Formula Bar di Excel: Fungsi, Pengertian, dan Penggunaan


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Formula Bar di Excel: Fungsi, Pengertian, dan Penggunaan



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap mengenai fitur formula bar di excel. Formula bar dapat membantu proses penginputan dan pengolahan datamu dalam file excel.

Ingin mempelajari cara penggunaan excel secara lebih cepat? Ikuti kursus Udemy berikut! Kursusnya menggunakan Bahasa Indonesia dalam pengajarannya!

Disclaimer: Artikel ini mengandung link afiliasi yang mungkin akan memberikan komisi kepada kami dalam setiap pembeliannya tanpa biaya tambahan apapun bagimu. Kami hanya akan menaruh link-link yang kami anggap dapat membantumu mengoptimalkan potensi excel dalam pekerjaanmu sehari-hari. Jika kamu ingin membaca lebih lanjut mengenai hal ini, silahkan kunjungi halaman pemberitahuan afiliasi kami.





Pengertian Formula Bar

Formula bar adalah suatu kotak panjang di bagian atas file excelmu yang berisi input dari cell yang sedang kamu sorot. Input tersebut dapat berupa data ataupun formula.



Letak Formula Bar

Formula bar terletak di bagian atas kanan dari file excelmu. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat bagian yang dikotak merahkan pada screenshot di bawah ini.

Formula Bar di Excel: Fungsi, Pengertian, dan Penggunaan - Screenshot Letak Formula Bar



Fungsi Formula Bar

Secara umum, terdapat tiga fungsi formula bar di excel:
  • Membantu melihat dan mengedit rumus pada cell, terutama jika rumusnya sangat panjang
  • Mengaktifkan fitur formula builder excel secara lebih praktis
  • Menerima atau menolak hasil proses edit terakhir pada suatu cell

Kedua fungsi terakhir dapat dimanfaatkan dengan menggunakan tombol-tombol yang terdapat di samping kiri dari formula bar. Penjelasan lebih rinci mengenai tombol-tombol tersebut akan diberikan pada bagian berikutnya.



Tombol Pada Formula Bar: Enter, Cancel, dan Insert Function

Letak dari tombol-tombol bantuan untuk formula bar di excel dapat dilihat pada screenshot di bawah.

Formula Bar di Excel: Fungsi, Pengertian, dan Penggunaan - Screenshot Tombol Formula Bar

Penjelasan mengenai ketiga tombol tersebut beserta fungsinya adalah sebagai berikut.
  • Enter: Tombol paling kiri dengan lambang tanda centang (V). Digunakan untuk menerima hasil edit cell setelah selesai dilakukan proses pengeditannya
  • Cancel: Tombol di tengah dengan lambang tanda silang (X). Digunakan untuk menolak hasil edit dan mengembalikan input cell sebelum proses edit mulai dilakukan
  • Insert Function: Tombol paling kanan dengan lambang huruf fx. Digunakan untuk mengaktifkan fitur formula builder di excel. Formula builder dapat digunakan untuk memasukkan suatu rumus pada cellmu dengan bantuan instruksi dari excel

Ingin menginput dan memproses data di excel secara lebih cepat? Gunakan Add-Ins dari XLTools! Masukkan kode kupon diskon kami, “7C2L8B31AZ”, agar kamu mendapatkan diskon 10% ketika membeli lisensi penggunaannya!



Cara Memunculkan/Menyembunyikan Formula Bar

Untuk memunculkan/menyembunyikan formula bar di excelmu, kamu tinggal memunculkan/menghilangkan tanda centang di kotak centang formula bar di tab View. Lokasi kotak centang tersebut dapat kamu lihat di screenshot di bawah ini.

Formula Bar di Excel: Fungsi, Pengertian, dan Penggunaan - Screenshot Letak Kotak Centang Formula Bar di Excel

Kamu bisa memunculkan/menghilangkan tanda centangnya dengan mengklik kotak centangnya tersebut. Munculkan tanda centangnya untuk memunculkan formula barmu dan hilangkan tanda centangnya jika ingin menyembunyikannya.

Formula Bar di Excel: Fungsi, Pengertian, dan Penggunaan - Screenshot Memunculkan Formula Bar

Formula Bar di Excel: Fungsi, Pengertian, dan Penggunaan - Screenshot Menyembunyikan Formula Bar



Cara Melebarkan/Mempersempit Formula Bar

Rumus yang kamu masukkan ke dalam cellmu sangat panjang sehingga ukuran formula barmu sekarang tidak cukup menampungnya? Atau kamu justru ingin memperkecil ukuran formula barmu karena ia mengganggu tampilan sheetmu? Kamu bisa melakukan keduanya dengan melebarkan/mempersempit tinggi/panjang dari formula barmu.

Cara melakukannyapun cukup mudah. Tinggal arahkan kursormu ke garis bawah formula bar jika kamu ingin mengubah tingginya atau garis kiri untuk mengubah panjangnya. Arahkan kursornya sampai berbentuk seperti dicontohkan di bawah ini.

Mengubah tinggi:

Formula Bar di Excel: Fungsi, Pengertian, dan Penggunaan - Screenshot Pengaturan Tinggi Formula Bar

Mengubah panjang:

Formula Bar di Excel: Fungsi, Pengertian, dan Penggunaan - Screenshot Pengaturan Lebar Formula Bar

Setelah kursornya berbentuk seperti di atas, klik dan drag kursormu ke arah sesuai dengan tinggi/panjang formula bar yang kamu inginkan. Lepaskan dragnya ketika ukurannya sudah sesuai dan formula barmupun telah selesai diubah ukurannya!



Shortcut Formula Bar

Ingin memperlebar/mempersempit tinggi formula barmu tanpa harus repot melakukan drag? Excel juga menyediakan shortcut untuk hal tersebut.

Cukup tekan tombol Ctrl + Shift + U (Control + Shift + U) secara bersamaan dan ukuran formula barmu akan otomatis disesuaikan!



Catatan Tambahan

Kamu tentunya bisa mengedit data cell yang bukan berbentuk rumus di dalam formula bar. Hanya saja, hal ini biasanya jarang dilakukan karena lebih praktis melakukannya secara langsung dalam cellmu (masuki menu edit dengan double click di cell yang ingin kamu edit datanya).

Ingin mempelajari cara penggunaan excel dengan lebih cepat? Ikuti kursus Udemy berbahasa Indonesia berikut ini!

Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert