Rumus SUMPRODUCT




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai bagaimana cara menggunakan rumus SUMPRODUCT dalam excel. Rumus SUMPRODUCT memiliki kegunaan untuk mengalikan setiap anggota bilangan dalam suatu array dengan bilangan pasangannya dalam array lainnya sebelum kemudian menjumlahkan semua hasil perkalian tersebut.

Rumus SUMPRODUCT lebih sering digunakan tidak dalam fungsinya untuk perkalian dan penjumlahan angka secara langsung tetapi lebih ke sifat penilaian TRUE atau FALSE dari sebuah array yang kemudian dijadikan evaluasi kriteria dalam menjumlahkan suatu deret bilangan.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus SUMPRODUCT?


Dalam mengerjakan data pada perangkat spreadsheet yang berhubungan dengan kriteria dan angka, terkadang kita mungkin merasa agak kesulitan dan menghabiskan banyak waktu jika butuh mencari berapa banyak data yang dimiliki atau jumlah bilangan sesuai dengan kriteria milik kita dalam suatu tabel. Jika menggunakan proses manual atau menghitung satu per satu di tiap entri data untuk mendapatkan totalnya tersebut, maka akan sangat repot jika terdapat sangat banyak entri sehingga perhitungan satu per satu tersebut perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan tadi.

Sebagai contoh, ketika kita mempunyai data mengenai nama ratusan atau ribuan produk milik perusahaan, mungkin terdapat suatu kode berupa tiga huruf depan dari barisan data nama produk tersebut yang dapat digunakan untuk menunjukkan penggolongan produknya dan kita ingin menghitung berapa banyak produk yang digolongkan suatu jenis tertentu dalam perusahaan. Atau juga kita ingin langsung menjumlahkan perkalian antara kuantitas dan harga untuk mendapatkan total penjualan dari perusahaan. Pada kasus lainnya, mungkin kita ingin mengetahui kuantitas penjualan dari ratusan atau ribuan nama produk tersebut dengan melihat beberapa kriteria dalam tabel termasuk jenisnya tadi. Hal ini karena kita ingin mendapatkan jumlah bagian tersebut untuk analisis secara parsial, bukan total secara keseluruhan.

Jika kita menggunakan cara biasa untuk melakukan hal tersebut (mungkin dengan bantuan formula SUM, COUNT, SUMIF/SUMIFS dan COUNTIF/COUNTIFS juga), maka selain perlu menghitung satu per satu yang mana akan memakan waktu lebih banyak, juga ada kemungkinan spreadsheet akan menjadi agak lambat kinerjanya jika datanya sangat banyak. Hal ini tentunya akan menyulitkan ketika kita ingin melakukan analisisnya dan mendapatkan hasilnya secara cepat.

Demi membantu hal tersebut, kita dapat menggunakan rumus SUMPRODUCT untuk membantu prosesnya. Rumus SUMPRODUCT mengambil input array berupa cell range dalam pengolahannya dan dapat langsung mengalikan dan menjumlahkan anggota dari array tersebut untuk mendapatkan hasil kali dan/atau jumlah sesuai keinginan kita. Formula yang tepat dipelajari jika kita sering melakukan kalkulasi banyak angka dengan kemungkinan adanya berbagai kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam pengolahannya.


Apa Itu Rumus SUMPRODUCT?


Rumus SUMPRODUCT adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan mengalikan setiap angka di dalam array dengan pasangannya pada array lainnya sebelum kemudian menjumlahkan semua hasil perkalian tersebut. Array di sini sendiri biasanya berupa cell range sesuai dengan input kita dalam formulanya. Formula ini cukup banyak digunakan dengan cara mengambil evaluasi TRUE atau FALSE sebuah kriteria terhadap array/cell range untuk menghitung banyak data atau menjumlahkan angka dalam cell range sesuai ketentuan kriteria kita tersebut.

Sedikit penjelasan mengenai input pada rumus ini adalah sebagai berikut:

=SUMPRODUCT(array1, array2, array3, …)


Keterangan:
array1, array2, array3, … = semua cell range yang ingin dikalikan semua isinya sebelum ditambahkan hasil perkaliannya


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus SUMPRODUCT?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menuliskan rumus SUMPRODUCT pada excel. Rumus SUMPRODUCT membutuhkan input semua cell range yang nantinya akan dijadikan array untuk dikalikan masing masing pasangan angkanya sebelum kemudian dijumlahkan.

Rumus SUMPRODUCT sendiri biasanya digunakan untuk tiga fungsi: mengalikan dan menjumlahkan digit dalam semua array seperti biasa, mengalikan dan/atau menjumlahkan digit atau teks yang memenuhi kriteria tertentu demi keperluan perhitungan banyak data, dan mengalikan dan/atau menjumlahkan digit atau teks berdasarkan kriteria tertentu demi keperluan penjumlahan bilangan bagi setiap entri data yang memenuhi kriteria tersebut. Di bawah ini akan dijelaskan cara penggunaan rumus SUMPRODUCT berdasarkan ketiga tujuan tersebut.


Menggunakan Rumus SUMPRODUCT


Cara Pertama (Perkalian dan Penjumlahan Biasa)

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses penambahan digitnya

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 1-1

  2. Ketik SUMPRODUCT (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 1-2

  3. Drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range yang ingin dijadikan array pertama lalu ketik tanda koma ( , )

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 1-3

  4. Drag kursor cell dari koordinat paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range yang ingin dijadikan array kedua. Kamu juga bisa memasukkan tanda koma lagi dan menambah cell range untuk dijadikan array ketiga, keempat dan seterusnya di tempat lain sampai semua masuk ke dalam formula. Perlu diperhatikan bahwa perkalian akan dilakukan antara angka di posisi yang sama dalam semua array dan bentuk kesemua input array harus sama persis (sama jumlah kolom dan barisnya)

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 1-4

  5. Ketik tanda tutup kurung setelah semua cell range yang ingin diproses sudah dimasukkan

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 1-5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses selesai dilakukan!

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 1-7


Cara Kedua (Perkalian dan/atau Penjumlahan Untuk Perhitungan Banyak Data Berdasarkan Kriteria Tertentu)

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses penambahan digitnya

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 2-1

  2. Ketik SUMPRODUCT (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 2-2

  3. Ketik tanda minus ( - ) sebanyak dua kali lalu ketik tanda buka kurung. Dua tanda minus ini akan mengkonversi cell range menjadi evaluasi logika TRUE serta FALSE dengan TRUE akan dilambangkan dengan 1 dan FALSE akan dilambangkan dengan 0

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 2-3

  4. Drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range yang ingin dijadikan array

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 2-4

  5. Ketik kriteria untuk data yang ingin dihitung banyaknya dalam array tersebut lalu masukkan tanda tutup kurung

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 2-5

  6. Jika masih ada array lainnya dengan kriteria lain untuk diperhitungkan, maka ketik tanda koma ( , ) lalu ulangi langkah 3 sampai 5. Perlu diperhatikan bahwa satu entri data harus berada di posisi baris dan kolom yang sama di semua array dan bentuk kesemua input array harus sama persis (sama jumlah kolom dan barisnya)

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 2-6

  7. Ketik tanda tutup kurung setelah semua cell range yang ingin diproses sudah dimasukkan

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 2-7

  8. Tekan tombol Enter
  9. Proses selesai dilakukan!

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 2-9


Sedikit penjelasan mengenai prosesnya: Perubahan data pada cell range menggunakan dua tanda minus menjadikan 1 untuk data sesuai kriteria dan 0 untuk data tidak sesuai dengan kriteria. Karena formula ini akan mengalikan angka pada array dengan angka sama posisi di array berikutnya, maka entri data tidak sesuai kriteria pada salah satu array akan menjadi nol dan tidak akan dihitung dalam perhitungan banyak data ketika penjumlahan akhir dilakukan oleh formula ini.


Cara Ketiga (Perkalian dan/atau Penjumlahan Untuk Perkalian dan/atau Penjumlahan Angka Berdasarkan Kriteria Tertentu)

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses penambahan digitnya

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 3-1

  2. Ketik SUMPRODUCT (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 3-2

  3. Kita akan memasukkan cell range kriterianya. Ketik tanda minus ( - ) sebanyak dua kali lalu ketik tanda buka kurung. Dua tanda minus ini akan mengkonversi cell range menjadi evaluasi logika TRUE serta FALSE dengan TRUE akan dilambangkan dengan 1 dan FALSE akan dilambangkan dengan 0

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 3-3

  4. Drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range yang ingin dijadikan array

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 3-4

  5. Ketik kriteria untuk data yang ingin diproses angkanya dalam array tersebut lalu masukkan tanda tutup kurung

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 3-5

  6. Jika masih ada array lainnya dengan kriteria lain untuk diperhitungkan, maka ketik tanda koma ( , ) lalu ulangi langkah 3 sampai 5. Ulangi langkah 6 ini sampai semua array kriteria sudah dimasukkan

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 3-6

  7. Ketik tanda koma ( , ). Berikutnya kita akan memasukkan cell range di mana angka untuk penjumlahannya berada

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 3-7

  8. Drag kursor cell dari koordinat paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range tersebut

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 3-8

  9. Ulangi langkah 7 sampai 8 jika masih ada array angka yang ingin dimasukkan
  10. Ketik tanda tutup kurung

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 3-10

  11. Tekan tombol Enter
  12. Proses selesai dilakukan!

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Langkah 3-12


Sedikit penjelasan mengenai prosesnya: Perubahan data pada cell range menggunakan dua tanda minus menjadikan 1 untuk data sesuai kriteria dan 0 untuk data tidak sesuai dengan kriteria. Karena formula ini akan mengalikan angka pada array dengan angka sama posisi di array berikutnya, maka entri data tidak sesuai kriteria pada salah satu array akan menjadi nol dan tidak akan dihitung dalam perhitungan banyak data ketika kalkulasi akhir dilakukan oleh formula ini.


Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan langkah langkah dari tutorial tadi, kamu dapat mempraktekkan pemahaman kamu dalam melakukan metode proses perhitungan dari formula ini melalui latihan berikut!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan perhitungannya dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Gunakan rumus SUMPRODUCT dalam menjawab semua pertanyaan di bawah!
  1. Berapa rata rata nilai 1 dari semua siswa?
  2. Berapa jumlah kelas yang mendapatkan pembagian A dan B dari keseluruhan kelas?
  3. Berapa rata rata nilai 2 dari siswa di kelas 2 dan 3 dengan pembagian C?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Pada rumus SUMPRODUCT, data non digit akan dihitung sebagai 0 sedangkan nilai logika TRUE akan menjadi 1 dan FALSE akan menjadi 0
  • Jika kamu hanya memasukkan satu cell range sebagai array dalam rumus SUMPRODUCT, maka ia hanya akan menjumlahkan semua data pada array tersebut
  • Untuk menambah atau mengurangi angka di belakang koma dari hasil formula ini, kamu dapat menggunakan menu increase decimal/decrease decimal dari tab Home setelah menempatkan kursor pada cell tempat hasilnya berada.

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Tips Desimal 1



    Atau klik kanan setelah menempatkan kursor pada cell tempat hasil yang ingin diubah jumlah angka belakang komanya berada, pilih Format Cells, dan pada Tab Number pilih Number untuk kemudian mengganti nilai dari Decimal places sesuai dengan jumlah angka di belakang koma yang kamu inginkan sebelum klik OK.

    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Tips Desimal 2-1



    Rumus SUMPRODUCT - Screenshot Tips Desimal 2-2



    Namun perlu diingat cara ini hanya merubah tampilan desimal dari hasil. Jika ingin benar benar merubah nilainya, maka kamu perlu mempraktekkan cara membulatkan angka di perangkat spreadsheet ini yang tutorialnya juga tersedia di blog ini.




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert