Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel



Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai cara menggunakan rumus pangkat di excel. Pemahaman ini berguna jika kamu melakukan pengolahan bilangan dalam perangkat spreadsheet ini. Perhitungannya bisa dilakukan secara penulisan rumus secara manual ataupun dengan menggunakan formula POWER.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus Pangkat di Excel?


Dalam melakukan kalkulasi dan perhitungan statistik terhadap data angka pada perangkat spreadsheet, salah satu proses yang terkadang digunakan adalah pangkat atau mungkin kuadrat di excel secara lebih seringnya. Fungsi ini sendiri akan mengalikan sebuah bilangan dengan bilangan itu sendiri dengan frekuensi tergantung dari input tingkatan sesuai keinginan kita sedangkan kuadrat di excel khusus melakukan proses perkalian sendiri tersebut sebanyak sekali.

Fungsi ini juga berguna dalam pekerjaan atau perhitungan bisnis sehari-hari. Biasanya ia digunakan untuk analisis bisnis, Analisis yang dilakukan adalah dengan contoh seperti ketika kita ingin melakukan teknik forecasting dalam memprediksi berapa banyak produk yang dapat kita jual dengan melihat data data historis sebelumnya atau kalkulasi dari Net Present Value (NPV) untuk memperhitungkan nilai pada saat ini untuk menimbang untung ruginya hasil suatu proyek atau suatu aktivitas bisnis perusahaan.

Dalam melakukan jenis kalkulasi ini menggunakan perangkat spreadsheet untuk menghitung segala hal tadi, maka kita harus mengetahui bagaimana cara menggunakan rumus pangkat di excel serta kuadrat di excel. Jika sering menggunakan spreadsheet untuk menyimpan dan mengolah data angka dalam pekerjaan atau bisnis sehari hari, maka keahlian penggunaan kalkulasi ini akan menjadi cukup berguna untuk dipunyai.


Apa Itu Rumus Pangkat di Excel?


Rumus pangkat di excel adalah fungsi untuk mengalikan suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri satu kali atau lebih sesuai dengan tingkatan yang kita inginkan. Dalam praktek penggunaannya, proses ini bisa dituliskan secara manual jika kamu hapal rumusnya ataupun dengan memakai formula POWER untuk lebih simpelnya


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menuliskan rumus pangkat di excel, yang mana termasuk juga kalkulasi kuadrat di excel. Penulisannya secara manual dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan tanda panah ke atas dari keyboardmu. Formulanya sendiri adalah POWER yang mana ia membutuhkan input digit untuk dipangkatkan serta berapa tingkat pangkatnya sesuai keinginan kita. Kuadrat di excel sendiri dapat dihitung dengan menuliskan 2 untuk faktor tingkatan kalkulasimu tersebut.


Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel Secara Manual

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) pada cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel - Screenshot Langkah 1-1

  2. Ketik angka atau koordinat cell tempat digit yang ingin dihitung berada setelah = lalu masukkan tanda panah ke atas ( ^ )

    Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel - Screenshot Langkah 1-2

  3. Ketik angka atau koordinat cell tempat digit tingkatan pangkatmu berada (ketik 2 jika kamu ingin melakukan perhitungan kuadrat di excel)

    Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel - Screenshot Langkah 1-3

  4. Tekan tombol Enter
  5. Proses selesai!

    Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel - Screenshot Langkah 1-5



Menggunakan Fomula POWER

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) pada cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses perhitungan ini

    Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel - Screenshot Langkah 2-1

  2. Ketik POWER (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel - Screenshot Langkah 2-2

  3. Ketik angka atau koordinat cell tempat digit yang ingin dihitung setelah tanda buka kurung lalu masukkan tanda koma ( , )

    Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel - Screenshot Langkah 2-3

  4. Ketik angka atau koordinat cell tempat digit tingkatan pangkatmu setelah tanda koma (ketik 2 jika kamu ingin melakukan perhitungan kuadrat di excel)

    Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel - Screenshot Langkah 2-4

  5. Ketik tanda tutup kurung

    Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel - Screenshot Langkah 2-5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses selesai!

    Cara Menggunakan Rumus Pangkat di Excel - Screenshot Langkah 2-7



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan langkah langkah dari kedua metode tadi, kamu dapat mempraktekkan pemahaman kamu dalam melakukan metode proses perhitungannya melalui latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan perhitungannya dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Baca cerita pada file dan jawab pertanyaan berikut. Gunakan cara dari langkah tutorial yang sudah diajarkan untuk menjawabnya (Sebenarnya perhitungan NPV dapat juga menggunakan formula NPV yang tersedia dalam spreadsheet. Namun karena latihan ini untuk memperdalam keahlianmu menggunakan proses pemangkatan pada spreadsheet, maka gunakanlah kalkulasi tersebut!):
  1. Berapa NPV dari investasi proyek perusahaan tersebut?
  2. Apakah perusahaan perlu berinvestasi untuk proyek itu? (Jika NPV positif, maka perusahaan perlu investasi namun jika negatif maka sarankan tidak!)

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Jika kamu menggunakan tingkat 1/x untuk perhitungan ini secara manual maupun menggunakan POWER (misal: 8^(1/3) atau POWER(8, 1/3)), maka kamu akan mendapatkan hasil kalkulasi akar dari bilanganmu.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert