Rumus RANK Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus RANK excel. Formula ini berguna sebagai cara mencari ranking di excel dari suatu angka dibandingkan dengan angka lainnya.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Mencari Ranking di Excel?


Dalam kumpulan data numeral yang kita miliki dalam perangkat spreadsheet, terkadang kita perlu tahu berapa peringkat salah satu data dari kumpulan tersebut dibanding dengan yang lainnya. Pencarian mengenai peringkat ini bisa saja kita butuhkan baik untuk urutan kecil ke besar maupun sebaliknya.

Sebagai contoh kebutuhan pencarian peringkat tersebut, bayangkan jika kita perlu mengetahui sepuluh terbesar dari pos pengeluaran yang terdapat di dalam laporan finansial perusahaan. Data ini perlu didapatkan agar kita bisa melakukan pengetatan secara tepat untuk menekan kerugian dalam bisnis perusahaan. Atau mungkin ketika kita ingin mengetahui mesin mesin produksi perusahaan paling reliable untuk memproduksi suatu produk unggulan dengan melihat peringkat data tingkat reliabilitas untuk semua mesin produksi dalam pabrik perusahaan pada suatu spreadsheet.

Untuk mendapatkan olahan data sesuai kebutuhan dalam kedua kasus tersebut, tentunya kita perlu membuat pemeringkatan data numeral terkait pada perangkat spreadsheet.

Demi tujuan itu, kita dapat menggunakan rumus RANK excel sebagai cara mencari ranking di excel sesuai kebutuhan. Formula ini menjadi penting untuk dipahami ketika kita butuh mengetahui peringkat dari data angka milik kita dengan banyaknya anggota kumpulan data angka yang perlu dijadikan perbandingan dalam proses penentuannya tersebut.


Apa Itu Rumus RANK Excel?


Rumus RANK excel adalah formula cara mencari ranking di excel untuk suatu digit terhadap sejumlah digit lainnya di dalam perangkat spreadsheet ini. Formula ini merupakan salah satu formula dengan hasil berbasis ranking selain MAX dan MIN. Perbedaannya terletak pada jika MAX dan MIN menghasilkan data numeral berdasarkan terbesar atau terkecilnya data tersebut, maka rumus RANK excel menghasilkan peringkat berdasarkan perbandingan besar kecilnya data numeral tersebut terhadap data numeral lainnya.

Berikut sedikit penjelasan mengenai input pada formula ini:


=RANK(number, ref, order)


Keterangan:
  • number = bilangan yang ingin kamu dapatkan peringkatnya
  • ref = cell range tempat kumpulan bilangan untuk pembanding peringkatnya berada
  • order = opsional. Urutan untuk penentuan peringkat, apakah dari kecil ke besar atau besar ke kecil



Bagaimana Cara Mencari Ranking di Excel Menggunakan Rumus RANK Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mencari ranking di excel menggunakan rumus RANK excel. Rumus ini membutuhkan input berupa bilangan yang ingin dicari rankingnya, cell range berisi bilangan lainnya untuk perbandingan besar kecilnya bilangan tersebut, serta input opsional mengenai apakah ingin ditentukan rankingnya dengan urutan besar ke kecil atau sebaliknya.


Cara Menggunakan Rumus RANK Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus RANK Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik RANK (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus RANK Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik angka atau koordinat cell tempat angka yang ingin kamu dapatkan peringkatnya berada, setelah tanda buka kurung lalu masukkan tanda koma ( , )

    Rumus RANK Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range tempat semua angka yang dijadikan perbandingan untuk penentuan peringkat setelah tanda koma

    Rumus RANK Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Opsional: Masukkan tanda koma lalu ketik 0 atau 1 untuk memberitahu formula apakah kamu ingin pemeringkatan dilakukan dari besar ke kecil atau kecil ke besar. 0 untuk besar ke kecil dan 1 untuk kecil ke besar. Jika tidak ada input pada bagian ini, maka akan dianggap 0 atau dari besar ke kecil untuk penentuannya

    Rumus RANK Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Ketik tanda tutup kurung

    Rumus RANK Excel - Screenshot Langkah 6

  7. Tekan tombol Enter
  8. Prosesnya selesai dilakukan!

    Rumus RANK Excel - Screenshot Langkah 8



Latihan


Setelah kamu mempelajari langkah langkah cara mencari ranking di excel dalam tutorial tadi, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu agar menjadi lebih mahir dengan mengerjakan latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan proses perhitungannya dan sudah yakin atas hasil yang kamu dapatkan!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa ranking dari digit 387 pada kolom B dengan urutan besar ke kecil?
  2. Berapa ranking dari digit 717 pada kolom C dengan urutan kecil ke besar?
  3. Berapa ranking dari digit 484 terhadap data semua kolom dengan urutan kecil ke besar?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


  • Jika kamu mau, koordinat cell berdekatan sebagai input juga dapat kamu tuliskan secara manual dengan dipisahkan tanda titik dua ( : ) antara koordinat paling kiri atas dan koordinat paling kanan bawah (Contoh penulisan: A1:B30)
  • Terdapat formula untuk menghasilkan data dari perbandingan ranking di perangkat spreadsheet ini seperti MIN dan MAX. Jika kamu ingin mempelajarinya juga, maka kamu dapat melihat tutorialnya pada bagian lain blog Compute Expert ini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert