Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya



Merasa bingung ketika melihat tanda $ dalam sebuah rumus excel? Tidak tahu apa arti dari mereka? Tutorial ini akan menjawab apa yang dimaksud dengan dan cara menggunakan $ di excel untukmu!

Ketika kita menuliskan sebuah rumus di excel, kita seringkali perlu menyalinnya ke cell lain. Hal ini agar kita tidak membuang waktu menuliskan rumus yang sama lagi.

Fungsi utama dari tanda dolar adalah membantu kita dalam proses penyalinan ini agar kita bisa mendapatkan penulisan rumus sesuai keinginan kita. Penasaran apa maksudnya itu? Pelajari detailnya lebih banyak lagi di bawah ini!







Pengertian dan Fungsi $ (Tanda Dolar) di Excel

Arti tanda $ di excel, lebih spesifiknya di rumus excel, adalah angka baris/huruf kolom di kanannya bersifat absolut.

Apa yang dimaksud dengan absolut? Itu berarti angka baris/huruf kolomnya tidak akan berpindah ketika kita menyalin rumusnya ke cell lain!

Ketika kita menyalin rumus di excel, baris dan kolom dari referensi cellnya biasanya ikut berpindah. Arah perpindahannya tergantung dari arah ke mana kita menyalin rumusnya dari cell sumbernya tersebut.

Sebagai contoh, lihat angka-angka dan rumus penjumlahan manual dalam screenshot di bawah ini.

Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Data Untuk Contoh Implementasi Tanda $ di Rumus Excel

Jika kita menyalin rumus penjumlahannya ke cell G4, maka hasilnya menjadi seperti ini.

Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Salin Rumus Dengan Tanpa Tanda $

Mengapa hasilnya menjadi 11 dan bukan 3 lagi? Hal ini karena referensi cell dalam rumus yang kita salin juga akan berpindah seiring dengan arah penyalinan rumusnya.

Dengan kita menyalin rumusnya ke satu cell bawah kanan dari cell sumbernya, referensi cellnya juga berpindah ke arah tersebut. B3 menjadi C4 (satu cell bawah kanan dari B3) dan C3 menjadi D4 (satu cell bawah kanan dari C3). Ini membuat rumus penjumlahannya jadi menjumlahkan 5 dan 6, bukan 1 dan 2, yang kemudian menghasilkan 11.

Sekarang, bagaimana jika kita menambahkan tanda $ di depan huruf kolom B3 sebelum kita menyalin rumusnya? Itu berarti tulisan B3 dalam rumus penjumlahannya tersebut berubah menjadi $B3 seperti ini.

Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Contoh Penulisan Tanda $ di Depan Kolom Suatu Referensi Cell

Apa yang akan terjadi jika kita menyalin rumusnya ke cell G4 seperti sebelumnya? Yang akan terjadi adalah seperti ini.

Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Salin Rumus Dengan Tanda $ di Depan Kolom Suatu Referensi Cell

Mengapa hasilnya menjadi 10 dan bukan 11 lagi? Alasannya adalah karena kita telah menempatkan tanda $ di depan huruf B dari B3nya.

Seperti didiskusikan sebelumnya, tanda $ membuat angka baris/huruf kolom di sebelah kanannya menjadi absolut. Itu berarti ketika kita menyalin rumus dengan tanda $nya, baris/kolomnya tidak akan berpindah.

Dalam contoh di atas, $ membuat B dari B3 menjadi absolut. Ini membuat huruf B tidak akan berpindah ketika kita menyalin rumus penjumlahannya.

Hasil rumus dari proses penyalinan tersebut adalah =$B4+D4. Hanya angka baris dari $B3 yang berpindah dan kolomnya tetap sama!

Hal yang sama juga akan terjadi jika kita menyalin rumus dengan tanda $ di depan angka baris B3nya. Barisnya tidak akan berpindah ketika kita menyalin rumusnya karena tanda $ tersebut.

Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Salin Rumus Dengan Tanda $ di Depan Baris Suatu Referensi Cell

Bagaimana jika kita menempatkan tanda $ di depan angka baris dan huruf kolom dari B3? Ini akan membuat referensi cell tersebut tidak akan berpindah baris dan kolomnya ketika kita menyalin rumus penjumlahannya!

Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Salin Rumus Dengan Tanda $ di Depan Baris dan Kolom Suatu Referensi Cell

Untuk merangkum penjelasannya, ini adalah tabel yang menjelaskan mengenai apa yang akan tanda $ lakukan dalam sebuah rumus excel.

Posisi $ArtiContoh Penulisan Rumus
Di depan huruf kolomKolomnya adalah referensi absolut (ia tidak akan berpindah ketika kita menyalin rumus yang berisi referensi kolomnya tersebut)=$A1
Di depan angka barisBarisnya adalah referensi absolut (ia tidak akan berpindah ketika kita menyalin rumus yang berisi referensi barisnya tersebut)=A$1
Di depan angka baris dan huruf kolomKolom dan barisnya (seluruh cellnya) adalah referensi absolut (mereka tidak akan berpindah ketika kita menyalin rumus yang berisi referensi koordinat cellnya)=$A$1


Sekarang, apakah kamu sudah memahami arti tanda $ dalam sebuah rumus excel? Secara singkatnya, ia akan membuat baris/kolom di kanannya tidak berpindah ketika kita menyalin rumus yang mengandung tandanya tersebut.




Cara Menggunakan $ di Excel 1: Pengetikan Langsung

Setelah mendiskusikan arti tanda $ di excel, sekarang mari membicarakan cara menambahkannya dalam rumusmu.

Secara umum, ada dua cara memasukkan tanda $ di excel, melalui pengetikan langsung dan menggunakan tombol F4. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan tanda $ dengan mengetikkannya secara langsung dalam rumusmu.

  1. Klik dua kali pada cell di mana rumus yang ingin kamu tambahkan tanda $mu berada. Alternatifnya, sorot cell yang berisi rumusmu tersebut dan klik di formula bar

    Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Langkah Ketik Langsung 1

  2. Ketik tanda $ di kiri angka-angka baris/huruf-huruf kolom yang kamu ingin jadikan absolut

    Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Langkah Ketik Langsung 2

  3. Tekan Enter
  4. Selesai!

    Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Langkah Ketik Langsung 4




Cara Menggunakan $ di Excel 2: Tombol F4 (Command + T di Mac)

Cara lainnya untuk menambahkan tanda $ dalam rumus excelmu adalah dengan menggunakan tombol F4 (Command + T di Mac). Berikut langkah-langkah detail menggunakan tombol tersebut untuk tujuan penambahan tanda $nya.

  1. Klik dua kali pada cell di mana rumus yang kamu ingin tambahkan tanda $nya berada. Alternatifnya, kamu juga bisa menyorot cell dari rumus tersebut dan klik formula barmu

    Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Langkah F4 1

  2. Tempatkan kursor ketikmu di dalam referensi cell di mana kamu ingin menambahkan tanda $mu dengan mengkliknya

    Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Langkah F4 2

  3. Tekan tombol F4 (Command + T di Mac) di keyboardmu. Tekan beberapa kali jika diperlukan sampai tanda $nya sudah berada di tempat yang kamu inginkan di cellmu

    Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Langkah F4 3

  4. Jika kamu mempunyai referensi cell lain yang kamu ingin tambahkan tanda $ ke dalamnya, lakukan langkah 2-3 juga untuk mereka
  5. Tekan Enter
  6. Selesai!

    Cara Menggunakan Tanda Dolar ($) di Excel Beserta Definisi dan Fungsinya - Screenshot Langkah F4 6



Latihan

Setelah kamu mempelajari mengenai arti dan bagaimana cara menggunakan $ di excel, kamu bisa mengerjakan latihan berikut. Mengerjakannya akan membuatmu menjadi semakin memahami cara menggunakan tanda $ dalam rumus excelmu!

Unduh file latihan berikut dan lakukan instruksinya. Unduh file kunci jawabannya juga jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana cara mengerjakan latihannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

Lakukan setiap instruksi di sheet yang sesuai dengan nomor instruksinya (1=Sheet1, 2=Sheet2, 3=Sheet3)! Gunakan tanda $ untuk membantumu menjalankan instruksi-instruksinya dengan jauh lebih cepat!
  • Cari tahu apakah Mina, Klaus, dan Lucia lulus atau tidak lulus pada setiap mata pelajarannya!
  • Cari tahu apakah James, Patrick, dan Nicole lulus atau tidak lulus pada setiap mata pelajarannya!
  • Temukan kuantitas penjualan bulan Juni, Oktober, dan Maret dari tabel di sebelah kiri dengan menggunakan VLOOKUP!


Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Jika kamu mau menambahkan tanda $ dalam sebuah cell range menggunakan F4, maka lakukan ini. Sorot cell rangenya sebelum kamu mulai menekan tombolnya. Kamu akan dapat langsung menambahkan tanda $mu di kedua cell yang merepresentasikan cell rangenya tersebut!



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert