Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel



Pada tutorial ini, akan dijelaskan mengenai pengertian range sel (cell range) beserta cara penggunaannya di excel secara lengkap. Range sel merupakan salah satu entitas di excel yang cukup berguna ketika kita ingin melakukan pengolahan data secara lebih praktis.

Ingin mempelajari excel secara lebih cepat? Ikuti kursus Udemy berbahasa Indonesia berikut!

Disclaimer: Artikel ini mengandung link afiliasi yang mungkin akan memberikan komisi kepada kami tanpa adanya biaya tambahan apapun bagimu. Kami hanya akan menaruh link yang kami anggap dapat membantumu mengoptimalkan penggunaan excel dalam pekerjaanmu sehari-hari. Jika kamu ingin membaca lebih lanjut mengenai ini, silahkan kunjungi halaman pemberitahuan afiliasi kami.





Pengertian Range Sel

Range sel (cell range) adalah suatu kumpulan lebih dari satu sel dalam excel yang digunakan secara bersamaan untuk tujuan tertentu.

Bentuk dari range sel di excel, ketika kita sorot, bisa dilihat pada screenshot di bawah ini.

Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel - Screenshot Contoh Range Sel (Cell Range) Beraturan

Selain terlihat beraturan seperti contoh di atas, terdapat pula range sel yang selnya tidak berdekatan satu dengan lainnya. Contohnya adalah seperti di bawah ini.

Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel - Screenshot Contoh Range Sel (Cell Range) Tidak Beraturan

Pada pemakaiannya sebagai referensi satu formula atau untuk hal lainnya, biasanya dipakai range sel beraturan seperti pada contoh pertama. Bentuk penulisan range sel dalam contoh itu sendiri adalah B2:D11. Penulisan itu berarti range sel yang direferensikan mencakup sel dari koordinat B12 sampai dengan koordinat D11 di excel.



Perbedaan Pengertian Sel dan Range Sel

Setelah melihat penjelasan range sel tadi, apakah sudah tergambar perbedaan antara sel dan range sel bagimu? Sel hanya mencakup satu cell beserta koordinatnya saja sedangkan range sel mencakup lebih dari satu cell beserta koordinatnya. Secara definisi, sel adalah satu entitas dalam excel yang digunakan untuk menginput datamu secara terpisah dari sel lainnya.

Sebagai contoh untuk memperjelas perbedaannya, berikut adalah sel ketika kita sorot di excel.

Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel - Screenshot Contoh Sel (Cell)

Ketika digunakan untuk penulisan tertentu, sel pada contoh tersebut dituliskan dalam bentuk C3.



Kegunaan Range Sel

Terdapat beberapa kegunaan yang bisa didapatkan ketika kita menggunakan range sel di excel. Kegunaan-kegunaan itu adalah kemampuan untuk:
  • Memformat lebih dari satu sel secara sekaligus
  • Mereferensikan isi lebih dari satu sel dalam bentuk penulisannya
  • Menghapus isi lebih dari satu sel jika kamu menginginkannya

Ingin menginput dan memproses data di excel secara lebih cepat? Gunakan bantuan Add-Ins dari XLTools! Pakai kode kupon diskon kami, “7C2L8B31AZ”, untuk mendapatkan diskon 10% jika kamu melakukan pembelian lisensi penggunaan Add-Insnya!



Cara Membuat Range Sel

Cara membuat range sel di excel sebenarnya sangat mudah asalkan kamu sudah mengerti cara melakukan drag menggunakan pointermu. Kamu tinggal melakukan teknik drag tersebut pada range sel yang ingin kamu buat.

Drag bisa dilakukan dengan mengklik salah satu sel ujung (paling kiri bawah/kanan bawah/kiri atas/kanan atas) range sel yang ingin kamu buat. Lalu, kamu tahan kliknya sambil mengarahkan pointermu ke ujungnya yang berlawanan. Setelah itu, kamu tinggal lepas klikmu dan range selnya akan kamu dapatkan!

Jika ingin menggunakan keyboard, maka kamu bisa menekan tombol Shift sambil menekan tombol arah untuk menyorot range selmu. Jika ingin membuat sel range yang selnya tidak berdekatan, maka tekan tombol Ctrl (Command pada Mac) sambil mengklik sel anggota range selmu.

Dalam penulisan langsung, kamu bisa memasukkan range selnya dengan pertama-tama mengetikkan koordinat sel ujung kiri atas range selmu. Lalu, dilanjutkan dengan tanda titik dua (:) serta koordinat ujung kanan bawah range selmu.

Contohnya bisa dilihat di bawah ketika kita ingin memasukkan range sel kita sebagai referensi penjumlahan SUM.

Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel - Screenshot Contoh Penulisan Range Sel (Cell Range)

Penulisan range sel di sini tentunya mempermudah karena ini berarti kita tidak perlu memasukkan angkanya satu per satu. Tinggal masukkan range sel di mana semua angka untuk dijumlahkannya berada dan penulisan SUMnyapun akan cepat dilakukan!



Cara Menamakan Range Sel (Membuat Named Range)

Terkadang, mungkin kamu memerlukan cara mudah memasukkan cell range tertentu sebagai referensimu dalam beberapa penulisan rumus. Kamu tidak ingin terus-menerus mengulang mengetik/drag cell range tersebut karena ia digunakan di banyak penulisan. Untuk itu, kamu bisa menggunakan fitur penamaan range sel atau named range.

Cara menamakan range sel sendiri cukup mudah. Kamu tinggal menyorot range selmu terlebih dahulu lalu klik kanan dan pilih Defined Names…. Kamu juga bisa mengakses menu penamaan range dari tab Formulas dan kemudian klik Define Name.

Klik kanan:

Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel - Screenshot Letak Pilihan Menu Defined Names Dari Klik Kanan Sel

Tab Formulas:

Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel - Screenshot Letak Pilihan Menu Defined Names di Tab Formulas

Pada dialog box yang muncul, namakan range selmu sesuai dengan preferensimu. Nama ini nantinya juga akan dipakai untuk mereferensikan range selmu tersebut.

Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel - Screenshot Letak Text Box Untuk Menamakan Range Sel di Dialog Box Defined Names

Setelah selesai, klik OK atau tanda tambah lalu OK.

Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel - Screenshot Letak Tombol OK dan Tanda Tambah Dialog Box Defined Names

Selesai! Sekarang, range selmu sudah memiliki nama. Kamu bisa menggunakan nama tersebut ketika ingin mereferensikannya dalam suatu penulisan.



Kegunaan Named Range

Secara umum, kegunaan named range adalah agar kamu bisa mereferensikan suatu range sel tertentu dengan mudah ketika memerlukannya dalam suatu penulisan.



Cara Menggunakan Named Range

Untuk menggunakan named range yang sudah kamu buat, kamu hanya perlu menuliskan nama range sel tersebut ketika dibutuhkan.

Untuk lebih memperjelas, perhatikan contoh berikut. Misalkan, kita ingin menggunakan range sel di rumus SUM berikut dengan namanya.

Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel - Screenshot Range Sel yang Ingin Diubah Menjadi Named Range

Jika kita sudah melakukan proses penamaan untuk range sel tersebut, maka untuk mereferensikannya, kita hanya perlu menuliskan namanya. Misal, kita sudah menamai range sel dari SUM tadi dengan nama “Kuantitas_Penjualan”. Kita bisa menggantikan penulisan range sel tersebut dengan namanya seperti dapat dilihat pada contoh berikut.

Pengertian Range Sel Beserta Penggunaannya di Excel - Screenshot Penggunaan Named Range

Seperti dapat kamu lihat, hasil penjumlahannya tetap sama dan tidak error meski kita menggunakan nama range selnya pada penulisan SUMnya. Jika nantinya kita memerlukan range sel kuantitas penjualan tersebut lagi di tempat lain, kita tinggal menuliskan namanya, “Kuanttas_Penjualan”, lagi.



Catatan Tambahan

Range sel dari suatu named range tidak bersifat dinamis. Jika kamu menambahkan entri data baru di luar range selnya, maka range sel tersebut tidak akan otomatis menambahkannya. Kamu harus menamakan ulang range selmu atau menggunakan range sel dinamis dengan bantuan rumus OFFSET.

Mau mempelajari penggunaan excel dengan lebih cepat? Kunjungi tutorial Udemy yang membahas mengenainya!

Mau belajar excel dengan lebih mudah dan cepat? Ikuti kursus Udemy berbahasa Indonesia ini!

Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert