Cara Menuliskan “Tidak Sama Dengan” di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Menuliskan “Tidak Sama Dengan” di Excel



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap mengenai cara menuliskan “tidak sama dengan” di excel.

Ketika menuliskan sebuah rumus, terutama yang membutuhkan input kriteria atau kondisi logika, terkadang kita perlu menuliskan “tidak sama dengan”. Hal ini agar kita bisa mendapatkan hasil yang benar, sesuai dengan yang kita inginkan dari proses pengolahan data kita.

Jika kita tidak tahu bagaimana cara menuliskannya, maka kita bisa tidak menggunakan rumus yang kita tuliskan dengan benar! Oleh karena itu, jika kamu perlu menuliskan “tidak sama dengan” tapi belum tahu caranya, kamu harus belajar dari tutorial ini!







Simbol “Tidak Sama Dengan” di Excel

Di excel, “tidak sama dengan” dilambangkan dengan apa yang disebut sebagai tanda kurung sudut ( <> ).



Penulisan “Tidak Sama Dengan” di Excel

Kita bisa menuliskan kriteria/kondisi logika “tidak sama dengan” di excel dengan bentuk penulisan sebagai berikut secara umum.

<> nilai


Sebagai contoh, jika kita ingin menuliskan “tidak sama dengan 5” di excel, maka kita hanya perlu menuliskan <>5. Atau, jika kita ingin menuliskan “tidak sama dengan John”, maka kita hanya perlu menuliskan <>John.

Cukup simpel, bukan?

Perlu diingat bahwa jika kamu menggunakan “tidak sama dengan” sebagai sebuah kriteria, kamu perlu membungkus penulisannya dengan tanda kutip ( “” ). Untuk kriteria “tidak sama dengan” selain teks dan angka, kamu juga perlu menambahkan simbol dan ( & ) di antara <> dan nilainya (contoh: tidak sama dengan cell B3 dituliskan sebagai kriteria dengan penulisan “<>”&B3. Sedangkan, tidak sama dengan 12 November 2008 dituliskan sebagai kriteria dengan penulisan “<>”&DATE(2008. 11. 12))



Contoh Penulisan “Tidak Sama Dengan” pada Rumus Excel 1: IF Tidak Sama Dengan

Salah satu rumus yang mungkin paling sering menggunakan penulisan “tidak sama dengan” adalah IF. Ini karena rumus ini mempunyai input kondisi logika di mana kamu biasanya melakukan perbandingan antara satu nilai dengan nilai lainnya.

Bagaimana cara menuliskan input kondisi logika jika kita ingin menggunakan simbol “tidak sama dengan” di sana? Kita bisa mengilustrasikan bentuk penulisan umum dari IF dengan kebutuhan tersebut sebagai berikut.

= IF ( nilai1 <> nilai2 , hasil_jika_true , hasil_jika_false )


Kita menaruh simbol <> yang melambangkan “tidak sama dengan” di antara kedua nilai yang ingin kita bandingkan. Jika nilainya tidak sama, maka IF akan memberikan hasil TRUEnya. Jika nilainya sama, maka IF akan memberikan hasil FALSEnya.

Kita bisa lihat contoh implementasi penulisan rumus IF tersebut di bawah ini.

Cara Menuliskan “Tidak Sama Dengan” di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penulisan Tidak Sama Dengan Dalam Rumus IF di Excel

Pada contoh tersebut, kita ingin menentukan apakah kita perlu menerima sebuah produk atau tidak setelah kita mendapatkan data hasil inspeksi produknya. Untuk membuat keputusan tersebut, kita menggunakan rumus IF.

Di sini, semua hasil inspeksi yang tidak “Bagus” akan ditolak (walaupun hasil inspeksinya “OK”). Oleh karena itu, kita menuliskan kondisi logika IF kita menjadi hasil inspeksi produk yang tidak sama dengan “Bagus”. Kita bisa menuliskannya menggunakan bentuk penulisan yang telah kita diskusikan sebelumnya, yang mana dalam kasus ini adalah B3<>”Bagus” (data hasil inspeksinya ada di cell B3).



Jika TRUE, maka kita harus menolak produknya dan melabelinya dengan kata “Ditolak”. Jika FALSE, maka kita meloloskan produknya dan melabelinya dengan kata “Lolos”.

Seperti dapat kamu lihat, kondisi logikanya bekerja baik dengan penulisan “tidak sama dengan” seperti itu dan hasilnya adalah “Ditolak”!



Contoh Penulisan “Tidak Sama Dengan” pada Rumus Excel 2: SUMIF Tidak Sama Dengan

Bagaimana jika kita membutuhkan kriteria “tidak sama dengan” pada SUMIF kita? Bagaimana kita dapat melakukan penulisannya?

Untuk hal ini, bentuk penulisannya mirip dengan apa yang kita gunakan untuk input kondisi logika IF. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita tidak boleh lupa menambahkan tanda kutip dan tanda dan ketika mereka dibutuhkan.

Bentuk penulisan umum dari SUMIF dengan kriteria “tidak sama dengan” adalah sebagai berikut.

= SUMIF ( range_data , “ <> nilai ” , range_angka )


Bentuk penulisan SUMIF ini adalah ketika kita ingin memasangkan simbol “tidak sama dengan” dengan teks atau angka. Ini yang sering terjadi jika kita perlu menggunakan kriteria “tidak sama dengan” di SUMIF.

Namun, jika yang kita pasangkan bukanlah teks atau angka, maka kita menuliskan SUMIF kita seperti ini.

= SUMIF ( range_data , “ <> ” & nilai , range_angka )


Kita menambahkan simbol dan setelah simbol “tidak sama dengan” dan tanda kutip. Setelah simbol dan, kita masukkan nilai yang kita ingin data kita tidak samakan jika kita juga menjumlahkan angkanya.

Kita juga bisa menggunakan kedua cara penulisan kriteria “tidak sama dengan” ini ketika kita menuliskan rumus kembaran dari SUMIF, yaitu SUMIFS.

Untuk membuat pemahamannya menjadi lebih jelas, perhatikan contoh implementasi SUMIF dengan kriteria “tidak sama dengan” berikut.

Cara Menuliskan “Tidak Sama Dengan” di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penulisan Tidak Sama Dengan Dalam Rumus SUMIF di Excel

Di sini, kita bisa melihat penulisan kriteria “tidak sama dengan” pada SUMIF dengan teks dan koordinat cell sebagai pembandingnya. Kita ingin menjumlahkan kuantitas penjualan produk-produk selain jeruk dan hal ini dapat dilakukan dengan dua cara.

Untuk kriteria “tidak sama dengan” dengan nilai pembanding teks “Jeruk”, kita menuliskan kriteria SUMIF kita dengan “<>Jeruk”. Untuk yang menggunakan pembanding koordinat cell, kita menuliskan kriteria SUMIF kita dengan “<>”&B4 (B4 adalah cell yang berisi teks “Jeruk” di dalamnya).

Seperti dapat dilihat pada contoh di atas, kita mendapatkan hasil yang sama dari kedua bentuk penulisan SUMIF kita! Mereka adalah total kuantitas penjualan semua produknya kecuali jeruk.



Contoh Penulisan “Tidak Sama Dengan” pada Rumus Excel 3: COUNTIF Tidak Sama Dengan

Jika kita perlu menuliskan “tidak sama dengan” pada COUNTIF, maka cara penulisannya akan mirip dengan SUMIF. Ini karena kita menuliskannya sebagai sebuah kriteria juga di COUNTIF.

Jadi, oleh karena itu, bentuk penulisan umum COUNTIF dengan kriteria “tidak sama dengan” adalah sebagai berikut.

= COUNTIF ( range_data , “ <> nilai “ )


Bentuk penulisan tersebut adalah jika nilai yang kamu pasangkan dengan simbol “tidak sama dengan”nya adalah teks atau angka. Jika ia adalah nilai dengan bentuk lainnya (atau sebuah koordinat cell), maka bentuk penulisannya menjadi seperti ini.

= COUNTIF ( range_data , “ <> “ & nilai )


Seperti SUMIF, kita memerlukan tanda dan untuk menghubungkan simbol “tidak sama dengan” kita dengan nilai pembandingnya.

Untuk memahami konsepnya dengan lebih jelas, berikut contoh implementasi kedua bentuk penulisan COUNTIFnya di excel.

Cara Menuliskan “Tidak Sama Dengan” di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penulisan Tidak Sama Dengan Dalam Rumus COUNTIF di Excel

Di sini, kita mempunyai data transaksi dalam sehari di sebuah toko elektronik. Kita ingin mengetahui banyak transaksi yang terjadi jika kita mengabaikan semua transaksi untuk produk AC.

Untuk ini, kita menggunakan COUNTIF dengan kriteria “tidak sama dengan”. Kita bisa menggunakan nilai dari pengetikan teks secara langsung atau dari koordinat cell untuk membuat kriteria “tidak sama dengan”nya.



Jika kita menggunakan nilai dari pengetikan teks secara langsung, kita menuliskan kriterianya dengan penulisan “<>AC” pada contoh tersebut. Jika kita menggunakan koordinat cell, kita menuliskan kriterianya dengan penulisan “<>” &C3 (di mana teks “AC”nya berada).

Menggunakan kedua bentuk penulisan tersebut, kita bisa mengetahui banyak transaksi yang tidak menghitung transaksi AC!



Alternatif “Tidak Sama Dengan” di Excel: NOT dan “Sama Dengan”

Kamu juga bisa menuliskan “tidak sama dengan” di excel menggunakan kombinasi NOT dan “sama dengan”. Ini karena “sama dengan” adalah kebalikan dari “tidak sama dengan” dan NOT dapat memutarbalikkan nilai logika kita di excel.

Kita melambangkan “sama dengan” dengan tanda sama dengan ( = ) di excel. Berikut adalah bentuk penulisan umum dari NOT dengan “sama dengan” yang sama artinya dengan “tidak sama dengan”.

NOT ( nilai1 = nilai2 )


Pada bentuk penulisan ini, kita memasangkan dua nilai yang ingin kita bandingkan menggunakan tanda sama dengan. Hasil nilai logika dari perbandingan tersebut akan dibalikkan oleh NOT. Dengan cara tersebut, kita akan mendapatkan nilai logika yang sama seperti jika kita menuliskan “tidak sama dengan” di sana!

Sebagai catatan, kita tidak bisa menggunakan NOT dan “sama dengan” untuk menggantikan “tidak sama dengan” dalam sebuah penulisan kriteria. Untuk hal ini, kamu harus menggunakan penulisan “tidak sama dengan” biasa.

Untuk contoh implementasi gabungan NOT dan “sama dengan” ini, perhatikan screenshot berikut.

Cara Menuliskan “Tidak Sama Dengan” di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Penulisan NOT dengan Sama Dengan di Excel

Kita menggunakan contoh yang sama dengan yang kita gunakan untuk mengilustrasikan implementasi IF dengan kondisi logika “tidak sama dengan”. Kita dapat lihat bahwa penulisan NOT yang disertai dengan “sama dengan” dan penulisan “tidak sama dengan” biasa memberikan hasil yang sama.

Untuk input kondisi logika IF di sini, kita memasangkan data hasil inspeksi produk dan kata “Bagus” menggunakan tanda sama dengan. Hal ini menghasilkan TRUE jika hasil inspeksi produknya “Bagus” dan FALSE jika tidak.

Setelah itu, kita membungkus kondisi logika “sama dengan”nya dengan NOT. Ini akan membalikkan hasil kondisi logika “sama dengan”nya (TRUE menjadi FALSE dan FALSE menjadi TRUE). Hal tersebut membuatnya menjadi sama seperti ketika kita menggunakan kondisi logika “tidak sama dengan”!

IF lalu akan memberikan hasil berdasarkan apa yang NOT berikan kepadanya. Pada contoh ini, NOT kita memberikan FALSE. Oleh karena itu, IF memberikan hasil FALSEnya, yaitu “Ditolak”.



Latihan

Setelah kita mempelajari cara menuliskan “tidak sama dengan” di excel, sekarang saatnya mengerjakan sebuah latihan. Hal ini agar kita dapat mempraktekkan apa yang sudah kita pelajari dan memahaminya secara lebih mendalam.

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaan di bawah ini. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah mengerjakan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu. Atau mungkin ketika kamu tidak bisa menjawab satu atau lebih dari satu pertanyaannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

Jawab setiap pertanyaan menggunakan penulisan “tidak sama dengan” pada excel di cell yang sesuai!
  1. Berapa banyak produk di kolom “Produk Paling Banyak Terjual” yang bukan apel?
  2. Berapa total kuantitas penjualan per bulannya tersebut dengan mengabaikan bulan di mana mangga adalah produk yang paling banyak terjual?
  3. Cek produk yang paling banyak terjual di bulan Juni! Jika produk tersebut adalah apel, maka isi cellnya dengan “Apel Lagi”. Jika bukan, maka isi dengan “Bukan Apel”!


Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Dalam proses perbandingannya, simbol “tidak sama dengan” tidak membedakan antara huruf besar dan huruf kecil.



Tutorial lainnya yang perlu kamu pelajari:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert