Cara Menghitung Pangkat di Excel - Compute Expert

Cara Menghitung Pangkat di Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Menghitung Pangkat di Excel



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari cara menghitung pangkat di excel dengan menggunakan berbagai bentuk penulisan rumus.

Pangkat adalah salah satu jenis perhitungan yang terkadang perlu kita lakukan terhadap angka-angka kita. Jika kita ingin dapat mengolah data angka kita secara optimal di excel, maka kita sebaiknya juga memahami bagaimana caranya memangkatkan mereka.

Terdapat beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghitung pangkat dari suatu angka di excel. Mau tahu apa saja cara tersebut dan bagaimana cara pengimplementasian mereka? Pelajari semua materi di tutorial ini!







Cara 1: Menghitung Pangkat di Excel dengan Tanda Bintang (*)

Ada tiga cara menghitung pangkat di excel yang akan kita diskusikan di tutorial ini. Cara pertama adalah cara perhitungan pangkat dengan menggunakan simbol bintang (*).

Jika kamu sering mengolah data angka di excel, maka kamu mungkin tahu bahwa kita menggunakan simbol bintang untuk proses perkalian angka. Karena pangkat adalah proses perkalian dari angka yang sama (contohnya, lima pangkat tiga sama saja dengan lima kali tiga kali tiga), ini berarti kita bisa menggunakan simbol bintang untuk proses perhitungan pangkat juga!

Cara penulisan perhitungan pangkat menggunakan simbol bintang di excel sama dengan cara penulisan perhitungan perkalian biasa.

= angka_yang_ingin_dipangkatkan * angka_yang_ingin_dipangkatkan …


Kita mengalikan angka kita dengan angka itu sendiri beberapa kali. Berapa kali persisnya tergantung dari tingkat pangkat yang ingin kita aplikasikan ke angka kita.

Berikut contoh implementasi cara perhitungan pangkat dengan menggunakan simbol bintang di excel.

Cara Menghitung Pangkat di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Pangkat dengan Menggunakan Tanda Bintang

Seperti yang kamu lihat pada penulisan rumus di atas, kita kalikan angka kita sebanyak tingkat perhitungan pangkat yang kita perlukan.

Dua berarti kita mengalikannya sebanyak dua kali, tiga berarti tiga kali, dan lima berarti lima kali. Kita ketik angka kita dan simbol bintangnya menyesuaikan dengan pertimbangan tersebut.

Jika kita hanya perlu menghitung tingkatan pemangkatan yang tidak terlalu besar, maka mungkin tidak masalah untuk menuliskan rumus perkaliannya. Namun, bagaimana jika tingkatan pangkatnya cukup besar? Tentunya akan merepotkan untuk menuliskan rumus perkalian yang kita butuhkan karena bisa jadi sangat panjang penulisannya.

Jika kasusnya seperti ini, maka kamu bisa menggunakan salah satu dari dua cara perhitungan pangkat yang akan kita diskusikan selanjutnya.



Cara 2: Menghitung Pangkat di Excel dengan Tanda Sisipan (^)

Cara lainnya yang lebih simpel untuk menghitung pangkat di excel adalah dengan menggunakan simbol sisipan. Dengan menggunakannya, kamu hanya perlu mengetikkan angka yang ingin kamu pangkatkan, simbol sisipannya, dan tingkatan pangkatnya. Lakukan itu dalam penulisan rumusmu dan kamu akan langsung mendapatkan hasil perhitungan pangkatmu!

Sebagai rangkumannya, bentuk penulisan umum rumus perhitungan pangkat dengan menggunakan tanda sisipan adalah seperti ini.

= angka_yang_ingin_dipangkatkan ^ tingkat_pangkat


Simpel, bukan? Dan berikut contoh implementasinya untuk menghitung pangkat dari angka-angka yang sama dengan yang dipangkatkan di contoh sebelumnya.

Cara Menghitung Pangkat di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Pangkat dengan Menggunakan Tanda Sisipan

Seperti dapat kamu lihat, kita mendapatkan hasil yang sama seperti yang kita dapatkan dengan menggunakan cara tanda bintang. Jika kamu berpikir ini adalah cara yang terbaik untuk kamu gunakan, kamu bisa langsung mengimplementasikannya untuk proses perhitungan pangkatmu di excel!




Cara 3: Menghitung Pangkat di Excel dengan Rumus POWER

Kita juga mempunyai sebuah rumus spesial yang bisa kita gunakan untuk menghitung pangkat di excel. Rumus itu adalah POWER dan cara menggunakannya juga cukup simpel.

Berikut bentuk penulisan umum dari POWER di excel.

= POWER ( angka_yang_ingin_dipangkatkan , tingkat_pangkat )


Seperti bisa kamu lihat, kamu hanya perlu memasukkan input angka yang ingin kamu pangkatkan dan tingkatan pemangkatannya. Masukkan semua input itu ke POWER dan kamu akan langsung mendapatkan hasil perhitungan pangkatmu!

Untuk pemahaman lebih jelasnya, berikut contoh implementasi POWER di excel.

Cara Menghitung Pangkat di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Pangkat dengan Menggunakan Rumus POWER

Jadi, cara mana yang lebih ingin kamu gunakan dari ketiga cara yang sudah kita diskusikan tadi? Jika kamu mengimplementasikan mereka dengan benar, maka kamu semestinya akan mendapatkan hasil yang sama dari ketiganya.



Cara Menghitung Pangkat 2/Kuadrat di Excel

Kita tutup tutorial ini dengan melihat lebih dekat ke proses perhitungan pangkat dua di excel. Kita sering menyebutnya juga sebagai perhitungan kuadrat.

Karena kita jelas menginginkan tingkat pemangkatan dua dalam perhitungan ini, penggunaan ketiga cara yang sudah kita diskusikan sebelumnya menjadi mudah. Berikut bentuk penulisan dari ketiga cara tersebut jika kita ingin mengkuadratkan suatu angka di excel.

Cara simbol bintang

= angka_yang_ingin_dipangkatkan * angka_yang_ingin_dipangkatkan


Cara simbol sisipan

= angka_yang_ingin_dipangkatkan ^ 2


Cara POWER

= POWER ( angka_yang_ingin_dipangkatkan , 2 )


Jika kamu menggunakan cara simbol bintang, maka kamu hanya perlu mengalikan angkamu sebanyak sekali. Jika kamu menggunakan cara simbol sisipan atau POWER, maka masukkan 2 sebagai input tingkatan pangkatmu.

Untuk memahami konsepnya secara lebih jelas, berikut contoh implementasi ketiga cara tersebut untuk mengkuadratkan angka-angka yang sama.

Cara Menghitung Pangkat di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Pangkat Dua/Kuadrat

Pada contohnya tersebut, kita hitung pangkat dua dari angka-angka kita dengan menggunakan bentuk penulisan yang kita diskusikan sebelumnya. Sebagai hasilnya, kita mendapatkan hasil yang sama dari ketiga cara yang kita implementasikan!

Jika kamu memerlukan penjelasan lebih lanjut mengenai proses perhitungan kuadrat di excel, kamu bisa mengunjungi tutorial ini yang khusus mendiskusikan mengenainya.



Latihan

Setelah mempelajari bagaimana cara menghitung pangkat di excel dengan menggunakan beberapa cara, perdalam pemahamanmu dengan mengerjakan latihan ini!

Unduh file latihan dari link berikut dan jawab pertanyaannya. Silahkan unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Baca cerita dalam file latihannya dan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Praktekkan cara perhitungan pangkat yang sudah kamu pelajari tadi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya (Sebenarnya NPV yang ditanyakan di latihan ini bisa juga dicari menggunakan rumus NPV yang tersedia dalam excel. Namun, karena latihan ini adalah untuk memperdalam pemahamanmu mengenai perhitungan pangkat di excel, gunakanlah perhitungan tersebut untuk mendapatkan jawabanmu!):
  1. Berapa NPV dari investasi proyek perusahaan tersebut?
  2. Apakah perusahaan perlu berinvestasi di proyek ini? (Jika NPVnya positif, maka perusahaan sebaiknya berinvestasi. Namun, jika negatif, maka sarankan tidak!)

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Kamu bisa menghitung akar dengan menggunakan tingkatan pangkat 1/x ketika menuliskan rumus pangkatmu. Tanda x di sini adalah tingkatan pengakaran yang ingin kamu aplikasikan dalam proses perhitunganmu.



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert