Rumus RANDBETWEEN Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai formula RANDBETWEEN excel. Fungsi dari formula ini akan membantumu untuk mendapatkan suatu angka secara acak dengan batasan terendah serta tertinggi dari angka acak tersebut sesuai dengan keinginanmu.


Mengapa Perlu Mempelajari Fungsi RANDBETWEEN Excel?


Ketika melakukan berbagai pengolahan data dalam spreadsheet, adakalanya kita butuh mendapatkan suatu bilangan secara acak untuk keperluan tertentu. Hal-hal seperti pembagian tugas ataupun penentuan kelompok terkadang membutuhkan pengacakan agar dapat dilakukan secara adil dan hal seperti ini bisa dicapai jika kita memang dapat menemukan metode secara objektif untuk melakukannya.

Sebagai contoh kebutuhan aplikasinya dalam pekerjaan atau bisnis, misalkan kita perlu melakukan pembagian kelompok dalam kegiatan kumpul karyawan atau ketika kita perlu membagi produk untuk dijual oleh tenaga penjual pada perusahaan kita dengan asumsi bahwa karakteristik dan detail dari setiap produk tersebut sama satu dengan lainnya atau mungkin penentuan pemenang hadiah undian dari kegiatan promosi yang dilakukan terhadap suatu produk perusahaan. Ketika kita perlu mendapatkan pembagian secara adil agar tidak menimbulkan pretensi, mungkin agak sulit dilakukan penentuannya dan bisa disebut bahwa metodenya objektif jika dilakukan secara manual.

Dalam hal ini, lebih baik jika pada kasus-kasus tersebut dilakukan proses secara otomatis untuk menghasilkan angka acak yang menjawab semua kebutuhan tersebut. Untuk itu, kamu bisa menggunakan RANDBETWEEN untuk melakukannya.

Rumus ini akan membantumu mendapatkan satu bilangan secara otomatis dari batas terendah dan tertinggi sesuai ketentuanmu. Sangat berguna untuk digunakan ketika dibutuhkan proses penentuan yang melibatkan pengacakan angka secara objektif dalam data pada spreadsheet.


Apa Itu Rumus RANDBETWEEN Excel?


Rumus RANDBETWEEN excel adalah rumus dengan fungsi untuk mendapatkan angka acak dari suatu batas terendah dan tertinggi tertentu. Fungsi ini hanya bisa menghasilkan angka bulat dan tidak bisa desimal.

Rumus ini akan selalu mengganti hasilnya ketika worksheet tempatnya berada dibuka atau terjadi perubahan. Kalau kamu ingin membuat hasilnya statis, kopi tempat cell di mana formula ini kamu taruh lalu lakukan Paste Special Values Only.

Secara umum, input pada formula ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

=RANDBETWEEN(bottom, top)


Keterangan:
  • bottom = batas bawah bilangan acak
  • top = batas atas bilangan acak



Bagaimana Cara Menggunakan Formula RANDBETWEEN Excel?


Berikut akan dijelaskan secara detail mengenai cara penulisan formula RANDBETWEEN. Formula ini membutuhkan dua input wajib: batas bawah dan atas dari angka hasil pengacakan. Kedua batas ini inklusif dalam prosesnya sehingga bisa jadi hasil proses pengacakannya adalah salah satu digit batasnya.


Cara Menggunakan RANDBETWEEN Excel


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus RANDBETWEEN Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik RANDBETWEEN (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus RANDBETWEEN Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan batas bawah / koordinat cell di mana ia berada setelah buka kurung lalu ketik tanda koma ( , )

    Rumus RANDBETWEEN Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan batas atas / koordinat cell di mana ia berada

    Rumus RANDBETWEEN Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Ketik tanda tutup kurung

    Rumus RANDBETWEEN Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses selesai!

    Rumus RANDBETWEEN Excel - Screenshot Langkah 7



Latihan


Setelah mengetahui mengenai detail langkah penulisan formula ini, kamu dapat mengerjakan latihan berikut untuk memperdalam pemahamanmu!

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya, Unduh file kunci jawabannya dan lihat isinya untuk mengecek jawabanmu atau ketika kamu bingung bagaimana cara menjawab pertanyaannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Pada setiap cell kolom 5, lakukan proses acak dengan batas bawah kolom 1 dan batas atas kolom 2 di setiap baris yang sesuai
  2. Pada setiap cell kolom 6, lakukan proses acak dengan batas bawah kolom 1 dan batas atas kolom 3 di setiap baris yang sesuai
  3. Pada setiap cell kolom 7, lakukan proses acak dengan batas bawah kolom 2 dan batas atas kolom 4 di setiap baris yang sesuai

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Jika kamu butuh mendapatkan hasil pengacakan bilangan desimal, maka kamu bisa membagi hasil fungsi ini dengan kelipatan 10 sesuai keinginanmu
  • Jika kamu butuh bilangan acak berupa kelipatan tertentu, maka kamu tinggal mengalikan hasil fungsi ini dengan kelipatan sesuai keinginanmu




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert