Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Compute Expert

Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan



Di tutorial ini, kamu akan mempelajari cara menggunakan rumus TRANSPOSE excel secara lengkap.

Ketika bekerja di excel, terkadang kita perlu memutarbalikkan suatu tabel data demi tujuan tertentu. Kita ingin bagian horizontal dari tabel datanya tersebut menjadi vertikal dan bagian vertikal dari tabel datanya menjadi horizontal. Salah satu cara termudah untuk menjalankan proses pemutarbalikkan tabel datanya tersebut di excel adalah dengan menggunakan rumus TRANSPOSE.

Mau tahu lebih banyak mengenai rumus TRANSPOSE ini dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar di excel? Baca tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!







Rumus TRANSPOSE Excel Adalah…

TRANSPOSE adalah rumus yang dapat membantu kita membalikkan suatu cell range di excel. Membalikkan di sini berarti TRANSPOSE akan membuat bagian vertikal cell rangenya menjadi horizontal dan bagian horizontalnya menjadi vertikal.



Fungsi TRANSPOSE pada Excel

Kamu bisa menggunakan TRANSPOSE untuk membantumu memutarbalikkan suatu cell range dengan mudah di excel.



Hasil TRANSPOSE

Hasil dari TRANSPOSE adalah suatu cell range yang orientasinya berkebalikkan dari cell range yang kamu jadikan sebagai inputnya.



Versi Excel dari Mana Kita Mulai Bisa Menggunakan TRANSPOSE

Kita mulai bisa menggunakan TRANSPOSE di excel sejak excel 2003.



Cara Penulisan dan Input

Berikut bentuk penulisan umum dari TRANSPOSE di excel.

{ = TRANSPOSE ( cell_range_yang_ingin_dibalikkan ) }


Tinggal masukkan input cell range yang ingin kamu balikkan orientasinya ke dalam penulisan TRANSPOSEmu. Karena hasil yang kita dapatkan dari TRANSPOSE adalah sebuah array (cell range), kita harus menggunakan bentuk rumus array excel. Itulah mengapa terdapat tanda kurung keriting di sekitar penulisan rumus TRANSPOSE kita di atas.

Kita ubah TRANSPOSEnya menjadi berbentuk rumus array dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + Enter setelah kita menuliskan rumusnya. Kita juga harus menyorot cell range di mana kita ingin menaruh hasilnya sebelumnya agar kita mendapatkan hasilnya dengan benar.



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut contoh implementasi dari TRANSPOSE di excel.

Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi Rumus TRANSPOSE

Pada contoh di atas, kamu bisa lihat hasil dan bagaimana cara kita menuliskan rumus TRANSPOSE di excel.

Ketika kita menuliskan TRANSPOSE, kita hanya perlu memasukkan input cell range yang ingin kita ubah orientasinya. Jangan lupa menyorot cell range hasilnya terlebih dahulu serta menekan tombol Ctrl + Shift + Enter setelah menuliskan rumusnya. Ini agar kita bisa mendapatkan hasil dari rumus TRANSPOSEnya dengan benar.

Seperti yang kamu lihat pada hasil dari contohnya di atas, TRANSPOSE tidak menyalinkan format cellnya juga pada hasilnya. Ia hanya akan menyalinkan isi-isi dari cell range yang kamu jadikan inputnya dengan mengganti orientasinya.




Langkah Penulisan

Setelah kita mendiskusikan bentuk penulisan, input, dan contoh implementasi dari TRANSPOSE, sekarang mari mendiskusikan langkah-langkah penulisannya. Karena rumus ini hanya membutuhkan satu input yang simpel dalam penulisannya, langkah-langkah penulisannya ini seharusnya menjadi tidak terlalu sulit dipahami.

  1. Sorot cell range di mana kamu ingin menaruh semua hasil dari rumus TRANSPOSEmu. Banyak baris cell rangenya haruslah sama dengan banyak kolom dari cell range yang kamu jadikan input TRANSPOSEmu nanti. Banyak kolom cell rangenya haruslah sama dengan banyak baris dari cell range yang kamu jadikan input TRANSPOSEmu nanti

    Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik tanda sama dengan ( = )

    Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik TRANSPOSE (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan cell range yang orientasinya ingin kamu ubah (vertikal menjadi horizontal atau horizontal menjadi vertikal)

    Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 4

  5. Ketik tanda tutup kurung

    Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Ctrl + Shift + Enter
  7. Selesai!

    Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 7




Mendapatkan Hasil Transpose Tanpa Angka 0 untuk Cell Kosong: TRANSPOSE IF

Jika kita mempunyai cell kosong di cell range yang kita jadikan input bagi TRANSPOSE, kita akan mendapatkan angka 0 pada hasilnya.

Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Hasil Implementasi Rumus TRANSPOSE pada Cell Range dengan Cell Kosong

Bagaimana jika kita menginginkan cell kosongnya tetap kosong di hasil dari rumus TRANSPOSEnya? Untuk hal tersebut, kita bisa mengkombinasikan rumus TRANSPOSE kita dengan IF.



Berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi kedua rumusnya untuk tujuan tersebut.

{ = TRANSPOSE ( IF ( cell_range_yang_ingin_dibalikkan = “” , “” , cell_range_yang_ingin_dibalikkan ) ) }


Cukup mudah, bukan? Kita hanya perlu membuat kondisi logika untuk cell kosongnya di IF yang kita tuliskan di dalam rumus TRANSPOSE kita.

Jika cell dalam cell rangenya kosong, maka kita ingin ia tetap kosong. Kita mendeklarasikan hal ini di IF kita dengan memasukkan input kondisi logika di mana cell rangenya sama dengan kosong (simbol dari kosong di excel adalah tanda kutip kosong ( “” )). Kita masukkan data kosong juga sebagai hasil true dari IFnya untuk menyatakan bahwa kita ingin cell kosongnya tetap kosong.

Sebagai hasil false dari IFnya, kita masukkan cell rangenya lagi. Ini untuk menyatakan bahwa kita ingin isi cellnya tetap sama jika ia tidak kosong.

Setelah kita menuliskan rumus IFnya seperti itu di dalam TRANSPOSE, kita tekan Ctrl + Shift + Enter dan kita akan langsung mendapatkan hasilnya! Jangan lupa untuk menyorot cell range hasilnya terlebih dahulu agar kita bisa mendapatkan hasil dari TRANSPOSE IFnya secara lengkap.

Berikut contoh implementasi dari kombinasi rumus TRANSPOSE dan IFnya di excel.

Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi Kombinasi Rumus TRANSPOSE dan IF

Seperti yang kamu lihat di sana, kita bisa menjaga cell kosongnya tetap kosong di hasil dari TRANSPOSE kita. Hal ini karena kita mengkombinasikan rumus TRANSPOSE kita dengan IF dengan cara seperti yang sudah kita diskusikan sebelumnya!



Mendapatkan Hasil Transpose yang Statis 1: Paste Value

Jika kamu menggunakan TRANSPOSE untuk membalikkan cell rangemu, kamu akan mendapatkan hasil yang dinamis. Hal ini berarti jika kamu mengubah isi dari cell range yang kamu jadikan input bagi TRANSPOSEnya, hasil TRANSPOSEmu juga akan berubah.

Bagaimana jika kita menginginkan hasil statis yang tidak akan berubah apapun yang kamu lakukan terhadap sumber dari hasilnya tersebut? Salah satu cara untuk mendapatkan hasil statis tersebut adalah dengan mempaste value hasil dari penulisan rumus TRANSPOSEmu.

Cara mempaste valuenya sendiri sebenarnya cukup mudah. Pertama, sorot cell range yang menjadi hasil dari rumus TRANSPOSEmu. Lalu, tekan tombol Ctrl + C supaya cell rangenya berada dalam mode salin seperti ini.

Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Mode Salin Aktif pada Cell Range Hasil Rumus TRANSPOSE

Lalu, kamu tinggal mengklik kanan cell rangenya dan sorot Paste Special di pilihan menu yang muncul. Kemudian, pilih Paste Value.

Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Lokasi Pilihan Paste Special dan Paste Value

Tekan tombol Esc di keyboardmu untuk menghilangkan mode salin dari cell rangemu.

Dengan menjalankan langkah-langkah tersebut, kamu telah mempaste value hasil dari penulisan rumus TRANSPOSEmu! Itu berarti kamu telah menghilangkan penulisan rumus TRANSPOSEnya dan hanya menyisakan hasilnya saja. Sebagai hasilnya, cell range dari proses transpose cell rangemu seharusnya sudah menjadi statis sekarang.

Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Hasil Paste Value pada Hasil Rumus TRANSPOSE



Mendapatkan Hasil Transpose yang Statis 2: Paste Transpose

Cara lainnya untuk mendapatkan hasil transpose yang statis, tanpa menggunakan rumus TRANSPOSE sama sekali, adalah dengan menggunakan paste transpose. Sama seperti paste value, paste transpose juga merupakan bagian dari fitur paste special di excel.



Untuk menggunakan paste transpose sendiri, pertama-tama, sorot cell range yang ingin kamu putarbalikkan orientasinya. Lalu, tekan tombol Ctrl + C untuk mengaktifkan mode salin pada cell rangenya tersebut seperti ini.

Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Mode Salin Aktif di Cell Range yang Ingin Dibalikkan Orientasinya dengan Paste Transpose

Kemudian, pilih cell paling kiri atas di mana kamu ingin menaruh hasil transposemu. Setelah itu, klik kanan pada cellnya tersebut, sorot Paste Special, dan pilih Transpose.

Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Lokasi Pilihan Paste Special dan Transpose

Tekan tombol Esc untuk menghilangkan mode salin dari cell rangemu.

Dengan melakukan itu, kamu telah membalikkan cell rangemu dan hasilnya akan menjadi statis! Tidak seperti jika kamu menggunakan TRANSPOSE, paste transpose juga akan menyalinkan format cellnya bersamaan dengan isi dari cell range sumbernya.

Cara Menggunakan Rumus TRANSPOSE Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Hasil Paste Transpose



Latihan

Setelah kamu mempelajari cara menggunakan rumus TRANSPOSE di excel secara lengkap, sekarang mari mengerjakan latihan berikut untuk memperdalam pemahamanmu!

Unduh file latihannya dan jalankan semua instruksi di bawah ini. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

Berikan jawabanmu di cell-cell yang sesuai untuk setiap nomor instruksinya!
  1. Putarbalikkan cell range no. 1 dengan menggunakan rumus TRANSPOSE!
  2. Putarbalikkan cell range no. 2 dengan mengkombinasikan rumus TRANSPOSE dan IF! Lalu, paste value hasilnya!
  3. Putarbalikkan cell range no. 3 dengan menggunakan paste transpose!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Jika kamu ingin menghapus hasil TRANSPOSEmu, maka kamu harus menghapus semua hasilnya. Hal ini karena excel memperlakukan hasil dari TRANSPOSE sebagai satu entitas yang tidak dapat kita pisahkan.

Namun, jika kamu sudah mempaste value hasilnya, maka kamu bisa menghapusnya secara satu per satu.



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert