Cara Menghitung Umur di Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Cara Menghitung Umur di Excel



Di tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap cara menghitung umur di excel. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan tergantung dari seperti apa jenis angka umur yang ingin kamu dapatkan.

Umur adalah suatu variabel yang terkadang kita perlu cari nilainya ketika kita mengolah data di excel. Jika kamu sudah memahami cara menghitungnya, kamu akan bisa mengerjakan pekerjaanmu di excel dengan lebih optimal.

Apa saja cara-cara perhitungan umur di excel dan bagaimana cara mengimplementasikan mereka? Bergabunglah bersama kami untuk mempelajari mengenai hal tersebut di tutorial ini!







Cara Menghitung Umur di Excel 1: Penulisan Rumus Secara Manual

Pertama-tama, mari kita diskusikan cara-cara dasar perhitungan umur di excel sebelum kita mendiskusikan cara mendapatkan hasil angka umur tertentu.

Ada tiga cara dasar yang bisa kamu gunakan untuk menghitung umur di excel yang akan kita diskusikan di sini. Cara pertama adalah dengan menggunakan penulisan rumus secara manual.

Proses perhitungan umur pada dasarnya adalah proses pengurangan. Kamu mengurangi suatu tanggal tertentu dengan tanggal lahir untuk mendapatkan umurnya.

Oleh karena itu, kita bisa menuliskan rumus pengurangan manual di cell kita untuk mendapatkan angka umur yang kita butuhkan seperti ini.

= ( tanggal_dari_mana_kita_menghitung_umur - tanggal_lahir ) / 365


Kamu bisa menggunakan koordinat cell atau pengetikan secara langsung untuk memasukkan input tanggal dalam rumus pengurangannya tersebut. Jika kamu mengetikkan mereka secara langsung, kamu harus menggunakan tanda kutip pada tanggal-tanggalmu (misalnya, “12/2/2001” untuk 12 Februari 2021).

Kita bagi hasil pengurangan kita dengan 365 karena 365 adalah standar banyak hari dalam satu tahun. Dari penulisan rumus tersebut, kita akan mendapatkan bilangan desimal yang merepresentasikan umur yang ingin kita dapatkan angkanya tadi.

Berikut contoh implementasi dari penulisan rumus tersebut di excel.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penulisan Rumus Manual untuk Menghitung Umur

Untuk tanggal hari ini di contohnya, kita bisa gunakan rumus TODAY untuk mendapatkan tanggalnya secara cepat. Kita juga bisa memasukkan rumus TODAY tersebut secara langsung di penulisan rumus manual kita jika kita menginginkannya. TODAY akan terus memperbaharui data tanggal hari ininya setiap kali kamu membuka atau mengedit worksheetnya.

Kurangi tanggal-tanggalnya secara manual dan bagi hasil pengurangannya tersebut dengan angka 365. Kita seharusnya akan langsung mendapatkan hasil angka usia kita dari proses tersebut.



Cara Menghitung Umur di Excel 2: YEARFRAC

Cara lainnya untuk menghitung umur di excel adalah dengan menggunakan rumus YEARFRAC. Dari YEARFRAC, kita akan mendapatkan selisih dari dua tanggal dalam bentuk bilangan desimal dan satuan tahun. Hasil yang diberikannya itu mirip dengan yang kita dapatkan dari cara penulisan rumus manual yang baru saja kita diskusikan.

Berikut bentuk penulisan umum dari YEARFRAC di excel untuk menjalankan suatu perhitungan umur.

= YEARFRAC ( tanggal_lahir , tanggal_dari_mana_kita_menghitung_umur , [ dasar_perhitungan ] )


Kamu bisa menukar posisi input tanggal lahir dan tanggal basis umurnya tanpa adanya pengaruh pada hasil perhitungannya. Untuk input dasar perhitungannya, ada lima opsi input yang bisa kamu pilih. Setiap opsi memiliki perbedaan dalam hal banyak hari per bulan dan per tahunnya yang akan dijadikan sebagai dasar proses pengurangan tanggalnya.



Berikut sebuah tabel yang merangkum opsi-opsi inputnya tersebut dan dasar perhitungan mereka.

Opsi InputBanyak Hari per Bulan Sebagai Dasar PerhitungannyaBanyak Hari per Tahun Sebagai Dasar Perhitungannya
030 (basis US)360
1sebenarnyasebenarnya
2sebenarnya360
3sebenarnya365
430 (basis Eropa)360


Dasar perhitungan ini menjadi penting karena ia akan menentukan nilai dari angka umur yang akan kamu dapatkan dari YEARFRAC. Semakin sedikit banyak hari dalam satu bulan atau dalam satu tahun berarti semakin besar nilai umur yang akan kamu dapatkan (ini karena kita akan membulatkan selisih banyak hari di antara tanggal kita ke angka tahun dan angka bulan yang lebih besar).

Kata “sebenarnya” di tabelnya berarti excel akan melihat banyak hari sebenarnya dari setiap tahun dan bulan di antara kedua tanggal kita. Jika, misalnya, ada tahun 2016 di antara tanggal kita, maka banyak hari dari tahun tersebut adalah 366 hari. Ini karena 2016 adalah tahun kabisat.

Perbedaan antara basis US dan basis Eropa di sana adalah cara mereka menangani hari terakhir suatu bulan dalam sebuah tanggal. Untuk basis US, jika input tanggal pertamanya adalah hari terakhir di bulannya, maka angka harinya akan diubah menjadi 30. Jika input tanggal keduanya berada di hari terakhir bulannya, maka excel akan mengecek terlebih dahulu input tanggal pertamanya.

Jika angka hari dari tanggal pertamanya kurang dari 30, tanggal keduanya akan berubah menjadi hari pertama dari bulan berikutnya. Jika angka hari dari tanggal pertama adalah 30 atau 31, maka angka hari dari tanggal kedua akan berubah menjadi 30.

Untuk basis Eropa, jika angka hari pada input tanggal pertama dan/atau keduanya 31, maka angka tersebut akan diubah menjadi 30.

Input dasar perhitungan YEARFRAC ini bersifat opsional. Jika kamu tidak memberikan input apapun, excel akan mengasumsikan inputmu sebagai 0.

Berikut contoh implementasi YEARFRAC di excel untuk melakukan proses perhitungan umur.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Implementasi YEARFRAC untuk Menghitung Umur

Jika kamu menggunakan dasar perhitungan yang berbeda, maka hasil perhitungan umurnya juga akan berbeda.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Perbedaan Hasil Perhitungan Umur YEARFRAC Jika Diubah Dasar Perhitungannya

Jadi, jika kamu menggunakan YEARFRAC untuk menghitung umur di excel, berhati-hatilah dengan dasar perhitungan yang kamu gunakan dalam rumusnya!



Cara Menghitung Umur di Excel 3: DATEDIF

Cara dasar menghitung umur terakhir yang akan kami berikan di tutorial ini adalah dengan menggunakan rumus rahasia excel, DATEDIF. Kami menyebutnya rumus rahasia karena excel tidak akan memberikan petunjuk ketika kamu mencoba mengetikkan rumus ini (silahkan coba ketikkan jika kamu belum pernah menggunakan rumus ini sebelumnya).

DATEDIF adalah sebuah rumus yang memiliki fungsi khusus menemukan selisih hari, bulan, dan/atau tahun di antara dua data tanggal. Bagaimana cara menuliskan rumus ini untuk menghitung umur di excel? Berikut kira-kira bentuk penulisan umumnya.

= DATEDIF ( tanggal_lahir , tanggal_dari_mana_kita_menghitung_umur , unit_perhitungan )


Dua input pertama sepertinya cukup jelas karena kamu tinggal memberikan input tanggal-tanggalmu untuk mendapatkan angka umurmu. Input unit perhitungan di sana, di lain pihak, menentukan hasil seperti apa yang akan kamu dapatkan dari DATEDIF.

Berikut sebuah tabel yang merangkum opsi input unit perhitungannya dan apa yang akan mereka hitung untukmu. Kamu harus memberikan input perhitungan ini dalam tanda kutip (“”) pada DATEDIFmu (kecuali jika kamu menggunakan koordinat cell untuk memasukkan inputnya).

UnitMenghitung Perbedaan dariCatatan Tambahan
Ytahun
Mbulanmelibatkan angka tahun ketika melakukan perhitungannya
Dharimelibatkan angka tahun dan bulan ketika melakukan perhitungannya
MDharitidak melibatkan angka tahun dan bulan ketika melakukan perhitungannya
YMbulantidak melibatkan angka tahun ketika melakukan perhitungannya
YDharimelibatkan angka bulan namun tidak melibatkan angka tahun ketika melakukan perhitungannya


Jika kamu menggunakan DATEDIF untuk proses perhitungan umurmu, maka kamu akan mendapatkan hasil berbentuk bilangan bulat. Hasil ini bisa merupakan selisih tahun, bulan, atau harimu tergantung dari unit perhitungan yang kamu gunakan.

Karena kita menghitung umur di sini, kita kemungkinan besar menghitung perbedaan tahun, dan karena itu kita kemungkinan menggunakan unit perhitungan “Y”. Ini kecuali kita ingin tahu selisih angka bulan dan harinya juga dalam umurnya.

Dalam kolom catatan tambahan di tabelnya, kamu bisa melihat kata “melibatkan” dan “tidak melibatkan” di sana. Untuk memahami mengenai hal ini, katakanlah kita menggunakan DATEDIF untuk menghitung selisih bulan di antara dua buah tanggal.

Jika kita melibatkan tahunnya (dengan menggunakan unit perhitungan “M”), maka kita akan mengkonversi tahunnya menjadi bulan dan menguranginya juga untuk mendapatkan hasil perhitungan kita (misalnya, hasil perhitungan selisih bulan antara tanggal 10 Agustus 2010 dan 28 November 2011 menjadi 15). Jika kita tidak melibatkan tahun (menggunakan unit perhitungan “YM”), maka kita hanya akan mengurangi bulannya saja (misalnya, hasil perhitungan selisih bulan antara tanggal 10 Agustus 2010 dan 28 November 2011 menjadi 3).

Demikianlah diskusi mengenai cara menggunakan DATEDIF secara umum. Berikut contoh implementasi dari rumus ini untuk menghitung umur di excel.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Implementasi DATEDIF untuk Menghitung Umur

Seperti kamu lihat di sana, kita memasukkan input tanggal lahir, tanggal hari ini, dan unit perhitungan “Y” ke DATEDIF kita. Sebagai hasilnya, kita mendapatkan angka umur yang kita hitung dalam bentuk bilangan bulat dan satuan tahun.

Jika kamu memerlukan hasil perhitungan umur bersih tanpa desimal dengan hanya menggunakan satu rumus, kamu sebaiknya menggunakan rumus DATEDIF.



Cara Menghitung Umur di Excel dari Tanggal Lahir dengan Hasil Angka Tahun Beserta Desimal Bulan dan Harinya

Jika kamu membutuhkan angka umurmu dalam bentuk bilangan desimal, maka kamu sebaiknya menggunakan cara penulisan rumus manual atau YEARFRAC. Seperti yang sudah kita lihat pada diskusi kita sebelumnya, kedua cara ini akan membantumu mendapatkan angka umur dalam bentuk bilangan desimal.



Di bawah ini, kamu bisa lihat bagaimana kita menghitung umur lagi dengan menggunakan cara penulisan rumus secara manual dan YEARFRAC.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Umur dengan Hasil Desimal

Pastikan kamu menggunakan dasar perhitungan yang benar untuk mendapatkan hasil angka umur yang benar jika kamu menggunakan YEARFRAC.



Cara Menghitung Umur di Excel dari Tanggal Lahir dengan Hasil Angka Tahun Penuhnya Saja

Jika kamu membutuhkan bentuk bilangan bulat sebagai hasil perhitungan umurmu, kamu bisa menggunakan DATEDIF dengan input unit perhitungan “Y”.

Alternatifnya, kamu juga bisa mengaplikasikan rumus INT pada penulisan rumus manual/YEARFRACmu jika kamu ingin menggunakan mereka. INT adalah rumus excel yang akan membulatkan suatu bilangan desimal ke bawah ke bentuk bilangan bulat terdekatnya.

Berikut bentuk penulisan umum dari ketiga cara tersebut jika kamu membutuhkan bentuk bilangan bulat untuk hasil perhitungan umurmu.

DATEDIF

= DATEDIF ( tanggal_lahir , tanggal_dari_mana_kita_menghitung_umur , “Y” )


Penulisan rumus manual dengan NT

= INT ( ( tanggal_dari_mana_kita_menghitung_umur - tanggal_lahir ) / 365 )


YEARFRAC dengan INT

= INT ( YEARFRAC ( tanggal_lahir , tanggal_dari_mana_kita_menghitung_umur , [ dasar_perhitungan ] ) )


Mengaplikasikan INT pada penulisan rumus manual/YEARFRAC kita cukup mudah seperti yang dapat kamu lihat di atas. Kita hanya perlu memasukkan rumus yang kita gunakan ke INT kita. Dengan melakukan itu, kita akan mendapatkan hasil perhitungan umur kita dalam satuan tahun dan bentuk bilangan bulat.

Berikut contoh implementasi ketiga cara perhitungan umur kita tersebut untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Umur dengan Hasil Angka Tahun Penuh

Seperti bisa kamu lihat, kita mendapatkan hasil perhitungan umur kita dalam bentuk angka tahun penuh dengan menggunakan ketiga cara perhitungan kita. Untuk cara penulisan rumus manual dan YEARFRAC, kita aplikasikan INT ke hasil perhitungan mereka. Sedangkan untuk DATEDIF, kita masukkan input unit perhitungan “Y” ke dalam rumusnya.



Cara Menghitung Umur di Excel dari Tanggal Lahir dengan Hasil Angka Tahun, Bulan, dan Hari

Jika kamu perlu mendapatkan hasil perhitungan umurmu dari angka tahunnya sampai ke angka harinya, kamu sebaiknya mengkombinasikan beberapa rumus DATEDIF. Kita bisa menggabungkan DATEDIF-DATEDIF tersebut dengan menggunakan tanda dan (&)) agar kita bisa mendapatkan hasil perhitungan umur yang kita inginkan.

Berikut cara penggabungan DATEDIF-DATEDIF dan tanda dan tersebut dalam satu penulisan untuk menjalankan proses perhitungan umur kita.

= DATEDIF ( tanggal_lahir , tanggal_dari_mana_kita_menghitung_umur , “Y” ) & “ tahun “ & DATEDIF ( tanggal_lahir , tanggal_dari_mana_kita_menghitung_umur , “YM” ) & “ bulan “ & DATEDIF ( tanggal_lahir , tanggal_dari_mana_kita_menghitung_umur , “MD” ) & “ hari “


Dengan menggunakan penulisan rumus ini, kita akan mendapatkan hasil perhitungan umur kita dalam angka tahun, bulan, dan harinya. Kita mendapatkan angka-angka tersebut dengan memasukkan “Y”, “YM”, dan “MD” sebagai input unit perhitungan DATEDIF kita.

Kita juga bisa menambahkan teks “tahun”, “bulan”, dan “hari” di sana jika kita mau sebagai tambahan keterangan untuk angka-angka kita. Jangan lupa menambahkan spasi dalam tanda kutip teksnya jika kamu ingin menambahkan teks-teks tersebut agar hasilnya menjadi jauh lebih rapi.



Untuk pemahaman lebih mendalamnya, berikut contoh implementasi penulisan rumus tersebut untuk menghitung umur di excel.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Umur dengan Hasil Angka Tahun, Bulan, dan Hari

Penulisan rumusnya cukup panjang seperti yang dapat kamu lihat di contohnya. Namun, konsepnya sebenarnya cukup simpel karena kita hanya mengkombinasikan beberapa DATEDIF dan teks dengan menggunakan tanda dan di sana.

Kita tuliskan rumus kita dengan menggunakan bentuk penulisan yang sudah kita diskusikan sebelumnya untuk menghitung umur di sana. Sebagai hasilnya, kita mendapatkan hasil perhitungan umur yang lengkap dengan angka dalam satuan tahun, bulan, dan hari!



Cara Menghitung Umur di Excel pada Tanggal Tertentu

Mau menghitung umur dari tanggal selain tanggal hari ini? Kamu hanya perlu mengganti input tanggal hari ini dalam rumus perhitungan umurmu dengan tanggal yang kamu mau.

Berikut contoh implementasi dari hal tersebut di excel dengan menggunakan tiga cara perhitungan umur yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Umur pada Tanggal Tertentu

Kamu bisa lihat di sana bagaimana kita menggunakan beragam tanggal sebagai basis perhitungan umur kita. Akan tetapi, mereka tidak memberikan masalah bagi kita karena kita hanya perlu memasukkan input tanggal tersebut ke dalam penulisan rumus kita.

Masukkan input tanggal yang ingin kamu gunakan ke dalam rumusmu dengan benar dan kamu seharusnya akan langsung mendapatkan hasil perhitungan umurmu!



Cara Menghitung Umur di Excel pada Tahun Tertentu

Bagaimana jika kamu hanya mempunyai tahun yang kamu ingin jadikan dasar perhitungan umurmu di excel? Dalam kasus ini, kamu perlu mengambil angka tahun dari data tanggal lahirmu dulu dengan menggunakan rumus YEAR. Setelah itu, kamu kurangi angka tahunmu yang menjadi dasar perhitunganmu tersebut dengan angka tahun dari tanggal lahirnya.

Berikut bentuk penulisan umum dari rumus-rumus yang kamu perlukan untuk melakukan hal tersebut.

= tahun_dari_mana_kita_menghitung_umur - YEAR ( tanggal_lahir )


Tinggal masukkan input tanggal lahir kita ke rumus YEAR dan kita akan langsung mendapatkan angka tahunnya.

Berikut contoh implementasi dari penulisan rumusnya di excel untuk menghitung angka umurnya.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Umur pada Tahun Tertentu

Dari perhitungan ini, kita akan mendapatkan hasil perhitungan umur kita dalam bentuk bilangan bulat dan dalam satuan tahun.



Cara Menghitung Kapan Seseorang akan Mencapai Umur Tertentu di Excel

Untuk mengetahui kapan seseorang akan mencapai umur tertentu, tambahkan angka umur tersebut ke tahun dari tanggal lahirnya. Untuk melakukan hal tersebut di excel, dapatkan angka tahun dari tanggal lahirnya terlebih dahulu dengan menggunakan YEAR.

Kamu juga perlu mendapatkan angka bulan dan hari dari tanggal lahirmu untuk mendapatkan tanggal umur tertentunya. Kamu bisa menggunakan rumus MONTH dan DAY untuk itu. Setelah itu, kombinasikan semua informasi yang kamu punya tersebut dengan menggunakan rumus DATE.

Untuk merangkum semuanya, berikut bentuk penulisan umum dari rumus untuk mendapatkan tanggal dari umur tertentu di excel.

= DATE ( YEAR ( tanggal_lahir ) + angka_umur_tertentunya , MONTH ( tanggal_lahir ) , DAY ( tanggal_lahir ) )


Rumus YEAR, MONTH, dan DAY akan mengambil angka tahun, bulan, dan hari dari tanggal lahirmu. Di lain pihak, rumus DATE akan memberikanmu tanggal yang kamu ingin cari tadi dengan menggunakan angka-angka tersebut sebagai inputnya.

Untuk lebih memahami mengenai konsepnya, berikut contoh implementasinya.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Tanggal untuk Umur Tertentu

Dengan menggunakan kombinasi rumus-rumus yang kita gunakan, kita akan mendapatkan tanggal umur tertentu yang kita butuhkan!



Cara Menghitung Umur di Excel dengan Angka Hari, Bulan, dan Tahun Tanggal Lahirnya Berada di Cell-Cell yang Berbeda

Angka tahun, bulan, dan hari dari tanggal lahirmu berada di cell-cell yang berbeda, tidak dalam satu data tanggal? Jika itu kasusnya, maka kamu sebaiknya menggabungkan mereka dengan menggunakan DATE terlebih dahulu sebelum kamu menghitung angka umurnya.

Setelah menggabungkan angka-angkanya, kamu bisa menggunakan penulisan rumus manual, YEARFRAC, atau DATEDIF untuk menghitung angka umurnya. Kamu bisa menempatkan penulisan rumus DATEnya di suatu cell terlebih dahulu atau langsung memasukkannya sebagai input ke dalam rumus perhitungan umurmu.



Berikut bentuk penulisan umum dari DATE untuk menggabungkan angka tahun, bulan, dan hari dari tanggal lahirmu.

= DATE ( tahun_tanggal_lahir , bulan_tanggal_lahir , hari_tanggal_lahir )


Dan berikut contoh implementasi konsep yang diajarkan di sini. Pada contoh ini, kita menaruh hasil DATEnya ke suatu cell terlebih dahulu dan kita gunakan DATEDIF untuk menghitung umurnya.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Umur dengan Angka Hari, Bulan, dan Tahun Tanggal Lahir di Cell-Cell Berbeda

Jika kamu ingin menggunakan penulisan rumus manual atau YEARFRAC, maka cara mengimplementasikannya sama dengan cara implementasi DATEDIF di atas. Tinggal gunakan DATE untuk menggabungkan angka tahun, bulan, dan harimu terlebih dahulu sebelum menjadikan hasilnya sebagai input dari rumus perhitungan umurmu.



Menandai Angka Umur Berdasarkan Range Umurnya

Mau mengkode warna angka umur dalam cell-cellmu berdasarkan dari masuk ke range umur mana angkanya tersebut? Kamu bisa melakukan itu dengan menggunakan fitur conditional formatting di excel.

Tinggal buat pengaturan yang memberikan warna untuk setiap range umur yang kamu punya dan kamu akan mengaplikasikan kode warnanya. Untuk memberikanmu pemahaman yang lebih jelas mengenai caranya ini, perhatikan penjelasan contoh di bawah ini.

Katakanlah kita mempunyai data angka umur seperti pada screenshot di bawah ini. Kita ingin mengkode warna cell-cell mereka berdasarkan panduan dari tabel di sebelah kanan.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Set Data untuk Contoh Implementasi Penandaan Angka Umur Berdasarkan Range Umurnya

Bagaimana cara melakukannya? Pertama, sorot semua cell di mana kamu ingin mengaplikasikan pengaturan conditional formattingnya. Lalu, pergi ke tab Home, klik tombol Conditional Formatting, dan pilih Manage Rules….

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Lokasi Tab Home, Tombol Conditional Formatting, dan Pilihan Manage Rules...nya

Di dialog box yang muncul, klik New Rule….

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Lokasi Tombol New Rule... di Dialog Box Conditional Formatting

Atur warna untuk setiap range umurnya di dialog box yang muncul. Untuk melakukan itu, pertama, pilih “Format only cells that contain” di dalam boks “Select a Rule Type”.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Format only cells that contain di Boks Select a Rule Type

Lalu, di bagian bawah boksnya, kita buat pengaturan warnanya. Untuk warna pertama pada contohnya (kuning untuk angka usia di bawah 15), kita pilih “Cell value” dan “less than” di dropdown-dropdown di sana. Kemudian, kita ketikkan 15 di boks teks di sebelah kanan.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Input Range Umur di Dialog Box Conditional Formatting

Di bawahnya lagi adalah bagian di mana kita mengatur warna untuk range usia yang kita sedang jadikan sebagai input. Klik tombol Format… di sana.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Format... di Dialog Box Conditional Formatting

Di dialog box yang muncul, kamu bisa memilih format cell yang kamu inginkan untuk range umurmu. Di contoh ini, kita pergi ke tab Fill di sana dan pilih warna kuning. Setelah itu, kita klik OK.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Lokasi Tab Fill, Pilihan Warna Kuning, dan Tombol OK di Dialog Box Conditional Formatting

Klik OK setelah kamu selesai mengatur format penandaan dari range umurmu yang pertama.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Lokasi Tombol OK di Dialog Box Conditional Formatting

Pengaturan yang kamu tetapkan tadi akan berada di daftar pengaturan conditional formatting dari cell-cellnya. Ulangi semua langkah dari kita mengklik tombol New Rule… untuk semua range umur yang kamu punya. Setelah kamu selesai mengatur format penandaan dari semua range umurmu, klik OK.

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Lokasi Tombol OK di Dialog Box Conditional Formatting

Excel akan langsung menandai cell-cell yang berisi angka umurnya berdasarkan pengaturan-pengaturan yang telah kamu buat. Begitulah caranya kamu menandai angka umur berdasarkan dari range umurnya di excel!

Cara Menghitung Umur di Excel - Screenshot Contoh Hasil Penandaan Angka Umur Berdasarkan Range Umurnya dengan Menggunakan Conditional Formatting



Latihan

Setelah mempelajari bagaimana cara menghitung umur di excel secara lengkap, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Hal ini agar kamu bisa semakin memahami praktek dari apa yang sudah kamu pelajari tadi.

Unduh file latihannya serta jawab semua pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya juga jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin membandingkan jawabanmu. Bisa juga ketika kamu bingung bagaimana cara menyelesaikan latihannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan:

  1. Berapa usia dari masing-masing orang di sana jika hanya dibutuhkan angka tahunnya saja serta acuan perhitungannya adalah hari ini?
  2. Berapa usia dari masing-masing orang di sana jika dibutuhkan angka tahunnya beserta desimal dari bulan dan harinya? Acuan perhitungannya adalah hari ini
  3. Berapa usia masing-masing orang jika diminta angka tahun, bulan, dan harinya serta acuannya adalah tanggal 31 Desember 2020?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Jika kamu membutuhkan data tanggal hari ini yang tidak terus-menerus diperbaharui, maka kamu bisa mengaplikasikan paste value pada rumus TODAYmu. Alternatifnya, kamu juga bisa menekan Ctrl + ; secara bersamaan untuk memasukkan tanggal hari ininya tersebut ke dalam sebuah cell.



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert