Rumus ROUNDUP




Pada bagian tutorial ini, akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menggunakan fungsi ROUNDUP dari excel. Fungsi ini dapat digunakan untuk membulatkan bilangan ke atas dengan jumlah digit desimal sesuai dengan keinginan kita.


Mengapa Perlu Untuk Mempelajari Fungsi ROUNDUP?


Dalam mengolah data angka di excel, seringkali kita perlu mengurangi jumlah digit desimal yang kita dapatkan dari hasil pengolahannya. Hal tersebut dilakukan agar kita mendapatkan bentuk data numerik sesuai dengan keinginan kita. Dalam proses penyesuaian desimal tersebut, adakalanya kita harus membulatkannya ke atas. Proses pembulatan secara normal dapat membuat hasilnya menjadi salah atau error bagi kita.

Salah satu contoh kasus dalam pekerjaan di mana hal ini diperlukan adalah ketika kita ingin membagi-bagi target penjualan. Pembagian tersebut dilakukan untuk semua tenaga penjual dalam perusahaan. Setelah proses perhitungan pembagian targetnya selesai dilakukan, mungkin ada sebaiknya kita membulatkan hasilnya ke atas. Hal ini agar kita bisa memastikan pencapaian target perusahaan tidak kurang ketika semua penjual mendapatkan hasil penjualan sesuai dengan target mereka.

Dalam membantu proses tersebut, terdapat rumus ROUNDUP di excel yang dapat digunakan. Rumus ini mirip dengan rumus pembulatan lainnya di dalam perangkat spreadsheet. Hanya saja dalam prosesnya, ia hanya akan membulatkan ke atas setiap digit yang menjadi inputnya. Ini berbeda dari pembulatan yang dilakukan ROUND (melakukan pembulatan secara biasa) atau ROUNDDOWN (melakukan pembulatan ke bawah).

Tentunya penting mempelajarinya terutama jika kamu sering berurusan dengan angka desimal dalam pekerjaanmu. Ia bisa menjadi salah satu fitur yang digunakan ketika memang kebutuhan pengolahan datamu mengharuskan melakukan pembulatan ke atas.


Apa Itu Rumus ROUNDUP Excel?


Rumus ROUNDUP excel adalah rumus yang dapat digunakan untuk membulatkan suatu digit ke atas. Rumus ini menjadi penting dipahami karena terkadang kebutuhan pembulatan desimal memang mengharuskanmu melakukannya seperti itu.

Sedikit penjelasan mengenai input yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:


=ROUNDUP(number, num_digits)


Keterangan:
  • number: bilangan untuk dibulatkan ke atas
  • num_digits: jumlah desimal yang diinginkan pada hasil prosesnya



Bagaimana Cara Menggunakan ROUNDUP Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menggunakan rumus ROUNDUP excel. Fungsi ini sendiri cukup mudah untuk digunakan karena inputnya mudah dimengerti serta cara pemakaiannya mirip dengan varian formula pembulatan lainnya.


Menggunakan Rumus ROUNDUP


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus ROUNDUP - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik ROUNDUP (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus ROUNDUP - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan angka / koordinat cell di mana angka yang ingin kamu proses berada setelah buka kurung. Lalu, masukkan tanda koma ( , )

    Rumus ROUNDUP - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan permintaan jumlah digit desimal / koordinat cell tempatnya berada

    Rumus ROUNDUP - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus ROUNDUP - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses selesai!

    Rumus ROUNDUP - Screenshot Langkah 7



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan rumus ROUNDUP di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu melalui latihan di bawah ini!

Unduh file latihannya dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana cara menjawab soalnya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa hasilnya jika dilakukan pembulatan atas menjadi 5 digit desimal?
  2. Berapa hasilnya jika dilakukan pembulatan atas tanpa digit desimal?
  3. Berapa hasilnya jika dilakukan pembulatan atas untuk kelipatan 1000? (lihat catatan tambahan untuk cara melakukannya!)

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Untuk input berapa digit desimal yang diminta, jika kamu memasukkan nilai negatif, maka hasilnya adalah sebagai berikut:
    • (-1) akan memproses bilangan ke digit kelipatan 10 terdekat
    • (-2) akan memproses bilangan ke digit kelipatan 100 terdekat
    • (-3) akan memproses bilangan ke digit kelipatan 1000 terdekat
    • Dan seterusnya
  • Jika yang dibutuhkan adalah proses pembulatan kelipatan ke atas, maka silahkan pelajari rumus CEILING di tutorial berikut ini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert