6 Solusi Ketika File Excel Tidak Bisa Dibuka


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> 6 Solusi Ketika File Excel Tidak Bisa Dibuka



Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai beberapa solusi cara membuka file excel yang tidak bisa dibuka. Perangkat spreadsheet ini sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari pekerjaan kita sehari-hari. Ketika file excel tidak bisa dibuka karena satu dan lain hal, maka ini dapat membuat kita menjadi panik dan lemas. Moga-moga tips di sini dapat membantumu menyelesaikan masalahmu tersebut!


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Membuka Excel yang Tidak Bisa Dibuka?


Pernah berada dalam situasi di mana file excel tidak bisa dibuka dalam pekerjaanmu? Bagaimana perasaanmu ketika hal tersebut terjadi?

Perangkat spreadsheet sudah sangat sering membantu berbagai pekerjaan yang perlu kebanyakan dari kita selesaikan. Kemampuannya dalam penyimpanan dan pengolahan data dapat diandalkan dan hal ini mempermudah pekerjaan kita. Oleh karena itu, kita sering membuat dan memperbaharui file spreadsheet yang mana berisi proses dan hasil pekerjaan kita sehari-hari.

Namun, adakalanya hal buruk terjadi ketika suatu waktu kita ingin membuka file kita dan ternyata aksesnya ditolak. Kejadian ini dapat menjadi mimpi buruk karena hasil pekerjaan tersebut bisa jadi hilang dan tidak dapat diambil lagi. Kitapun harus mengulang dari awal semua proses pekerjaan. Tentunya sangat menyebalkan jika hal itu terjadi.

Sebagai ilustrasi efek ketika hal itu terjadi dalam pekerjaan, bayangkan jika kita sedang mengolah data untuk laporan suatu proyek penting perusahaan. Proyek tersebut sudah dijalankan beberapa minggu dan data-data beserta pengolahannya tersimpan rapi dalam laptop kita.

Namun, suatu waktu kita ingin melaporkan progress proyek tersebut dengan data spreadsheet pada bos, spreadsheetnya tiba-tiba sulit dibuka. Akan sangat gawat karena itu mungkin saja berarti kita kehilangan semua data yang sudah kita masukkan dan proses di dalamnya. Hal ini diperparah jika kita belum mempunyai file cadangan untuk mengantisipasi permasalahannya. Akan sulit mengulang proyeknya dari awal dan hal ini kemungkinan besar menyebabkan bos marah serta proyeknya gagal total.

Untuk itu, ada baiknya kamu memahami berbagai solusi yang dapat coba diimplementasikan ketika file excel tidak bisa dibuka. Pengetahuan tersebut dapat membuatmu lebih tidak panik dan bisa jadi menyelamatkan hasil pekerjaanmu selama ini. Tentunya menjadi penting dipelajari terutama jika kamu memang sering menggunakan alat bantu spreadsheet ini dalam pekerjaanmu sehari-hari.


Apa Itu Kejadian Program Excel Tidak Bisa Dibuka?


Kejadian program Microsoft Excel tidak bisa dibuka adalah keadaan di mana file spreadsheetmu seakan rusak dan isinya menjadi sulit diakses. Biasanya, hal ini terjadi jika kamu salah menyimpan atau tak sengaja mengganti properti penting dari filenya tersebut. Jika kamu mengetahui penyebabnya, maka akan lebih mudah mencari cara memperbaiki excel yang tidak bisa dibuka yang sesuai dengan kondisimu.


Bagaimana Cara Mengatasi File Excel Tidak Bisa Dibuka di Excel 2010, 2013, 2016 dan Versi Lainnya?


Berikut akan dijelaskan cara memperbaiki file excel tidak bisa dibuka ketika ia terjadi padamu, apapun versi excelmu. Terdapat 6 solusi universal yang coba dijelaskan di sini. Silahkan lihat dan coba satu per satu untuk mengetahui mana yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahanmu.

Solusi 1: Pindahkan ke Folder Lokal

Terkadang, sumber permasalahannya adalah karena filemu ditempatkan di jaringan lokal atau server yang sedang mengalami error. Untuk itu, coba terlebih dahulu pindahkan ia ke folder lokalmu lalu coba buka kembali. Jika memang masih bermasalah, silahkan coba metode berikut.

Solusi 2: Mengecek dan Merubah Ekstensi

Mungkinkah kesalahan ekstensi filemu jadi penyebab file excel tidak bisa dibuka untukmu? Excel versi 2003 ke bawah mempunyai preferensi ekstensi xls sedangkan 2007 ke atas mempunyai preferensi ekstensi xlsx (bisa dicoba keduanya jika perlu). Mungkin juga kamu tak sengaja mengubah ekstensi spreadsheetmu sehingga menyebabkan error ketika coba dibuka. Untuk memastikannya, silahkan lakukan langkah-langkah ini.
  1. Buka program navigasi komputermu dan arahkan ke tempat di mana file spreadsheetmu yang error berada


  2. File Excel Tidak Bisa Dibuka - Screenshot Langkah 2-1

  3. Cek apakah ekstensinya sudah benar (xls atau xlsx atau lainnya jika memang ia adalah spreadsheet khusus)


  4. File Excel Tidak Bisa Dibuka - Screenshot Langkah 2-2

  5. Jika memang belum benar, segera klik kanan di atasnya dan ubah ekstensinya sehingga menjadi benar


  6. File Excel Tidak Bisa Dibuka - Screenshot Langkah 2-3

  7. Coba buka lagi


Solusi 3: Menonaktifkan Kalkulasi Otomatis

Terkadang, spreadsheet baru dapat dibuka jika opsi kalkulasinya dijadikan manual terlebih dahulu. Untuk mengecek apakah solusi tersebut tepat untukmu, silahkan lakukan langkah berikut.
  1. Buka program perangkat lunak spreadsheetmu
  2. Pergi ke tab Formula lalu klik Calculation Options


  3. File Excel Tidak Bisa Dibuka - Screenshot Langkah 3-2

  4. Klik opsi Manual


  5. File Excel Tidak Bisa Dibuka - Screenshot Langkah 3-3

  6. Coba buka lagi file spreadsheetmu dari layar program spreadsheetmu tersebut


Solusi 4: Buka dan Perbaiki (Khusus Windows)

Jika ketiga metode sebelumnya masih belum dapat mensolusikannya, maka silahkan coba cara memperbaiki file excel corrupt tidak bisa dibuka satu ini. Sayangnya, opsi ini hanya tersedia pada Windows dan belum tersedia untuk Mac. Mengenai metode ini, berikut penjabaran cara melakukannya.
  1. Buka program perangkat lunak spreadsheetmu
  2. Klik File lalu klik Open


  3. File Excel Tidak Bisa Dibuka - Screenshot Langkah 4-2

  4. Pindahkan layar dialog box ke tempat filemu berada. Lalu sorot


  5. File Excel Tidak Bisa Dibuka - Screenshot Langkah 4-3

  6. Klik dropdown dari tombol Open


  7. File Excel Tidak Bisa Dibuka - Screenshot Langkah 4-4

  8. Klik opsi Open and Repair


  9. File Excel Tidak Bisa Dibuka - Screenshot Langkah 4-5

  10. Pilih Repair pada dialog box yang muncul. Jika kamu sudah mencoba Repair sebelumnya namun ternyata tidak berhasil dan jadi ingin mengambil datanya saja, klik Extract Data


  11. File Excel Tidak Bisa Dibuka - Screenshot Langkah 4-6



Solusi 5: Coba Cari dan Buka File AutoRecovery

Silahkan coba solusi ini jika kamu sudah mencoba berbagai metode di atas namun file excel tidak bisa dibuka juga. Metode ini lebih mencoba mencari tahu apakah ada back up yang disimpan otomatis oleh aplikasi excel untuk menggantikan file bermasalahmu. Tentunya mungkin ada beberapa bagian pekerjaanmu belum tersimpan jika memang terdapat back upnya. Tapi setidaknya kamu bukan memulai dari awal semua pekerjaanmu tersebut.

Untuk mengetahui apakah kamu mempunyai backup, silahkan navigasi ke tempat ini dalam komputermu:

Windows: C:\Users\(username)\AppData\Local\Microsoft\Office\UnsavedFiles
Mac: Excel/Data/Library/Preferences/AutoRecovery

Coba cek apakah terdapat back up untuk file bermasalahmu di sana. Jika ada, selamat! Jika tidak ada, silahkan coba metode terakhir.

Solusi 6: Pakai Alat Bantu Pihak Ketiga Untuk Memperbaikinya

Terdapat banyak opsi alat bantu pihak ketiga yang dibuat untuk membantu kasus seperti ini. Silahkan kamu coba cek di online dan tentukan mana yang dapat menjadi pilihan terbaikmu. Biasanya program seperti ini dijual dengan harga tertentu jadi pastikan kamu memilih program terbaik sesuai kebutuhanmu.



Latihan


Jika kamu mempunyai file excel tidak bisa dibuka, coba praktekkan berbagai metode di atas. Apakah mereka bisa menyelesaikan permasalahanmu? Semoga salah satunya merupakan solusi yang tepat untukmu!


Catatan Tambahan


Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Untuk mengantisipasi permasalahan file excel tidak bisa dibuka agar tidak membuatmu harus mengulang pekerjaan, kamu mungkin perlu melakukan hal-hal berikut:
  • Pastikan selalu mempunyai back up untuk setiap pekerjaan pentingmu di perangkat lunak ini
  • Pastikan anti virus komputermu sudah berfungsi melindungi komputermu dengan maksimal. Terkadang viruslah yang menjadi penyebab permasalahan file excel tidak bisa dibuka dalam komputermu




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert