Pengertian & Perbedaan Row dan Column (Baris dan Kolom) Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Pengertian & Perbedaan Row dan Column (Baris dan Kolom) Excel



Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai pengertian serta perbedaan row (baris) dan column (kolom) di excel secara lengkap.

Baris dan kolom merupakan bagian yang penting dari sebuah lembar kerja pada excel. Keberadaan mereka membuat kita mampu mengidentifikasi lokasi dari dan mereferensikan data kita dengan mudah.

Mari kita memahami lebih jauh mengenai baris dan kolom agar kita semakin ahli dalam menggunakan lembar kerja excel!

Mau mempelajari cara menggunakan excel secara lebih mudah dan cepat? Ikuti video tutorial excel dari Udemy berikut ini! Videonya menggunakan Bahasa Indonesia dalam pengajarannya!

Disclaimer: Artikel ini mengandung link afiliasi yang akan memberikan kami komisi dari setiap pembeliannya tanpa biaya tambahan apapun bagimu. Kami hanya menambahkan link yang kami anggap mampu membantumu mengoptimalkan kinerja excel dengan produk/jasa yang ditawarkannya. Jika kamu ingin membaca lebih lanjut mengenai hal ini, silahkan kunjungi halaman kebijakan afiliasi kami.





Pengertian Row (Baris) Excel

Secara definisi, row atau baris di excel dapat diartikan sebagai bagian horizontal yang ikut membentuk suatu lembar kerja dalam excel.

Dalam pembentukan cell di excel, row bertemu dengan column dalam suatu titik di mana titik tersebut dapat diisi oleh data kita. Dengan adanya fitur row ini, maka kita juga dapat dengan mudah mengetahui dan mereferensikan posisi horizontal dari data kita di excel.

Posisi horizontal tersebut dapat kita lihat dari koordinat cell ketika kita mendefinisikan posisi cell tersebut. Dalam koordinat cell tersebut, posisi barisnya dilambangkan dengan suatu angka. Sebagai contoh, jika kita memiliki koordinat cell seperti ini:


A1


Itu berarti cell tersebut berada di baris nomor 1 dalam excel. Dari versi 2007nya, excel memiliki 1.048.576 nomor baris yang membentuk semua cell dalam lembar kerjamu. Kamu bisa mengisikan atau mengolah datamu di banyak baris tersebut secara bebas!

Untuk lebih jelasnya mengenai baris di excel, berikut screenshot yang memperlihatkan tampilan suatu baris di excel.

Pengertian & Perbedaan Row dan Column (Baris dan Kolom) Excel - Screenshot Contoh Row di Excel

Seperti dapat dilihat di screenshotnya, baris adalah bagian horizontal dari lembar kerjamu di excel. Jika dibutuhkan, kamu dapat melihat petunjuk angka baris excel di sebelah kiri sebagai panduanmu dalam menentukan posisi horizontal dari cellmu.

Untuk memilih suatu baris seperti pada contoh screenshot tersebut, kamu tinggal klik nomor baris yang ingin dipilih di petunjuk angka barisnya. Setelah memilihnya, kamu bisa klik kanan dan lalu menambah, menghapus, atau melakukan hal lainnya sehubungan dengan baris tersebut.



Pengertian Column (Kolom) Excel

Tadi kita sudah membahas mengenai row atau baris secara mendetail. Bagaimana dengan variabel saudaranya dalam lembar kerja excel, yaitu column atau kolom?

Column dapat didefinisikan sebagai bagian vertikal yang membentuk suatu lembar kerja dalam excel. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, perpotongan antara row dan column menghasilkan cell, tempatmu menginput dan memproses data di excel.

Dalam penggunaannya, column sendiri berguna untuk memperjelas posisi vertikal dari suatu cell. Ketika kita menggunakan isi sebuah cell sebagai referensi dalam suatu rumus, maka posisi kolom cell tersebut akan dilambangkan dengan sebuah huruf. Sebagai contoh, jika cell yang kita referensikan mempunyai koordinat seperti ini dalam penulisannya:


A1


Maka, penulisan tersebut mengindikasikan bahwa cell yang direferensikan ini berada di kolom A dalam lembar kerja kita. Hal ini tentunya akan mempermudah kita jika ingin melacak di mana data yang kita referensikan dalam rumus kita.

Dalam excel sendiri, huruf kolom maksimal yang disediakan untuk mengisi dan memproses data kita adalah XFD, dengan jumlah kolom 16.384 (versi excel 2007 ke atas). Jumlah yang mestinya cukup untuk menampung seluruh hal yang perlu kita lakukan dalam sebuah lembar kerja excel!

Untuk memperjelas mengenai kolom yang ada di excel, berikut ilustrasi bentuknya yang diberikan dalam sebuah screenshot.

Pengertian & Perbedaan Row dan Column (Baris dan Kolom) Excel - Screenshot Contoh Column di Excel

Dapat kamu lihat di sana bahwa bagian vertikal dari suatu lembar kerjalah yang kita namakan sebagai column atau kolom dalam excel. Terdapat petunjuk huruf kolom di bagian atas lembar kerja excelmu untuk memperjelas posisi vertikal datamu dalam suatu cell.

Untuk memilih suatu kolom seperti di screenshot tersebut, kamu tinggal klik huruf kolom yang ingin kamu pilih di petunjuk huruf kolomnya. Dari sana, kamu bisa klik kanan untuk menambah, menghapus, atau melakukan hal lainnya sehubungan dengan kolom tersebut.

Ingin menginput atau memproses data di excel secara lebih cepat? Gunakan Add-Ins XLTools! Pakai kode kupon diskon kami, “7C2L8B31AZ”, agar kamu mendapatkan diskon 10% ketika membeli lisensi Add-Insnya!



Perbedaan Row dan Column

Setelah mempelajari secara mendalam mengenai row dan column, mungkin kamu sudah mendapatkan perbedaan mendasar dari mereka. Bagian ini akan mencoba memperjelas dan merangkum perbedaan keduanya.

Row dan column adalah bagian penting dalam excel. Hal ini karena merekalah yang membentuk suatu cell dan memperjelas posisi dari cell tersebut secara signifikan. Huruf dari kolom dan angka dari baris membentuk koordinat cell yang mempermudah kita mereferensikan data dalam suatu cell.

Tentunya, mereka memiliki perbedaan-perbedaan tertentu mengingat mereka adalah dua entitas berbeda di excel. Poin-poin perbedaan tersebut dapat dilihat rangkumannya dalam tabel berikut.

VariabelRow (Baris)Kolom (Column)
ArahHorizontalVertikal
Lambang dalam koordinat cellAngkaHuruf
Posisi dalam koordinat cellBelakangDepan
Letak petunjuk posisi pada lembar kerjaUjung kiriUjung atas
Jumlah (Excel 2007 ke atas)1.048.57616.384
Posisi ujung di lembar kerja1.048.576XFD
Peruntukan standarPembagian kategori dataEntri data
Unit pengukuran standarPanjangLebar


Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan mereka di excel, berikut tampilan row dan column dalam satu screenshot.

Pengertian & Perbedaan Row dan Column (Baris dan Kolom) Excel - Screenshot Perbedaan Row dan Column di Excel

Bagaimana? Apakah kamu sudah paham mengenai variabel baris dan kolom di excel? Semoga pengetahuan ini dapat kamu gunakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan excel dalam pekerjaan sehari-hari!



Catatan Tambahan

Jumlah maksimal baris dan kolom dalam suatu lembar kerja jauh lebih sedikit pada excel versi sebelum 2007. Untuk mengetahui jumlah baris dan kolom di masing-masing versi excel, kamu bisa melihat artikel ini.

Mau mempelajari excel dengan lebih mudah dan cepat? Ikuti kursus Udemy berbahasa Indonesia berikut ini!

Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert