Rumus QUOTIENT Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai penggunaan rumus QUOTIENT excel. Rumus ini berguna untuk mendapatkan hasil pembagian tanpa sisa dari suatu angka dalam spreadsheet.


Mengapa Perlu Mempelajari Formula QUOTIENT Excel?


Dalam melakukan pengolahan angka pada spreadsheet, terkadang kita ingin melakukan kalkulasi pembagian dengan hasil tanpa sisa atau tidak ada desimal di dalamnya setelah proses kalkulasi tersebut dilakukan. Hal ini dilakukan ketika kita ingin mendapatkan hasil angka bulat dari proses pembagian yang kita lakukan.

Sebagai contoh simpelnya dalam pekerjaan kita, bayangkan situasi di mana kita perlu membagi kuantitas target penjualan sama rata ke setiap tenaga penjual perusahaan. Jika kita melakukan proses pembagian tersebut secara langsung, maka biasanya terdapat desimal atau sisa hasil dari proses pembagian kita. Padahal suatu kuantitas produk tentunya tidak dapat dihitung dengan menggunakan desimal sehingga hal ini akan merepotkan karena kita perlu melihat lagi hasil kalkulasi tersebut untuk dirapikan lebih lanjut.

Atau ketika kita ingin mendapatkan alokasi mesin produksi untuk mencapai target produksi dari semua produk perusahaan. Seperti kasus sebelumnya, kuantitas tentu tidak dapat dialokasikan dengan desimal atau sisa hasil pembagian. Jika kita ingin melakukan pembagian sama rata untuk alokasi tersebut, maka kita perlu melakukan proses pembagian dengan hasil tanpa sisa.

Untuk membantu mempermudah proses kalkulasi spesifik yang ingin dilakukan tersebut, maka kamu bisa menggunakan formula QUOTIENT excel. Fungsi QUOTIENT akan melakukan proses pembagian dan memberikan hasil tanpa sisa atau desimal. Akan berguna untuk dipahami jika kamu sering melakukan proses kalkulasi angka di dalam spreadsheet di mana mungkin akan secara tiba-tiba muncul kebutuhan hasil seperti dua kasus tadi.


Apa Itu Fungsi QUOTIENT?


Fungsi QUOTIENT excel adalah sebuah fungsi dengan tujuan penggunaan mendapatkan hasil bagi tanpa sisa dari suatu angka. Karena tidak terdapat sisa dari proses kalkulasi yang dilakukan, maka hasil bagi dari fungsi ini akan selalu berbentuk angka bulat.

Secara umum, penjelasan input dari rumus ini adalah sebagai berikut:


=QUOTIENT(numerator, denominator)


Keterangan:
  • numerator = angka untuk dibagi
  • denominator = angka pembagi



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus QUOTIENT Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara penulisan dari rumus QUOTIENT. Rumus ini membutuhkan dua input yaitu angka yang ingin dibagi serta pembaginya.


Cara Menggunakan Rumus QUOTIENT


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses perhitungan ini

    Rumus QUOTIENT Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik QUOTIENT (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus QUOTIENT Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik angka atau koordinat cell tempat angka yang ingin diproses setelah tanda buka kurung lalu masukkan tanda koma ( , )

    Rumus QUOTIENT Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik angka atau koordinat cell tempat di mana angka pembagi kamu berada setelah tanda koma

    Rumus QUOTIENT Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Ketik tanda tutup kurung

    Rumus QUOTIENT Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses perhitungan selesai dilakukan!

    Rumus QUOTIENT Excel - Screenshot Langkah 7



Latihan


Setelah kamu memahami bagaimana cara menggunakan formulanya, kamu bisa mempraktekkan pemahamanmu untuk memperdalamnya dengan mengerjakan latihan berikut!

Unduh file latihannya dan jawab semua soalnya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab semua pertanyaannya dan ingin mengecek jawabanmu atau kamu bingung bagaimana cara menjawabnya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa alokasi kuantitas produk per mesin tanpa desimal?
  2. Berapa alokasi kuantitas produk per tenaga penjual tanpa desimal?
  3. Berapa alokasi kuantitas produk per distributor tanpa desimal?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Jika kamu ingin mendapatkan sisa pembagiannya, maka kamu bisa menggunakan formula MOD. MOD memiliki cara penulisan mirip dengan QUOTIENT
  • Jika kamu ingin mempelajari cara pembagian di spreadsheet secara biasa, kamu bisa melakukannya dengan membaca tutorial lain di Compute Expert ini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert