawaban no. 2 dikurangi jawaban no. 1?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Butuh belajar jenis kalkulasi lainnya untuk pengolahan data file spreadsheetmu? Segera lihat daftar tutorial cara menghitung di excel lainnya dari Compute Expert!



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert