Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari berbagai cara menghitung banyak data di excel.

Seringkali, perhitungan data yang perlu kita lakukan dalam pengolahan data di excel memiliki spesifikasi tertentu. Di sini, akan dikenalkan berbagai cara perhitungan serta rumus atau kombinasi rumus tertentu yang dapat membantu kita melakukannya. Semestinya, paling tidak salah satu dari mereka bisa menjawab kebutuhan perhitungan datamu di excel!

Disclaimer: Artikel ini mengandung link affiliasi yang akan memberikan komisi kepada kami dalam setiap pembeliannya tanpa biaya tambahan apapun bagimu. Link-link afiliasi kami adalah yang menawarkan produk/jasa yang bisa membantu mengoptimalkan penggunaan excel dalam pekerjaanmu sehari-hari. Jika kamu ingin membaca lebih jauh mengenai hal ini, silahkan kunjungi halaman Kebijakan Afiliasi kami.







Penjelasan Singkat Berbagai Rumus Perhitungan Data di Excel Beserta Fungsinya

Terdapat berbagai rumus atau kombinasi rumus yang dapat kamu gunakan untuk menghitung banyak data di excel. Penggunaan mereka tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pengolahan datamu, seperti apa bentuk data yang ingin kamu hitung.

Pada dasarnya, terdapat 5 rumus murni yang disediakan excel untuk menghitung datamu:
  • COUNT, berguna untuk menghitung banyak angka dalam suatu cell range
  • COUNTA, berguna untuk menghitung banyak data dalam suatu cell range
  • COUNTBLANK, berguna untuk menghitung banyak cell kosong dalam suatu cell range
  • COUNTIF, berguna untuk menghitung banyak data yang memenuhi satu kriteria tertentu dalam suatu cell range
  • COUNTIFS, berguna untuk menghitung banyak data/entri data yang memenuhi kriteria tertentu


Jika kamu membutuhkan proses perhitungan data selain yang sudah disebutkan di atas, maka kamu harus menggunakan kombinasi rumus atau cara lainnya.

Pada bagian-bagian berikutnya dari tutorial ini, akan dijelaskan mengenai berbagai cara perhitungan data di excel secara spesifik. Baik menggunakan rumus yang sudah disediakan excel maupun yang perlu menggunakan cara lainnya.



Cara Menghitung Banyak Cell Dengan Angka: COUNT

Cara perhitungan yang pertama kita coba diskusikan adalah COUNT. COUNT memiiliki kegunaan untuk menghitung berapa banyak angka yang kamu miliki dalam suatu cell range.

Penulisan rumus ini cukup mudah dilakukan karena ia hanya membutuhkan input nilai/cell/cell range yang ingin kamu hitung banyak angkanya. Secara umum, berikut ilustrasi penulisan dari COUNT:

=COUNT(value1,[value2],…)


Walaupun kamu dapat memasukkan banyak input ke dalam COUNT, biasanya kita hanya memasukkan sebuah cell range di dalamnya. Namun, jika dibutuhkan, maka kamu juga bisa memasukkan lebih dari satu cell range atau data atau koordinat cell.

Berikut contoh penggunaan dan hasil dari rumus COUNT ini di excel.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Contoh COUNT

Seperti dapat kamu lihat pada contohnya, COUNT menghitung banyak data murni angka pada cell range/cell/data yang diberikan sebagai inputnya. Angka berjenis data teks atau angka yang berbentuk huruf tidak akan dihitung.

Penulisan yang kamu lihat pada formula bar adalah contoh penulisan COUNT yang biasanya umum digunakan. Kita biasanya hanya memasukkan satu cell range sebagai inputnya untuk kemudian dihitung oleh COUNT, berapa banyak data angka di dalamnya.

Jika kamu ingin mempelajari lebih mendalam lagi mengenai COUNT, silahkan kunjungi tutorial berikut ini.




Cara Menghitung Banyak Cell Dengan Data: COUNTA

Bagaimana jika kita tidak hanya ingin menghitung angka saja, tetapi juga keseluruhan data dalam suatu cell range/cell/nilai? Untuk kebutuhan tersebut, kita bisa menggunakan rumus COUNTA.

Secara umum, penulisan COUNTA pada excel dapat diilustrasikan sebagai berikut.

=COUNTA(value1,[value2],…)


Seperti COUNT, biasanya kita hanya menginput satu cell range ke dalam COUNTA. Dari cell range itu, COUNTA akan menghitung berapa banyak cell berisi data di dalamnya untuk kemudian dijadikan hasil rumusnya.

Untuk pemahaman lebih jelasnya mengenai COUNTA ini, berikut contoh penggunaan dari COUNTA di excel beserta hasilnya.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Contoh COUNTA

Pada contohnya, dapat kita lihat bagaimana COUNTA memberikan hasil perhitungan banyak data dalam cell range di kolom nilai. Karena banyak cell berisi data di kolom tersebut ada 8, maka COUNTA memberikan hasil 8 kepada kita.

Sebagai catatan, COUNTA juga menghitung error dan rumus yang menghasilkan data kosong (biasanya dilambangkan dengan dua tanda kutip (“”)) dalam proses perhitungan datanya.

Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam mengenai COUNTA, silahkan mengunjungi tutorial khususnya di Compute Expert.



Cara Menghitung Banyak Cell Kosong: COUNTBLANK

Kebalikan dari COUNTA, COUNTBLANK digunakan untuk menghitung banyak cell kosong. Secara umum, berikut bentuk penulisan dari COUNTBLANK.

=COUNTBLANK(range)


Namun, tidak seperti COUNT dan COUNTA, COUNTBLANK hanya bisa menerima input satu cell range. Ia akan menghitung berapa banyak cell kosong yang terdapat dalam cell range tersebut untuk kemudian memberikan hasilnya.

Agar lebih jelas memahami penggunaan serta hasil COUNTBLANK, berikut contoh aplikasinya di excel.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Contoh COUNTBLANK

Seperti dapat kamu lihat pada contohnya, COUNTBLANK menghasilkan 2 karena terdapat dua cell kosong di cell rangenya, yaitu kolom nilai. Apapun bentuk datanya, teks, angka, error, atau yang lainnya, tidak akan dihitung oleh COUNTBLANK.

Sebagai catatan, rumus yang menghasilkan data kosong (biasanya dilambangkan dengan “” dalam rumusnya) juga akan dihitung oleh COUNTBLANK.

Jika kamu perlu mempelajari lebih lanjut mengenai COUNTBLANK ini, silahkan kunjungi tutorial Compute Expert yang membahas mengenainya.



Cara Menghitung Banyak Cell Dengan Data yang Memenuhi 1 Kriteria Tertentu: COUNTIF

Bagaimana jika kamu memiliki suatu kriteria untuk data yang ingin kamu hitung banyaknya dalam suatu cell range? Untuk kebutuhan itu, kamu bisa menggunakan rumus COUNTIF.

Secara umum, berikut bentuk penulisan COUNTIF pada excel.

=COUNTIF(range,criteria)


Dalam penulisan COUNTIF, kamu perlu memasukkan cell range yang ingin kamu hitung datanya beserta kriteria data yang ingin dihitung. Untuk penulisan kriteria yang bisa diterima oleh COUNTIF sendiri, dapat kamu lihat di bagian berikutnya dari tutorial ini.



Untuk lebih memperjelas mengenai penggunaan COUNTIF ini, silahkan dilihat contoh di bawah ini.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Contoh COUNTIF

Pada contohnya tersebut, kriteria yang perlu dimasukkan ke dalam penulisan COUNTIFnya adalah angka di atas atau sama dengan 70. Penulisan input kriterianya, untuk itu, adalah “>=70”.

Dapat kita lihat juga penulisan COUNTIF yang memberikan hasil sesuai dengan jumlah angka nilai yang di atas atau sama dengan 70. Masukkan cell range dan kriterianya dengan tepat maka hasil perhitungan data yang benar akan kamu dapatkan.

Jika kamu membutuhkan pembahasan lebih mendalam mengenai COUNTIF, silahkan kunjungi tutorial yang khusus membahasnya berikut ini.

Memiliki lebih dari satu kriteria untuk perhitungan datamu? Silahkan lihat bagian berikutnya yang membahas mengenai COUNTIFS.



Cara Menghitung Banyak Cell Dengan Data/Entri Data yang Memenuhi Lebih Dari 1 Kriteria: COUNTIFS

COUNTIFS adalah rumus yang disediakan excel jika kamu ingin menghitung data/ entri data dengan lebih dari 1 kriteria. Bagaimana cara melakukan penulisannya? Berikut bentuk umumnya.

=COUNTIFS(criteria_range1,criteria1,…)


Dalam COUNTIFS, kamu dapat memasukkan lebih dari satu cell range dan juga kriterianya.

Cell range dan kriteria tersebut dimasukkan dalam COUNTIFS secara berpasangan. Itu artinya kriteria yang mengikuti suatu cell range di COUNTIFS akan mengevaluasi data-data dalam cell range tersebut saja.

COUNTIFS akan menghitung entri data yang semua data sejajarnya memenuhi semua kriteria yang kamu masukkan. Jika satu kali saja tidak lolos kriteria, maka entri data tersebut tidak akan dihitung. Biasanya, kita memberikan input cell range dalam COUNTIFS per satu kolom, dengan entri yang data setiap kolomnya lolos kriteria akan dihitung.

Jika yang kamu inginkan adalah satu cell range yang sama namun dengan banyak kriteria, maka masukkan cell range tersebut secara berulang. Penulisan kriteria pada COUNTIFS sendiri sama seperti COUNTIF. Jika kamu ingin mempelajari penulisannya, maka silahkan melihat bagian berikutnya dari tutorial ini.

Untuk lebih jelasnya memahami penjabaran yang sudah diberikan, mari kita lihat contoh penggunaan COUNTIFS di excel berikut.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Contoh COUNTIFS

Dalam contoh di atas, terdapat tiga kolom nilai. Kita ingin menghitung jumlah orang yang memiliki tiga nilai di atas 70 semua. Untuk dapat melakukan perhitungan tersebut, kita menggunakan rumus COUNTIFS.

Dapat kamu lihat pada penulisan COUNTIFS di formula barnya, bagaimana pemasangan input cell range dan kriterianya dilakukan. Kita memasukkan input cell range kolom nilainya satu per satu, diikuti kriteria kolom nilainya setiap cell range kolomnya selesai dimasukkan. Karena untuk contoh ini kriterianya sama (lebih dari 70), maka kita masukkan “>=70” setelah setiap input cell range kolom nilainya.

Masukkan dengan benar pasangan cell range dan kriterianya, maka hasil perhitungan COUNTIFSnya akan kamu dapatkan.

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut mengenai COUNTIFS, silahkan lihat tutorial yang khusus membahasnya di sini.



Penulisan Kriteria di COUNTIF dan COUNTIFS

Bagaimana cara melakukan penulisan kriteria di COUNTIF dan COUNTIFS? Pertama, tentunya ,kamu perlu mengetahui batasan yang kamu inginkan untuk data yang ingin kamu hitung. Setelah itu, baru kamu lihat bagaimana terjemahan dari batasan tersebut dalam bentuk penulisan kriteria di excel.

Berbagai jenis dan bentuk penulisan kriteria tersebut beserta penjelasan maksud penulisannya dapat kamu pelajari di bawah ini.

Teks (tidak memperdulikan besar kecilnya huruf)
Contoh KriteriaPenjelasan
"Jim"Sama dengan “Jim”
“<>Jim”Tidak sama dengan “Jim”
“Jim*”Dengan awalan “Jim”
“*jim”Dengan akhiran “jim”
“J*m”Awalan “J” dan akhiran “m”
“Jim?”Awalan “Jim” dengan akhiran satu karakter apa saja
“?jim”Awalan satu karakter apa saja dengan akhiran “jim”
“J?m”Awalan “J”, satu karakter apa saja, dan akhiran “m”
“Jim~*”Sama dengan “Jim*”
“Jim~?”Sama dengan “Jim?”


Sedikit penjelasan mengenai tanda yang digunakan pada kriteria teks:
  • * = karakter bebas dengan jumlah tidak terbatas
  • ? = karakter bebas dengan jumlah 1
  • ~ = dipakai jika ingin menambahkan karakter * atau ? untuk kriterianya


Angka
Contoh KriteriaPenjelasan
70Sama dengan 70
“>70”Lebih dari 70
“<70”Kurang dari 70
“>=70”Lebih dari atau sama dengan 70
“<=70”Kurang dari atau sama dengan 70


Tanggal
Contoh KriteriaPenjelasan
“>”&DATE(2019,12,3)Lebih dari tanggal 3 Desember 2019


Tidak disarankan memasukkan kriteria tanggal melalui penulisan langsung (mis: “>3-12-2019”). Ini bisa membuat hasilnya salah dan tidak sesuai ekspektasi.

Koordinat cell
Contoh KriteriaPenjelasan
“>”&B1Lebih dari nilai pada B1


Cell kosong/tidak kosong
Contoh KriteriaPenjelasan
“"Kosong
“<>"Tidak kosong



Cara Menghitung Banyak Data di Excel yang Unik: SUMPRODUCT COUNTIF

Setelah selesai mendiskusikan penggunaan lima rumus perhitungan data di excel, sekarang kita mulai bahas penggunaan kombinasi rumus untuk perhitungan data.



Kombinasi rumus diperlukan jika kebutuhan perhitungan datamu tidak dapat dipenuhi oleh lima rumus yang sudah dibahas sebelumnya. Salah satu contoh kebutuhan tersebut adalah perhitungan data unik dalam suatu cell range. Bagaimana cara melakukannya di excel?

Proses perhitungan data unik dapat kamu lakukan dengan mengkombinasikan penggunaan rumus SUMPRODUCT dan COUNTIF.

Bagaimana caranya mengkombinasikan mereka? Berikut bentuk umum penulisannya untuk tujuan perhitungan data unik tersebut.

=SUMPRODUCT((cell_range<>””)/COUNTIF(cell_range,cell_range&””))


Bingung bagaimana proses rumus ini bekerja? Perhatikan contoh penggunaan SUMPRODUCT dan COUNTIF berikut di excel beserta penjelasan di bawahnya.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Contoh SUMPRODUCT COUNTIF

Pada contoh tersebut, terlihat bagaimana kombinasi SUMPRODUCT dan COUNTIF digunakan untuk menghitung data unik di kolom nama. Seperti dapat dilihat, penggunaan SUMPRODUCT COUNTIF mendapatkan banyak data unik di kolom tersebut, yaitu 3.

Pada dasarnya, SUMPRODUCT dapat digunakan untuk membuat rumus yang biasanya menerima input data satuan menjadi bisa menerima input cell range. Pada kasus ini, SUMPRODUCT digunakan untuk membantu memproses input kriteria COUNTIF yang biasanya satuan menjadi cell range.

Di sini, kita menghitung masing-masing data pada kolom nama dengan kriteria datanya itu sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan memasukkan cell range kolom namanya juga sebagai input kriterianya. Pada input kriterianya tersebut, kita memasukkan juga &”” untuk mengantisipasi cell kosong, jika ada, dalam cell rangenya.

Dengan penulisan COUNTIF seperti itu, maka hasilnya pada contoh di atas akan menjadi berbentuk data array sebagai berikut:

{3,3,3,5,5,5,5,5,2,2}


Dapatkah kamu tebak angka 3, 5, dan 2 itu apa? Mereka melambangkan frekuensi munculnya masing-masing data pada kolom nama tersebut. Jessica muncul 3 kali, Kevin muncul 5 kali, dan Andre muncul 2 kali. Dan karena hasil berbentuk array ini jugalah, maka SUMPRODUCT diperlukan untuk memfasilitasi prosesnya.

Pada bagian dalam SUMPRODUCT sebelum penulisan COUNTIF, kita menuliskan tiap data cell rangenya dikondisikan bukan data kosong (<>“”). Hal ini juga sebagai bagian dari antisipasi cell kosong dalam cell rangenya agar penulisan SUMPRODUCT COUNTIFnya tidak menghasilkan error.

Ketika tiap data dari cell range kolom nama dikondisikan harus bukan data kosong, maka hasilnya akan menjadi seperti ini.

{TRUE,TRUE,TRUE,TRUE,TRUE,TRUE,TRUE,TRUE,TRUE,TRUE}


Semua menjadi TRUE karena setiap cell dalam kolom nama tidak kosong (jika ada cell kosong, maka nilainya akan menjadi FALSE). Karena TRUE dapat juga diwakili dengan angka 1 di excel, maka hasil di atas tersebut akan sama dengan.

{1,1,1,1,1,1,1,1,1,1}


Hasil data array tersebut kemudian kita bagikan dengan hasil COUNTIF kita. Pembagian array dilakukan berpasangan antara dua data yang sejajar. Oleh karena itu, hasil pembagiannya kemudian menjadi seperti ini pada contoh tersebut.

{0.33,0.33,0.33,0.2,0.2,0.2,0.2,0.2,0.5,0.5}


Setelah pembagian terjadi, kemudian SUMPRODUCT akan menjumlahkan semua angka dalam array tersebut sesuai fungsi dari rumusnya. Hasil penjumlahannya adalah 3 atau sama dengan jumlah data unik dalam cell range kolom nama tersebut!

Silahkan kamu coba kombinasi SUMPRODUCT COUNTIF ini untuk menghitung data unik di cell rangemu dan lihat hasilnya!



Cara Menghitung Tanggal Dengan Angka Hari/Bulan/Tahun Spesifik: SUMPRODUCT DAY/MONTH/YEAR

Perhitungan data tanggal juga merupakan salah satu hal yang terkadang kita perlukan di excel. Biasanya, kita perlu melakukan perhitungan data tanggal berdasarkan kriteria hari dan/atau bulan dan/atau tahun.

Bagaimana cara melakukannya? Hal ini bisa dilakukan di excel dengan gabungan rumus SUMPRODUCT dan DAY/MONTH/YEAR.

Berikut bentuk penulisan umum dari gabungan rumus tersebut untuk menghitung data tanggal di excel.

=SUMPRODUCT((DAY(cell_range)=kriteria_angka_hari)*(MONTH(cell_range)=kriteria_angka_bulan)*(YEAR(cell_range)=kriteria_angka_tahun))


Penggunaan rumus DAY, MONTH, dan YEAR dalam penulisan di atas tergantung kebutuhanmu. Gunakan DAY jika kriteria perhitungan data tanggalmu adalah angka hari, MONTH jika bulan, dan YEAR jika tahun. Jika kamu hanya menggunakan satu dari ketiga rumus itu, maka kamu tidak perlu menggunakan tanda bintang (*).

Untuk tanda di antara cell_range dan angka_kriteria di masing-masing rumus DAY/MONTH/YEAR sendiri, itu juga tergantung kebutuhanmu. Jika, misalnya, kamu butuh menghitung data tanggal yang angka harinya lebih dari 15, maka masukkan seperti ini: DAY(cell_range)>15. Masukkan tanda penghubung yang tepat agar hasil perhitungan data tanggalmu menjadi sesuai kebutuhanmu.

Untuk lebih jelasnya mengenai penggabungan rumus ini beserta hasilnya, berikut contoh hasil implementasinya di excel.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Contoh SUMPRODUCT DAY/MONTH/YEAR

Seperti dapat kamu lihat, kriteria perhitungan data pada contohnya berhubungan dengan angka bulan dan tahunnya. Untuk itu, kita menggunakan MONTH dan YEAR dalam input SUMPRODUCT kita.

Proses dari rumusnya sendiri dapat dijelaskan sebagai berikut. SUMPRODUCT di sini kita gunakan untuk mengolah hasil array yang nantinya dihasilkan dari perkalian MONTH dan YEAR. Hasil array ini dihasilkan karena input MONTH dan YEAR kita menggunakan cell range, yang biasanya menggunakan data satuan.

Pada penulisan MONTH, kita perlu memasukkan kriteria lebih dari atau sama dengan 6. Sedangkan pada penulisan YEAR, kita perlu memasukkan kriteria sama dengan 2009. Kita tuliskan keduanya dengan “>=6” setelah input cell range MONTH dan “=2009” setelah input cell range YEAR.



Untuk MONTH, karena inputnya adalah cell range kolom tanggal bergabung diikuti dengan kriteria, maka hasilnya adalah array seperti ini.

{FALSE,FALSE,TRUE,TRUE,TRUE,TRUE,FALSE,FALSE,TRUE,TRUE}


Isi array tersebut merupakan hasil evaluasi setiap data pada kolom tanggal bergabung dengan kriterianya. Contohnya, untuk tanggal bergabung Jessica, hasil dari MONTHnya adalah 4 (angka bulan dari tanggal bergabungnya). Karena 4 kurang dari 6, maka hasil di arraynya menjadi FALSE untuk data tanggal bergabung Jessica tersebut. Setiap data pada cell rangenya dievaluasi sampai dihasilkan kumpulan TRUE/FALSEnya dalam sebuah array.

Untuk YEAR, berikut hasil array dari evaluasi setiap data kolom tanggal bergabung dengan kriterianya.

{FALSE,FALSE,FALSE,TRUE,TRUE,FALSE,TRUE,TRUE,TRUE,FALSE}


Prinsip evaluasi dan pemberian hasil TRUE/FALSEnya sama dengan MONTH yang sudah dijelaskan tadi. Kriteria dari YEAR adalah tahunnya harus 2009, maka hasil evaluasinya juga disesuaikan dengan kriteria tersebut.

Kemudian, karena terdapat tanda * di antara MONTH dan YEARnya, maka hasil array keduanya dikalikan. Karena TRUE sama dengan 1 dan FALSE sama dengan 0 di excel, maka hasil perkaliannya menjadi sebagai berikut.

{0,0,0,1,1,0,0,0,1,0}


Prinsip perkalian array adalah data yang sama posisinya dikalikan. Oleh karena itu, didapatkan hasil 1 dan 0 seperti yang dijabarkan di atas.

Terakhir, karena SUMPRODUCT akan menjumlahkan input array di dalamnya, maka akan dihasilkan 3 dari array terakhir tersebut. Angka 3 inilah yang menjadi hasil perhitungan data tanggal dengan kriteria angka bulan dan tahun tersebut!



Cara Menghitung Banyak Data/Angka yang Sudah Terfilter: SUBTOTAL

Bagaimana jika kita memfilter data kita di excel dan kemudian ingin menghitung banyak data yang sudah terfilter tersebut? Caranya adalah dengan menggunakan rumus SUBTOTAL.

Rumus SUBTOTAL dapat khusus digunakan untuk mengolah data yang sudah terfilter di excel. Terdapat 11 pilihan rumus yang dapat kamu gunakan pada data terfiltermu dengan menggunakan SUBTOTAL. Karena di sini yang kita bahas adalah perhitungan data, maka kita akan menggunakan pilihan COUNT dan COUNTA dari SUBTOTAL (jika ingin tahu apalagi rumus yang bisa difungsikan pada data terfilter dengan SUBTOTAL, kunjungi link tutorialnya yang sudah diberikan tadi!)

Secara umum, untuk menggunakan pilihan COUNT dari SUBTOTAL untuk data terfilter, berikut bentuk penulisannya.

=SUBTOTAL(2/102,cell_range)


Dan untuk COUNTA, penulisannya akan menjadi seperti ini.

=SUBTOTAL(3/103,cell_range)


Perbedaannya, seperti yang dapat kamu lihat, hanya pada input pertama dari SUBTOTALnya, yang melambangkan rumus yang mau kamu pakai. Kode yang lebih dari 100 dari keduanya perlu kamu pakai jika kamu ingin mengabaikan cell yang kamu sembunyikan secara manual (tidak disembunyikan oleh filter). Jika ingin menghitungnya juga, maka kamu gunakan kode yang bukan lebih dari 100.

Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan SUBTOTAL untuk menghitung data terfilter, berikut contoh aplikasinya di excel.

Perhatikan bentuk datanya sebelum kita filter (lihat tabel di sebelah kiri).

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Data Sebelum Difilter dan Diimplementasikan SUBTOTAL

Sekarang lihat hasilnya setelah datanya difilter untuk menampilkan data nilai dari Jessica saja dan digunakan SUBTOTAL untuk menghitung banyak angkanya (berarti menggunakan kode COUNT).

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Contoh SUBTOTAL

Di contohnya, kita menggunakan 2 sebagai input kode dari SUBTOTALnya karena kita ingin menggunakan COUNT. Jika kita menginput 102, maka hasilnya akan sama saja karena tidak ada cell yang disembunyikan secara manual di sini.

Dengan menggunakan SUBTOTAL untuk menghitung angka dari data yang sudah terfilter, maka angka yang dimunculkan dari filternya saja yang akan dihitung. Jika menggunakan rumus COUNT biasa, maka angka yang disembunyikan oleh filternya akan dihitung juga (asal dia masuk dalam input cell range COUNTnya).

Maka dari itu, jika kamu butuh menghitung banyak data atau angka dari data terfiltermu, jangan ragu menggunakan SUBTOTAL sebagai metode perhitunganmu!



Cara Menghitung Banyak Angka Dengan Warna Cell/Warna Tulisan Tertentu: XLTools

Mau menghitung banyak angka dengan warna cell/warna tulisan tertentu dalam tabel datamu di excel? Mungkin kamu sudah menandai cell-cell berisi angka-angkamu dengan kode warna tertentu dan ingin menghitung banyak cell per warna tersebut.

Sayangnya, tidak terdapat fitur/rumus khusus yang disediakan excel untuk melakukan perhitungan tersebut. Namun, jika kamu menggunakan XLTools, maka hal ini bisa dilakukan dengan mudah, menggunakan salah satu fitur yang disediakan Add-Insnya!

Bagaimana cara melakukan perhitungan banyak angka berdasarkan warna cell/warna tulisan tertentu menggunakan XLTools? Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan contoh implementasi caranya berikut. Misalkan, kita mempunyai tabel data nilai yang sudah kita tandai dengan warna berdasarkan besaran nilainya seperti ini.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Data Untuk Contoh Implementasi Perhitungan Angka Berdasarkan Warna

Untuk menghitung angka berdasarkan warnanya tersebut, ikuti langkah-langkah simpel berikut. Pertama, sorot cell range yang ingin kamu hitung banyak angka berdasarkan warna cell/tulisannya seperti ini. Kemudian, pergi ke tab XLToolsmu dan klik tombol Count by Color di sana.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Lokasi tab XLTools dan Tombol Count by Color di Excel

Akan muncul sebuah dialog box dengan cell range yang tadi kamu sorot sudah dimasukkan secara otomatis ke dalam boks teksnya. Terdapat dua dropdown yang bisa kamu gunakan untuk mengatur perhitungan angka berdasarkan warna yang sesuai dengan preferensimu.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Pilihan Dropdown Kiri di Dialog Box Count by Color XLTools

Pada dropdown di sebelah kiri, kamu bisa memilih jenis warna yang kamu hitung. Pilihan di dalam dropdown tersebut beserta penjelasannya adalah sebagai berikut.
  • Custom Colors: melakukan perhitungan angka berdasarkan warna cell/warna tulisan yang kamu berikan secara manual
  • Conditional Colors: melakukan perhitungan angka berdasarkan warna cell/warna tulisan dari hasil conditional formatting excel
  • All Colors: melakukan perhitungan angka berdasarkan warna cell/warna tulisan dari hasil pemberian manual dan conditional formatting


Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Pilihan Dropdown Kanan di Dialog Box Count by Color XLTools

Pada dropdown di sebelah kanan, kamu bisa memilih dasar perhitungan warnamu berdasarkan warna cell (background) atau warna tulisan (font).

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Kotak Contoh Tampilan Hasil di Dialog Box Count by Color XLTools

Kotak persis di bawah kedua dropdown tersebut berisi contoh tampilan hasil yang akan kamu dapatkan di dalam worksheetmu nanti.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Pilihan New Worksheet dan Existing Worksheet di Dialog Box Count by Color XLTools

Pada pilihan di bawahnya lagi, kamu bisa memilih di mana hasilmu itu akan ditaruh dalam file excelmu. Kamu bisa memilih untuk menaruhnya di worksheet baru (New Worksheet) atau di worksheet di mana tabel datamu berada (Existing Worksheet).

Jika memilih Existing Worksheet, maka akan muncul dialog box untuk memilih cell paling kiri atas di mana hasil perhitunganmu akan ditaruh.

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Dialog Box Menaruh Hasil di Cell Existing Worksheet Dialog Box Count by Color XLTools

Tentukan tempat menaruh hasilnya dan kemudian klik tombol Generate Report. Hasil perhitungan angka berdasarkan warnamupun akan langsung kamu dapatkan!

Cara Menghitung Banyak Data di Excel: Berbagai Rumus Serta Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Perhitungan Banyak Angka Dengan Warna Tertentu di Excel

Dalam hasil yang kamu dapatkan dari XLTools, kamu akan mendapatkan juga hasil SUM, AVERAGE, MIN, dan MAX berdasarkan warnanya tersebut. Jika ada hasil yang kamu tidak perlu, maka kamu tinggal menghapusnya.



Latihan

Setelah kamu mempelajari cara menghitung data di excel menggunakan berbagai metode, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Hal ini agar kamu dapat semakin memperdalam pemahaman cara perhitungan data excel yang kamu miliki!

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan yakin atas hasilnya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa jumlah cell terisi dari keempat kolom tersebut?
  2. Berapa jumlah cell yang kosong?
  3. Berapa jumlah data dengan kriteria wilayah 1, produk C, dan jumlah terjual lebih dari 100?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

  • COUNTA dan COUNTBLANK akan menghitung semua cell berisi formula yang memiliki hasil kosong (“”)
  • COUNTIF serta COUNTIFS tidak memperhitungkan besar kecilnya huruf dalam perhitungannya (jika data yang dihitung dengan kriterianya adalah teks)




Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert