Cara Menambah Baris di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Menambah Baris di Excel



Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari cara menambah baris di excel. Cara menambah baris pada excel ini digunakan terutama ketika kita ingin menyisipkan suatu baris antara kumpulan data yang dimiliki dalam file perangkat lunak spreadsheet ini.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Menambah Baris Pada Excel?


Pada waktu melakukan pengolahan data dalam sebuah file spreadsheet, mungkin terdapat suatu waktu ketika kita perlu menyisipkan suatu entri dalam tabel data kita. Hal ini diperlukan ketika kita butuh menambahkan suatu entri tersebut ke tengah-tengah semua data yang sudah dimasukkan ataupun mungkin ketika kita perlu menyisipkan suatu pemrosesan dalam tengah tabel. Jika kita tidak mengetahui bagaimana melakukannya, tentu akan sangat merepotkan mengingat sifat entri data dalam spreadsheet biasanya dinamis dan sering terdapat perubahan di tengah pengolahannya.

Sebagai contoh kebutuhan ini dalam pekerjaan, misalkan kita sedang melakukan input data terhadap angka total penjualan perusahaan per harinya. Ada kalanya mungkin kita sudah sampai ke suatu tanggal tertentu dan baru sadar kalau ada tanggal terlewat untuk dimasukkan dalam tabel datanya pada saat itu. Salah satu cara untuk menyelipkan entri terlewat tersebut tentunya adalah dengan menyisipkan entri data ke tengah-tengah tabel agar tanggalnya tetap bersifat urut. Untuk keperluan tersebut, kita perlu mengetahui cara menambah baris di excel.

Untuk membantu mengenai aplikasinya dalam alat bantu spreadsheet ini, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan olehmu. Dengan memahami salah satu atau lebih dari metode tersebut, maka mestinya kamu tidak akan kesusahan jika butuh menyelipkan beberapa data ke tengah tabelmu dalam spreadsheet ketika memang dibutuhkan.


Apa Itu Cara Menambah Baris di Excel?


Cara menambah baris di excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan memasukkan satu atau lebih entri ke tengah-tengah datamu. Biasanya cara ini perlu digunakan ketika kamu sedang membuat suatu tabel di spreadsheet dan perlu menyisipkan satu atau lebih entri ketika sedang dalam proses pembuatannya.


Bagaimana Cara Menambah Baris di Excel?


Berikut akan dijelaskan caranya dengan menggunakan 3 metode yang dapat dipakai olehmu. Kamu dapat menggunakan salah satu saja dari ketiganya karena hasilnya akan sama saja.


Metode 1 - Menu Insert Row

  1. Sorot tempat kamu ingin memasukkan entri baru ke sebelah atasnya dengan melakukan klik pada nomornya di samping kiri (Sorot sejumlah yang ingin kamu masukkan dengan melakukan drag)

    Cara Menambah Baris di Excel - Screenshot Langkah 1-1

  2. Klik Insert pada tab Home

    Cara Menambah Baris di Excel - Screenshot Langkah 1-2

  3. Selesai!

    Cara Menambah Baris di Excel - Screenshot Langkah 1-3




Metode 2 - Klik Kanan

  1. Sorot tempat kamu ingin memasukkan entri baru ke sebelah atasnya dengan melakukan klik pada nomornya di samping kiri (Sorot sejumlah yang ingin kamu masukkan dengan melakukan drag)

    Cara Menambah Baris di Excel - Screenshot Langkah 2-1

  2. Klik kanan dan pilih Insert

    Cara Menambah Baris di Excel - Screenshot Langkah 2-2

  3. Selesai!

    Cara Menambah Baris di Excel - Screenshot Langkah 2-3




Metode 3 - Tombol Shortcut

  1. Tempatkan kursormu pada cell tempat kamu ingin memasukkan entri baru ke sebelah atasnya (Sorot cell lebih dari satu baris sejumlah kebutuhan pemasukanmu jika kamu memang ingin memasukkan lebih dari satu)

    Cara Menambah Baris di Excel - Screenshot Langkah 3-1

  2. Tekan tombol Shift + Space Bar secara bersamaan

    Cara Menambah Baris di Excel - Screenshot Langkah 3-2

  3. Tekan tombol Ctrl + Shift + + (Command + Shift + + pada Mac) secara bersamaan
  4. Selesai!

    Cara Menambah Baris di Excel - Screenshot Langkah 3-4





Latihan


Setelah memahami mengenai bagaimana menggunakan ketiga metode tersebut, sekarang saatnya untuk mempraktekkannya demi memperdalam pemahamanmu. Buka satu file spreadsheet dan coba praktekkan cara menambah baris pada excel dengan menggunakan setiap dari ketiga metodenya. Bagaimana hasilnya? Bisakah kamu melakukannya?


Catatan Tambahan


Format cell pada baris baru yang ditambahkan akan mengikuti format cell dari entri sebelah atas tempat ia dimasukkan.


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert