Cara Menghitung Rata-Rata di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Menghitung Rata-Rata di Excel



Pada bagian tutorial ini, kamu akan belajar mengenai bagaimana cara menghitung rata-rata di excel. Proses perhitungan ini bisa dilakukan dengan dua metode, secara manual dan menggunakan rumus rata-rata excel.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Mencari Rata-Rata di Excel?


Pada pengolahan data dalam sebuah file spreadsheet, terkadang kita perlu mendapatkan nilai rata-rata dari suatu kumpulan angka. Proses kalkulasi ini cukup sering diperlukan terutama jika kita sering mengolah data kuantitatif. Biasanya, ia diperlukan ketika kita ingin mendapatkan sebuah nilai pembanding dalam menilai baik dan buruknya kinerja suatu entitas. Atau mungkin ketika ingin mencari gambaran umum dari persebaran suatu kumpulan data angka milik kita. Jika tidak menguasai cara menghitung rata-rata di excel, maka tentu proses-proses tersebut menjadi sangat merepotkan untuk dilakukan.

Sebagai contoh dari keperluan ini dalam pekerjaan, misalkan kita sedang mengolah data penjualan seluruh produk perusahaan. Untuk menilai apakah penjualan suatu produk baik atau buruk dibandingkan yang lainnya, maka kita perlu mengetahui rata-rata penjualan semua produk. Ia mutlak perlu dicari besarannya jika kita ingin melakukan analisis datanya secara baik. Dalam mencari besarannya tersebut, tentunya kita harus memahami mengenai cara menggunakan rumus excel rata-rata.

Sesuai dengan kebutuhanmu tersebut, maka terdapat cara mencari nilai rata-rata di excel untuk digunakan. Dengan memahami penggunaan caranya, maka kamu akan menjadi jauh lebih mudah dalam mengolah data angkamu. Hasil analisis datamupun akan menjadi lebih cepat juga untuk didapat.


Apa Itu Cara Menghitung Rata-Rata di Excel?


Cara menghitung rata-rata di excel adalah suatu fungsi membagi jumlah suatu kumpulan angka dengan banyaknya angka dalam kumpulan tersebut. Terdapat beberapa cara yang biasa digunakan untuk melakukan perhitungannya, yaitu dengan cara manual dan menggunakan rumus AVERAGE, AVERAGEIF, serta AVERAGEIFS.


Bagaimana Cara Mencari Nilai Rata-Rata di Excel?


Berikut akan dijabarkan cara menghitung rata-rata di excel menggunakan cara manual serta memanfaatkan rumus rata-rata pada excel.

Untuk cara menghitung rata-rata di excel secara manual, kita perlu menghitung terlebih dahulu jumlah dan banyak angka yang kita punyai. Cara yang mungkin lebih praktis adalah menggunakan rumus nilai rata-rata excel yaitu AVERAGE. Terdapat juga rumus yang lebih kompleks yaitu AVERAGEIF dan AVERAGEIFS untuk kita pelajari juga dalam tutorial ini. Mereka biasanya digunakan jika hasil kalkulasinya perlu didapatkan dari angka dengan kriteria tertentu.

Sebenarnya, terdapat juga rumus mencari rata-rata excel lainnya yaitu AVERAGEA. Akan tetapi, ia sangat jarang digunakan dalam pengolahan data pada file spreadsheet. Perbedaannya dari AVERAGE juga sedikit. Perbedaannya hanya bahwa AVERAGEA memasukkan teks serta kondisi TRUE/FALSE dalam perhitungannya. Hal ini sangat jarang diperlukan dalam pengolahan data kita di file spreadsheet.


Metode 1: Menggunakan Cara Manual (Tanda /)

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) dalam cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses perhitungan

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 1-1

  2. Masukkan jumlah angka atau koordinat cell tempat jumlah angka untuk diproses berada setelah =. Di sini, kamu juga bisa menggunakan rumus penjumlahan excel jika kumpulan angkamu masih belum dijumlahkan. Ketik tanda garis miring ( / ) setelahnya.

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 1-2

  3. Masukkan banyaknya angka atau koordinat cell tempat banyaknya angka tersebut berada. Kamu bisa menggunakan rumus COUNT jika belum memiliki data berapa banyak angkanya tersebut

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 1-3

  4. Tekan tombol Enter
  5. Proses selesai!

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 1-5




Metode 2: AVERAGE

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) dalam cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses perhitungan

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 2-1

  2. Ketik AVERAGE (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 2-2

  3. Masukkan angka atau koordinat cell tempat semua angka yang ingin kamu proses berada setelah tanda buka kurung, Masukkan koma ( , ) di antara angka-angka atau koordinat-koordinat cell tersebut. Kamu juga bisa drag kursor cell dari cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah jika tempat semua angkanya tersebut berdekatan

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 2-3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah semua digit untuk diproses sudah dimasukkan

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 2-4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 2-6




Metode 3: AVERAGEIF

AVERAGEIF dapat digunakan jika kamu memiliki kriteria khusus untuk angka yang ingin kamu proses. Biasanya ia berguna jika kamu memiliki tabel dengan banyak angka dan kamu butuh merata-ratakan beberapa angka tertentu saja. Cara menghitung rata-rata di excel menggunakan AVERAGEIF (dan AVERAGEIFS) menjadi penting untuk kamu pelajari karena keunikan fungsinya.

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) dalam cell tempat kamu ingin menaruh proses perhitungan

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 3-1

  2. Ketik AVERAGEIF (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 3-2

  3. Drag kursor pada semua cell kolom/baris tempat data untuk dievaluasi kriteriamu berada lalu masukkan koma ( , )

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 3-3

  4. Masukkan kriteriamu lalu masukkan tanda koma. Kriteria harus berada di antara tanda petik ( “” ) jika ia untuk data teks. Masukkan juga tanda petiknya jika kriterianya lebih besar dari atau lebih kecil suatu angka

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 3-4

  5. Drag kursor pada semua cell di kolom/baris tempat angka yang ingin kamu proses sesuai kriteria tadi berada. Cell range digit yang ingin dihitung tersebut harus sejajar vertikal/horisontal dengan cell range tempat data untuk dievaluasi kriteriamu. Pastikan juga keduanya memiliki kesamaan dalam hal jumlah cell

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 3-5

  6. Ketik tanda tutup kurung setelah semua digit atau koordinat cell berisi digit sudah dimasukkan

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 3-6

  7. Tekan tombol Enter
  8. Proses selesai!

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 3-8




Metode 4: AVERAGEIFS

AVERAGEIFS memiliki fungsi hampir sama dengan AVERAGEIF. Hanya saja, AVERAGEIFS perlu digunakan jika kriteriamu lebih dari satu.

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) dalam cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses perhitungan

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 4-1

  2. Ketik AVERAGEIFS (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 4-2

  3. Drag kursor pada semua cell di kolom/baris tempat angka yang ingin diproses sesuai dengan kriteriamu berada lalu masukkan tanda koma ( , )

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 4-3

  4. Drag kursor pada semua cell di kolom/baris tempat data untuk dievaluasi kriteria pertamamu berada lalu masukkan tanda koma. Tempat cell ini harus sejajar vertikal/horisontal dengan tempat cell digit yang ingin dihitung. Pastikan juga keduanya memiliki kesamaan dalam hal jumlah cell

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 4-4

  5. Masukkan kriteria pertamamu. Kriteria harus berada di antara tanda petik ( “” ) jika ia untuk data teks. Masukkan juga tanda petiknya jika kriterianya lebih besar dari atau lebih kecil suatu angka

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 4-5

  6. Berikan tanda koma setelah kriteriamu dimasukkan jika masih ada kriteria lainnya. Ulangi langkah 4-5 jika itu adalah kasusnya

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 4-6

  7. Ketik tanda tutup kurung setelah semua kriteria sudah dimasukkan

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 4-7

  8. Tekan tombol Enter
  9. Proses selesai!

    Cara Menghitung Rata-Rata di Excel - Screenshot Langkah 4-9



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menghitung rata-rata di excel menggunakan keempat metode tadi, sekarang kerjakan latihan berikut. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu mengenai cara menghitung rata-rata di excel dengan lebih baik!

Unduh file dari link berikut dan jawab semua pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan yakin akan jawabanmu!

Link file latihan cara menghitung rata-rata di excel:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa nilai tengah jumlah siswa dari keseluruhan kelas?
  2. Berapa nilai tengah jumlah siswa dengan kode kelas C? Gunakan AVERAGEIF untuk menjawabnya!
  3. Berapa nilai tengah jumlah siswa kelas 1 dan 3 dengan kode kelas D? Gunakan AVERAGEIFS untuk menjawabnya! (Petunjuk: untuk kondisi tidak sama dengan, gunakan tanda <>)

Link file kunci jawaban latihan cara menghitung rata-rata di excel:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Setelah melakukan kalkulasi rata-ratanya, mungkin kamu ingin melabeli setiap entri data berdasarkan perbandingan angkanya terhadap hasil kalkulasimu. Untuk keperluan tersebut, kamu perlu menggunakan IF.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert