Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Compute Expert

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang





Di tutorial ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara menulis angka 0 di awal di excel dengan menggunakan beragam cara.

Ketika memasukkan data angka di excel, terkadang kita mungkin perlu memasukkan data angka dengan angka 0 di depannya. Hal ini mungkin perlu kita lakukan ketika kita memasukkan data seperti nomor telepon atau nomor ID.

Jika kita hanya memasukkan input angka dengan 0 di depannya tersebut secara normal, maka excel akan menghilangkan 0nya tersebut secara otomatis. Hal ini karena excel akan langsung mengkonversi semua angka yang kita masukkan sebagai input datanya menjadi berbentuk angka standar. Karena standarnya tidak ada tulisan angka dengan angka 0 di depannya, excel akan mengaplikasikan asumsi tersebut juga ke input angka kita.

Jika memang seperti itu, apa yang bisa kita lakukan jika kita sedang harus memasukkan input angka dengan adanya 0 di depannya? Kami akan memperkenalkan tujuh cara untuk memasukkan input seperti itu di excel dalam tutorial ini!

Oleh karena itu, pelajari tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya. Setelah kamu selesai mempelajarinya, kamu bisa memilih cara yang lebih ingin kamu gunakan untuk menambahkan 0 di depan penulisan angkamu.

Disclaimer: Artikel ini mungkin mengandung link afiliasi dari mana kami akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi/aksi terkualifikasi tanpa adanya biaya tambahan bagimu. Pelajari lebih lanjut







Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel 1: Menggunakan Tanda Petik (‘)

Cara pertama untuk menulis angka 0 di awal di excel yang akan kita diskusikan di sini adalah dengan menggunakan tanda petik. Tinggal ketik tanda petiknya sebelum kamu mengetikkan angka dengan 0 di depannya dan excel tidak akan menghilangkan nolnya!

Mengapa bisa begitu? Dengan menambahkan tanda petik, kita memberitahu Excel bahwa data yang kita ketikkan adalah teks. Oleh karena itu, Excel tidak akan otomatis mengkonversinya menjadi bentuk angka standar dan sehingga, angka 0 di depannya akan tetap ada.

Mau bukti mengenai hal tersebut? Silahkan perhatikan contoh di bawah ini.

Katakanlah kita ingin memasukkan input 0123456789 ke sebuah cell di excel. Jika kita mengetikkan nomornya secara langsung, excel akan langsung mengkonversinya menjadi 123456789 tanpa ada 0nya.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Penulisan Angka dengan 0 di Depannya

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Hasil Penulisan Angka dengan 0 di Depannya

Namun, jika kita menambahkan tanda petik sebelum kita mengetikkan 0123456789, angka 0 di depannya akan tetap ada!

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Penulisan Tanda Kutip Sebelum Angka dengan 0 di Depannya

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Hasil Penulisan Tanda Petik Sebelum Angka dengan 0 di Depannya

Cara yang cukup simpel, bukan?



Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel 2: Menggunakan Format Data Teks

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menuliskan angka 0 di depan di excel adalah dengan mengubah format data cellmu menjadi teks.

Seperti cara tanda petik tadi, di sini kita memanfaatkan fakta bahwa excel tidak akan menghilangkan 0 depan dalam suatu teks angka. Namun, bukannya dengan mengetikkan tanda petik sebelum angkanya, kita mengubah format data cellnya untuk hal tersebut.

Cara untuk mengimplementasikan cara format data teks ini sebenarnya juga cukup simpel.

Sebelum kamu mengetikkan angka dengan angka 0 di depannya, sorot cell tempat kamu ingin mengetikkan angkanya tersebut. Lalu, pergi ke tab Home, klik tombol dropdown format cell, dan pilih Text dari daftar dropdownnya.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Lokasi Tab Home, Tombol Dropdown Format Cell, dan Pilihan Text di Daftar Dropdownnya

Setelah kamu melakukan hal tersebut, tinggal ketikkan angkamu di cellnya. Excel tidak akan menghilangkan 0 di bagian depan angkamu tersebut setelah kamu mengetikkannya.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Penulisan Angka dengan 0 di Depannya di Cell Berformat Data Teks

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Hasil Penulisan Angka dengan 0 di Depannya di Cell Berformat Data Teks



Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel 3: Menggunakan Format Data Custom

Selain format data teks, kamu juga bisa menggunakan format data custom untuk menambahkan 0 di depan angkamu.

Kamu bisa mengimplementasikan langkah-langkah berikut ini sebelum atau sesudah kamu mengetikkan angkamu di dalam sebuah cell. Sorot cell untuk angka dengan 0 di depannya tersebut dan pergi ke tab Home.

Learn Excel Dashboard Course


Lalu, klik tombol dropdown format cell dan pilih More Number Formats…. Sebagai alternatifnya, kamu juga bisa menekan tombol Ctrl + 1 (Command + 1 di Mac) setelah kamu menyorot cellnya.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Lokasi Tab Home, Tombol Dropdown Format Cell, dan Pilihan More Number Formats... di Daftar Dropdownnya

Di dialog box yang muncul, pergi ke tab Number dan klik Custom di boks sebelah kiri.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Lokasi Tab Number dan Pilihan Custom di Dialog Box Format Cell

Lalu, tinggal ketikkan beberapa angka 0 di boks teks yang muncul. Banyak angka 0 yang diketikkan sama dengan jumlah banyak angka 0 di depan yang ingin kamu tambahkan ditambah dengan panjang angkamu.

Sebagai contoh, untuk angka yang ada di contohnya (123456789), panjang angkanya adalah 9 (karena ada 9 angka di sana). Tinggal tambahkan 9nya tersebut dengan banyak 0 di depan yang ingin kita tambahkan untuk mendapatkan banyak 0 yang harus kita ketikkan.

Di contoh kita, katakanlah kita menginginkan 3 angka 0 di depan angka kita. Untuk itu, kita ketikkan 12 nol di boks teks format data custom di dialog boxnya tersebut.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Penulisan Nol di Boks Teks Format Custom di Dialog Box Format Cell

Kamu bisa melihat contoh dari tampilan angka yang akan kamu dapatkan di atas boks teksnya.

Setelah kamu selesai mengetikkan 0nya, tinggal klik tombol OK di dialog boxnya.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Lokasi Tombol OK di Dialog Box Format Cell

Kamu akan langsung mendapatkan angkamu dengan angka 0 di depannya dengan banyak 0nya sebanyak yang kamu inginkan!

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Hasil Format Data Custom untuk Angka dengan 0 di Depannya



Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel 4: Menggunakan Rumus TEXT

Kita juga bisa menggunakan rumus excel untuk membantu kita menulis angka 0 di depan angka kita. Rumus excel pertama yang bisa kita gunakan untuk tujuan tersebut adalah TEXT.

TEXT adalah rumus excel yang bisa mengubah format tampilan dari data kita. Dengan menggunakannya, kita juga bisa menambahkan angka 0 di posisi depan dari suatu angka.

Berikut bentuk penulisan umum dari rumus TEXT untuk tujuan tersebut.

= TEXT ( angka , deret_nol )


Tinggal masukkan input angka yang ingin kita tambahkan angka 0 di depannya beserta deretan nol di dalam tanda kutip.

Prinsip dari input deretan nolnya sendiri sama dengan yang telah kita diskusikan di cara format data custom tadi. Kita ketikkan nol sebanyak jumlah dari panjang angka kita dengan banyak angka 0 depan yang ingin kita tambahkan.

Berikut contoh implementasi dari penulisan rumus TEXTnya di excel.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Implementasi TEXT untuk Penulisan 0 di Depan Suatu Angka

Angka yang kita masukkan sebagai input dari TEXT akan jadi berbentuk teks pada hasil dari TEXTnya.



Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel 5: Menggunakan Rumus CONCATENATE

Selain TEXT, kamu juga bisa menggunakan rumus CONCATENATE untuk menampilkan angka 0 di depan angkamu. Tinggal masukkan nol-nol yang ingin kamu tambahkan ke angkamu ke CONCATENATE beserta angkamu juga untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Berikut bentuk penulisan umum dari CONCATENATE untuk tujuan tersebut.

= CONCATENATE ( deret_nol_di_depan , angka )


CONCATENATE akan menggabungkan angkamu dengan nol-nolnya dan excel tidak akan menghilangkan nol-nolnya tersebut dari hasil CONCATENATEmu!

Berikut contoh implementasi dari penulisan rumus CONCATENATEnya di excel.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Implementasi CONCATENATE untuk Penulisan 0 di Depan Suatu Angka

Cukup simpel, bukan? Tinggal masukkan input deret nol depan yang ingin kamu tambahkan ke angkamu beserta angkamu tersebut juga ke CONCATENATE dan tekan enter. Kamu akan langsung mendapatkan angkamu dengan deret nol di depannya dengan melakukan hal tersebut!

Learn Excel Dashboard Course



Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel 6: Menggunakan Rumus BASE

Rumus lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan 0 di depan angkamu adalah BASE. Masukkan 10 sebagai input basis dari BASEmu di sini agar ia bisa menghasilkan bentuk angka yang normal. Masukkan juga input panjang angka yang kamu inginkan di hasilnya setelah kamu menambahkan 0 di depan angkamu.

Berikut bentuk penulisan umum dari rumus BASE untuk menambahkan angka 0 di depan angkamu.

= BASE ( angka , 10 , panjang_angka_setelah_kamu_menambahkan_0_di_depannya )


Dan berikut contoh implementasi dari penulisan rumus BASE tersebut di excel.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Implementasi BASE untuk Penulisan 0 di Depan Suatu Angka

BASE akan menambahkan 0 di depan angkamu jika kamu memasukkan input panjang angka lebih dari panjang angkamu sekarang ini. Oleh karena itu, kita bisa menggunakannya untuk menambahkan 0 di depan angkamu seperti yang bisa kamu lihat di contohnya tersebut.



Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel 7: Menggunakan Tanda Dan (&)

Menggunakan prinsip yang sama seperti CONCATENATE untuk menambahkan 0 di depan angkamu, kamu juga bisa menggunakan simbol dan untuk tujuan tersebut. Tinggal ketikkan angka-angka 0nya di dalam tanda kutip, simbol dan, dan lalu masukkan angkamu untuk melakukan hal tersebut.

Berikut bentuk penulisan umum dari rumusnya.

= deret_nol_di_depan & angka


Dan berikut contoh implementasinya di excel.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Implementasi Tanda Dan untuk Penulisan 0 di Depan Suatu Angka



Cara Menghilangkan Angka 0 di Awal di Excel

Bagaimana jika kamu ingin melakukan hal yang sebaliknya, yang berarti kamu ingin menghilangkan angka 0 depan dari suatu angka?

Ada rumus excel yang bisa kamu gunakan untuk tujuan tersebut. Rumus tersebut adalah VALUE.

Cara menggunakan VALUE sendiri sebenarnya cukup mudah di excel. Kamu hanya perlu memasukkan input angka dengan angka 0 di depannya yang ingin kamu hilangkan seperti ini.

= VALUE ( angka_dengan_angka_0_di_depannya )


Tekan enter setelah kamu menuliskan rumusnya tersebut dan kamu akan langsung mendapatkan angkamu tanpa adanya 0 di depannya.

Berikut contoh implementasi dari VALUE dengan tujuan menghilangkan angka 0 di posisi depan dari suatu angka di excel.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Implementasi VALUE untuk Menghilangkan 0 di Depan Suatu Angka

Jika angka dengan angka 0 di depannya tersebut bukan hasil dari suatu rumus, kamu juga bisa tinggal mengubah format data angkanya. Untuk mengubah format data angkanya tersebut, sorot angkanya, pergi ke tab Home, klik tombol dropdown format cell, dan pilih General.

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Lokasi Tab Home, Tombol Dropdown Format Cell, dan Pilihan General di Daftar Dropdownnya

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang - Screenshot Contoh Hasil Implementasi Format Cell General untuk Menghilangkan 0 di Depan Suatu Angka

Dengan melakukan itu, kamu akan mendapatkan bentuk angkamu tanpa adanya angka 0 di depannya.



Latihan

Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menulis (dan menghilangkan) angka 0 di awal di excel secara lengkap, mari mengerjakan latihan berikut untuk mempraktekkan pembelajaranmu!

Unduh file latihannya dan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Unduh file kunci jawabannya juga jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu.

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Berikan jawabanmu di cell berwarna abu-abu yang sesuai dengan nomor pertanyaannya!
  1. Tambahkan satu angka 0 di depan angka di sebelah kiri dengan menggunakan tanda petik!
  2. Tambahkan lima angka 0 di depan angka di sebelah kiri dengan menggunakan rumus TEXT!
  3. Tambahkan dua angka 0 di depan angka di sebelah kiri dengan menggunakan tanda dan!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Selain menambahkan 0 di depan suatu angka, kamu mungkin juga ingin menambahkan 0 di depan data selain angka. Untuk itu, kamu sebaiknya menggunakan cara rumus atau tanda dan.



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari:


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!




Ikuti konten tutorial kami juga di


Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Mengurangi di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP Excel

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIFS Excel

Rumus SUMIFS Excel



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Shortcut Excel



Rekomendasi Produk & Jasa Excel

Laptop Terbaik untuk Excel

Tablet Terbaik untuk Excel

Keyboard Terbaik untuk Excel

Mouse Terbaik untuk Excel

Monitor Terbaik untuk Excel



Konsultasi Excel

Tentang Kami

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2022 Compute Expert