Rumus SEARCH Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai penggunaan rumus SEARCH excel. Rumus ini dapat digunakan untuk menghasilkan angka lambang posisi dari suatu kumpulan karakter di dalam sebuah data pada spreadsheet.


Mengapa Perlu Mempelajari Formula SEARCH Excel?


Dalam melakukan proses pengolahan pada spreadsheet, adakalanya kita perlu untuk menemukan posisi dari suatu kumpulan karakter di dalam suatu data milik kita. Hal ini terkadang diperlukan untuk mencari informasi yang diperlukan dari data tersebut ataupun mungkin sebagai bahan input dari formula lainnya.

Sebagai contoh, misalkan kita memiliki semua kode dari setiap produk perusahaan pada spreadsheet di mana terdapat informasi detail dari produk tersebut yang bisa kita lihat dengan menggunakan bagian dari kode produk tersebut. Jika kode tersebut banyak dalam jumlahnya, agak rumit, dan panjang, maka mungkin agak sulit dan memakan waktu untuk menemukan bagian informasi sesuai kebutuhan dalam setiap kode produk tersebut jika dilihat dan dilakukan secara manual.

Atau mungkin kebutuhan pencarian posisi kumpulan karakter tersebut bisa ditemui ketika kita sedang ingin menggunakan formula seperti MID untuk mengganti bagian dari suatu data teks. Jika kita ingin menentukan mulainya proses penggantian tersebut atau banyaknya karakter untuk diganti berdasarkan posisi dari suatu bagian dari teks tersebut, maka akan sangat mempermudah kita tentunya jika proses pencarian posisinya bisa dilakukan secara otomatis. Terlebih, seperti kasus sebelumnya, jika data teks tersebut banyak atau panjang untuk setiap masing-masingnya.

Untuk membantu melakukan proses penemuan posisi tersebut secara otomatis, maka kita bisa menggunakan fungsi SEARCH excel. Fungsi ini akan membantumu menemukan posisi dari suatu kumpulan karakter sesuai ketentuanmu pada suatu data. Akan sangat berguna untuk dipahami dan digunakan jika kamu sering melakukan proses mirip dengan kebutuhan kedua kasus di atas pada spreadsheet.


Apa Itu Fungsi SEARCH Excel?


Fungsi SEARCH excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan mendapatkan angka perlambang posisi dari sebuah karakter atau kumpulannya di dalam sebuah data. Fungsi ini akan mengembalikan digit posisi karakter pertama dari kumpulan karakter yang ingin kamu cari di dalam datamu.

Secara singkat, semua input pada fungsi ini dapat dijelaskan sebagai berikut:


=SEARCH(find_text, within_text, [start_num])


Keterangan:
  • find_text = sebuah atau kumpulan karakter untuk dicari
  • within_text = data tempat pencariannya dilakukan
  • start_num = opsional. Posisi dalam data di mana proses pencarian mulai dilakukan



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus SEARCH Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menuliskan rumus SEARCH. Rumus ini membutuhkan input wajib berupa kumpulan karakter yang ingin dicari posisinya dan data tempat pencarian ingin dilakukan serta input opsional yaitu tempat dimulainya proses pencarian tersebut.


Cara Menggunakan Rumus SEARCH Excel


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus SEARCH Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik SEARCH (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus SEARCH Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik karakter atau kumpulan karakter yang ingin dicari / koordinat cell di mana dia berada lalu masukkan tanda koma ( , ). Jika bentuk input pada bagian ini adalah selain angka saja dan kamu memasukkannya secara langsung, maka harus dimasukkan di antara tanda kutip ( “ )

    Rumus SEARCH Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik data / koordinat cell di mana isian cell yang ingin kamu jadikan tempat cari dengan menggunakan formula ini berada setelah tanda koma

    Rumus SEARCH Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Opsional: Masukkan tanda koma ( , ) dan ketik bilangan yang melambangkan posisi awal pencarian karakter di dalam data atau isi cell tadi / koordinat cell di mana bilangan tersebut berada. Jika tidak ada input pada bagian ini, maka pencarian akan dilakukan dari posisi paling depan

    Rumus SEARCH Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Ketik tanda tutup kurung

    Rumus SEARCH Excel - Screenshot Langkah 6

  7. Tekan tombol Enter
  8. Proses selesai!

    Rumus SEARCH Excel - Screenshot Langkah 8



Latihan


Setelah kamu memahami bagaimana cara menggunakan formulanya dengan mempelajari tutorial di atas, sekarang saatnya memperdalam pemahamanmu dengan mengerjakan latihan berikut.

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaaannya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah selesai mengerjakan latihannya atau ketika kamu bingung bagaimana cara menjawab pertanyaannya!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa angka posisi huruf e?
  2. Berapa angka posisi “John”?
  3. Berapa angka posisi dari “-HIXY”? Gunakan wildcard untuk menggantikan “-“ pada kumpulan karakter yang ingin dicari tersebut! (Lihat bagian catatan tambahan jika kamu belum mengerti cara menggunakan wildcard)

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • SEARCH mirip fungsinya dengan FIND. Hanya saja SEARCH tidak sensitif pada besar kecilnya huruf dalam prosesnya serta kamu bisa menggunakan wildcard seperti ? dan * yang tidak bisa digunakan pada FIND
  • Jika kamu ingin menemukan kumpulan karakter yang mengandung tanda ? atau * dalam datamu, maka gunakan tanda garis bergelombang (~) sebelum tanda ? atau * agar tidak dianggap sebagai wildcard
  • Jika kamu melakukan proses pencariannya pada suatu tanggal, maka formula ini akan melakukan prosesnya pada bilangan serial dari tanggal tersebut




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert