Rumus TEXTJOIN Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus TEXTJOIN excel. Rumus ini berguna untuk menggabungkan berbagai data ke dalam suatu teks dengan menggunakan pemisah dan opsi mengabaikan cell kosong jika menggabungkan datanya dalam suatu range.


Mengapa Perlu Mempelajari Formula TEXTJOIN Excel?


Pada proses pengolahan data dalam spreadsheet, terkadang kita perlu untuk menggabungkan beberapa data yang terletak pada cell terpisah ke suatu kesatuan agar dapat menampilkannya secara lebih ringkas. Dalam proses penggabungan tersebut, seringkali kita juga butuh menghindari cell kosong ataupun perlu menggunakan suatu tanda sebagai pemisah di teks yang menjadi hasil dari proses penggabungannya.

Sebagai contoh kebutuhan ini pada pekerjaan, misalnya kita sedang membuat suatu kode produk untuk mempermudah melihat informasi pada produk tersebut. Dalam proses pembuatannya, hal-hal seperti kategori produk, tanggal produksi, tempat produksi, ataupun informasi lainnya ingin kita gabungkan dengan menggunakan tanda pemisah berupa strip (“-“) di antara beberapa varian informasi tersebut. Kesemua informasi tersebut tersebar dalam beberapa kolom di spreadsheet kita. Mungkin akan mudah menggabungkannya sendiri jika hanya terdapat beberapa produk untuk dibuatkan kodenya. Namun, jika produknya banyak dan kita juga perlu memperhatikan cell kosong di dalam setiap kolom tersebut agar tidak digabungkan juga ke dalam kode produknya, maka akan sangat merepotkan dan memakan waktu jika dilakukan secara manual.

Untuk membantu kita melakukannya secara cepat, maka dapat digunakan formula TEXTJOIN dalam excel. Formula ini membantumu menggabungkan berbagai data ke dalam suatu teks dengan menggunakan suatu tanda pemisah dan terdapat opsi mengabaikan cell kosong. Sangat berguna jika kamu sering berurusan dengan proses penggabungan untuk berbagai tujuan dalam spreadsheet.


Apa Itu Fungsi TEXTJOIN Excel?


Fungsi TEXTJOIN excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan mendapatkan teks hasil gabungan dari berbagai data dengan menggunakan suatu tanda pemisah serta opsi mengabaikan cell kosong jika kamu menggunakan range untuk proses fungsi ini. Fungsi TEXTJOIN excel dapat digunakan sejak versi 2019 dari perangkat lunak spreadsheet ini.

Secara umum, input fungsi TEXTJOIN pada excel dapat dijelaskan sebagai berikut:


=TEXTJOIN(delimiter, ignore_empty, text1, …)


Keterangan:
  • delimiter = tanda pemisah untuk hasilnya nanti
  • ignore_empty = pemberitahuan apakah kita ingin mengabaikan cell kosong atau tidak
  • text1 = komponen untuk digabungkan
  • … = komponen lainnya yang ingin digabungkan



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus TEXTJOIN Pada Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menuliskan rumus TEXTJOIN excel. Rumus TEXTJOIN di excel membutuhkan tiga input wajib yaitu tanda pemisah pada hasil, pemberitahuan pengabaian cell kosong atau tidak, serta komponen untuk digabungkan. Kamu dapat memasukkan sebanyak mungkin cell range atau komponen yang kamu ingin gabungkan dalam rumus ini.


Cara Menggunakan Rumus TEXTJOIN di Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus TEXTJOIN Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik TEXTJOIN (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus TEXTJOIN Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan tanda pemisah / koordinat cell di mana pemisahnya berada setelah buka kurung. Jika mengetikkannya secara langsung (bukan koordinat), maka kamu harus mengetiknya di antara dua tanda kutip (“”). Lalu ketik tanda koma ( , )

    Rumus TEXTJOIN Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan pemberitahuanmu kepada rumusnya apakah ingin mengabaikan cell kosong atau tidak jika nantinya kamu memasukkan cell range untuk bagian input berikutnya perihal semua data yang ingin digabungkan. Ketik TRUE jika ingin mengabaikan dan tidak memasukkan cell kosong dalam hasil penggabungannya dan ketik FALSE jika tidak ingin mengabaikannya. Lalu ketik tanda koma

    Rumus TEXTJOIN Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan data / koordinat cell di mana data yang ingin kamu gabungkan berada. Kamu juga dapat memasukkan cell range langsung jika data yang ingin digabungkan berdekatan satu sama lain (biasanya langsung dengan menggunakan cell range). Jika mengetikkannya secara langsung (bukan koordinat) dan ia berbentuk selain angka, maka kamu harus mengetiknya di antara dua tanda kutip

    Rumus TEXTJOIN Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Opsional: Ketik tanda koma lalu masukkan data / koordinat / cell range lain jika masih ada hal lain yang ingin digabungkan untuk hasil akhirnya. Pisahkan dengan tanda koma untuk setiap hal yang dimasukkan. Jika mengetikkannya secara langsung (bukan koordinat) dan ia berbentuk selain angka, maka kamu harus mengetiknya di antara dua tanda kutip

    Rumus TEXTJOIN Excel - Screenshot Langkah 6

  7. Masukkan tanda tutup kurung setelah semua komponen penggabungannya sudah dimasukkan

    Rumus TEXTJOIN Excel - Screenshot Langkah 7

  8. Tekan tombol Enter
  9. Proses selesai!

    Rumus TEXTJOIN Excel - Screenshot Langkah 9



Latihan


Setelah kamu memahami bagaimana cara menggunakan rumus TEXTJOIN excel, sekarang saatnya kamu memperdalam pemahamanmu dengan mengerjakan latihan di bawah ini.

Unduh file latihannya dan jawab semua instruksinya. Unduh file kunci jawabannya untuk mengecek semua jawabanmu jika sudah selesai atau ketika kamu bingung bagaimana cara menyelesaikan latihannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

Jawab setiap instruksi pada tempat berwarna abu-abu di baris nomor yang sesuai!
  1. Gabungkan semua isi dari kolom 1 sampai 5 pada baris No. 1 dengan koma dan spasi sebagai pemisahnya. Abaikan yang kosong!
  2. Gabungkan semua isi dari kolom 1 sampai 5 pada baris No. 1 dengan koma dan spasi sebagai pemisahnya. Jangan abaikan yang kosong!
  3. Gabungkan semua isi dari kolom 1 sampai 5 pada baris No. 1 dan sebuah huruf X dengan strip sebagai pemisahnya. Abaikan yang kosong!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Jika ingin menggabungkan secara manual, maka kamu juga bisa melakukannya menggunakan tanda dan (&) di antara data yang ingin digabungkan
  • Terdapat juga rumus lain untuk proses penggabungan yang lebih sederhana pada spreadsheet yaitu CONCAT serta CONCATENATE
  • Apapun jenis data yang kamu gabungkan, hasil dari rumus TEXTJOIN excel nantinya adalah jenis teks
  • Jika kamu ingin ada spasi sebagai tanda pemisahnya, maka jangan lupa memasukkan spasinya di bagian input pemisah tersebut




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert