Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Compute Expert

Cara Menggabungkan Kolom di Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Cara Menggabungkan Kolom di Excel



Di tutorial ini, kamu akan mempelajari cara menggabungkan kolom di excel secara lengkap.

Ketika mengolah data di excel, terkadang kita perlu menggabungkan data dari beberapa kolom ke dalam satu kolom. Terdapat beberapa rumus dan fitur yang bisa kita gunakan untuk melakukan proses penggabungan ini.

Ingin tahu apa saja rumus dan fitur tersebut dan bagaimana cara menggunakan mereka dengan benar untuk menggabungkan kolom-kolommu di excel? Baca tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!







Cara Menggabungkan Kolom di Excel 1: Simbol Dan (&)

Cara penggabungan kolom-kolom excel pertama yang akan kita diskusikan adalah cara yang dengan menggunakan simbol dan (&).

Cara menggabungkan kolom dengan menggunakan simbol dan ini sendiri cukup simpel. Ketika kamu menuliskan rumus penggabungan kolommu, tinggal taruh simbol dannya di antara koordinat cell dari kolom-kolommu seperti ini.

= cell_kolom1 & cell_kolom2 & cell_kolom3 & …


Kamu bisa menggabungkan berapa kolompun yang kamu mau. Tinggal ingat saja untuk memasukkan simbol dan di antara koordinat cell dari kolom-kolommu tersebut.

Tulis rumusmu sekali untuk cell yang paling atas dari kolom-kolommu dan salin rumusnya tersebut ke bawah. Kamu akan langsung mendapatkan semua hasil penggabungan data dari kolom-kolommu!

Untuk lebih memahami konsepnya, berikut contoh implementasinya di excel.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penggunaan & untuk Menggabungkan Kolom di Excel

Di contoh tersebut, kita ingin menggabungkan bagian-bagian kode yang terpisah di kolom yang berbeda menjadi suatu kode utuh. Untuk melakukannya, seperti yang bisa kamu lihat, kita tuliskan koordinat cell kolom bagian kodenya dan tambahkan simbol dan di antara mereka.



Cara Menggabungkan Kolom di Excel 2: CONCATENATE

Selain menggunakan simbol dan, kamu juga bisa menggunakan rumus CONCATENATE excel untuk menggabungkan kolom di excel. Tinggal masukkan input koordinat cell dari kolom-kolom yang ingin kamu gabungkan ke dalam CONCATENATE dan kamu bisa langsung menggabungkan mereka.

Berikut bentuk penulisan umum CONCATENATE untuk menggabungkan kolom di excel.

= CONCATENATE ( cell_kolom1 , cell_kolom2 , cell_kolom3 , … )


Jangan lupa menaruh tanda koma ( , ) di antara koordinat cell dari kolom-kolommu di CONCATENATE agar rumusnya bisa bekerja dengan benar.

Berikut contoh implementasi CONCATENATE untuk tujuan penggabungan kolomnya.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Implementasi CONCATENATE untuk Menggabungkan Kolom di Excel

Tuliskan dan masukkan input ke CONCATENATE dengan benar untuk menggabungkan kolom-kolommu di excel dengan cepat!



Cara Menggabungkan Kolom di Excel 3: Flash Fill (Excel 2013 atau yang Lebih Baru)

Kamu bisa menggunakan cara penggabungan flash fill ini hanya jika kamu menggunakan excel versi 2013 atau yang lebih baru.

Flash fill adalah fitur hebat yang bisa membantumu menyelesaikan proses input datamu jika prosesnya tersebut memiliki suatu pola. Untuk menggabungkan data-data dari kolom-kolommu, kamu juga bisa menggunakan flash fill untuk melakukan penggabungannya dengan cepat.



Untuk menggunakan fiturnya dalam proses penggabungan kolom, gabungkan data pertama dari kolom-kolommu secara manual terlebih dahulu. Flash fill butuh membaca contoh pola input darimu untuk menjalankan fungsinya.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Penggabungan Kolom Manual untuk Implementasi Flash Fill

Setelah kamu selesai menggabungkan data pertamanya, pergi ke tab Home, klik tombol dropdown Fill, dan pilih Flash Fill. Kamu juga bisa menekan tombol Ctrl + E untuk langsung mengaktifkan fitur flash fill secara cepat.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Lokasi Tab Home, Tombol Dropdown Fill, dan Pilihan Flash Fillnya

Mengaktifkan flash fill akan membuatnya langsung menyelesaikan proses penggabungan data dari kolom-kolommu!

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Hasil Implementasi Flash Fill untuk Menggabungkan Kolom di Excel

Jika kamu mendapatkan hasil penggabungan kolom yang salah dari flash fill, coba perbaiki salah satu dari hasil penggabungannya. Flash fill akan memperbaiki hasil penggabungan yang lainnya berdasarkan pola dari perbaikanmu tersebut jika memang ia dapat membacanya.



Cara Menggabungkan Kolom di Excel 4: CONCAT (Excel 2019 atau yang Lebih Baru)

Satu kekurangan jika kamu menggunakan CONCATENATE untuk menggabungkan kolom-kolommu adalah kamu tidak bisa memberikan input dalam bentuk cell range. Jika kamu perlu menggabungkan banyak kolom, maka hal ini bisa jadi hal yang merepotkanmu. Kamu jadi perlu memasukkan input koordinat cell dari kolom-kolom tersebut satu per satu dan proses tersebut bisa jadi memakan waktu.

Excel sepertinya menyadari hal ini dan menyediakan rumus CONCAT untuk kita pakai sejak excel 2019. CONCAT adalah rumus yang mirip dengan CONCATENATE dari segi penulisan dan fungsinya. Satu hal penting yang membedakan mereka adalah kamu bisa memasukkan input cell range jika kamu menggunakan CONCAT!

Oleh karena perbedaan tersebut, kamu bisa menuliskan rumusmu seperti ini jika kamu menggunakan CONCAT untuk menggabungkan kolom-kolommu di excel.

= CONCAT ( cell_range_baris_kolom_kolom )


Tinggal masukkan input cell range baris dari kolom-kolom di mana data yang ingin kamu gabungkan berada. Melakukan hal itu akan membuatmu langsung mendapatkan hasil kombinasi dari kolom-kolommu!

Berikut contoh implementasi CONCAT jika kita menggunakannya untuk menggabungkan kolom di excel.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Implementasi CONCAT untuk Menggabungkan Kolom di Excel

Kamu bisa lihat bahwa kita mendapatkan hasil penggabungan kolom kita dengan memasukkan input baris data dari kolom-kolomnya ke CONCAT. Jika kita melakukan itu dengan menggunakan CONCATENATE, kita akan mendapatkan hasil error #VALUE.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Implementasi CONCATENATE dengan Input Cell Range untuk Menggabungkan Kolom di Excel

Oleh karena itu, jika kamu perlu menggabungkan kolom di excel dengan menggunakan rumus dan input berupa cell range, silahkan gunakan CONCAT!



Cara Menggabungkan Kolom di Excel 5: TEXTJOIN (Excel 2019 atau yang Lebih Baru)

Bagaimana jika kita ingin mengabaikan cell-cell kosong dan juga ingin menaruh tanda pemisah dalam hasil penggabungan kolom kita? Jika kamu mempunyai excel versi 2019 atau yang lebih baru, kamu bisa menggunakan rumus TEXTJOIN untuk mensolusikan kebutuhan tersebut.

Berikut bentuk penulisan umum dari TEXTJOIN untuk menggabungkan kolom di excel.

= TEXTJOIN ( tanda_pemisah , abaikan_kosong? , cell_kolom1 , cell_kolom2 , cell_kolom3 , … )


Ketika menggunakan TEXTJOIN, kamu perlu memasukkan input tanda pemisah, TRUE/FALSE, dan cell-cell dari kolom-kolom yang ingin kamu gabungkan. TRUE/FALSE di sini akan menentukan apakah TEXTJOIN mengabaikan cell/data kosong atau tidak ketika ia menggabungkan kolom-kolommu.

Tanda pemisah yang kamu masukkan sebagai input akan berada di antara setiap data kolom yang kamu gabungkan dengan menggunakan TEXTJOIN. Kamu bisa memasukkan koma, spasi, garis, atau tanda pemisah apapun yang kamu inginkan ke dalam TEXTJOIN.



Sama seperti CONCAT, kamu juga bisa memasukkan input cell range ke TEXTJOIN jika kamu mau. Masukkan cell range tersebut di bagian akhir dari input TEXTJOINmu. Pisahkan semua input cell range, cell, dan data kolom yang ingin kamu gabungkan dengan menggunakan tanda koma.

Untuk lebih memahami konsep dari TEXTJOIN, berikut contoh implementasinya di excel.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Implementasi TEXTJOIN untuk Menggabungkan Kolom di Excel

Mengabaikan data kosong ketika menggunakan TEXTJOIN akan membuat kita hanya menggabungkan cell kolom kita yang berisi data. Jika kita tidak mengabaikannya, maka hasilnya akan menjadi seperti yang bisa kamu lihat di baris kedua di sana. Data kosongnya akan jadi muncul di hasil penggabungan kolom kita, dengan tanda pemisah yang akan memisahkannya dari data lainnya.

Kamu juga bisa lihat di contohnya kalau kita bisa memasukkan input cell range ketika kita menggabungkan kolom kita dengan menggunakan TEXTJOIN. TEXTJOIN juga menerima input koordinat cell dan pengetikkan data secara langsung ketika ia menggabungkan data dari kolom-kolom kita.

Jika kamu tidak ingin menaruh tanda pemisah di hasil penggabungan kolom-kolommu, masukkan data kosong sebagai input tanda pemisah dari TEXTJOINmu (“” atau masukkan input koordinat cell kosong)



Cara Menggabungkan Kolom di Excel 6: Notepad

Jika kamu mempunyai aplikasi notepad (ada yang tidak punya?), maka kamu juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menggabungkan kolom-kolommu di excel.

Tinggal buka aplikasi notepadmu dan salin data kolom yang ingin kamu gabungkan di sana. Di notepad, kamu bisa menggabungkan data-datamu dengan jauh lebih mudah karena tidak ada batasan cell yang memisahkan mereka.

Setelah kamu selesai menggabungkan data kolom-kolommu di notepad, salin hasil penggabungannya kembali ke excelmu. Taruh mereka di cell-cell di mana kamu ingin menampilkan mereka. Dengan melakukan itu, kamu telah menyelesaikan proses penggabungan data di kolom-kolom excelmu!



Cara Memberikan Tanda Pemisah Ketika Menggabungkan Kolom di Excel

Jika kamu ingin menempatkan tanda pemisah di antara data kolom yang kamu gabungkan, kamu sebaiknya menggunakan TEXTJOIN jika kamu bisa. Seperti yang kita diskusikan sebelumnya, TEXTJOIN akan menempatkan tanda pemisah di dalam hasil kombinasi dari kolom-kolommu dengan mudah.

Jika memang tidak bisa atau kamu hanya ingin menaruh tanda pemisahmu di tempat tertentu, masukkan input tanda pemisahnya secara manual. Lakukan proses memasukkan inputnya di tempat yang kamu inginkan ketika kamu menuliskan rumus untuk menggabungkan kolom-kolommu. Kamu bisa mengetikkan mereka secara langsung atau menggunakan koordinat cell jika kamu menaruh tanda pemisahnya di cellmu.



Untuk lebih memahami konsepnya, berikut contoh di mana kita menaruh tanda pemisah dalam hasil penggabungan kolom kita di excel. Kita menggunakan TEXTJOIN, tanda dan, dan CONCATENATE untuk menggabungkan kolom-kolom kita di sini.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penggabungan Kolom dengan Tanda Pemisah

Pada contoh tersebut, kita gunakan tanda pemisah yang berbeda-beda untuk menggabungkan setiap baris data kolom yang kita punya. Seperti yang bisa kamu lihat, kita bisa mendapatkan hasil penggabungan kolomnya dengan menggunakan TEXTJOIN, tanda dan, dan CONCATENATE.

Lebih mudah menggabungkan kolom dengan tanda pemisah jika kita menggunakan TEXTJOIN karena kita hanya perlu memasukkan input tanda pemisahnya ke TEXTJOIN. Jika kita menggunakan tanda dan atau CONCATENATE, kita perlu memasukkan input tanda pemisahnya di setiap tempat di mana kita menginginkannya muncul.



Cara Memberikan Teks Tambahan Ketika Menggabungkan Kolom di Excel

Masukkan input teksnya secara manual ke dalam penulisan rumusmu ketika kamu ingin menambahkan teks di hasil penggabungan kolommu. Tidak ada rumus khusus untuk menambahkan teks di excel, seperti TEXTJOIN untuk tanda pemisah tadi.

Berikut contoh ketika kita memberikan teks tambahan ke hasil penggabungan kolom kita di excel. Kita gunakan simbol dan dan CONCATENATE untuk menjalankan proses penggabungannya di sini.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penggabungan Kolom dengan Teks Tambahan

Di contoh tersebut, kita tambahkan teks kita di dalam hasil penggabungan kolom kita di bagian depan atau di bagian belakang. Untuk melakukan itu, kita masukkan input teksnya di tempat yang tepat ketika kita menuliskan rumus kita dengan menggunakan simbol dan dan CONCATENATE.

Jika perlu, jangan lupa menambahkan spasi di tempat di mana kamu “menempelkan” teksmu ke hasil penggabungan kolommu. Seperti yang kamu lihat di penulisan rumus di contohnya, kita harus menambahkan spasinya secara manual dalam tambahan teks kita.
Implementasikan ketiga poin tersebut dan freeze panesmu seharusnya jadi dapat bekerja sesuai dengan cara yang kamu inginkan!



Cara Menampilkan Data Angka dengan Benar Ketika Menggabungkan Kolom di Excel

Angka-angka di kolom-kolom yang ingin kamu gabungkan mungkin ditampilkan dengan format tertentu di cell mereka. Angka-angka tersebut mungkin ditampilkan dalam bentuk tanggal atau angka dengan simbol mata uang. Bentuk asli dari mereka sendiri di excel sebenarnya adalah angka-angka biasa.

Jika kamu langsung memasukkan angka-angka tersebut sebagai input ketika menggabungkan kolommu, kamu tidak akan menggabungkan mereka dalam bentuk format tampilannya. Mereka akan jadi berbentuk angka biasa di hasil penggabungan kolommu. Jika kamu perlu menampilkan angka-angkamu tersebut dalam bentuk format tampilan tertentu, implementasikan TEXT pada mereka.

TEXT adalah suatu rumus yang excel sediakan untuk membantumu mengubah format tampilan datamu. Kita bisa menggunakannya ketika kita menggabungkan kolom-kolom kita agar angka-angka di dalamnya bisa ditampilkan dalam format yang kita inginkan.

Berikut bentuk penulisan umum TEXT agar kita bisa menampilkan angka kita dengan benar dalam hasil penggabungan kolom kita di excel.

= TEXT ( angka , format_tampilan )


Kamu perlu memasukkan TEXT dengan angkamu sebagai inputnya ketika kamu menuliskan rumus untuk menggabungkan kolom-kolommu. Masukkan input format tampilan yang benar ke dalam TEXT agar kamu bisa menampilkan angka-angkamu dengan benar di hasil penggabungan kolommu.

Untuk pemahaman yang lebih baik, berikut contoh implementasi TEXT di penulisan rumus penggabungan kolom di excel.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penggabungan Kolom dengan Angka dengan Menggunakan TEXT

Kita menggunakan TEXT pada contohnya tersebut agar kita bisa menampilkan tanggal, angka dengan simbol mata uang, dan angka kita dengan benar. Kita masukkan input format angka yang kita inginkan ke TEXT untuk mendapatkan bentuk tampilan tersebut di setiap hasil penggabungan kolomnya.

Jika kita tidak menggunakan TEXT, maka hal seperti inilah yang akan terjadi.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penggabungan Kolom dengan Angka Tanpa Menggunakan TEXT

Di sini, tanggal, angka dengan simbol mata uang, dan angka kita berubah menjadi nilai angkanya saja dalam hasil penggabungan rumus kita. Ini terjadi karena kita tidak menggabungkan data angka kita dengan menggunakan TEXT.

Oleh karena itu, gunakan TEXT kapanpun kamu butuh menampilkan data angkamu dalam format tertentu di hasil penggabungan dari kolom-kolommu!




Cara Menghilangkan Rumus Setelah Menggabungkan Kolom di Excel

Kamu menggunakan rumus untuk menggabungkan kolom dan sekarang kamu ingin menghilangkan rumus tersebut sembari tetap mempertahankan hasil penggabungan kolomnya? Kamu bisa melakukan itu dengan cara mengimplementasikan fitur paste values excel.

Untuk implementasi fiturnya tersebut, sorot cell range berisi rumus penggabungan kolommu terlebih dahulu. Lalu, tekan tombol Ctrl + C (Command + C di Mac) di keyboardmu untuk mengaktifkan mode salin di cell rangenya.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Tampilan Mode Salin pada Cell Range

Lalu, pergi ke tab Home dan klik tombol dropdown Paste di sana. Klik Paste Values dari daftar pilihan dropdown yang muncul.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Lokasi Tab Home, Tombol Dropdown Paste, dan Pilihan Paste Valuesnya

Selesai! Kamu sudah menghilangkan rumus penggabungkan kolommu sembari tetap mempertahankan hasil mereka di cell range yang kamu sorot!

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Hasil Implementasi Paste Values untuk Menghilangkan Rumus Penggabungan Kolom



Cara Menggabungkan Cell dari Beberapa Kolom

Jika yang kamu maksud dengan menggabungkan kolom adalah menggabungkan cell-cell mereka per baris, gunakan fitur merge cells di excel.

Untuk menggunakan fiturnya, sorot cell-cell dari baris pertama kolom-kolom yang ingin kamu gabungkan. Lalu, pergi ke tab Home dan klik tombol Merge & Center di sana.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Lokasi Tab Home dan Tombol Merge & Center

Kamu telah menggabungkan cell-cell baris pertama dari kolom-kolommu! Sekarang, untuk menggabungkan semua barisnya, pindahkan pointermu ke sebelah kanan bawah dari kursor cellmu yang ada di baris tergabungnya. Pindahkan sampai pointermu berbentuk plus seperti ini.

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Bentuk Plus Pointer

Setelah ia berbentuk plus, klik dan drag pointermu sampai ke baris terakhir dari kolom-kolommu. Lepaskan dragnya setelah itu dan kamu telah selesai menggabungkan cell-cell di kolom-kolommu!

Cara Menggabungkan Kolom di Excel - Screenshot Contoh Hasil Implementasi Cara Penggabungan Cell di Beberapa Kolom



Latihan

Setelah kamu mempelajari cara menggabungkan kolom di excel, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Adanya latihan ini adalah agar kamu bisa semakin memahami implementasi dari materi yang ada di tutorial ini.

Unduh file latihannya dan kerjakan semua instruksinya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu.

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

Gunakan cara manapun yang kamu inginkan untuk menggabungkan kolom-kolom di file latihannya sesuai dengan instruksi di bawah ini. Taruh jawabanmu di kolom berwarna abu-abu dengan header yang sesuai dengan nomor instruksinya.
  1. Gabungkan kolom nama awal, nama tengah, dan nama akhir tanpa menggunakan tanda pemisah!
  2. Gabungkan kolom nama awal, nama tengah, dan mana akhir dengan menggunakan koma sebagai tanda pemisahnya!
  3. Gabungkan kolom nama awal, nama tengah, dan nama akhirnya dengan menggunakan spasi sebagai tanda pemisahnya. Tambahkan teks “Nama Lengkap:” di depan setiap hasil penggabungan kolomnya!


Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Kamu juga bisa mempertahankan format tampilan angka ketika menggabungkan kolom di excel dengan cara mengkonversinya menjadi tipe data teks terlebih dahulu. Akan tetapi, hal ini akan membuatmu jadi tidak bisa melakukan perhitungan dengan menggunakan angka yang dikonversi tersebut.



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert