Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel



Di tutorial ini, kamu akan mempelajari cara menggunakan SUM sebagai rumus pengurangan di excel.

Ketika kita bekerja dengan angka di excel, terkadang kita perlu mengurangi angka kita agar kita mendapatkan hasil yang kita inginkan. Untuk proses pengurangan ini, kita mungkin ingin menggunakan suatu rumus excel agar kita dapat melakukan proses pengurangannya secara lebih cepat.

Sayangnya, tidak ada rumus yang excel sediakan untuk membantu kita mengurangi angka kita. Akan tetapi, kita sebenarnya mempunyai suatu rumus alternatif yang bisa kita gunakan dalam proses pengurangan angka kita, yaitu SUM.

Ingin tahu bagaimana cara menggunakan SUM untuk mengurangi angka kita di excel? Baca tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!







SUM Sebagai Rumus Pengurangan di Excel?

Kita menggunakan SUM sebagai sebuah rumus pengurangan? Bukankan SUM adalah rumus yang kita gunakan untuk menjumlahkan angka di excel?

Fungsi utama dari SUM memang untuk menjumlahkan angka kita. Namun, kita juga bisa menggunakannya untuk mengurangi angka kita di excel.

Untuk melakukan hal tersebut, kita harus menempatkan simbol minus ( - ) pada angka-angka pengurang dalam proses perhitungan kita. Kita bisa menempatkan simbolnya ketika kita memasukkan angka-angka tersebut ke SUM atau di cell di mana angka-angkanya berada. Dengan begitu, SUM akan menjumlahkan mereka sebagai bilangan negatif, yang berarti mereka akan mengurangi bilangan-bilangan positif dalam proses penjumlahan kita!



Cara Penulisan dan Input

Cara menuliskan SUM sebagai rumus pengurangan sama seperti cara kita menuliskan SUM untuk menjumlahkan angka-angka kita.

= SUM ( angka1 , angka2 , … )


Namun, jangan lupa untuk menambahkan simbol minus di depan angka-angka yang kita jadikan pengurangnya. Dengan melakukan itu, kita bisa menjalankan proses perhitungan pengurangan kita dengan lancar dengan menggunakan SUM.



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut akan diberikan dan dijelaskan contoh penggunaan SUM sebagai rumus pengurangan di excel.

Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Contoh Implementasi SUM Sebagai Rumus Pengurangan Excel

Di contoh tersebut, kamu bisa lihat bagaimana SUM bisa menjalankan proses perhitungan pengurangan kita.



Seperti yang kita diskusikan sebelumnya, kita tinggal masukkan input semua angka yang dilibatkan dalam proses perhitungan pengurangan kita ke SUM. Jangan lupa menaruh simbol minus di depan semua angka pengurang kita agar SUM dapat menjalankan fungsinya dengan benar.



Langkah Penulisan

Setelah kita mendiskusikan bentuk penulisan, input, dan contoh implementasi dari SUMnya, sekarang mari mendiskusikan langkah-langkah penulisannya. Jika kamu sudah pernah menggunakan SUM untuk menjumlahkan angkamu di excel sebelumnya, kamu akan bisa mengikuti langkah penulisan ini dengan mudah!

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil pengurangan angkamu!

    Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik SUM (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan angka/koordinat cell/cell range tempat kamu menaruh angkamu. Ketik tanda koma ( , ) di antara semua input yang kamu masukkan.

    Jangan lupa menambahkan simbol minus ( - ) di depan angka yang menjadi pengurangnya. Kamu bisa menambahkan simbolnya di rumus SUMmu secara langsung atau dalam cell dari angkanya

    Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung jika kamu sudah memasukkan semua angkamu ke dalam SUM

    Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Selesai!

    Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Langkah 6




Alternatif: Penulisan Rumus Pengurangan Manual di Excel

SUM baik digunakan untuk menjalankan proses perhitungan penguranganmu di excel jika angka-angkamu berada di cell range yang berukuran besar. Kamu tinggal memasukkan cell rangenya ke SUM tanpa harus memasukkan angka-angkamu secara satu per satu di dalam penulisan rumusmu.



Namun, jika kamu hanya melibatkan sedikit angka dalam proses perhitungan penguranganmu, mungkin akan lebih baik menuliskan rumus pengurangan secara manual. Rumus pengurangan manual yang kamu ketikkan seharusnya memiliki bentuk seperti ini.

= angka_yang_dikurangi - pengurang


Jangan lupa mengetikkan simbol minus di depan angka pengurangmu jika memang belum ada.

Berikut contoh implementasi dari penulisan rumus pengurangan secara manualnya di excel.

Cara Menggunakan SUM sebagai Rumus Pengurangan Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penulisan Rumus Pengurangan Secara Manual di Excel

Tinggal gunakan yang lebih simpel bagi kondisi proses perhitungan penguranganmu, SUM atau penulisan rumus pengurangan secara manual!



Latihan

Setelah kamu memahami bagaimana cara membuat SUM menjadi rumus penguranganmu di excel, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Kerjakan latihannya agar pemahamanmu mengenai materi tutorialnya dapat menjadi semakin dalam!

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaan di bawah ini. Unduh file kunci jawabannya juga jika kamu ingin mengecek jawabanmu setelah kamu selesai mengerjakan latihannya. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan latihannya.

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Jawab pertanyaan pada tiap barisnya di cell berwarna abu-abu dengan menggunakan rumus SUM!
  1. Berapa hasil perhitungan pengurangan dari kelima angka di baris no. 1? Pada baris ini, semua angka pengurangnya sudah diberi tanda minus
  2. Berapa hasil perhitungan pengurangan dari kelima angka di baris no. 2? Angka pengurangnya di sini adalah angka kedua dan angka kelima. Pada baris ini, semua angka pengurangnya belum diberikan tanda minus
  3. Berapa hasilnya jika kita mengurangi jawaban no. 2 dengan jawaban no. 1?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Menggunakan SUM untuk mengurangi angkamu di excel mungkin akan lebih mudah implementasinya untuk angka-angka yang berhubungan dengan keuangan.

Kita biasanya sudah memberikan tanda minus untuk angka-angka yang berhubungan dengan pengeluaran. Hal ini membuat kita jadi tidak perlu lagi menambahkan tanda minus khusus hanya untuk penulisan rumus SUM kita.



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert