Cara Menghitung Persen di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Menghitung Persen di Excel



Pada bagian tutorial dari Compute Expert ini, kamu akan belajar mengenai cara menghitung persen di excel. Di dalam alat bantu spreadsheet ini sendiri, tidak terdapat rumus persen excel dalam bentuk formula untuk digunakan secara langsung dalam menghitung persentase angka. Oleh karena itu, kita akan menuliskan rumus persen di excel secara manual sebelum dikonversi menjadi bentuk sesuai dengan yang diinginkan.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Menghitung Persen di Excel?


Jenis perhitungan ini diperlukan ketika kamu ingin melihat komparasi antara data angka dilambangkan dalam bentuk suatu bilangan. Seringkali bentuk bilangan ini menjadi suatu cara praktis untuk melihat perbandingan data, lebih praktis dan mudah dimengerti oleh orang yang melihatnya.

Sebagai contoh, jika kamu ingin melihat mengenai perbandingan digit penjualan produk A dibandingkan jumlah penjualan seluruh produk perusahaan secara keseluruhan, maka jika disebutkan 20% untuk hal tersebut maka akan langsung diketahui bahwa penjualan produk A adalah 20 dibanding 100 atau seperlima dari keseluruhan penjualan. Bentuk ini sering dipakai dalam melambangkan berbagai komparasi bilangan, seperti perbandingan produktivitas karyawan, komparasi pencapaian dengan target, keuntungan dengan pendapatan, dan lain sebagainya.

Jika kamu sering mengolah data angka di alat bantu spreadsheet ini, maka mengetahui cara menghitung persen di excel dengan memahami pemakaian rumus persen di excel akan sangat membantu. Rumus persen excel sendiri seperti perhitungan manual tetapi dibantu dengan kalkulasi otomatis di dalamnya serta hasil yang didapatkan dapat langsung diproses dengan bilangan lain dalam perangkat spreadsheet ini sehingga membuat analisis menjadi jauh lebih efektif dan efisien secara keseluruhan.


Apa Itu Cara Menghitung Persen di Excel?


Cara menghitung persen di excel adalah dengan menuangkan rumus persen di excel untuk membantu menggambarkan komparasi antara data digit. Hasil dari rumus persen excel sendiri biasanya perlu diubah agar bentuk bilangannya bisa sesuai dengan ekspektasi. Penulisan rumus persen di excel dan pengubahan hasil ke bentuk sesuai ekspektasi inilah akan dijelaskan di bagian tutorial ini selanjutnya


Bagaimana Cara Menghitung Persen di Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menghitung persen di excel. Cara menghitung persen di excel sendiri, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, adalah dengan menuangkan rumus persen di excel sebelum kemudian mengubahnya menjadi bentuk angka yang diinginkan. Hasil dari proses ini dapat digunakan secara lebih lanjut untuk perhitungan dengan angka lain dalam perangkat spreadsheet ini.

Rumus persen excel ini akan menggunakan proses pembagian di dalamnya. Untuk itu, ada baiknya jika kamu sudah familiar dengan cara membagi yang dapat dipelajari di bagian tutorial lainnya dalam blog Compute Expert Indonesia ini.


Menuliskan Rumus Persen di Excel Untuk Menghitung Perbandingan Suatu Angka Terhadap Yang Lainnya

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses ini

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 1-1

  2. Ketik angka atau koordinat cell tempat digit yang ingin diproses setelah = lalu masukkan tanda garis miring ( / )

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 1-2

  3. Ketik angka atau koordinat cell tempat digit pembanding kamu setelah tanda garis miring

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 1-3

  4. Tekan tombol Enter
  5. Tempatkan kursor di cell tempat hasil proses pembagian tadi berada dan tekan menu Percent Style pada Tab Home

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 1-5

  6. Proses perhitungan selesai dilakukan untuk angka kamu!

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 1-6




Menuliskan Rumus Persen di Excel Untuk Mengkalkulasi Komparasi Perubahan Suatu Bilangan

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses ini

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 2-1

  2. Ketik tanda buka kurung, dilanjutkan dengan angka atau koordinat cell tempat digit sebelum/setelah perubahan (tergantung mana lebih besar) terjadi diikuti dengan tanda kurang ( - )

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 2-2

  3. Ketik angka atau koordinat cell tempat digit sebelum/setelah perubahan (tergantung mana lebih kecil) diikuti dengan tanda tutup kurung

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 2-3

  4. Ketik tanda garis miring ( / ) dilanjutkan dengan angka atau koordinat cell tempat digit sebelum perubahan terjadi berada

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 2-4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Tempatkan kursor di cell tempat hasil proses pembagian tadi berada dan tekan menu Percent Style pada Tab Home

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 2-6

  7. Proses perhitungan selesai dilakukan untuk angka kamu!

    Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Langkah 2-7



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menghitung persen di excel dengan menaruh rumus persen excel tadi, kamu dapat mempraktekkan pemahaman kamu untuk metode rumus persen excel tersebut melalui latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan perhitungan melalui rumus persen di excel tadi dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file untuk melatih pemahaman menggunakan metode rumus persen excel:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa komparasi antara pencapaian dan target?
  2. Berapa gap yang masih harus dipenuhi antara pencapaian dan target?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Untuk menambah atau mengurangi angka di belakang koma dari hasil proses rumus persen excel, kamu dapat menggunakan menu increase decimal/decrease decimal dari tab Home setelah menempatkan kursor pada cell tempat hasilnya berada

Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Tips Desimal 1



Atau klik kanan setelah menempatkan kursor pada cell tempat hasil yang ingin diubah jumlah angka belakang komanya berada, pilih Format Cells, dan pada Tab Number pilih Number untuk kemudian mengganti nilai dari Decimal places sesuai dengan jumlah angka di belakang koma yang kamu inginkan sebelum klik OK

Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Tips Desimal 2-1



Cara Menghitung Persen di Excel - Screenshot Tips Desimal 2-2



Namun perlu diingat cara ini hanya merubah tampilan desimal dari hasil. Jika ingin benar benar merubah nilainya, maka kamu perlu mempraktekkan cara membulatkan angka di perangkat spreadsheet ini yang tutorialnya juga tersedia di blog ini



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert